Home Motor Baru Yamaha Cygnus Gryphus 2022, Lawan Sesungguhnya Honda Vario!

Yamaha Cygnus Gryphus 2022, Lawan Sesungguhnya Honda Vario!

63

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrrr… Ketika di sini skutik Honda Vario terus menerus dikait-kaitkan dengan Yamaha Aerox yang sebenarnya tidak lah sekelas, sebenarnya ada produk Yamaha yang lebih pantas untuk melawan skutik cap sayap tersebut, dia adalah Yamaha Cygnus Gryphus 2022! Bukan berarti Aerox tidak pantas, lebih pasnya kurang tepat, karena ada yang lebih tepat lagi.. dan dibanding Lexi, Cygnus Gryphus yang rilis akhir tahun 2021 lalu ini lebih tepat melawannya, cekidot versi terbaru di tahun 2022 ini

Yamaha Cygnus Gryphus 2022

Entah kenapa, seharusnya Yamaha Lexi lah yang paling pas jika ingin membenturkan secara head to head antara skutik kelas dek rata, setidaknya untuk Vario 125 dulu lah, Lexi seharusnya bisa berbicara banyak, namun entah kenapa Yamaha malah seperti tidak PD dalam memilihnya sebagai senjata, dan malahan melipir ke Aerox yang dari sosoknya saja orang sudah tau yang satu dek rata single shock, satu lagi dual shock dengan back bone! Aneh aneh aja wkwkw..

Mungkin harapannya, konsumen akan balik badan terhadap Vario series dan memilih Aerox untuk kendaraan hariannya, kemanapun. Oh tidak bisa gitu Bambang.. kedua konsumen dari masing masing skutik tersebut sudah jelas pemisahannya, yang memilih Aerox hampir bisa dipastikan tidak akan melirik Vario (contoh sahihnya ya KBY sendiri wkwkw), karena sudah memutuskan tidak butuh skutik dek rata.. begitu juga sebaliknya. Dan faktanya konsumen untuk aktifitas hariannya jelas pilih kemana kan?

YAMAHA CYGNUS GRYPHUS 2022

Kembali ke skutik Yamaha yang lebih pantas untuk melawan Vario, Cygnus Gryphus! Namanya agak susah diingat dan ditulis ya hehe.. Kalau saudaranya yang lebih besar yaitu Yamaha Cygnus X kebetulan KBY sudah pernah lihat langsung di Twin Ring Motegi Jepang lads.. Tapi kalau yang Gryphus ini belum pernah.

Dari desain saja sudah terlihat, sosoknya lebih tepat untuk melawan Vario series. Sama sama punya nafas sporty dengan dek rata yang luas untuk mengakomodasi barang, malah Yamaha Cygnus Gryphus 2022 ini menang cukup banyak dari skutik dek rata cap sebelah tersebut. Apa saja?

FITUR Yamaha Cygnus Gryphus:

  • Dual Shock breaker! Sudah jelas terlihat dari foto fotonya juga
  • Dual disc brake, di all varian. Kalau Vario hanya di ABS saja, CBS dan 125 masih teromol.
  • Kapasitas tangki bbm 6,1 liter.
  • Lampu depan dan rem LED

Bicara desain, karena garis tegas lancip dan tajam serta dual headlamp layaknya Vario memang disukai oleh banyak konsumen Indonesia, maka seharusnya dari sisi ini Yamaha Cygnus Gryphus 2022 tidak akan memiliki issue. KBY cukup yakin desainnya akan lebih mudah dicerna dan diterima oleh kebanyakan calon konsumen di sini.

Secara dimensi, motor ini memiliki panjang 1.935 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.160 mm. Kemudian untuk tinggi joknya adalah 785 mm, jarak sumbu roda 1.340 mm, ground clearance (jarak terendah ke tanah) 125 mm, dan bobot kendaraan mencapai 125 kg.

YAMAHA CYGNUS GRYPHUS SPECS

Lalu dari aspek mesin, motor ini ditenagai mesin yang dapat dikatakan serupa dengan NMax dan Lexi 125, yaitu berkapasitas 124 cc, 1 silinder, 4-tak, Blue Core, dengan bore x stroke 52,0 mm x 58,7 mm. Motor ini juga sudah dibekali fitur katup variabel VVA (Variable Valve Actuation) yang bisa menjaga distribusi power di setiap rentang putaran mesin.

