lantas polri

Kobayogas.com – Dear lads, lama-lama gerah juga membaca keluhan dari teman-teman baik blogger maupun komentator tentang lamanya plat nomor kendaraan yang mereka dapatkan, ada yang sudah 6 bulan sejak beli baru belum dapat juga plat nomor aslinya, ada yang 9 bulan, bahkan setahun lebih!! Sebenarnya salahnya dimana sih?

Sebenarnya artikel ini tidak akan muncul atau terbit jika saja tidak ada jawaban aneh dan membimgungkan dari NTMCLantasPolri atas pertanyaan dari seseorang seputar plat nomor atau yang akrab disebut nomor polisi sbb:

Numpang tanya, Mobil baru, STNK sudah jadi, plat nomor baru jadi 6 bulan lagi. Skr sudah boleh berkendara tanpa plat nomor?

“Selama pelat nomer, STNK, BPKB belum diterbitkan oleh Polisi, kendaraan TIDAK BOLEH DIGUNAKAN Karena dipandang kendaraan tersebut belum teregristrasi alias ilegal, jadi apabila rekan rekan mempunyai kendaraan baru jangan coba coba mengendarainya dengan plat nomor ini, atau bahkan iseng menggunakan plat nomor palsu, karena apabila ditilang, yang disita “kendaraannya”. Terimakasih telah menghubungi TMC Polri.”

What the hell…are you bloody kidding meeee…. Mang Raza sang penunggu warung www.macantua.com saja kaget dan agak naik darah membaca jawabannya (karena beliau juga sedang memperpanjang surat-surat neng Asti). Kalau KBY sih berusaha menempatkan diri pada masyarakat yang mengalami hal tersebut, walau sejauh ini surat-surat roda dua yang KBY miliki paling lama 2 bulan sudah jadi semuanya, namun tetap saja 2 bulan lads…

Begini, coba tempatkan diri pada masyarakat yang sudah membeli kendaraan deh, bicara roda dua saja yang lebih luas. Entah maunya apa pemerintah ini, saat ada pertanyaan plat nomor dikabarkan 6 bulan baru nongol lalu dijawab kendaraan tidak boleh dipakai dahulu, helooo… orang beli kendaraan bukan untuk jadi pajangan di halaman atau garasi keleusss, orang beli kendaraan itu fungsinya banyak, ya untuk usaha, untuk ke kantor/ bekerja, untuk sekolah, untuk kuliah, untuk antar2 dokumen dan lain sebagainya.

Apabila sang motor mangkrak di rumah apakah kepolisian mau tanggung jawab jika orang tersebut masuk kantor telat, usaha jadi merugi, dokumen-dokumen tidak terkirim dan hal lain yang merugikan. Mikiiirrrrr… berilah kompensasi pada mereka karena sesungguhnya pemerintah juga sangat aware akan situasi ini, jangan maunya menegakkan peraturan tapi dibaliknya borok dipelihara. Kendaraan (dan pemiliknya) yang tidak bersalah malah akan ditilang dan unit kendaraan akan disita, bah dagelan macam apa ini.

Oke mari kita kaji, jawabannya memang kurang nyambung dengan pertanyaannya, karena TMC Polri menjawab secara umum saja, simak kalimat “Selama pelat nomer, STNK, BPKB belum diterbitkan oleh Polisi, kendaraan TIDAK BOLEH DIGUNAKAN”. Nah jika STNK sudah ada maka seharusnya kendaraan sudah teregistrasi dan legal!

Jika kendaraan bermotor dan pengendaranya memang melanggar lalu lintas serta memang benar-benar STNK belum ada silakan tilang,  namun jika akibat terkena razia dan diketahui plat nomor yang dipakai sementara (STNK ada, nomor sesuai STNK, plat palsu) lalu pemilik di tilang serta kendaraan disita dimana letak keadilannya? Jika seperti ini terlihat bahwa Pemerintah boleh salah dan harap dimaklumi sedangkan masyarakat wajib terima getahnya.

