Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr… Gosip bahwa pabrikan motor Honda sedang tersendat sendat produksinya bukanlah jadi rahasia lagi, setidaknya dulur blogger asal Perkapuran sudah membahasnya di Minggu lalu. Tapi kali ini akibat kendala tersebut, KBY akan membahas motor apa saja yang masih bisa ditemukan/ dibeli di dealer Honda khususnya di bulan Mei 2022 tanpa harus antri. Unit unit yang akan KBY sebutkan nanti ada yang tidak terkena masalah yang sedang dialami AHM saat ini sehingga jika memang kebetulan lads membutuhkannya, jenis motor Honda tersebut bisa langsung dibeli. Kuy cekibrot!

Adalah lek Iwan Banaran melalui artikelnya minggu lalu menginfokan bahwa terkait adanya stok spare parts yang kosong membuat beberapa produk alias jenis motor Honda yang dibuat dan dirakit oleh Astra Honda Motor (AHM) menjadi terkendala aktivitas produksinya.

Yang dimaksud dengan terkendala adalah untuk sementara produksinya akan dihentikan lads! Yak ini membuat antri dan inden menjadi panjang luar biasa, dan jika menyebutkan antri serta inden sepertinya kita semua sudah paham mengarah kemana kendala pada produk tersebut, yak Beat dan Scoopy!! Dua produk tersebut memang menjadi primadona bagi konsumen di Indonesia lads.

Sebagian besar info penyebab terhentinya produksi beberapa produk motor Honda tersebut sudah diinfokan oleh Cak IWB, yaitu akibat pasokan atau supply part bernama semi konduktor chip. Dan memang benar, parts yang memang diimpor dari Cina tersebut terkendala akibat covid 19 yang kembali merebak di sana dan telah terjadi lock down.

Lock down tersebut sudah paham ya efeknya kemana, yaitu berhentinya produksi atau aktivitas di banyak departemen termasuk pabrik. Akibatnya, tanpa adanya produksi maka beberapa negara termasuk Indonesia jadi kelimpungan dibuatnya. Mengapa seakan akan hanya Honda yang terlihat kena dampak di sini?

Itu karena pemesanan jumlahnya sangatlah masif lads! Ya bisa dikira kira dari sekitar market share 70 persen di Indonesia aja lah, pesanan jenis part yang memang harus diimpor jumlahnya pasti gak sedikit. Berdasarkan law of large number jadi ketauan, Honda paling kena dampaknya deh.

Nah sekarang kita ke pembahasan inti, meski tersendat namun bukan berarti tidak ada pasokan sama sekali, ada namun jumlahnya sedikit dan tidak mencukupi. Di sini kebijakan perusahaan bermain dan pada dasarnya itu keputusan mereka tanpa kita mengetahui mengapa, ya terserah mereka sih wkwkkw..

Dengan pasokan terbatas, maka akan ada yang harus mengalah serta menggunakan skala prioritas. Beberapa masih diproduksi karena masih ada spare/ cadangan part yang tersedia. Ada pula jenis produk yang tidak terkena efeknya karena pada dasarnya tidak membutuhkan chip semi conductor tersebut.

Berikut adalah daftar motor Honda yang masih bisa ditemui dan dibeli karena memang ada pengiriman dari pabrik ke dealer dealer di bulan Mei 2022:

  1. Beat Street
  2. Vario 125 series
  3. Vario 160
  4. PCX 160
  5. Genio
  6. CB150
  7. CBR50
  8. Supra X 125 series
  9. Revo series
New Beat Street 2021 – Street Silver, aman untuk dibeli

Sedangkan produk lain yang mungkin saja “terpaksa” mengalah untuk diproduksi dan menunggu kedatangan parts langka tersebut sehingga tidak dapat ditemukan atau tidak ada pengiriman di bulan Mei adalah sbb:

  1. Beat series (kecuali Street)
  2. Scoopy
  3. CB Verza
  4. Supra GTR
  5. Sonic
  6. ADV 150
  7. CRF 150

Bagaimana dengan bulan Juni mendatang? Kalau ini masih belum kelihatan hilalnya lads, kemungkinan besar efek lock down di Cina yang berpengaruh ke pengadaan chip semi conductor akan berlangsung sekitar 2-3 bulan. Semoga saja bisa lebih cepat. Well, meski terkesan tertawa di atas penderitaan orang lain, namun kondisi Honda ini seharusnya bisa dimanfaatkan oleh kompetitor sih.. Tapi konsumen kan ga bisa dipaksa ya?

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

16 KOMENTAR

  1. Mang … kira2 ada gak motor baru dan bukan face lift yang bakalan di rilis di PRJ oleh pabrikan Indonesia ?

    misal : AHM rilis ADV 160 ato new Vario 125, lalu dari Suzuki rilis A-penis dan Burgy Street serta V-strom 250 Lite … dan Yamaha rilis … rilis apaan yak eh itu Jupie MX 135 injeksi

  2. Saya tanya ke leasing untuk Vario 125 kosong
    Lexy dan gear 125 juga indent.
    Jadi ga hanya merek tertentu saja

  3. Kenapa mesti beli diluar?? Kenapa gak bikin pabrik cip sendiri?? Astr*2 ooo….astr*
    Mobil sama motor no.1 masih aja ketergantungan cip china India

  4. Nunggu vario 160 untuk daerah tasik inden 3 minggu mang..
    Lah temen kerja disini di cikarang 3 hari doang 😂😂😂

Yuk Tinggalin Jejak Lads..