Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Yamaha cukup terkenal dengan produk produknya yang out of the box, meski kadang bukan menjadi pioner atau yang pertama, tapi bisa dikatakan Yamaha merupakan salah satu pabrikan sepeda motor yang memiliki konsistensi memproduksi skutik roda tiga. Setelah ada Tricity 125 dan 155 di kelas medium skutik, dan melejit langsung ke versi moge dengan Niken 900, kini akan hadir produk yang sementara disebut sebagai Yamaha Tri-Max, skutik roda tiga bermesin T-Max 560cc dengan kaki kaki sistem double wishbone ala mobil!

Meski motor atau skutik roda tiga identik dengan Piaggio MP3 dan aja juga motor dengan roda empat dari Qooder, namun di merek Jepang, desain motor seperti ini akan selalu identik dengan Yamaha berkat adanya Tricity, skutik kelas medium bermesin 155cc dan 300cc di versi terbarunya.

Yamaha Tricity series merupakan diversifikasi produk daripada Yamaha Maxi series lads, sebut saja Yamaha Tricity 125 yang menggunakan basic Xmax 125, lalu Tricity 155 yang juga dijual di Indonesia merupakan Nmax 155 versi roda tiga, dan yang baru ada Yamaha Tricity 300 yang merupakan Xmax 300 versi trike.

Gambar patent berupa skutik/ motor roda tiga di bawah ini memang merupakan calon produk baru Yamaha yang jika diperhatikan beberapa bagiannya ada kemiripan dengan moge skutik Yamaha TMax. Selain itu, tentu mesinnya juga sama, yaitu berkapasitas 560cc. Ini yang membuat produk tersebut dianggap sebagai sebuah skutik, bukan pure sport laiknya Yamaha Niken bermesin MT-09.

SUSPENSI DOUBLE WISHBONE!

Ada perbedaan yang signifikan antara Tricity series dengan calon TMax roda tiga ini, yaitu dari sistem kemudi dan suspensi roda depan yang dimana jika Tricity family pakai system yang bernama LMW atau Leaning Multi Wheel, yang juga dipakai oleh Yamaha Niken plus parallelogram agar bisa bergerak secara independen. Tapi pada patent TMax roda tiga ini justru menggunakan system double wishbone suspensi mobil.

Justru di sini yang menarik, teknologi double wishbone masih dipercaya sebagai salah satu yang terbaik karena sangat stabil sekaligus nyaman – namun mahal dan konon banyak mengambil ruang. Itu mengapa mobil modern saat ini sudah sangat jarang yang menggunakannya – beralih ke sistem McPherson. Generasi “mobil murah” terakhir yang menggunakannya adalah Honda City type Z.

Pertanyaannya, mengapa TMax Trike alias Tri-Max yang katanya dikembangkan bersama perusahaan Brudeli Tech dari Norwegia ini menggunakan double wishbone, bukannya LMW? Sepertinya Yamaha sedang melakukan innovasi atau eksperimen di luar teknologi LMW.

Selain kaki kaki depan yang unik laiknya kinerja suspensi mobil, rangka maxi skutik baru Yamaha ini juga tidak kalah unik, yaitu menggunakan alumunium alloy baik frame yang menggendong mesin maupun bagian sub frame belakangnya.

Nah ngomongin suspensi double wishbone di motor Yamaha, sebenarnya Tri-Max atau boleh juga kita sebut Tricity 560 ini bukanlah yang pertama.. Mereka telah melakukannya pada sebuah motor konsep bernama Yamaha MW-Vision dan dipajang di pameran Tokyo Motor Show tahun 2019 lalu.

Tapi dari sisi dapur pacu dan desain jelas berbeda, MW-Vision bermesin elektrik serta memiliki atap, sementara sejauh ini patent design Tri-Max tidak menunjukkan adanya dudukan untuk sebuah atap.. Yang jelas sih menarik banget lads.. Semoga bermanfaat.

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

3 KOMENTAR

  1. mantabs …..ada espegehnya lgi
    sudah lama sekali semenjak negara api menyerang saya tak pernah melihatnya ….

Yuk Tinggalin Jejak Lads..