GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Kebanyakan dari kita mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saat ini akibat adanya Pandemi Covid19. Karenanya kendaraan yang ada pun mungkin saja nganggur dalam keadaan lama. Kemudian muncullah pertanyaan apa BBM/ Bensin Bisa Basi Lantaran Kendaraan Jarang Dipakai? Jika ya apa penyebabnya dan bagaimana cara agar bbm tidak basi? Apa pengaruhnya ke kendaraan kita?

BBM BASI

Meski berbeda dengan makanan, tapi pada prinsipnya definisi basi di sini ya kurang lebih sama, bedanya kalau bbm basi masih bisa digunakan meski kandungannya sudah banyak berubah akibat kontaminasi sedangkan makanan ya wajib dibuang hehe.

Nah terkait Bensin Bisa Basi ini, ngintip dari statemen Ahli Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung Tri Yuswidjajanto Zaenuri. Dalam statemennya yang dirilis kompas ia mengatakan bahwa bensin yang lama tidak digunakan ini menjadi basi. Hal ini terjadi lantaran ada perubahan unsur kimia dalam kandungan bahan bakar.

dilarang memotret di SPBU

Kandungan unsur kimia ini bisa berubah lantaran bahan bakar ini terlalu lama mengendap di dalam tangki. Akhirnya kandungan bensin ini tercampur zat kimia lain. Intinya, unsur kimia dalam bensin yang lama mengendap bisa terkontaminasi dengan zat logam atau zat lainnya yang ada di tangki atau saluran bahan bakar.

Salah satu contoh kasus adalah misal saat tangki dalam kondisi tidak penuh. Saat malam hari atau lantaran pengaruh cuaca dan sejenisnya, bisa menciptakan embun yang membuat tangki bisa tercampur kandungan air. Nah hal ini pastinya bisa mempercepat korosi terhadap tangki. Selain itu kalaupun aki sehat, biasanya agak sulit dinyalakan akibat bensinnya ada kandungan air, alias brebet.

baca juga: Kendaraan Jarang Dipakai Waspada Aki Soak!

Contoh kasus efek Bensin Basi ini adalah misal yang terjadi pada foto di bawah ini, Kawasaki Ninjanya jarang pakai, sementara isi bensin tidak full, akhirnya terjadi korosi pada tutup bensinnya. Wanjay kok ngeri juga ya, besok KBY cek si Zeref ah, lama juga gak dipake soalnya.

Tips Agar Bensin Tidak Basi

Bagaimana cara untuk mengatasi agar bensin tidak basi? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bensin tidak basi atau tidak terkontaminasi zat lainnya. Tipsnya ada di bawah ini lads

  • Usahakan BBM dalam tanki harus penuh saat kendaraan ditinggal lama. Ini untuk menghindari pengembunan yang menyebabkan bbm tercampur air.
  • Sekalian dikosongkan, sehingga lebih aman Korosi tanki BBMnya.
  • Harus rutin memanaskan mesin kendaraan secara berkala. Minimal 2 atau 3 hari sekali. Tujuannya adalah agar bahan bakar bersirkulasi.

Waduh si Gendis sama Sniego gak penuh euy tangkinya, akinya dah dicopot pula.. ah besok si Zeref KBY penuhin deh bbmnya..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

19 KOMENTAR

  1. Sama kasusnya dg SPBU yg kurang laris.. Banyak air atau serpihan karat ikut masuk tangki kendaraan..

  2. Malah bagus kalau basi….motor jadi kuat tenaganya..
    Seperti teh basi bisa menguatkan otot2 yg kendor😂

  3. Gusti Alloh, gambar terakhir terlihat ada tambahan 2 “tangki”,
    masing-masing kapasitas 1.5 liter, total 3 liter.
    “BBM” tanpa basi itu Kang. Isi ulang otomatis. Hemmmm jolgandol.
    Disayangkan Kang K0bay cuma ngasih 1 gambar tok. xixixiii

  4. Wuaduh….250RR dan Adv gua cuma dipanasin sekali dalam 2 hari 😫
    Takutnya ntar dimasa yang sudah normal jadi hilang Wuuuuuuuuzzzzzz ngacirnya😂
    Ntar kalau dikosongin total tangkinya…kira2 ngaruh juga ( efek lain- maksud ngehindari basi bbm…ehhh yang lain kena ) kekinerja part2 pendistribusian bbm ,sept pompa sensor dll..
    Justru kalau tankgki penuh makin mengkhawatirkan keknya ,karena pengembunan , tekanan udara dll itu tetap ada..rumus dan hitung2annya barangkali harus pas dan gak semua orang yang paham , insinyur aja pusing..tiap 2 hari mikirin bensin d tangki 😂
    Yang bener dilakukan kayaknya ,isi tanki motor Setengah liter..tar kalau dah mau habis isi lagi setengah liter. Untuk mobil isi 2 liter saja ( jika kendaraan hanya tegak diem d rumah ).

Yuk Tinggalin Jejak Lads..