honda-pcx-2014

Kobayogas.com –Hola lads, masih ingat artikel hematnya pemakaian bbm milik Honda PCX? Kali ini KBY akan membahas faktor faktor teknologi yang dapat membuat mesin milik Honda PCX 150 tersebut bekerja sangat efisien untuk mesin skutik dengan kubikasi 150 cc. Apa saja teknologi yang terangkum dalam sebuah sistem bernama eSP tersebut?

Mengapa kita perlu membahas mesin eSP milik PCX 150 ini? Karena KBY yakin bahwa sangat erat kaitannya dengan akan hadirnya Vario 150 nanti karena sangat besar kemungkinannya Vario 150 akan mengadopsi mesin milik PCX 150 ini. Mari kita bedah satu persatu sebagaimana yang KBY dapatkan dari MotorPlus ini dengan sedikit ubahan agar sesuai dengan tema PCX…

eSPΒ adalah singkatan dari enhanced Smart Power yaitu mesin yang mengalami peningkatan daya tahan, halus serta lebih bertenaga. Konsep ini diusung Honda untuk skubek globalnya. Jangan heran bila Honda PCX 150 terbaru juga mengaplikasi teknologi ini.

“Dalam eSP ada 10 teknologi utama. Kesepuluhnya ini ada di engine, transmisi dan pendinginan yang lebih baik,” buka Sarwono Edhi, Technical Training Development, PT AHM. Yuk dirinci satu persatu.

ACG Starter
Yang pertama adalah ACG starter. Starter di buat menyatu dengan alternator. Karena tidak ada motor starter dan susunan gigi starter maka suara saat menyalakan motor jadi sangat sunyi.

Roller-type rocker arm
Sebenarnya rocker arm dengan roller sudah tidak asing lagi. Begitu juga dengan laher bambu pada as rocker arm, komponen ini sudah diterapkan pada Supra X 125 Helm In terbaru. Tapi pada Vario Techno 125 disempurnakan dengan ukuran roller yang lebih kecil. Jadi lebih ringan dan gesekannya berkurang.

Compact combustion chamber & air intake port
Kombinasi bore dan stroke Vario Techno 125 ini sama seperti PCX 125. Mengusung diameter piston 52,4 mm dan stroke 57,9 mm. Ruang bakarnya jadi 124,8 cc.

Menariknya, ruang bakar disempurnakan dengan menghilangkan hambatan pada saluran masuk bahan bakar. Kalau sebelumnya terdapat sudut yang bisa menghambat aliran kabut bahan bakar, kini dibuat lebih lancar. “Dibuatkan gundukan sehingga laju bahan bakar lebih lancar,” beber Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor PT AHM.

Offset cylinder & spiny sleeve
Ini adalah dua hal yang berbeda. Offset cylinder adalah posisi piston dan setang piston saat TMA (titik mati atas) yang tidak sejajar dengan posisi sumbu kruk as. Manfaatnya, ketika langkah usaha atau kompresi, gesekan antara piston dan dinding silinder semakin kecil. Piston dan setang piston akan bergerak tegak lurus tanpa menekan dinding silinder secara berlebih.

Sedang spiny sleeve adalah lapisan yang menyerupai kulit jeruk di balik dinding silinder. Fungsinya untuk melepas panas lebih cepat. Teknologi ini juga dipakai pada blok silinder Honda CBR 250R.

Light Weight Piston
Piston baru yang dipakai lebih ringan bila dibandingkan dengan piston Vario terdahulu. Pin dan rumah pin piston dibuat lebih kecil, selain ringan juga mengurangi bidang gesek antara piston dan dinding silinder. Oiya, diameter pin tetap sama yaitu 13 mm.

Higher rigidity for Crankshaft
“Ini adalah kontruksi crankshaft yang lebih kokoh. Getaran di kruk as jadi lebih kecil. Makanya mesinnya halus,” beber pria ramah ini. Salah satu langkahnya adalah dengan menggunakan bearing kruk as yang lebih besar.

Breather structure (crankcase & other)
Di balik blok silinder, selain ada jalur air radiator juga terdapat lubang pendinginan. Lubang ini mengalirkan uap panas di dalam mesin ke luar.

“Pada model sebelumnya panas hanya dibuang lewat jalur rantai keteng. Kalau sekarang ada dua jadi lebih dingin dan mesin lebih ringan bekerja,” jelas Endro.

Built-in liquid cooling system
Sistem pendinginan air pada Vario Techno 125 diklaim lebih baik. Kini jalur airnya tidak hanya terdapat pada kepala silinder tapi juga ada di balik dinding silinder.

Selain itu radiatornya memiliki core atau sekat lebih banyak. Pada radiator baru ini ada 19 core, sebagai pembanding PCX hanya 12 dan Vario 110 memiliki 14 core.