Mangga digeber lads….

125 COMMENTS

  1. Yang lebih parah pajak ganti plat, plat jadinya lama bener stnk duluan di kasih, pas ada razia kena gimana tuh peraturan apa emang sengaja ?

  2. ga cuma plat nomer,stnk&bpkb aja,skrg malahan Surat Ijin Mengemudi (SIM) juga ga lagi hbs kmrn mau perpanjang aja jadinya masih 2 minggu lagi(Karanganyar/Solo)

  3. untung ni polisi pegawai negeri kalau perusahaan suasta udah di sp3 atau malah bisa di pecat tu bagian pengadaan materialnya, yang heran lagi ni udah berlangsung lama, ngak ada perbaikan nya apa ya, ni kepulisian kalau ada kompetitornya udah bangkrut gulung tikar xi..xi..xi..

  4. Bln jan perpanjang stnk + gt plat nmr, berhubung material menipis ( prioritas utk kend. Baru kt nya ), mk plat jadinya bln mar, pas bln mar telp kt nya lagi bln agustus br ready, trs Pak Pol nya kasih solusi, kl ga mau nunggu bln agsts bawa aja plat lama, trs angka blkg ( th. 14 ) di ketok ulang jd 19, kalo nggak mau ke samsat ( jakpus) di ketokin ke tkg plat pinggir jln jg gpp ktnya….
    Ya udh bw ke pinggir jln aja drpd kelamaan….

      • Dan menambah pendapatan negara… ada biaya TNKB tp plat ga di buatin, xixixi

    • yepz..
      .
      sharing juga nie, motor ku setahun plat nomor juga belum jadi,
      stnk baru jadi selama 6 bln,
      bpkb juga baru jadi pas mau pajak,
      tapi ket pajak udah keluar 2 minggu.
      .
      jadi ya bikin plat nomor dipinggir jalan,
      platnya palsu tapi nomornya kan sesuai keterangan asli,
      udah razia beberapa kali juga gak masalah tuh.. :))
      .
      yang penting nomor di plat gak ngaco kya mobil listrik punyanya menteri yg blusuk itu yak..

  5. bubarkan aja polri kalo begini, ngurus bginian aja ga becus..bubarkan polri, selamatkan dara intan!!

  6. huaduhhh
    motor sy udah 9 bulan, belum dapat plat no yg ada stempel polisi nya
    cuman plat no ecek2 tapi stnk + bpkb udah jadi..
    tapi aman2 saja

  7. Bayar pajak STNK telat 8 hari kena denda, tapi plat nomor baru jadinya 8 bulan lagi, saya ndak minta kembali uang denda saya / surplus tuh hehehe … anak SD aja tahu, -8 dan 8 bulan kan surplus 7 bulan 24 hari. Kalo per hari aja Rp. 4.000,-, mestinya saya untung Rp. 936.000,- hahahaha … itu mah harapan palsu.

    • Lantas saya nanya sama petugas Samsat, “Lha ntar nek kena razia polisi gimana pak ?”
      Dia bilang, “Tunjukkan saja STNK dan bukti pengambilan plat nomor. Toh kita (Samsat)
      juga sama” isinya polisi juga.” Siiiaaapppppp pak. Aman. So far pake plat nomor asli yg
      sudah kadaluarsa pun selamat meski hampir tiap hari ada razia waktu berangkat kerja
      di flyover Slipi Jaya hehehe … plat nomor daerah lho padahal hehehehe …

  8. Saya 10 bulan juga belum keluar platnya, kalau STNK sama BPKB sih sudah keluar. Kemaren jalan-jalan ke Jogja – Kebumen juga polosan, gak pakai plat nomer. Sudah bikin plat imitasi, tapi gak di pasang.

  9. Peraturan tai… Selalu rakyat jelata yang jadi korban, bukannya di perbaiki kebobrokan sendiri, masa untuk plat aja sampai kekurangan bahan.. Helllooooo… Semiskin inikah Indonesia ini…??