Konsumsi BBM

Soal performa, mesin itu bisa menghasilkan tenaga maksimal 12 PS pada 8.000 rpm dan torsi puncak 9,8 Nm pada 6.000 rpm. Untuk konsumsi bahan bakarnya diklaim bisa mencapai 48,6 km per liter.

Bicara pengereman, motor ini sudah mengadopsi rem cakram, baik di roda depan maupun roda belakang. Tapi sayangnya belum memiliki fitur ABS (Anti-lock Braking System) untuk mencegah roda motor mengunci ketika dilakukan hard braking.

Kemudian untuk kelengkapan fitur, skutik ini kini dibekali sistem lampu LED dan layar digital LCD terbaru yang informatif. Agak berbeda dengan versi lawas, kini RPM hanya ada satu saja, kalau dulu di kiri dan kanan, kini di tengah tapi BAR-nya tetap dua. Tersemat pula soket USB untuk pengisian daya smartphone atau gawai pengendara.

Lampu rem belakangnya unik, ciri khas moge skutik T-Max, kaya muka antagonis di Star Wars gitu hehe.. Karakternya kuat sekali, jadi orang bisa tau dari jauh kalau itu adalah Yamaha Cygnus Gryphus.. Meskipun kalau mau berpikiran kotor kok ya kaya nganu yang lagi Palang Merah.. huhuhu..

Hanya saja, jika si Gryphus ini beneran hadir untuk melawan tetangga sebelah, maka pekerjaan rumah YIMM sendiri memang jadi cukup banyak serta tidak mudah. Pertama, Yamaha Lexi sudah jelas harus kelar masa baktinya, karena hampir bisa dipastikan tergerus oleh Cygnus G. Kedua, mengingat spek mesinnya hanya 125cc, maka Yamaha harus bisa membuat mesin 155 VVA nemplok di Gryphus.

Dan terakhir, Aerox wajib pakai disc brake belakang! Karena kalau tidak ya sama aja cari kesulitan sendiri, lah adiknya sudah dual disc brake, masa kakaknya yang ceritanya sebuah skutik sport tulen malah masih teromol.

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

63 COMMENTS

  1. Yamaha sebenernya gampang kalo mau bikin Matic 155cc dek rata, tinggal facelift aja si Lexi terus mesinnya ganti pake punya Aerox, tapi resikonya bisa ngebunuh si Aeroxnya

    • Nah ini, seperti ay bilang, berangus aja produk yang bikin beban…

      Kalaupun aerox kegerus, setidaknya si Cygnus sukses besar…

      Tentu ini dari kacamata gw yes, dari sisi Yamaha mungkin ada perimbangan lain..

    • Sungguh ide yang kejamm!!! Spion ama pelek megalitikum aja stocknya gak abis2 sampe sekarang😁😁..ini kok malah nyarankan gorok LeXong…trus itu unit mau diapain? Jual kiloan di loakan?🤕🤕🤕

  2. 😂😂
    Amat teramat banyak PeErnya . Jangan lupa untuk MELEBUR semua yang gak produktif .

    • Cuma smax itu setang telanjang, tau dong ngepbeyeh anti banget sama model gitu, sampe sampe mereka lupa kalau smax itu keren…

      Dibalikin gitu mingkem mereka.. 🤣🤣🤣

      • Nggigit lidah sendiri mereka..shock cuma 1 , maunya 2 😂

        Sekilas kek PCX , dibilang ngekor …ngambek pulak 😂

  3. Tapi mang Kobay , ay pikir disain Soul GT malah bagus.
    Secara tampang dan buntut pun gak kalah dari Sinusitis ini .
    Masih kurang gede…ya gedein dikit bodynya, tapi jangan Lebay lagi masuk Maxi family 😂

    • desain soul gt, sudah diaplikasikan di smax generasi pertama(bodi depannya), pernah lihat langsung memang keren..

  4. Bisa sih dimasukin ke Indonesia..
    Setidaknya ada tambahan kerjaan buat salesnya, ngelap2 pake kemoceng lebih banyak lagi, biar ga dibilang makan gaji buta….

