Kobayogas.com – Hola lads.. Satu pertanyaan sederhana yang dulu-dulu sempat juga terpikirkan kini muncul lagi lewat pertanyaan seorang sahabat blog yaitu bro Tri Yogi Handoko.. pertanyaannya sih simple, jawabannya yang agak mumet…
Pertanyaannya sih cukup sederhana lads, secara singkat yaitu, mengapa konsumsi BBM moge (600 cc ke atas) bisa lebih boros dari mesin mobil dengan kapasitas cc yang lebih besar? Padahal mobil itu lebih berat sedangkan motor itu lebih ringan. Belum lagi power motor (sport bike) yang besar berarti power to weight rationya juga lebih baik dari mobil.
Saat itu KBY tidak bisa menjawab, karena memang belum menemukan jawaban yang tepat bagi bro Tri Yogi. KBY pun akhirnya berjanji menginformasikan kepada beliau jika telah menemukan jawaban yang tepat bagi pertanyaannya. Hari demi hari berlalu, musim demi musim terlampaui… halah… intinya KBY lupa dan baru hari ini keingetan.
Akhirnya setelah berfikir keras kepada siapa pertanyaan tersebut tepatnya diajukan, eh ladalah Benny Beruang bikin artikel soal Inazumanya dan menyebut nama sahabat blogger yaitu mas Imam pemilik blog bengkelsepedamotor, jagoan Triumph… Tanpa pikir panjang lagi, berdiskusilah KBY dengan beliau yang memang selama ini sering menjadi sumber diskusi seputar teknis mesin…
Jawaban mas Imam yang bisa KBY resume adalah sbb (asumsi perbandingan motor 1000 cc vs mobil 1000 cc):
- Yang paling utama dan sangat berpengaruh jelas putaran mesin (RPM)
- Volume cc = volume udara + volume bensin untuk pembakaran
- Putaran mesin (RPM) antara mesin mobil dan motor berbeda, dimana mayoritas mesin mobil menggunakan long stroke, torsi di dapat di putaran rendah (misal Jazz 128 Nm di 2800 RPM). Sedangkan torsi motor rata-rata ada di atas 6000 RPM semua, apalagi sport bike, torsi dan power di dapat pada putaran tinggi.
- Long stroke mengakibatkan putaran mesin tidak perlu tinggi untuk dapat membuat mobil bergerak/ meluncur di kecepatan sedang – tinggi.
- Superbike/ Sportbike pun bisa seirit mobil yang memiliki kapasitas mesin yang sama/ lebih besar asalkan gaya berkendaranya mengikuti putaran mesin mobil. Misal pada kecepatan 60-80 km/ jam, mobil dapat melaju dengan RPM hanya 2000-3500 RPM. Nah sportbike pun bisa asal mau menjaga ritme RPM-nya dikisaran yang sama. Kebayang sport bike di RPM segitu lari berapa ya? 😀
- Yang paling signifikan membuat motor lebih boros adalah karena tingginya (putaran) RPM pada mesin motor sebagaimana halnya mobil bertransmisi AT vs MT, lebih banyak mobil matik yang lebih boros dari MT.
Penjelasan di atas juga sepaham akan opini bro Vario125 di artikel test ride Yamaha TMax. Nah itulah penjelasan singkat mengapa mesin moge bisa lebih boros dari mesin mobil yang notabene lebih besar dan lebih berat daripada motor.Tentunya jika ditelaah lebih dalam, masih banyak faktor lainnya yang ikut berperan, namun kita disini membahas dari sisi yang sederhana dan paling mudah saja.
Silakan jika ada sobat kobayogas.com yang ingin memberikan pendapatnya…
Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing…
email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com
KobaYogas from WordPress for Android
absen dulu mau mandi
tah eta XD http://ridertasik.wordpress.com/2014/10/15/konsep-modifikasi-cbr-bu-thailandfairing-cbr-fireblade/
ternyata sebangsa demit mandi juga toh 😀
alhamdulillah saya udah mandi.. coba mobil bisa meraung sampai 14000 rpm pasti sangar
http://sijidewe.com/2014/10/15/duh-kaca-helm-andrea-ianone-dan-bradl-juga-terkena-laser/
9000 aja udah tepuk tangan (Honda Civic Type R) 😀
Ikutan absen
===========
Perbedaan Motor Motocross, Enduro, Dual Sport, dan Motard http://klxadventure.com/2014/10/14/perbedaan-motor-motocross-enduro-dual-sport-dan-motard/
Oh, mlongo
Mobil ga bisa 14rb rmp sih…
http://ardiantoyugo.com/2014/10/15/ini-dia-orangejuss-pasca-restorasi-orangejuss-v2-0/
pasti mobil borosnya gila2an kalo RPM dibuat mirip kayak motor, tinggi terus. makanya mobil F1 dibuat seaerodinamis mungkin buat ngurangin tahanan angin. pejwan gan kalo berkenan #eeehhhh 😆
pejwan already gan, kimochi 😛
blm pny mang…..
ane dikasi donk atu
tuh dikasih, atu
Mana? Kirim donk…..
itu atu nya dah smp kan?
