banner
wpid-r25-prototype-2013-11-21-1.jpg
R25, sanggupkah menjadi andalan Yamaha dari sisi penjualan?

Banyak yang bilang, Yamaha harus segera meluncurkan R15 dan R25 ke market untuk menaikkan penjualan alias Market Share…betulkah bisa mendongkrak penjualan secara signifikan?

KBY – Tidak sependapat, kok bisa? Kedua motor sport tersebut di atas adalah motor bagus memang, tapi apa harganya terjangkau bagi sebagian besar kalangan masyarakat? Salah kalau mengandalkan mereka untuk mendongkrak penjualan menurut KBY…Coba perhatikan semua produk yang laku di dunia ini, hand phone sajalah yang mudah. Samsung, Nokia, Sony, LG s.d Apple, semua punya produk harga terendah dengan spek mumpuni, good looking dan cukup tangguh. Semua punya produk yang ingin bisa terbeli oleh (hampir) semua lapisan masyarakat. Lalu kenapa Yamaha tidak mencobanya?

Karena percuma jika Yamaha mengandalkan kedua motor tersebut untuk menaikkan penjualan yang sudah mulai dilewati Honda, mari bicara realistis saja, dari sekian masukkan dari para FB kalau motor sport itu harus begini begitu, pakai ini pakai itu dlsb, berapa persen sih dari mereka yang akan membelinya saat motornya beneran brojol? 50% saja sudah sangat sangat luar biasa. Bakalan booming? Gak juga kalau bicara law of large number.

wpid-wpid-yamaha-r25-india-launch.jpg

Yamaha R15
R15 sanggup menaikkan image Yamaha, tapi tidak dari sisi penjualan

Masukkan Fan Boy penting memang, dan bagus terutama untuk spesifikasi motor sport high end, bagus untuk imej pabrikan juga, no doubt. Tapi untuk penjualan? Tidak bisa diandalkan. Sekali lagi, walau pahit dan getir, Yamaha harus belajar banyak dari Honda soal produk tepat guna untuk dilepas ke khalayak.

Beri spesifikasi cukup, wajah menawan dan harga terjangkau, acuannya tidak usah ragu, Honda Verza, maka atas bawah akan aman, karena itu yang dilakukan Honda dengan Verzanya. Honda sangat paham bahwa tidak semua pembeli produk mereka tinggal di Jakarta dan pulau Jawa. Bagaimana dengan mereka yang dipelosok? Butuh motor dengan ketangguhan yang bisa diandalkan, 3S baik, performa mumpuni dan sukur sukur modelnya cakep.

NVL motor-motogp

Honda menjawabnya dengan Verza, perlahan namun pasti, penjualan Verza malah sudah mulai mendekati CBSF (klik disini). Ini yang tidak dimiliki Yamaha, terlalu pede dengan anak emasnya, NVL dan juga terlalu arogan untuk mengakui bahwa bisnis itu dinamis,  yang tidak cermat mengawasi pergerakan dan keinginan pasar, maka akan siap siap tergerus. So? Dengan posisi R15 dan R25 siap luncur, tetap Yamaha belum mempunyai prajurit yang menahan gempuran Honda Verza.

Sang prajurit andalan Honda
Sang prajurit andalan Honda

Sabar deh sampai tahun depan, karena tahun ini mereka sudah kadung fokus ke R15 dan R25… Brace yourself Yamaha… withstand the windstorm…

Mangga digeber … Thanks for reading and sharing lads..

KobaYogas from WordPress for Android

92 KOMENTAR

  1. nanti semuanya dinam….. #eeehhhh *radio rusak tuh tadi, jangan didengerin :mrgreen:

    YIMM kayak serba salah di segmen ini. kalo gak genjot produksi, dipastikan didongkel kompetitor. tapi nambah pangsa pasar (MS) harus terus jualan, andalannya ya model2 baru itu yang sayangnya dibandrol mahal, alamat bakal numpuk di gudang ntar *radionya udah dibenerin 😀

  2. kan dulu pihak yimm pernah bilang kalo R25 dan R15 dirilis untuk memperkuat image sport yamaha, bukan untuk ngejar market

  3. motor sport under 25 juta sabar yah. udah ada nvl yang handle semua.
    yamaha mau fokus memperkuat brand image dulu.

    yamaha baru ubah strategi kalo NVL udah kalah sama cb
    tapi entah kapan cb bisa nyelip nvl wkwkwkwk

      • cb sendiri sebenernya masih jauh dibawah target. AHM sendiri matok 25k sebulan. tapi nyatanya cuma bisa max 15k sebulan
        cb potensinya gede loh sebenernya kalo dibandingin sama penjualan vixion 2007-2008 dulu
        sayang sepertinya masih ada yang “kurang” dari nih motor

        lagian juga R25 barangnya gajelas belom keluar2 teaser sana sini. penasaran soalnya sama gembar gembor petinggi YIMM 😀

  4. Verzaaa..verza..untungnya kamu Honda neng, coba kalau Yamaha, udah tak tebas . . . eh tebus kemaren2..

    #efek punya istri Quality Minded..!

