ini dia motornya, yamaha r15 irs 37,2hp
iklan gma

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr.. Rafid Topan, pembalap dari tim Yamaha Yamalube IRC KYT Syafina menjuarai race 1 kelas sport 150cc dalam seri kedua Kejurnas Indospeed Race Series (IRS) 2017.. Apa rahasianya hingga dia bisa menjadi juara dan bahkan melesat menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi dan bahkan memecahkan rekor nasional? Ini dia spesifikasi Yamaha R15 IRS yang tembus 32.7hp!

Motor Yamaha R15 yang satu ini mampu memecahkan rekor best time di kelas sport 150cc Kejurnas IRS, tak hanya itu, Rafid kemudian jadi juara di race 1 Kejurnas IRS 2017 Putaran Kedua (20/5) jadi penasaran gak sih dengan spesifikasi motor Yamaha YZF-R15 yang ditunggangi oleh Rafid Topan Sucipto ini? Yuk diintip..

Pembalap dari tim Yamaha Yamalube IRC KYT Syafina ini memang tampil luar biasa di hari ini. Namun selain memang faktor pembalapnya, faktor motor Yamaha YZF-R15 yang ditungganginya juga tak kalah hebat, motor dengan blok mesin dan head spare alias cadangan ini ternyata saat di dyno powernya mampu mencapai 32,7 HP! Giliiing.. Emang diapain aja sih?

Mekanik tim Yamaha Yamahalube IRC KYT Syafina, Gendut GDT Racing mengatakan, “Hasil saat tes dyno sudah menyentuh 32,7 HP. Sebelumnya belum pernah mencapai angka segitu. Perubahan penting pada diameter klep yang lebih besar. Desain head cylinder kita desain ulang sesuai kebutuhan. RPM diatas angka 13.000 lebih jalan.

ini dia motornya, yamaha r15 irs 32,7hp

Edan bener bukan? Setara dengan motor sport 250cc 2 silinder standar! Limiter pada motor ini, ternyata juga sudah digeser yaitu ada pada angka 13.500. Sadiiisss! “Kalau lift klepnya naik sedikit menjadi 8,3 mm. Top-speed menjadi lebih baik,” tambah Gendut GDT Racing yang bermain dengan durasi camshaft 270 derajat.

Mengenai pasokan bahan bakar, Gendut juga menjelaskan. “Kalau AFRnya sekitar 11,8 : 1. Ini pas karena tidak kekeringan di ruang bakar.” tukas Gendut yang Yamaha YZF-R15 hasil kreasinya menggunakan knalpot Creampie ini. Nih lads spesifikasi mesin Yamaha YZF-R15 IRS yang bikin Rafid Topan jadi juara, cekidot..

SPESIFIKASI MESIN YAMAHA R15 IRS :
Piston : SND (57 mm)
Klep : 24/21 mm (SND)
Lift Klep    : 8,3 mm
Throttle-Body : 33 mm
Rasio : Faito
ECU : aRacer
Koil : Ultra Speed
Knalpot : Cream-pie
Final Gear : 16-48 (Sirkuit Sentul, Bogor)

sumber: Balap Motor

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

49 KOMENTAR

  1. Ga salah mang kobay? Bukannya k45 duluan udah bisa segitu (di atas kertas)??? Koq malah R15? Versi 2 lagi?

  2. Woohh sangar pol, power on wheel dua kali lipat power on brosur.
    Oiya mang, mesin oprejan gt bisa bertahan brapa kali race ya mang?

  3. tenaganya lebih besar dari cbr250rr standar dong ya mang? cbr250rr on wheel paling 31,xx hp kan? bisa kuat banget ya materialnya, mau dibilang semua parts sudah diganti pun, kalau basicnya gak bagus gak mungkin bisa seperti ini. salut sama mesin minarelli

    • biasanya R15 balap pake pelek NJMX biar handling makin lincah dan bobot makin ringan

  4. wajar saja motor bebek 115 cc spek indoprix saja rata-rata main diangka 20an hp keatas
    yang jadi pertanyaan, mengapa cbr150 irs masih satu level dibelakang r15? ada beberapa kemungkinan :
    – kalah dalam waktu riset/pengembangan
    – ketersediaan part racing aftermarket
    – kalah dukungan finansial dari pabrikan
    – engine yang tidak memungkinkan untuk di upgrade setinggi r15 entah itu dari rancang bangun/desain maupun material engine

    • wkwkwkw kalah finansial kagak mungkin lah kata fans boy kambingg,, AHM pabrikan terkaya di dunia om..,, buktinya bloger otomotif diternak semua kasih makan biar bacotnya kagak kemana-mana..

      Kemungkinan sih emang part CBR kualitas rongsok sih om

    • Kalah dukungan financial preeet?
      itu AHM coy…moso ngasih sepermilnya Yamaha, untungnya jardine dari AHM net-nya Triliunan coooy….
      CBR itu keok karena banyak faktor coy, kasat mata aza, emang blok CBR itu sama materialnya dengan Diasil??? Kedua zudah menzadi Ketetepannya bahwazanya Yamahmud itu mudah dioprek-prek-prek, kalau masalah oprek mengoprek pada zaman janya dulu mah Yamahmud itu zeteru abadi-nya Suzuki,(di zaman 2 tax).
      Kalau keox di MS mah Yamahmud kurang berani di sektor intangible amplops…
      btw itu pakai old R15 yach???

