Vario 150

Kobayogas – Hola lads, masih dengan tematis New Vario eSP series dan menyambung dengan artikel sebelumnya, KBY akan membeberkan lebih lanjut pada artikel ini..

Pada artikel ini akan dibeberkan alasan skutik Honda belakangan ini mengekpos ruang mesinnya dan membiarkannya tanpa penutup atau pelindung, sehingga begitu terlihat bagian mesin yang ada tepat di depan ban belakang. Hal ini juga dikeluhkan dapat membuat ruang mesin cepat kotor meskipun sudah ada spakbor kolong dan tirai karet.

Dibandingkan produk milik tetangga sebelah yang terlihat lebih padat dan penuh, ruang mesin Honda dalam hal ini ruang mesin New Vario memang seperti ‘telanjang’, bahkan skutik Honda lawas pun terlihat lebih terlindungi dibanding milik Vario eSP.

Contohnya adalah milik Vario gen awal, lalu milik tetangga yakni Mio series juga.. Lihat pada foto ya. Lalu mengapa ruang mesin Vario eSP series 150 dan 125 terbuka? Simpel ternyata lads…karena sudah tidak ada lagi air filter pada posisi atau lokasi itu…(foto milik Mio M3 dari bro Hari – thanks bro).

Perpindahan posisi air filter dan chamber milik New Vario 150 (dan 125) atau tepatnya skutik modern milik Honda yang kini berada tepat di atas CVT membuat beberapa keuntungan, a.l:

1. Jelas ruang bagasi dapat lebih lega sehingga secara fungsionalitas dan akomodasi, bagasi New Vario bisa lebih lega lagi, ditambah pula posisi baterai yang kini rata-rata pindah ke dek depan.

2. Pendinginan mesin bisa lebih maksimal, pelepasan panas mesin diharapkan dapat lebih cepat dalam membantu pendinginan mesin meski sudah ada radiator, artinya kinerja mesin pun konsisten alias stabil

3. Mempermudah/ mempercepat waktu mekanik bongkar pasang saat melakukan servis

Jadi sudah tahu kan ya apa yang membuat mesin lain seperti ada pelindung alias cover? Betul, posisi air filternya masih ada di depan ban belakang. Untuk kasus skutik Yamaha, memang bentuk chambernya filternya sendiri menyerupai huruf L, sehingga otomatis menutup area mesin walau tidak 100%. Artinya, hal ini tergantung dari desain yang dibuat antar pabrikan karena mereka sudah memiliki perhitungan tersendiri. Contohnya Suzuki Address, ruang mesinnya tertutup cover yang rapi, tapi kekurangannya tanpa spakbor ban belakang, so plus minus kan?

Cover knalpot skuter matik Suzuki Address
punya address ada cover tapi tanpa spakbor kolong

Yang jelas sih, tersedia kok layer pelindung agar mesin tidak mudah kotor meskipun memang tidak maksimal 100%.. Semoga bermanfaat lads…

vario 150

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.wp.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

68 COMMENTS

  1. setelah melihat langsung vario 150 black matee yg ganteng menurutku… utk ukuran vario 150cc

    ..
    apa menurut kang bro kobayogas yg tersohor hehe.. masih kurang gahar??

    jujur aja bro hehe…..
    kalo menurutku desain pcx terlalu girly… walau ga amat2…

    aku prefer forza 125 ataupun xmax….

    kalo desain vario cocok bgt buat blusukan tapi with style…

    jelas m3 lebih menang blusukan tapi beda kasta dgn vario 150..

    just my cent

  2. suspensi tetap empuk atao lebih empuk dan mantap???

    ban nya yg lebih lebar aapakah lebih nancap aspal feelingnya?

    tarikan awal nya geter2 kayak matic2 jepang hehe?
    apalagi 150 cc..

    kalo vespa mah nyusss tarikan awalnya…no delay
    cuman desain ampun kurang laki..

  3. Nanya om, joknya vario 150 dibandingkan jok primavera mana yg cepet bikin kebas? Syukur2 dibandingin dgn jok lxv yg misah itu.
    Lagi ingin ambil motor dengan satu kriteria jok ga bikin panas dan kebas, setidaknya utk jalan boncengan 3-4 jam. Dan masih cukup nyaman buat selap selip, maxi scoot coret dari list. ๐Ÿ™‚

  4. Mumpung lagi di kolong, tanya dong…
    Agak melenceng sih.
    Engine mounting new pcx diatas mesin seperti pcx125 atau dibawah mesin seperti vario?

  5. ngoahahahaaa
    disediakan kolong untuk berteduh p***lung limbah plastik kresek TPA Bantargebang.

  6. Ini sih designer ahm yg pemalas. G inovatif bikin penutup mesin biar keliatan rapi. Cmn bsa bikin karet kiwir2 doang. Ibarat cewe pake rok panjang harga mahal tp belahannya sampe paha, auratnya kemana2

  7. Bagus sih, tp di scoopy injeksi ada perubahan dudukan sasis di dekat kop kepala silinder. Jadi setel klep buka kop lebih rapat dibanding scoopy lama. Entah berubah dudukan mesin ada sasisnya ?? *pengalaman dibengkel stel klep*

  8. Desain filter udaranya dibuat lbih kreatif dong. Yamaha pake model L. Jgn hanya untuk gedein bagasi (yg gk kliatan) ngorbanin area mesin yg jelas mengganggu pengliatan. Kl masalah aliran udara dn blablabla itu sih gk ngaruh2 amat … apalg vario series dah pake radiator.

    • Loh setiap produsen itu punya perhitungan dan desain masing masing om.. Istilahnya ngapain bikin filter dan chambernya gede gede kalau ukuran sekian sudah efektif dan efisien? Sisa ukurannya bisa untuk hal lain misalnya…
      Kan begitu mikirnya.

      Tanya aja suzuki tuh, gak harus bikin chamber filter L tp bagasi jadi paling besar di kelasnya…

  9. Iya bsa riskan sensor2 klo kna cipratan..klo soal nambah cost, masa’ pabrikan terbesar sedunia msih mkirin biaya cost, apalgi motor premium, hrga brpa aja bukn masalah..address emmg rapih bngt, ya wajar motor eropa high standar..

  10. Matic honda yg rapi di sektor mesin itu cuma SPACY dan tentu saja PCX. Keduanya memang merk global … untuk yg lokal mungkin pertimbangan AHM semrowong aja diburu ama konsumen lokal, ngapain dirapiin, nambah kerjaan aja!!!

  11. mohon info ny bro kobayogas,
    perihal “kopong” nya itu, apakah tidak bahaya klo habis nerobos ujan?
    saol nya sebersih2 nya kita nyuci area itu, pazti msh ada sisa kotoran menempel,,

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.