  5. mungkin juga iya om. .
    yamaha harus bwt sport entery muka mirip byson tapi irit bandel dan fungsional, yg mgandalkan torsi badak. .

    kalo pnjualan dikuasai honda ya tak seru lagi donk. .!!
    ibarat intel dan amd, honda vs yamaha
    kalo intel irit than lama dan nama brand nya,
    kalo amd boros, high perform video and game
    tapi it dulu. .

    skrg intel memonopoli pasar krna pndapatan amd di.gerus jadi kurang seru ibarat game, udah level 5 koit hehehe

  6. Wah . Verza biru ane dipajang .
    😀
    Saya setuju mas bro ..
    Dari segi riding position nomer wahid diantara semua motor sport 15-25 jutaan,konsumsi bbm(550 km/12 liter, torsi badak(gigi 3 kuat nanjak), stabil dan mantap di berbagai kondisi jalan … + tampang lumayan #pengalaman

  7. Analisis yg bagus mungkin ahm dan ymim bisa berebut kang kobay jadi dewan penasehat perusahaan…

    hehehehehe……

    tapi ingat klo jadi penasehattar jangan kaya bapak nya rawedeng rayuyu rapangsa dan ratansa itu si ramapati.

    dalam serial aryakamandanu hehehe….

    • Yaolo arya kamandanu, keliatan nih angkatannya wkwwkk..

      Woh, penasehat mereka jauh lebih cihuy dari ay om hehhehehe…i took it as a compliment however… Suwun.

  8. Betul bingit…. So kalo mau penjualan sport kembali terdongkrak, yamaha kudu main sport low end juga.
    tapi apakah akan mampu melawan Verza yang sudah teruji selama setahun ini…
    Menanamkan minset ke konsumen itu gak gampang, apalagi dgn produk baru, pasti ada kekhawatiran durabilitasnya, keiritan’nya dll, dan pastinya mereka akan menunggu testi-testi dari konsumen yang udah duluan pake.
    Verza pake engine NMP, apakah sport pahe akan pake engine Byson, NVL atau Scorpio….??
    kite tunggu aje yak

  9. Lucu saja kalau diingat. Dulu benteng sport Honda yang dijaga oleh Megapro runtuh oleh Vixion, sekarang gantian benteng sport Yamaha yang dijaga oleh Vixion (New) mulai goyah dan retak-retak oleh Verza yang disainnya merupakan reinkarnasi dari Megapro.

    • Karena kayaknya, NMP itu paling bawah levelnya (dulu), saat disikat sama vixion yg ganteng dan canggih, mereka ga bisa apa apa…
      Level terbawah dan pelosok disikat sama Thundie 125. Begitu ada Verza, pemilik T125 beralih ke Verza, lebih ganteng, modern dan harga terjangkau dibanding kudu beli NMP dan gak sayang make dibanding pake Vixion. Kena banget kan ya?
      Yg sedih ya Suziku dan Yamaha sekaligus ?

  10. Opini salah, produk high end yimm pasti laku, wong semua orang di Indonesia itu ‘smart’ kok, pokoknya beli yg paling wah dari yimm… Hehehehe ifyunowataymin

  11. dari matic bebek sprot kalo murah y bakal laris manis bang…

    paling jurus e margin e dikurangi kalo udah kepet bgt

    misal margin permotor 5jt diptong jd 2.5jt harga untuk motor mereka kedepan e wekekekek

      • ho o ditambahin undian gosok” dpt 1 milyar bruakakak

        buka segment baru harus e yakampret

        mungkin trail gt basis mesin OVI pa pake PIO buat nambah porsi kue harga

        p lagi kalo sijuki gixer ke indo hrga 18-19jt tmbah moncrot yakampret…

        emg harus bikin sprot murah tuh yakampret versi dongograde e OVI 😆

  12. Jelas ga bs, krn r15 dan r25 produk flagship entry level, r6 medium level dan r1 high level kueny sangat kecil dibanding keseluruhan pasar sport. Tinggal tunggu waktu.

  13. montor semprot itu harus mahal gak murahan, karna semprot murah tidak sesuai dngn filosofi yamaha (kata petinggi yimm). beda dengan ahm, gmn caranya bikin produk yang brkualitas dan harga trjangkau yg bisa diterima smua lapisan masyarakat.

  14. SETUJU BOS..
    Ane aja penunggang scorpio dan gabung dengan club scorpio. sayang Yamaha akan mendiscontinue motor ini. padahal tinggal upgrade tampilan aja yang sesuai dengan selera masyarakat maka pasti motor ini laku. Semua biker yang pernah pake dan merasakan enaknya scorpio berat rasanya akan pindah kelain hati.
    Tapi koq dengan nongolnya VERSA ane jadi kesemsem ya. Memang orientasinya bukan speed lagi, tapi sepertinya pake VERSA itu enak buat blusukan/adventure masuk masuk wilayah indonesia yang jalannya rusak rusak..boncengan jalan slow nikmati alam dl.. klo pake scorpio mubazir di tenaga dan berat bobotnya soalnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini