CBR

First Impression SYM Cruisym 300, Maxi Scoot Terbaru Dari SYM Hadir Di Indonesia

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Pada satu kesempatan di arena Jakarta International Bike Meet di Senayan, KBY bertemu sosok skutik bongsor yang mengingatkan pada Yamaha XMax 250, dia adalah SYM Cruisym 300, maxi scoot terbaru dengan kapasitas mesin 300cc.. Yuk kenalan sama skutik bongsor buatan Sanyang Motor Taiwan ini..

sym cruisym 300 indonesia

Sedikit informasi bagi yang belum tau apa itu SYM, SYM (Sanyang Motor) merupakan produsen motor berasal dari Taiwan lads, meski memiliki cukup banyak jenis produk tapi layaknya KYMCO, SYM lebih dikenal sebagai produsen ahli membuat skutik alias motor matik. Bisa dilihat produk produk mereka yang lebih laris adalah skutiknya, bukan sport atau jenis bebek, meskipun mereka juga punya jenis sport seperti SYM Wolf misalnya.. Nah bagaimana dengan SYM Cruisym 300 ABS yang KBY temui beberapa waktu lalu ini?

sym cruisym 300 indonesia
lampu depan emang mirip vario modifikasi hehe

DESAIN SYM CRUISYM 300i

Yang jelas desain dari SYM Cruisym 300 ini punya visual effect yang kuat, langsung terlihat beda dan memikat mata untuk mengetahui lebih lanjut akan sosok skutik berdimensi besar ini.. Sebenarnya desainnya sih gak jauh berbeda dengan saudaranya yang lain, seperti GTS, Joyride dan Maxsym.. Hanya saja KBY melihat Cruisym 300i ini ada sedikit perbedaan yaitu desainnya tidak terlalu kaku meskipun cenderung edgy alias menyudut. Sosoknya terlihat gagah dan sporty..

Kalau boleh menilai, SYM Cruisym 300 punya desain agak gado gado meskipun namanya desain pasti bakal ada kemiripan antara produk satu dengan lainnya. Bentuknya ada sentuhan dari Yamaha XMax 250 di bagian depan, sementara bodi tengah hingga ke belakang seperti Honda Forza 125. Kini plastik bagian tengah depan ada semacam shroud panjang seperti pada Yamaha NMax.

Bagian buritan juga menurut KBY kini jauh lebih baik, lampu rem gak lagi segede gaban, kini lebih mungil dengan deretan lampu LED yang terlihat ciamik dan cantik saat rem dan sein menyala.. Yang unik juga penempetan lampu sein di depan, kini ada di batang spion, meski bentuknya nampak kaku karena mengotak tapi overall patut diapresiasikan lah.. Bagian headlamp tidak terlalu berkesan, tidak jelek sih tapi nampak seperti lampu Honda Vario yang dimodif hehehe..

Bentuk rumah speedometernya sih oke, tapi dalemannya keliatan kurang mewah, khasnya SYM nih gak diperbaiki terus, tapi canggih loh karena di bagian tengahnya ada layar kecil (yang mungkin bahkan terlalu kecil) yang sudah bisa connect via bluetooth dan juga handphone.. Lah mau baca tulisan kek gimana kecil gitu hehe.. Tapi oke lah terobosannya..

sym cruisym 300 indonesia

FITUR SYM CRUISYM 300

Pada dasarnya, fitur yang dimiliki oleh SYM Cruisym 300 ini masih sama dengan para pendahulunya, seperti lampu Hazard, tombol pembuka jok terpisah, rem sudah ABS depan dan belakang serta speedometer analog-digital dengan MID dan kini terkoneksi dengan mobile phone serta Bluetooth.. Membuka tutup tangki juga dilakukan melalui kunci kontak, gak butuh kunci lagi.. Yang unik ada fitur kaca belakang (back mirror) yang kalau dilihat dari foto sih menyatu dengan cover tangki bbm..  Oia windshield nya bisa diatur tinggi rendahnya lads..

Bagasi SYM Cruisym 300 dilengkapi dengan penahan hidraulis dan kapasitasnya juga super lega dapat memuat 2 helm sekaligus, satu helm full face, dan satu helm model open face.. Lampu rem belakang dan sein sudah LED namun lampu utama masih bohlam 55watt dengan proyektor. Terdapat laci lumayan besar di sebelah kanan – yang sayangnya hanya satu, di dalamnya sudah ada dua socket power, model kapsul dan model USB..