  5. Dr cbr dual keen thai ampe dohc near square gak ada yg menang lawan mesin ngebooolll…

    Eh gw lupa cbr itu mesinnya msh std cm gnt knalpot n remap ecu…

    Maklum namanya jg ‘irit’ wekekekekekek

    • Jangan lupakan tensioner dr seng bro .., Ngoahahaha tp tetep sazaa produk2 AHM tetep dibilang Juooozzzz,, sansal swallow, njengat dll om ..,, tau lah om bloger2 cari duit dr banner

      • hush…kalo tanpa bukti pitne broooooooow…
        palagi nggiring opini….Data Aisi Maret dikeluarin pada saatnya data aisi April keluar…ini lebih beracuuun brooow

  6. yamaha mah gitu pabrikannya

    engine prototype nya sengaja dibikin maximum tuning aka full oprek atau apalah bahasanya

    so itu engine udah ready pas mau di tuning lagi

    jangan kaget pas kmarin engine test meleduk emang sengaja seberapa tahan n bagus itu engine

    r15 vva kabarnya prototype engine nya nyentuh 35,2 hp on dyno yamaha

    • Jangan hoak ente gan NGiueheueiehe ntar ente di sawat sandal swallow sm bloger IWB wkwkwkw..,, Tetep saja CBR series paling njengaaaattt cakk meskipun tensioner dr seng..

      Ente tanya saza sm bloger ternakan AHM

      • ohh, jadi standar ketahanan untuk yamaha tuh full oprek supaya ketahanan untuk hariannya terjamin. saya sih gak heran kalau r15 vva bisa dapet 35.2 hp on dyno, soalnya ini hasil oprekan pabrikan yang memang mendesain mesin dari nol. yg 150 cc non vva aja bisa dapet 32.7 hp oleh mekanik balap biasa, apalagi oleh insinyur mesin, fisika, otomotif, dan lain-lain. gendeng yamaha

  7. “wajar saja motor bebek 115 cc spek indoprix saja rata-rata main diangka 20an hp keatas
    yang jadi pertanyaan, mengapa cbr150 irs masih satu level dibelakang r15? ada beberapa kemungkinan :
    – kalah dalam waktu riset/pengembangan
    – ketersediaan part racing aftermarket
    – kalah dukungan finansial dari pabrikan
    – engine yang tidak memungkinkan untuk di upgrade setinggi r15 entah itu dari rancang bangun/desain maupun material engine”
    Kalo menurut ane point terakhir yg jadi penyebabnya New CBR150R belom bisa berbicara di IRS, karena walaupun mesinnya udah DOHC tapi DOHCnya pake roller rocker arm, bukan direct tappet macam (Real) DOHC-nya GSXS/R-150. Keberadaan Roller rocker arm memang pada awalnya bertujuan supaya meminimalisir gesekan yg terjadi antara bubungan noken-as dengan tappet yg menggerakkan valve, sehingga rugi gesek berkurang, konsumsi bahan bakar diharapkan lebih efisien, namun akan menjadi masalah ketika mesin sudah dioprek power naik putaran mesin ikut naik tinggi, keberadaan roller rocker arm justru malah menambah gaya inertia pada komponen yg bergerak, selain itu ketahanan roller juga belum terbukti buat putaran tinggi (buktinya motor Superbike/Supersport engine DOHCnya gak ada satu pun yg pake Roller Rocker arm, apalagi overstroke…, *guyonkamu), intinya ini mesin DOHC bukan buat kebutuhan performa tapi buat IRIT BBM (dan keawetan komponen).
    *Kecuali mesin CBR Thailand sasis deltabox, itu baru mesin yg diperuntukkan buat performa, DOHCnya pun REAL DOHC

    • komentar pintar
      g kaya Fansboy yang bloon bloon

      ngarep ada r15 v2.0 vs CBR thai vs GSX-R 150

      R15 v3.0 tanding laptime aja yo soalnya beda kubikasi

      ciao…

    • Kalo inersia rocker arm, apa bedanya ama SOHC R15?, Rocker arm lebih panjang, tentu inertianya lebih gede, tapi power 32 dk eces2 aja, ane penasaran sebenarnya oprekan seperti apa sampe power segede gitu dapet dari mesin hanya 150 cc, dan ngeliat piston speednya pun udh over 21 m/s

    • Statement ente kontra semua ama spek R15, SOHC, roller rocker arm, over stroke lagi, tapi kk bisa dapet 32 dk, penasaran ane, oprekannya kya apa

  8. Atau mungkin Ada kemungkinan lain, CBR masih memble bukan karena faktor enginenya, mungkin saja enginenya sudah dikorek dan mampu menghasilkan power yv besar pula, tapi bagaimana jika kita bicara soal Chassis? Mungkin bisa saja Chassis Truss Frame CBR150R (yang kualitas las-lasannya tau ndirilah kayak gimana itu) kurang bisa mengimbangi/menghandle keliaran dari mesinnya yg sudah dioprek tersebut, sehingga “filosofi Honda MotoGP yg mengatakan bahwa mesin tidak boleh mengalahkan chassis” itu ngga bisa diterapkan. Para pembalapnya mungkin merasakan chattering yg berlebihan, motor jadi agak susah dikontrol.

  9. Njir r15 bisa se kentjang ituuuu,,, edaaannnn padahal sohc,, ktanya dohc lebih kentjang,, mana?? Klo suzuki bisaaa,, tapi dohc yang satu lagi tuh, yg paling laku katanya,, yg paling hebat katanya,, yg paling wooww lah katanya,, mana??? Klo udah main di sirkuit ko loyo,, klo di jalanan aja kenceng (ngerasa doang, pdahal ngga),,haha kabur ah ntr ada tante2 fbh ngamuk ngamuk

Yuk Tinggalin Jejak Lads..