Semprul….mksdnya boil/mtr nya.
Lama2 ketularan bocah tua nakal deh
👿
Torsi…… Dan RPM mesin kata kuncinya itu ya?
http://78deka.com/2014/10/14/menyasar-segmen-menengah-ke-bawah-tvs-gandeng-mahabharata
iya dan long stroke
kalo masalahny salah satuny krn long stroke…
Harley sangat2 long stroke…putaran mesin d dapet d torsi rendah…kenapa gak siknifikan selisihnya
Kira2 jalannya di RPM yg sama gak ama mobil utk kecepatan yang sama? Buat lari 60-80 HD ada di RPM brp? Sebutlah sama, betah gitu segitu terus? ?
Oooo…jadi alesannya betahnya…jd pengen ngebut mulu gitu….muehehe
Kl jalan d rpm sama…contoh yg cc nya sama/mirip ya….
Honda jazz torsi paling enak d rpm 4800…HD torsi d rpm 5000an…jumlah silinder jazz= 4…HD=2..(semakin banyak jmlah silinder rata2 semakin boros)…
Tp konsumsi klaim honda jazz 17,8km/lt….HD rata2 14-15 km/lt….
Silahkan d kunyah2 teori rpm nya…hahahaha
itu bicara torsi maksimal, bukan berarti harus selalu di 4800 kan? ngapain selalu di 4800 kalau RPM 2500-3000 saat cruising sudah bisa 80-100 km/jam? hehe…
nah disamainnya disitu, kalau pemakai HD bisa betah lari di 2500-3000 (whatever the speed) ya bisa jadi HD lebih irit…
akhirnya, pernah juga sih di kasih pertanyaan kek gini cuma bisa mlongo… Hehe…
Josss infone kang…
sipppp sukur lah kalau bermanfaat
Oh ngunu Ya lik
http://adityaprad.wordpress.com/2014/10/14/seberapa-pentingkah-lampu-senja-saat-ini/
Pertanyaan baru nih Om Kobay. Kenapa motor pakai short stroke atau minimal square atau agak long stroke dikit? Kenapa ga disamakan sama mobil juga kombinasi displacementnya? Pasti ada sebabnya kan?
(Kapan lagi coba ngasih PR ke Om-om) XD
Simple aja, kalo kyk gitu motornya kegedean torsi tapi gbs lari..
Masak rpm maksimum di 6000 tp top speed cm 60km ?
sip ajib infonya kang..nuhun 😀
yuuuuppp,, untuk itulah kalo bisa oli mobil jangan dipakai di motor,, RPMnya beda, mesin motor bekerja lebih berat..
berarti mobil diberi oli motor seharusnya lebih sip dong. hayoooooo
oli motor kan buat merendam kopling, kalo oli mobil kan engga 🙂
lha iya, berarti oli motor lebih bagus dong dibanding oli mobil. kalo iya, berarti mobil diberi oli motor aja kan hihihiihihih
waduuuuhhh gimana ya,, mungkin sebelumnya dilihat dulu mesinnya sama nga (matic vs manual) terus SAEnya juga.. minta tolong dong suhu2 yang lebih jago…:D
gak usah kuatir om. saya bukan pengguna oli motor kok meskipun untuk motor baik matic maupun kopling basah kwkwkwwkk. kalo mo tau soal oli, tanyakan pada ahli perminyakan, jangan sama mekanik. beda ilmu itu
motor matic kalo secara clutch kan sama dengan mobil om. motor kopling baru beda
hadew oli motor kok dipake ngerendem kopling, pada rompal tuh gigi2 transmisi. fungsinya sama dengan oli mobil, namun putaran crank shaft motor lebih cepet drpd mobil ini yg mungkin diasumsikan kerja motor lebih berat.
Saya pengguna oli diesel di motor ga sepakat… Oli motor saat ditest cuma 30 siklus sedangkan oli diesel 90 kali dengan toleransi 0. PCMO/oli mobil juga ada yang ramah dengan motor seperti adnoc voyager. Kalo mau lebih jelas silahkan masuk grup PCMO/HDEO user baik di kaskus maupun facebook.
gw ikut elo aja om, tar nanya2 deh kalau mau ganti oli
Oke bro.. 😀
Ga boleh… (Sambil salto)
boleh donk…#kayang
pake ol diesel apa om..?? saya udah dari dulu pake r4x di jupi burhan dan fastron ijo di vario 125 saya heheehehe. oli motor sih kelaut aja deh wkwkwkwkw
Flushing kemarin pake rimula r4x om, sekarang baru isi fastron diesel nambah boros jadinya piksen ane om..boros kampas rem depan juga…wkwkwk enak banget soalnya 😆
@om kobay.. Ini bukan email asli om..
kirim email kosong aja ke email ay yah, foto seksi JKT 48 sekalian
join di fb/klub sesat itu juga..?? nick pake apa nih di fb
oh, gitu ya…..
Ya oh giti
O IYA..mungkin mobil jaman sekarang, angka torsi jauh lebih tinggi dari angka powernya om, sedangkan motor pasti yang d liat angka powernya…coba misal ninja250 brojol baru, dengan tenaga cuma 27 Hp, tapi torsi 35 Nm,..pasti bakal berjaya lagi..hihihi
Kalo pengalaman saya boros mobil om kobay, soalnya kalo kemana-mana naik mobil pasti sekeluarga coba itung berapa cost makannya blom belanjanya… tetep irit motor diisi 150 rb plus rokok sebungkus ama pisgor jg udah beres…. IMHO sih.
itu other expenses masuknya 😀
jiiiaaaa dibahas heheheh, met hari rabu om… gimana PCX?
makin hari makin enak 😀
Tapi tetep dari sumber income yg sama om, kalo di perhitungan rugi laba mah sama aja…..
joss juga
haha romantis
rokok makan gratis
jadi inget.. Bapak di rumah suka “ngenye” kalo tiap kali Ane yg jadi supir mobil Papanja 1.3 tipe G, bbm jadi boros wkwkwkwk 😀 normalnya Jakarta-Bogor(jalan-jalan, makan, dll)-Jakarta atau sekitar 120km-an, cukup 70ribu Premium. kalo Ane yg nyetir, 70ribu itu kurang, paling enggak harus ngisi lg sebelum pulang :v soalnya ada sensasi tersendiri kalo “shift up” diputaran agak tinggi, 4000-5500rpm 😀
Avanza mah lari 100 km/jam aja gakan bisa dibawah 3500 RPM silakan coba… Hehe. Meraung soalnya…lari 100 itu dia ada di 3800-4000.
avanza G iya sih Om, soalnya 1300cc…, kl avanza S. velos sama avanza G 1.5 dibawah itu rpm-nya pas lari 100
oia lupa kalau ada Veloz juga wkwkwkw… berapa tepatnya?
bukan krn 1300 cc nya, karena perbandingan giginya kasar kasar, maklum ngejar torsi karena asumsi akan sering dipakai ngangkut2
Beda di power juga deh kayanya… Soalnya pernah liat brosur mobil2 city car < 1500cc dibanding motor supersport / superbike, horse power masih menang si motor 😀
Justru disitu pertanyaannya… Dgn HP besar bodi kecil kenapa msh kalah irit? Hehe
karena yang bawa motor penginnya digeber terus ngoahahahaaaaa
karena kalau berkendaranya si motor ngikutin gerakan RPM mobil, gakan sampe sampe… wkwkwkwk
btw, efek “long stroke” biar torsi melimpah dimobil emang mantep sih Om.. pernah iseng nyoba, dari posisi beneran diem, nahan kopling + rpm dikisaran 5500-6000an terus lepas kopling beneran berasa kehempas 😀 mungkin kalo dimotor bisa wheelie, kalo dimobil decitan bannya bikin kaget sama barang2 yg ada di dashboard pada jatoh :v
Kasian drive train dan drive shaftnya tapi, Om.. Apalagi kalo mobil harian biasa.. :))
saya juga pernha bahas sih,, tapi masih tetap gagalpaham
nih artikelnya,,,
http://roda2makassar.com/2012/09/04/100-kmliter-itu-sangat-boros-kawan/
Bentar yak tar mampir
nyimaks
Karena rpm jg mesin rotari yg kapasitasnya kecil jadi tenaganya besar tapi boros bgt..
Rx 8 mesin cm 1.3L tp tenaganya 210hp. Bensinnya jg boros bgt sampe di bawah 1:6 ?
sipppppp
intinya tenaga pada RPM yang lebih rendah ya ?
benul…
kalo NVL dipasang di RPM 2000 sampai 3500 gigi 1 lari 15km/jam, kalo gigi 4 ato 5 mesin bakalan mati, kalo RPM pada motor kayak mobil yg hanya 8000 nanti gak seru, F1 tuh sampe 17000 RPM
Ngono to ;D
http://nichozblog.com/2014/10/14/cara-membuat-stop-lamp-led-new-vixion-sendiri-menggunakan-led-piranha-bagian-1/
karena eh karena kapasitas bbm mobil lebih besar dbandng motor jadi kerasa irit mungkin.wkka
saya pernah baca pertanyaan kayak gini, kalo motor Supra X 125 bisa lari 115 km/ jam, trus kalo CBR 150 bisa lari 148 km/ jam lha trus kenapa Ninja 250 gak bisa lari 250km/jam?
apalagi mobil/motor 1500 cc ya, wah bakalan bisa lari 1500 kpj tuh. wooooowwwww.
faktor loss juga pengaruh kayaknya
Gw lupa sapa… Di iwb juga ada yang nanya pas ngetes vega kl ga salah..”ga mungkin vega bisa >110 kpj sedangkan ccnya doang cuma 115, moto gp aja yang 1000cc kok bisa2nya cuma 340kpj”
itu bukannya pertanyaan komentator di motogokil?
(asumsi perbandingan motor 1000 cc vs mobil 1000 cc) itu jadi kepikiran mobil Suzuki Carry Futura vs Superbike 1000cc wkwkwkw….bagaimana kalau bukan perbandingan saja tapi tukeran mesin bisa ndak yah? 😀 😀 hahaa Suzuki carry pakai mesin CBR Fireblade..maknyussss
Suzuki capucino (mobil segede daihatsu copen..atau malah lebih kecil) ada make mesin hayabusa.. Gelloooo
alamak bijimane itu? mobil dgn jambakan setan 😀
hmmm….. baru tahu saya. mamacih inpohnya 😀
bagaimana perasaanmu jika ikan arwana kesayanganmu dimasak sama nenek sendiri brosis?
http://ferboes.com/2014/10/15/ikan-arwana-kesayangan-dimasak-oleh-nenek-omg/
Pertinyi innyi….
Kenapa mobil sama motor lebih mahal motor? pdhl motor kan roda cm 2, ban 2, jok atu, ga pake tempered glass….
musti di jawab ini kang…
karena eh karena, merusakkan pikirannn…
Ting…tong….
Jawaban tidak msk top survey. Wuakakak…
Kalo teriakannya lebih tinggi maka bikin kita terlena dan ga sadar bejek lebih ganas dan ujung2nya ngeluatin duit lebih banyak dari seharusnya… Sekian…
mau irit? beli motor yang 2000 rpm sudah kencang 😀
terus mau ditilang berapa?
http://bonsaibiker.com/2014/10/15/di-bawah-umur-boncengan-bertiga-tanpa-helm-tanpa-sim-terus-mau-ditilang-berapa/
kalau menurutku mobil selain dari mesin yang long stroke juga peran gear yang dimana bentuknya lebih gede diameternya daripada punya motor,
– bisa bayangkan kan kalau gear sumber/transfernyadari mesin lebih gede dan gear penerimanya/transfer ke roda kecil
– jika dari mesin berputar sekali maka penerimanya bisa berkali kali berputar
ingat bukan hanya mesin yang berperan tapi ada gearbox juga sebagai transfer mesin ke roda
Benul…tp itu perhitungan advance lah yah…ini kita yg sederhana aja penyebabnya
itulah mengapa dohc yaris keok ama sohc jazz.
ngak tau juga sich
tetep gagal vaham,
dibaca lagih dari luhur ka handap, masih gagal vaham,
diulang lagih, masih sajah,
otak teu nyampe
wkwkwkwk sok atuh bisi ada pertanyaan kali aja bisa dijawab dengan sangat baik oleh sayah… maklum bahasanya belum tinggi nih mang
ada yang lebih mudah jawabnya…mobil kan penumpangnya banyak..bisa buat patungan beli BBM..jadi lebih ngirit…
*mikirrrr… (cak lontong)
Wakakaakaa…keju..
keju= kena juga dehhh…
1.3 G 100km/jam, gigi 5 baru dapet di 3500an rpm, 120km/jam di 4200an rpm.. rasio per giginya rapet *banget*. imho 😀
kadang kalo nanjak di Cipularang suka bingung.. nahan di gigi 3 ngeraung, naik ke gigi 4 ngedrop 😀
emang ada mobil 1000cc yang bisa dapet top speed 200KMH? kalau ada baru bisa di bandingin… wkwkwkkww
Kalau ada gimana? Hehe… Gmn kalau ay sebut Ford Fiesta ecoboost?
nah tinggal dibandingin konsumsi bahan bakarnya…. 😀
iritan ecoboost hehe…
tapi biar gak melebar kemana mana, koridornya adalah pertanyaan kenapa motor yang cc-nya lebih kecil atau sama (1000cc atau dibawahnya) kok bisa lebih boros? Padahal motor bodinya jauh lebih ringan, jauh lebih kecil, power to weight rationya juga lebih baik…
Jawabannya ya itu, karena motor untuk berlari butuh kitiran RPM yang lebih tinggi dari mobil.
Ford fiesta mah pake turbo…mesin 1000cc 3 silinder, makanya tenaga lebih besar dari mesin dengan cc yg sama…
Irit dapet, tenaga juga dapet…sayangnya mihil bingit xixixixi….
Lah iya kan bilang nya 1000cc hehehe
karena memang darisananyaaa…..
#palinglogis
karena rodanya 4. motor roda 2 bisa 11km perliter. mobil tentu saja 2 kali lipatnya. 22 km perliter. mwhahhahaha
lebih irit boil…,kata siapa om…?
ini buktinya moge 600cc lebih irit…
http://iwanbanaran.com/2013/02/11/honda-verza-tembus-162km-untuk-seliter-bensin-wowww/
^konsumsi bbm verza 150cc single silinder sohc tembus 162 kpl…
4 biji verza dilakban jadi 600cc 4silinder gancett, quad sohc…
162 : 4 = 40,5
konsumsi bbm moge verza 600cc 4silinder tembus 40,5 kpl… 😆
bandingin sama angkot granmax 1300cc dohc, konsumsi bbm paling irit 1 liter : 11 km
Lah MV Agusta F3 bisa 1:7-8.. P+!!
#Plaaaakkkkk
kalo mau irit dgn motor : jaga tangan kanan mu.
kalo pake mobil : jaga kaki kanan mu.
kalo mau jadi soleh : jagalah hati, jangan kau nodai. 😀
Aseekkk
berarti haley davidson yg cc gede long stroke tidak lebih boros dr supersport 600cc ya mas?
begitulah…
setuja om.. mobil di set torsi
makanya, mobil gas-rem utk 1 kaki gantian.
misalkan (gas-kaki kanan) (rem kaki kiri) di injak bareng… dijamin ngepot.
F1 gampang spin meski tanpa rem tangan krn gas-rem >> msg2 kaki kanan-kiri
harganya pun moge lebih mahal dari sebuah mobil yg setara kubikasinya. so mo pilih yang kehujanan ato yang nyaman?
Pilih nyaman keujanan…#eh
bukannya naik motor itu enak om…?
waktu panas gak kehujanan…, kalo lagi hujan gak kepanasan… 😆
itoe betoel adanja
kenapa motor 650cc bisa lebih boros dari 1000cc
padahal sama sama short stroke 😆
Paging pemilik bandit 400cc ?
mungkin klo pake ban cacing lbh irit
kwwkwkwkwkwkwkwkwk………. 😀
it’s not about 2 or 3 pedals..
the real man is a BIKER..
#nyasar 😀
Keknya teknologi mobil lebih advanced dari motor deh, trus peruntukan 1000cc untuk ekonomis sedang 1000cc motor buat performance. Jadi tujuannya desainnya sdh beda…..