  10. Kalo gitu kita tuntut samsat nya lewat YLKI bahwa samsat dan polisi yg berafiliasi TIDAK BISA MELAYANI DENGAN BENAR. MAKA TUNTUTAN SELURUH MASYARAKAT YANG MENGGUNAKAN KENDARAAN BERMOTOR BISA MENUNTUT SEHARGA KENDARAAN YG DIMILIKI D JUMLAH SEMUA NYA. WAJAR DONG KAN BAYAR PAJAK… KALIKAN AJA SENDIRI BERAPA JUMLAH YG HARUS D BAYAR PEMERINTAH AKA SAMSAT DAN POLISI NYA SEKALIAN….

      • Ilegal atau tidak itu dimata polisi ajah, tp kl dimata hukum kepemilikan apabila dia udah membayar barang seharga yg telah disepakati bersama maka jelas barangnya LEGAL DAN D BUKTIKAN DENGAN DOKUMEN JUAL BELI SERTA PAJAK NYA. MASALAH BELUM TEREGISTERNYA D POLISI ITU BUKAN URUSAN KITA SELAMA KITA SUDAH BAYAR PAJAK.

      • naaahhh… benul.
        tapi mereka bisa berdalih, kami mengurusi hal hal yang tidak laik jalan…(spion, lampu s,d plat nomor palsu).

        Tapi harusnya dengan menunjukkan STNK itu sudah boleh lewat

      • Mau nya d perkosa hak hak kita ama mereka yg ngakunya sebagai pengayom masyarakat. Seharusnya bahasa yang digunakan lebih alus lah… Dan seharusnya memperlihatkan bahwa mereka care adan akan memperbaiki sistem agar bs lebih cepat lagi dlm msalah surat menyurat kendaraan. Bukan ngancem ngancem kaya gitu.. Siapa sih yg menggaji mereka kalo gak rakyat ini juga…

  11. emang susah sekarang mah kang aturannya,,
    Iya kalo pas ketemu aparat yang ‘ngertiin’ alias paham amburadulnya sistem,
    nah kalo ktemu aparat yang emang dari sononya emang gak punya ‘hati’?? Bisa berabe, ujung2nya kita juga yang harus ‘ngalah’..

    tapi alhamdllah, kmaren pas h-2 lebaran karawang-lampung aman wlopun pake plat made in pnggir jalan..
    drpada buat ongkos mobil kn mnding buat bbm nya, bsa ngirit.. 🙂

  12. kl menurut gw,. jawaban polisi itu ya jawaban diplomatis “as is” sesuai dengan peraturan,. undang-undang,. di UUnya emng disebutkan “musti pake STNK sm TNKB”.. kl aturanny gitu ya mw gmn lagi? kl mw jadi warga negara yg baik ya patuh aja,. -toh di lapangan jg kebanyakan polisi masi maklum sm plat/TNKB gk resmi..
    bersyukurlah kita di indo bs beli motor/mobil bebas,. gmn di Cina? orng beli mobil aja diundi? lo pny duit banyak jg belum tentu bs punya mobil.. <- kl orng indo pasti langsung pada teriak2 melanggar HAM,.

    gosipnya,. langkany plat motor krn terkendala pengadaan,. jaman sekarang tender barang di pemerintah tu pada hati2,. risiko,. salah dikit dikriminalisasi,. BPK, Kejaksaan, KPK mengancam.. even gk niat korup,.. jujur, tp kl salah prosedur krn gk tau/khilaf ya ttp aja dipenjara..
    *)gw bukan polisi, gk mihak polisi jg,. tp gw ngajak cerdas bwt lihat dr sisi yg lain.. 😀

  13. Berani berantem sama pak2 yg mau nilang jika udah ada surat izin dari dealer kok masih kna tilang. Kecuali kalo blom ada stnk n plat nomor tapi kita nyelonong keluar daerah,tuw brarti kita yg salah..

