Scoopy

Kobayogas.com – Masih ingat artikel pemasangan bohlam LED pada Vespa Primavera Azzurro? Kalau belum silakan klik di sini yah..

Kali ini, KBY mencoba memasang bohlam rem LED yang awalnya untuk Azzurro namun karena beda kaki sehingga tidak jadi terpasang. Mengingat bohlam rem Scoopy itu kakinya dua, maka bohlam LED yang tidak terpakai KBY pasang saja di Scoopy.

Scoopy

Ternyata relatif mudah, walau masih jauh lebih mudah bongkar pasang milik Azzurro karena hanya ada satu baut saja yang mengikat dudukan rumah rem. Pada Scoopy terdapat 4 pengikat, dua diantaranya adalah clip, bukan baut. Dan karena ini baru pertama kalinya dibongkar, bautnya luar biasa keras, bawaan pabrik lads…jadi KBY sarankan menggunakan obeng panjang berbentuk T, sehingga kita mempunyai tenaga saat memutar bautnya.

Simak langkah langkahnya yah lads…

1. Buka jok terlebih dahulu, akan terlihat dua baut di bagian buntut seperti ini

Scoopy

Scoopy

2. Setelah baut di atas terbuka, sekarang tinggal baut klip yang berada dibawah

Scoopy
Baut clip
Scoopy
lubang kanan
Scoopy
lubang bagian kiri

3. Jika belum pernah di buka sama sekali, casingnya akan sulit dibuka, tarik pelan-pelan di awal, setelah mulai terlihat terbuka, tarik lebih keras namun hati-hati.

Setelah casing terlepas
Setelah casing terlepas
Akan terlihat seperti ini lubang lampunya
Akan terlihat seperti ini lubang lampunya

4. Setelah casingnya terlepas, buka tutup bohlam, ini sangat mudah… lalu lepaskan yang standar, pasang yang LED

Scoopy

Sudah menyala
Sudah menyala

5. Setelah yakin bohlam berfungsi dengan baik, pasang kembali casingnya dengan langkah sebaliknya dari nomor 1.

Oia kelemahan penggantian bohlam LED ini adalah, saat mesin menyala, lampu pendukung/ lampu kecil tidak ikut menyala, jadi praktis lampu menyala hanya saat di rem saja. Selamat mencoba…

Scoopy Scoopy

Scoopy

Penampakan malam hari
Penampakan malam hari

Mangga digeber … Thanks for reading and sharing lads..

KobaYogas from WordPress for Android

69 COMMENTS

  1. itu lampu kecil ga nyala mungkin krn skupi msh pake sistem AC kang, kalo udah DC keknya nyala semua deh…
    Sy pernah cb di T125 tp yg model jagung warna biru ( salah beli maunya yg putih ). krn lampu biru sedang casing merah jd redup bgt… akhirnya copot lg deh, buatin LED sendiri tuk lmpu malam. sedang stop lamp pake luxeon 3 watt, terang hemat energi..

  2. Kabel yg jalur lampu senja pake dioda dl mang.. Meh hurung, pake led mah wajib fullwave. Ud fullwave mah ganti lampu utama pake led oge da udah pake projie, di kaskus aya tuh kurang dari 200 rebu.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..