V-Matic
CVT pada Vario Techno 125 ini benar-benar baru. Konon rasionya lebih lebar dan dirancang dengan belt baru dengan elastisitas karet yang tinggi. Efeknya lebih awet dan mengurangi gejala selip.

Transmission
Gigi transmisi di belakang CVT juga banyak mengalami perubahan. Utamanya dengan konstruksi rib atau tulangan baru, Honda pun bisa mengurangi jumlah olinya agar lebih ringan bekerja. Beberapa bearing juga ditambahkan agar gigi transmisi lebih halus dan bebas getaran.

Bagaimana? Sudah jelas kan ya? So mari brsama-sama kita nantikan mesin 150 cc ini ditanamkan pada Vario 150 nanti…dan semoga desainnya pun ciamik serta fitur super komplit..

Mangga digeber lads….

58 COMMENTS

    • Nitip lapak mang , yang mau kredit motor bisa di marih , Dp bisa pakai motor bekas , syarat KTP dan KK Bandung aj .. Proses cepat , boleh di bandingkan , sehari kabar Acc , kalau ud ad d acc n g sabar tunggu waktu pengiriman , motor boleh langsung di ambil sendiri d dealer , jd cukup butuh waktu 1 hari , motor boleh langsung d ambil sendiri d dealer , hehe .. http://www.kaskus.co.id/profile/viewallclassified/6911796

  1. Kang yogas saya mau nanya update vario cbs iss 125 gimana?mosok beat & vario 110 sudah facelift vario 125 ss engga?.gak mungkin adenya vario 110 udh led masa abangnya belom. Disinyalir tahun 2015 ini kang

  2. matik nya dijejali byk fitur&mesin berteknologi part yg banyak tp knp semprot malah kebalikanya,tny knp?
    seharusnya disemprot jg hrs gt donk,hrg gpp lah lbh mahal dr kompetitor asal lbh value dr segi mesin,fitur&kualitasnya.
    konsumen skrg udah pd pinter loh!!!

  3. Makanya ane juga sempet heran, ko vario 125 bisa seirit bebek 115, dalam hal ini suzuki shooter, motor istri ane
    karna istri ane ga mau dikasi motor matik. Kebiasaan pk motor sport…. πŸ˜€

  4. Terima kasih Bung Kobay artikelnya bahan penegtahuan tentang matic itu diartikel motor plus no berapa

    • Part slow moving dimana2 juga susah mas… masak gigi transmisi bisa rompal 1-2th??? Ga mungkin kan… makanya semua part slow moving pasti susah baru ditahun 3-4 di bikinkan partnya… kalo sampe rompal ya klaimkan aja beres tho πŸ˜€

      • Woh ini bukan bc lho om,hanya pengalaman,saya jga user matic honda,matic saya pas 2 thun tuh gigi tranmisi ancur sih ga cuman agak brisik,yg di produksi lokal aja lama indent partnya palagi cbu kan gitu logikanya,hanya sharing aja om siapa tau ahm baca blog om yogas ini,siapa tau di dengerin keluhan usernya πŸ˜€

      • Sebelum 3 th kan masih dicover garansi mas… selama prosedurnya benar pabrikan mau kok ganti … part cbu banyak om di gudang sparepart… kalo sampeyan kenal orang internal pasti tahu… di honda sendiri partnya ada 2 untuk semua type mau yg lokal apa yg impor… bungkusnya beda kodenya sama tapi kode part 3 digit terakhir beda … tinggal kemampuan kita aja mo milih yg lokal (murah) apa impor(rada mahalan dikit) …. kalo soal beli part (motor honda) bisa lihat dibuku pedoman ada jaringan khusus soal inden part biar cepat … biasanya di plakat depan tertulis heps

      • makasih infonya om,males om ikut prosedur garansi saya indent tuh part gear box beat sekitar 3 mingguan lebih lewat dealer bahkan kenal deket ma kepala tehnisinya tetep ga dapet dapet,akhirnya saya batalin kelamaan,coba ntar saya indent khusus biar cepat atau datang langsung ke wahana πŸ˜€

  5. Motor honda tuh ga ada yg bagus …teknologi purba semua…jadul jaman majapahit….mana ada teknologi semacam itu …. hoax…tuhhhhhh πŸ˜†

  6. Kenapa Vartech wtf saya setelah di boreup 150 cc pakai part pcx 150 ,getaran mesinnya di rpm rendah (-+ 30-40 km/jam) jadi terasa sekali yaa??? Apakah itu normal.Mohon masukan dan bantuan nya dari para suhu disini.

    • PCX lama memang ada getaran walau masih masuk kategori normal… keknya skutik memang ciri khasnya begertar, apalagi kalau bore up berarti engine mountingnya sudah harus disesuaikan juga…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..