  14. gugat aja polri ke kpu, terus ke mk, ptun, pansus, kua, posyandu… 😆

    polisi jujur cuma polisi aer > yang tugasnya patroli di empang nangkepin kodok… :mrgreen:

     

  15. klo masi di tilang jg brati lg pd kesambet tu aparat…

    orang kesambet kan bawaanye laper mulu…wkwkwkw

  16. Weleh…. polisi jangan dilawan om, kita masyarakat ga akan ada cerita menangnya…. Coba pikir ya, kita beli kendaraan plus pajaknya tapi TNKB blom jadi, trus ga bole pake yg KW, eh tiba tiba ada razia…. ini dah jelas sandiwara cinta polisi….
    mendingan cari aman aja…. percuma gedek, makan ati sendiri

  17. Kalo kata Almarhum Gus Dur :
    Kan Motorx 250cc cukup lah, Lari Aja Kan Bisa, Mau Di Kejar Ya Silahkan, Gitu Aja Koq Repot 😀

  18. Ane mah nanya balik ke polisinya om kobay. Kenapa dr samsat nya belum terbit. Yg salah siapa. Masa slama 8bln motor kg boleh dpke kalo plat blon turun. Kalo bapa jd sy gmna sok? Suruh lanjut dah perjalanan ma pokis nya ntu.

  19. bungul banar kalau sampe stahun plat nomor ga keluar.. dulu ga sampe 1-2 bln sudah keluar.. parah betul, apa itu akal2an polisi korup aja biar memperpanjang waktu mereka cari duit dijalan dengan nilangin orng2 yg berkendara mobil/motor baru tanpa plat nomor asli.. masih kurang kah gaji kalian yang diambil dari pajak kami? miris rasanya liat spanduk2 di kantor samsat yang bilang “bantulah kami membenahi diri dll” kasian rasanya mereka perbaiki diri sendiri saja tidak mampu sampe perlu bantuan orang lain.. mana semboyan polisi pengayom masyarakat? jangan jadi preman berseragam.. saya suka liat acara 86 di net TV melihat polisi2 santun dan mengayomi masyarakat disitu, tapi nyatanya? polisi-polisi santun seperti itu apa cuma di acara 86 aja? contohlah polisi tidur, dia paling konsisten, jujur, ikhlas, tegas dan selalu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan benar dan lurus yaitu mengurangi laju kendaraan agar lebih berhati-hati sblm melintasi persimpangan, penyebrangan dll demi keselamatan bersama.. Seharusnya polisi yang ga tidur bisa jauh lebih baik dari itu..

  20. Di lapangannya nggak begitu kok masbro,polisi di jalan memaklumi slama itu motor msh orisinil wlwpun plat palsu,yg sering dtilang,plat palsu,motor dh ambyradul modif alay

  21. kalau saya sampe ngalamin kejadian kayak gitu ya mangkel juga..harusnya di kasih solusi biar kagak ngambang

  22. saya juga mengalami plat nomor 1 tahun lebih belum jadi. tapi untuk itu pihak leasing sudah memberitahukan bahwa motor bisa dipake seperti biasa. dibagian belakang stnk ada stempel dari samsat.
    dan terbukti, ketika ada razia motor saya tidak diberhentikan… 😀 😀

    jadi gak perlu khawatir kang mas sekalian. wong dijalan juga banyak sekali motor tanpa plat bersliweran. gak ada satupun yg dicegat pak polisi…. boso gampange “wes mudeng pak polisine”…hahahaha
    nak polisine ngeyel gruduk wae sak kampung…

  23. ga usah khawatir lah………….. noh di jalan yang sudah punya plat nomer aja pada ga di pake…. cuma make depan doang belakang kosong….. sama pak pol yo gak di apa apain je………….