    • Mamang gak kasian apa ?
      DiGudang Lembur2….jualan pun dilakoni , sampe rumah cabut2in bulu ayam.
      Kapan waktu Rehatnya coba 😂

  5. Sebagus apapun ya-mlehoy membuat motor, selama pola pikir efbenyek masih jas jes jos tapi beliny BeAT dan Scoopy, tetap aja MS ga bakalan naik.
    Fenomena nyata yang terjadi, se-fanatik2nya efbenyek, pasti punya motor Honda sebiji..
    Tapi ga berlaku buat FBH, ga bakalan mau beli motor ya-mlehoy….
    Meskipun efbenyek punya r15 new, nyemek dan ngerok new serta paijo sekalipun dirumahnya, dijamin tetap ada paling ga BeAT atau Scoopy juga…

    • Bener juga..
      Sy tuh terakhir beli jupi burhan doang waktu beyek blum masif di blog spt skrg.
      Tp sejak tagline songongnya bikin bhenyek pd sruntulan dijalan, jd ilfil dah sm semua produknya.
      Serumah semua sdh pake hnd.

    • Tuuuh contohnya Lek IWB-yang dibilang blogger AHMplopan, miara motor ya-mlehoy cuma bison usang, ga pernah mau beli motor baru dari ya-mlehoy..
      Padahal merk lain tahun muda selalu ada..
      Suzuki : Next II dan GSX150.
      Kawasaki : ZX25R.
      Honda : Ga perlu disebutin ya…..

  6. Lhaa wong panglima efbenyek yang siang malam belain produk ya-mlehoy sampai memBEGOkan diri aja tetap bangga dengan jupiter burhan dari jaman majapahit kok…
    Gimana bisa MS ngejar Honda..
    Uda seneng banget tuuh petinggi ya-mlehoy, tiap kali ada motor baru selalu dipuja2 mati2an, ehh ga tahu nya dengan bangga miara-nya jupe burhan….
    Ngenes ga tuuh petinggi ya-mlehoy…

  7. Aerox125 sebenarnya udah pas lah buat lawan Vario 125 . Lahirkan lagi aja. males ngedisain baru ya tiru saja model 155 namun dek rata , kasih 2 shock , konak konek dan fitur2 Smartnya. Trauma sama ” Aerox ” nya ? Kasih nama baru ” BoroX ”

    Tapi gak usah sok Kencang atau kencang diBrosur
    😂

  8. “Lawan sesungguhnya”

    Tapi jangan lupa mang, yamaha skrg keknya udah jarang berani main head-to-head scr langsung dengan honda, karena sejauh ini semua “pertempuran” yg mengharuskan mereka tuk menghadang honda dengan produk sejenis berbuntut kekalahan.
    Ya kecuali NMax, itupun juga 50:50 menurut saya. Dan mungkin fazzio, tapi feeling saya si fazzio ini cuma spike di awal aja karena hype.

    Oya mang, omong2 soal lexi gaada nih desas desus buat faceliftnya? Sebab daripada susah2 bawa si cygnus ini kesini ya mending si lexi aja yamaha benahin: tangki digedein, seat height dikurangin, shock diempukin, DESAIN DICAKEPIN, gitu aja udah cukup sebenarnya.

    • Bener banget, kayaknya Lexi udah harus dirombak total – atau disuntik mati sekalian- , biar ga jadi motor serba nanggung lagi. Tangki, seat height & bagasi harus dibenahi. Ya minimal jadi mirip – mirip Vario lah. Motor segendut itu tapi bagasi cm 12 literan rasanya ga banget.

      Kalau desain, entah selera saya yang aneh mungkin, saya justru lebih suka Lexi daripada Nmax wkwkw. Mungkin saking jeleknya jadi keliatan bagus dimata saya. Makanya saya beli satu.

  9. Yg bikin artikel cenderung Honda….yg coment kebanyakan FBH jg, ….inget Urip mung mampir ngombe…..semua bakal kita pertanggungjawaban nanti

  10. Modelnya keren dan dewasa , tidak seperti vario160 modelnya malah kekanak-kanakan karna berundak-undak sperti bwndera umbul-umbul dan kalau dilihat dr depan kaya celana melorot 🤣,

    • Dan lagi-lagi tipikal bhenyek diatas hanya bisa mencela desain berdasarkan matanya yg ketusuk garpu.
      Gimana gak bikin makin ilfil coba…
      Vario yg jelas2 udah laris, bhenyek msh ngeyel mengakuinya 😂

      • @Galuh : Lhaa sampeyan uda tahu kalo efbenyek suka ngeyel, masih aja nge-reply komen kayak gitu..
        Buang2 energi saja…
        Biar aja efbenyek pada koar2 bilang Vario jelek, nyatanya paling laris kan….