Setuju nih. Dan iya masih banyak faktor lain, contohnya apalagi moge sportbike. Kan mesinbalap diperuntukkan pada performa lebih, otomatis ledakan lebih gede, ya kucuran bensin lebih banyak. dll. Cmiiw.
hmm… kenapa ya kok mobil lebih irit dari moge?
mungkin krn motor ga ada ac-nya om… jadi motor didesain agar bisa lari sekencang kencangnya sehingga ac tidak dibutuhkan…. xixixi…
mungkin krn motor “kaki”nya ada 2 sedangkan boil 4
mungkin gengsinya om, naik boil kan rame rame pasti dikira dananya dana bersama sedangkan moge dana sendiri….
xixixi…..
yup…beda peruntukannya…mesin mobil dirancang menghasilkan torsi dan power pada putaran relatif rendah untuk durability juga efisiensi..motor rpmnya lebih tinggi.makanya lebih rakus bbm..
wah ane nyimak dulu neh,,, nimba ilmu
tapi dengan cc yang lebih kecil, moge jelas menang power to weight ratio, jadi topspeednya bisa ngalahin mesin mobil yang cc nya dua kali lipat
Itoe betoel adanja
karena mesin mobil menggunakan teknologi yg lbh advance dari pada motor. misalnya v~tec, vvti, turbo di motor kan gak ada tu (selain beda jenis mesin juga misalnya longstroke mobil vs overbore motor)
selain itu setingan AFR mobil jaman sekarang bisa di bikin di atas perbandingan 14,5 : 1.
sedangkan motor sport yg di kejar power maka AFR di seting di bawah angka 14,5 : 1.
selain itu RPM motor juga jauh lebih tinggi dari mobil.
konsumsi BB mobil F1 bisa cuma sekitar 70 km per 100 liter Bahan bakar. RPM mobil f1 bisa sampe 20.000 rpm
#Ralat kalo ane salah
Walau gak familiar tapi vtec dan turbo sudah diaplikasikan di mesin motor, misal honda superfour, turbo di… kawasaki
oh……gitu
ane juga mau tanya masbro, klo mobil kan main longstroke dgn peak power di rpm rendah, nah kenapa motor tidak dibikin longstroke juga biar dapat power puncak di rpm bawah? sehingga bisa irit kaya mobil gitu?? apa mungkin susah masang perbandingan gearboxnya yg gede2 ya? ato mesin longstroke lebih kenceng getarannya?
sudah ada yang nanya dan di jawab, nanti larinya di atas malah gada, karena dah medet di bawah semua. bisa2 lari maksimal cuma 80 hehe…
tapi praktek pastinya sih ay gak paham… yang jelas memang berbeda sih
Nah klo mobil kok bisa kenceng dgn rpm rendah masbro? Mungkin beda di gearbox kali ya?
benul… lebih kesana arahnya ay rasa
baru tau ternyata kaya gitu.. tapi emang masuk akal juga sih. mobil rpm kecil udah bs jalan, moge rpm kecil ntar malah gk enak dikontrolnya..hehe
visit http://www.kawahputih.co.id kalau butuh informasi tentang tempat wisata di ciwidey bandung.
soriii masuk spam ,,,
Nah kalo mobil dibandingin sama konsumsi HD, irit mana tah kang? HD oge kan main di Rpm rendah, 😀
Adu CC aja… Kalau yaris/vios 1500 cc bisa 1:13-14 untuk MT, berapa kah si HD 1300-1500cc?
paling ngaruh putaran mesinnya kali ya ?
————————————————-
Cara Pasang Kondom Tangki Motor
http://rpmsuper.com/2014/10/18/pasang-coverkondom-tangki/
Secara simple iya, dari situ aja sudah bisa ketauan…kalau advancenya banyak lagi faktor nya
Gimana kalo mesin carry extra 1000cc di taruh di motor saja.
carry extra walau rpm rendah bisa lari 80kmph kan
nongolnya lumayan keknya…
jawabannya simpel. teknologi & perangkat pedukungnya.
Ada yg terlupa, hukum kekekalan energi berlaku. Semakin besar power, maka semakin cepat habis energi bahan bakar. Tapi yang masih jadi pertanyaan saya, gimana yah caranya membuat mesin motor bisa main diputaran bawah i.e power cukup di putaran 3000-4000 rpm dan maksimum di sekitar 5000 atau 6000? kan enak tuh, senyap. hehehe.
tq dah komen om
sama2 bermesin 1000cc tapi lebih mahal motor dari pada mobil, bisa dijelasin?
Hahaha… Nyasar ke artikel ini. Sekalian tanya deh. Kenapa motor 1000cc bisa sampai 200 hp lebih, sedangkan mobil 1000cc 100 hp saja tidak sampai? Terimakasih bila di jawab 😀
detailnya kurang paham karena basisnya ay bukan orang teknik hehe. Tapi salah satunya adalah perbedaan kitiran RPM.
intinya kagak ada motor kencang irit ,,, klo ad
yg bilang kenceng irit brti ,, lari 80kpj itu udah merasa kencang.