Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Sepertinya di Indonesia ini nyaris gada yang kenal sama skutik yang satu ini ya, dia adalah abangnya Honda Beat, yaitu Honda Vario. Nah skutik yang laris manisnya cuma kalah oleh Beat ini memang memiliki banyak keunggulan selain tampangnya yang memang ganteng punya dan masuk selera konsumen Indonesia meskipun harganya cukup tinggi. Lantas bagaimana kalau ada Honda Vario 125 gres baru dijual cuma 4 jutaan?

Pastinya langsung bertanya tanya ini beneran Vario 125, yang jual mau tipu tipu atau motor lain yang cumi alias cuma mirip? Nah kalau nebak yang terakhir bener lads, ini adalah Happy 125 motor buatan cina yang akrab disebut MoCin.

Perusahaan otomotif asal China, Chongqing Xcross meluncurkan produk Happy 125. Kali ini, modelnya mirip dengan Honda Vario 125 generasi tahun 2015, model lampu LED pertama untuk Vario non 110 . Meski saat ini sudah ada model terbaru, justru Honda Vario 125 generasi lama yang dikloning, entah apa alasannya.

Melihat desainnya sekilas saja orang sudah bisa tertipu karena nyaris 100% mirip! Tanpa adanya emblem Honda dan tag Vario, ya sudah pasti orang akan menganggapnya Happy 125 ini adalah Honda Vario 125 bahkan di box filter udara juga ada tulisan Esp yang merupakan teknologi asli Honda.

Namun jika diperhatikan lebih seksama, maka perbedaan bisa terlihat pada bentuk spion, dan juga suspensi depan, Vario 125 Esp berkelir hitam. Jika dites pun mungkin akan cukup sulit membedakannya, meskipun kita bisa tau dari spesifikasi terdapat perbedaan cukup mencolok, mesin Happy 125 berkapasitas 125 cc, 4 tak, satu silinder, berpendingin udara  dan mampu memuntahkan tenaga sebesar 5.6 Kw di 7500 rpm, dan torsi maksimal 7.2 Nm di 6500 rpm.

Sementara Honda Vario 125 Esp tahun 2015 saat itu punya tenaga yang lebih besar. Vario mampu memuntahkan tenaga 8.3 kW di 8.500 rpm dan torsi maksimal 10,8 Nm di 5.000 rpm. Tak hanya itu, Honda Vario juga sudah menggunakan pendingin air alias radiator.

Dari segi harga, ini yang jauh berbeda, Happy 125 dijual mulai rentang USD 300-USD 600 atau sekitar Rp 4,5 hingga Rp 9 jutaan. Belinya juga bisa banyak seperti di sebut di bawah ini..

SPESIFIKASI HAPPY 125 VARIO PALSU:

Engine Type 125CC, 4-Stroke, Single cylinder, Air Cooled
Displacement(CC)125
Max.power (Kw/r/min)5.6/7500
Max.torque (N.m/r/min)7.2/6500
Starting systemElectric/Kick Starter
CHASSIS
Dimenmions(LxWxH)(mm)1935mm x 665mm x 1110mm
Net weight(Kg)108kg
Max.load(Kg)150
Max.speed (km/h)80
Brake Mode(Fr./Re)Disc/Drum
Tire Model(Fr./Re)80/90-14, 80/90-14
PACKING BOX
Packing box size(LxWxH)(mm)
Loading container QTY26pcs

 

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

19 KOMENTAR

  1. akankah mocin klonengan bakal kembali menyerbu pasar roda dua di Indonesia ? … momen nya yaa pas lagi ekonomi serba susah begini

    jualan nya nanti sekedar ngabisin isi kargo hasil import aja, bodo amat ama garansi yg ditulis di brosur

  2. Tapi dari segi mesin, itu bukan mesin vario mang. Itu mesin mbit esp wkwk. Cuma filternya aja dipakein milik vario

    Btw itu gimana ceritanya untuk standar tengah make subframe yang ngikut rangka, gak ikut mesin?

  3. Kalau mau punya motor yg lg booming & banyak temen nya dijalan,tp dana blm cukup..belilah produk generik nya dulu..minimal bentuk sama dgn produk paten.
    Daripada beli produk sebelah yg auto mengekor.
    Wkwkwkwk

    #ceuk fb garis keras

  4. …. tetep klw dijual disini laku ko ….tinggal taro emblem aja bikin maling kudu lbh telitinih …..jd inget jialing copy astrea grand dan sekarang mocin jelek itu ingin disamakan dgn real astrea grand …mesin dan motor murah dambaan warga 062

  5. Saya sih hanya liat dari rem cakram depan nya aja kalau motor Honda matic sebelah kiri kalau mocin sebelah kanan yg gitu aja pusing

    • Kan ga semuanya tau kek gitu hehehe… Awam mah bingung pastinya…

      Ini bahas kloningan kan ya? Ada juga soalnya seinget ay skutik di indo non Mocin cakram kanan…

  6. “Sepertinya di Indonesia ini nyaris gada yang kenal sama skutik yang satu ini ya, dia adalah abangnya Honda Beat, yaitu Honda Vario”

    Bingung..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..