Karena basah bekas hujan, KBY gak bisa dudukin deh untuk mendapatkan first impression si SYM Cruisym 300 ini.. tapi biasanya skutik skutik kayak gini gakan jauh beda antara satu dengan yang lainnya, nyaman dan santai sih pasti.. bisa jadi juga gak terlalu beda dengan SYM Joyride 250 yang pernah KBY test beberapa waktu lampau..

SPESIFIKASI SYM CRUISYM 300

SYM Cruisym 300 punya spesifikasi mesin berkapasitas murni 278.3cc, 1 silinder 4 katup dengan tenaga 20.1kw/7750 (27.3ps) dan torsi 27.3Nm/6750 dengan top speed lebih dari 129km/jam.. Bobotnya sendiri 198kg dengan tinggi tempat duduk (seat height) 760mm.. Gak terlalu tinggi, tapi kalau skutik biasanya joknya lebar, jadi tetep aja jinjit karena ngangkang ngah ngah ngah..

spesifiksai SYM Cruisym 300

OverallLength (mm) 2175mm OverallWidth (mm) 760mm
OverallHeight (mm) 1440mm SeatHeight 760mm
WheelBase (mm) 1550mm SpecsWeight (kg) 198kg
Transmission C.V.T. EngineType 4-stroke engine
Cylinder single cylinder Displacement 278.3 cm3
FuelControl E.F.I MaxHorsepower 20.1kw/7750rpm
MaxTorque 27.3 Nm/6750rpm CoolingSystem Liquid
HeadlightLamp 12V 55W/55W X2 FrontPositionLamp LED
TaillightStoplightLamp LED FrontTurningSignalLight LED
RearTurningSignalLight LED FrontSuspension Telescopic fork
RearSuspension Unit swing arm FrontRim Aluminum
RearRim Aluminum FrontTireDimensions 120/70-14
RearTireDimensions 140/60-13 FrontBrakes Disc
FrontBrakeDiameter (mm) 260mm + ABS RearBrakes Disc
RearBrakeDiameter (mm) 240mm + ABS FuelCapacity (l) 12L
MaxSpeed > 129 km/h

THE VERDICT

SYM Cruisym 300 (Cruisym 300i) tak dipungkiri punya wow effect yang baik, selain karena memang dimensinya yang diatas rata rata membuat orang pasti melihatnya – desainnya pun sudah lebih baik dari model SYM lainnya. Catatan KBY sih hanya ada pada desain lampu utama yang sudah seperti skutik 150 kebanyakan, gak memukau.. Cruisym ABS juga tersedia dalam versi 250cc, tanpa ada perubahan fitur..

Untuk harga, sales SYM nya bilang belum ada harga resmi SYM Cruisym 300 tersebut, karena memang belum launching resmi sebenarnya.. Perkiraan harga akan bermain di Rp. 75-80jutaan.. Hmmm.. berat sih ngelawan Yamaha XMax 250 yang memang punya fitur lebih baik dan nama pabrikan terkenal..

sym cruisym 300 indonesia

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About Kobayogas 3431 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

31 Comments

  1. Betul bang Kobay… sy klo ngeliat Sym yg satu ini rasanya dejavu… seperti liat kawin silang antara xmax 250 dan nmax 155 hehehe….

  2. “Karena basah bekas hujan, KBY gak bisa dudukin deh untuk mendapatkan first impression si SYM Cruisym 300 ini.. ”
    Kok Yo Ra di serbeti Sik..

    • Banyak om, sy dibekasi ambil di tambun, tp ga jadi ambil cruisym karna ternyata LCD nya downgrade ga bisa konek bluetooth dan monochrome

  3. Kalo harga di benturin X max, mungkin masih bisa jadi pilihan. Tpklo d pasang sgitu masih mending ambil cbRR ma si ninin

  4. harga 80juga sekalian saja Kymco 400cc. sama2 kena PPNBM, price to CC ratio juga lebih murah Kymco 400cc.

  5. headlampnya cakep banget. Kayak burung hantu. Sedikit ngingetin R1 lama. Sayang lampu belakangnya agak kurang.

  6. Yg di brosur diatas versi eropanyah om kobay, kmrn liat langsung LCD nya monochrome, downgrade.. Selain itu semua persis

Yuk Tinggalin Jejak Lads..