  24. coba lah berpikiran untuk menggunakan kendaraan umum. Apa gak bosen kena macet terus terusan? Warga semuanya ingin perjalanan lancar, tapi beli kendaraan terus terusan, ya gimana bisa lancar? Perlebaran jalan? Semakin jalan dilebarkan semakin macet dan kotor lingkungan kita. Tempat hidup pun semakin sempit! Gak ada bangunan yang ada cuma jalan di mana mana! Terus kalian mau apa? Polisi melakukan itu karena untuk pembatasan jumlah kendaraan supaya lalulintas menjadi lebih nyaman! Coba lah berpikir ke depan, transportasi umum segala macam kan bisa digunain, apa lagi di kota – kota besar. Ya okelah kalau orang daerah masih butuh kendaraan pribadi, kalau kota masak masih mau make kendaraan pribadi? -Muhammad Yusuf Alfyan “Perencanaan Wilayah & Kota UGM”

  25. Isilop yg tidur aja udah bikin otak gatel” apalagi isilop yg hidup “̮ ƗƗaªƗƗaªƗƗäª “̮ː̗(^▽^)

  26. kepolisian terlalu banyak proyek sampai kewalahan sendiri, seharusnya mereka hanya penegak hukum dan pertahanan keamanan saja.
    liat saja di AS, urusan SIM, STNK (registrasi), Plat Nomor Kendaraan, dan Pembayaran Tilang semuanya di atur oleh Department of Vehicle (Departement Perhubungan Darat di Indonesia?)
    yang ga punya kelengkapan itu baru polisi selaku penegak hukum bertindak

  27. ────────────────────░███░
    ───────────────────░█░░░█░
    ──────────────────░█░░░░░█░
    ─────────────────░█░░░░░█░
    ──────────░░░───░█░░░░░░█░
    ─────────░███░──░█░░░░░█░
    ───────░██░░░██░█░░░░░█░
    ──────░█░░█░░░░██░░░░░█░
    ────░██░░█░░░░░░█░░░░█░
    ───░█░░░█░░░░░░░██░░░█░
    ──░█░░░░█░░░░░░░░█░░░█░
    ──░█░░░░░█░░░░░░░░█░░░█░
    ──░█░░█░░░█░░░░░░░░█░░█░
    ─░█░░░█░░░░██░░░░░░█░░█░
    ─░█░░░░█░░░░░██░░░█░░░█░
    ─░█░█░░░█░░░░░░███░░░░█░
    ░█░░░█░░░██░░░░░█░░░░░█░
    ░█░░░░█░░░░█████░░░░░█░
    ░█░░░░░█░░░░░░░█░░░░░█░
    ░█░█░░░░██░░░░█░░░░░█░
    ─░█░█░░░░░████░░░░██░
    ─░█░░█░░░░░░░█░░██░█░
    ──░█░░██░░░██░░█░░░█░
    ───░██░░███░░██░█░░█░
    ────░██░░░███░░░█░░░█░
    ──────░███░░░░░░█░░░█░
    ──────░█░░░░░░░░█░░░█░
    ──────░█░░░░░░░░░░░░█░
    ──────░█░░░░░░░░░░░░░█░
    ──────░█░░░░░░░░░░░░░█░
    ████──░█░████░░░░░░░░█░
    █──█──████──████░░░░░█░
    █──█──█──█──█──████████
    █──█──████──█──█──────█
    █──█──█──█────██──██──█
    █──████──█──█──█──────█
    █─────█──█──█──█──█████
    ███████──████──█──────█
    ──────████──██████████
    ★══════════★★══════════★

    sakit’y tuh di BO’OL pak polusi…

    ANCUR Lama2 NEGARA INI…

  28. Plat nomer ama stnk q belom jadi,sekarang motor q d tahan d kantor polisi,dan kemarin saya membawa sim serta tanda bukti pembelian kendaraan,tp kok d surat tilang saya d tulis pelanggaran soal sim juga ya????padahal saya bawa sim,..dan motor saya boleh d ambil kalau stnk q sudah ada,

  29. Saya beli motor di jogja mau dibawa ke Jakarta. STNK 2 minggu udah jadi tapi plat nomor udah 2 bulan belum ada kabar juga padahal udah butuh buat kerja hiksss

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.