Ban sobek

Kobayogas.com – Hola lads, musim penghujan memang meninggalkan jejak berupa genangan, baik itu saat hujan turun maupun seusainya… hati-hati, kesialan bisa menimpa siapa saja, tapi paling tidak artikel ini dapat berbagi tips dan hints bagi pengunjung blog…

Kemarin sore sekitar pukul 16.00, KBY yang masih terjebak hujan di Kios Bikers daerah pungkur Bandung mendapatkan telepon dari Nyonya yang mengeluh karena tiba-tiba ban kiri si Kuro (Jazz jadul) mengeluarkan suara yang tidak enak di telinga plus setir menjadi berat serta menarik ke satu sisi (sisi kiri) setelah melewati genangan air yang cukup dalam.

Nyonya mengaku tidak melihat apapun saat melewati genangan/kubangan air, hanya dirasakan memang ban bagian kiri seperti melindas sesuatu entah batu ataupun besi yang cukup besar karena dirasa ban naik ketika melindasnya…setelah itu langsung kejadian seperti yang KBY jelaskan di atas.

Berpikir sejenak, KBY lalu menginfokan beberapa kemungkinan, pertama setir berat dan menarik ke satu sisi berarti ban kemungkinan besar kempes, kedua bunyi berisi dari arah depan ban kiri, ada kemungkinan baut roda kendor sehingga si karet bundar tidak menapak sempurna ke aspal…

Benar saja, ketika tiba di rumah mertua, Nyonya kembali menelepon dan ditemui si ban kempes parah!! Wah KBY penasaran apa yang membuatnya hingga seperti itu. Untung saja kejadiannya sudah dekat rumah. Tiba di rumah sudah menjelang maghrib, jadi KBY tunda untuk melihat kondisi ban si Kuro.

Tadi pagi akhirnya KBY dapat melihat kondisi sebenarnya dari ban kiri depan si Kuro…alamakkk!!! itu mah bukan kempes lagi, tapi bocor abissss!!  Ban sudah keluar dari velg, alhasil velg OZ Ultraleggera 15″ kesayangan reges/bocel nyaris semua sisi-nya 🙁 Tak perlu lama untuk mengetahui penyebabnya…ternyata dinding bannya sobek lads! Pantas ban langsung bocor dan kempes…roda pun dipaksa berjalan oleh nyonya… sepertinya ketika melindas, sisi tajam benda tersebut menyobek dinding ban..

ini sih bukan kempes lagi namanya
ini sih bukan kempes lagi namanya

GANTI BAN CADANGAN

Setelah mencoba kontak rekan Jazz Fit Club Bandung guna menanyakan toko ban yang buka di hari Minggu, KBY mendapatkan beberapa nomor telpon toko ban, sayangnya stok ban GT Radial Champiro BAX 2 tidak ada di toko dan harus menanyakan dulu ke gudang esok senin.. bahhh

Otak berpikir keras, yasudah, saatnya ban cadangan ukuran 14″ standar bawaan Jazz keluar setelah sekian lama gak pernah digunakan.. Problem baru, ban cadangan pun kurang angin akibat tidak pernah digunakan 😀 Setelah memastikan tidak ada kebocoran, dibantu adik ipar, si cadangan melipir ke tukang ban untuk diisi angin tambahan.

ban cadangan keluar kandang
ban cadangan keluar kandang

GUNAKAN CADANGAN SESUAI NAMANYA

Ban spare pun terpasang rapih setelah melakukan effort luar biasa karena baut desmond mengikat kuat pada velg OZ, sumpah keras bingit buka-nya!!

Sesuai namanya, ban cadangan hanya digunakan untuk mencapai bengkel terdekat hingga ban diperbaiki, dalam kasus KBY berarti hingga mencapai toko ban untuk diganti dengan ban baru untuk kemudian kembali disimpan. Ban cadangan yang ukurannya lebih kecil (beberapa produsen mobil menggunakan trik ini) tidak direkomendasikan untuk digunakan lama apalagi melebihi kecepatan 80 km/jam.

Masih ingat kasus almarhumah Nike Ardilla? Ban cadangan Honda Ferio memang didesain lebih kecil hingga namanya pun space saver tyre. Hanya almarhumah memacu kendaraannya melebihi batas, plus saat itu keadaan jalan masih basah habis hujan…

So, hati-hati melintasi genangan air ya lads, baik mobil atau motor dapat mengalami kejadian di atas, bahkan motor bisa saja mengalami velg penyok/pecah…jangan lupa berdoa sebelum dan selama perjalanan ya..

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

53 KOMENTAR

  1. dulu ane punya jazz vtec om, ban cadangan sama ukurannya kok…. mungkin krn udah ga standar ya….

  2. walah mpe sobek gitu bang kobay??

    eh beda profil ban pengaruhnya saat ban habis angin gitu apa ya??
    soalnya pas ban ane kempes ga mpe kyak gitu
    ane pake 185/70 r13 di velg r13 – 7″

  3. ngiringan sharing, oom kobay…sama ayahab nya saat lagi lewat jalan beton yang baru kelar separuh, pan besi2nya pada nongol juga…inget dulu kejadian saat adik ipar nyetir mobil, saya numpang mobil di depannya (iring2an)…sugan teh apaan ada suara mbledos di belakang mobil tumpangan saya…ternyata dari mobil ipar saya, dinding ban-nya sobek kena besi dari jalan beton setengah kelar itu…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..