        • @jimmo.
          Biarin dah… Kadang kl sy lg gabut, suka aja mancing bhenyek ngabisin kouta data-nya 😆

    • Jika misal emang iwan blog bayaran ahm, tapi terbukti dia sukses. La kamu? Iri dengki ga dapat apa2, beli tuh M3 sama indosat motor sama provider sama2 kembang kempis, yang satu jualannya yang satu sinyalnya 😝😝

      • waduh bner banget ni insodat nya!
        saya pake isodat dari 2003 sinyalnya ampun2an deh kalo masuk rumah, kalo ga ada wifi terima telpon gsm aja ga ada sinyal.

  11. yes, semua bisa jadi lawan sesungguhnya vario…… kalo laku.

    aerox mah jelas2 beda target sama vario, udah gitu aerox kalah kenceng pula (makjleb), jadi jangan disama2in lagi ya.

      • mang kobay apakah bearing drive shaft dalam matik seperti ukuran gir.

        vidio otomotif waktu ngejelasin perbedaan mesin pcx 160 dengan vario 160 nulis:

        bearing drive shaft :
        vario 160 : 35x15x12
        pcx 160 : 37x12x12

        kalau dimisalkan ukuran gir jadi:
        vario 160 : 15 – 35 (rasio berat top speed bagus)
        pcx 160 : 12 – 37 (rasio ringan, akselerasi bagus)

        di vidio wak haji atau siapa katanya ahaem vario 160 powernya di tes pake bensin premium jadi powernya lebih rendah 0,6 hp.

        kalau memang benar begitu ya bener vario 160 top speednya lebih tinggi daripada pcx 160.

        tapi otomotif ngetesnya pake bensin pertamax dapat 128 km/h.

        sayangnya belum ada yg tes pake bensin pertamax turbo.

    • alhamdulillah, setelah ini anteran galon dipastiin lebih cepet sampe, dan para ngabers pura2 ngecek hape kalo ada kang galon.

  12. Tidak perlu lebay , sekenceng-kencengnya mesin H hanyalah mainan bagi Y… Adakah motor H yg juara di ajang balap lokal dan dunia? Tidak ada cak…🤣

  13. yah malahan kaya klonengan product Kymco ini mah

    dek rata dan loass, bisa selonjoran, bagasi gede muat helm – Kymco Trend 2000 mah dari dulu

    isi bensin gak usah turun – Kymco Easy, Free LX, Trend SR (yg LE SDH pakai digital spido) – stop produksi taon 2008

    beruntunglah yg pernah pake Kymco Taiwan, shock empuk, jok empuk dan mesin minim getaran

    dah ah jadi nostalgia huehuehue …

  14. Fokus aja Cygnus sbg suksesor SoulGT utk lawan Vario 125.Tp pake mesin Lexi yg lbih bertenaga. Copot RDBnya, pindahin ke Aerox. Untuk Vario160, jgn tanggung datangin aja SMax 155, (NMax versi dek rata) Kalo pake New Force155 udah desainnya jelak, ntar brantem sama Aerox.

  15. Nahh..ini bagus disainnya dan cocok masuk sini. Tapi kalau gak dimasukkan ya artinya smart di luar sana dan smart versi disini gak sama, wakakak. Tapi ya jangan kebanyakan line up nanti pusing sendiri..fokus aja dulu ke Squizzo🙂…Bukk..sayur bukk!!! Breket kiri pisang kepok, breket kanan singkong bakar hangat knalpot…bwrrrr👋👋👋

  16. Dari line up 155cc yg ada, sepertinya memang kurang 2sih.. Yg dek rata sama atpencur.. Mungkin skrg saatnya mengeluarkannya, tentunya dengan pembaruan2. Salah 1nya menaikan powernya, poles2 dikit masa ga bisa sih, potensinya ada loh.. Kubikasi tetap, tapi power naik jd 17hp misalnya.. Soal nama terserah, misalnya BMax CMax, dll..
    Yg atpencur, apalagi klo bukan xride.. apgred ajalah xride jd 155cc biar seru lawan adepeh.. Wjwjwjwjwjwj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version