CBR

Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Xabre, Silakan Ditengok..

Yamaha Xabre Red

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Hampir seminggu menghabiskan waktu bersama Yamaha Xabre, KBY merangkum semuanya yang terlihat dan yang terasa sebagai kelebihan serta kekurangan Yamaha Xabre 150. Apa saja lads?

Tentu semua kelebihan maupun kekurangan Yamaha Xabre ini sifatnya subyektif, apa yang menurut KBY jadi kelebihan di Yamaha Xabre 150 bisa jadi bagi orang lain sebagai kekurangan, sebaliknya apa yang menjadi kekurangan Xabre 150 menjadi kelebihannya di mata orang lain.

Yuk disimak kupas tuntas Yamaha Xabre versi Kobayogas.Com ini..

Kelebihan Yamaha Xabre

  • Desain yang agresif dan unik menjadi pusat perhatian
  • Suspensi depan upside down (inverted fork)
  • Speedometer digital dengan negative display nyaman dan mudah dilihat mata
  • Tombol starter bergaya unik
  • Kualitas perakitan, kualitas cat dan kualitas material plastik
  • Racikan suspensi depan dan belakang yang pas
  • Kaki kaki besar/ ban dan velg lebar
  • Relatif irit
  • Bobot ringan membuat cukup lincah dan cekatan
  • Lampu LED terang
  • Rem depan positif
  • Handling
  • Performa
test ride xabre 8
untuk motor jenis ini handling xabre cukup mudah
desainnya memang memancing mata
desainnya memang memancing mata

Kekurangan Yamaha Xabre

  • Fitur speedometer biasa saja/ kurang lengkap
  • Ergonomi bikin pegal bagi rider agresif
  • Tombol klakson kejauhan
  • Seat kecil dan licin
  • Boncengan sempit
  • Tenaga kurang beringas
  • Setang panjang mengurangi kelincahan di kemacetan
  • Tinggi tempat duduk menyulitkan rider pendek πŸ˜€
  • Sudut sinar lampu kurang lebar
  • Desain knalpot
  • Bodi banyak plastik
  • Handling
  • Setang bergetar pada kecepatan di bawah 10 km/jam
  • Harga bisa lebih murah
berboncengan jarak jauh gak direkomendasikan
berboncengan jarak jauh gak direkomendasikan

Awalnya KBY ingin menambahkan sisi akomodasi yang minim sebagai kekurangan Yamaha Xabre, tapi hey, ini kan motor sport, mau akomodasi ya pilih skutik lah hehe.. Kemudian lads mungkin bingung, sisi performa dan handling kok masuk pada bagian kelebihan dan juga kekurangan Yamaha Xabre, maksudnya gimana sih?

Jadi gini, pada sisi performa yang masuk sebagai kelebihan Yamaha Xabre, untuk kelasnya (jenis Yamaha Xabre) performanya ya mumpuni, tidak berat dan torsinya cukup narik terutama sejak 6,000 RPM. Sementara di sisi kekurangan Yamaha Xabre, dengan bodi seperti itu performanya harusnya bisa lebih beringas. Gitu lads..

posisi tuas sudah seperti honda, sein di bawah. Posisi klakson sulit diraih
posisi tuas sudah seperti honda, sein di bawah. Posisi klakson sulit diraih

Sementara untuk handling sebagai kelebihan, dengan model ala supermoto, handling Yamaha Xabre ternyata cukup mudah dikendalikan. Namun menjadi kekurangan apabila dikomparasikan dengan sesama sport di kelas 150 cc street fighter. Handlingnya yang kaku dan unik memang lebih sulit dibanding kelas sport naked street fighter 150 cc lainnya.

Setang bergetar Yamaha Xabre bisa menjadi kekurangan karena mengganggu kenyamanan serta konsentrasi rider, kemungkinan besar ini akibat ban depan yang berukuran 110. Gejalanya seperti ban kempes dan hal tersebut hanya terjadi ketika kecepatan di bawah 10 km/jam saja.

Ada juga yang bisa menjadi kekurangan Yamaha Xabre, yaitu suara mesin kasar, bisa menjadi kekurangan bagi mereka yang suka/ terbiasa dengan suara mesin halus. Menurut info dari beberapa rekan, suaranya Yamaha Xabre memang kasar khas mesin Yamaha 2PV. Well, selama itu karakternya dan bukan merupakan kerusakan seharusnya sih gak masalah.

Nah itulah rangkuman dari kelebihan serta kekurangan Yamaha Xabre lads, jika sering turing sendirian apalagi terbiasa melakukan turing, pegalnya ergonomi Yamaha Xabre 150 tidak akan menjadi masalah. Xabre juga cocok untuk mereka yang suka adventure karena suspensi serta ground clearance-nya mendukung kegiatan tersebut. Tenaganya pun lebih dari cukup..

Belum lagi desain unik nan agresif Yamaha Xabre yang didukung penampilan suspensi upside down membuat lads dengan mudah menjadi pusat perhatian di jalan.. Gak percaya? Trust me, I’ve been there, done that hehehe..

naek xabre jadi lebih pede. Jamin bakal banyak yang lirik karena penasaran
naek xabre jadi lebih pede. Jamin bakal banyak yang lirik karena penasaran

Review lengkap Yamaha Xabre akan KBY buatkan secara terpisah.. wokeh wokeh? Semoga bermanfaat..

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About Kobayogas 3359 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

127 Comments

  1. lah wong jelas , style motornya egois, boncegan kok di review,

    nanati ada yg nanya , gimana kalu bawa anak kecil?

    ada ada aja nih om

  2. Body banyak plastik.. Itu mah bukan kekurangan tapi kelebihan,.. kelebihan plastik… blog yang aneh gak bisa bedain banyak ato kurang.

  3. Om Kobay, kenapa kok menurut Om ini motor harganya bisa lebih murah? Sedangkan improvementnya dari Vixion juga lumayan banyak yang kalau ditotal bisa lebih mahal.

    • Halo mang, kalau menurut saya harga bisa lebih murah karena pertama, kasih best price lah biar menarik minat pembeli di awal hehehe..

      kedua, mesinnya sudah lama bersliweran jadi imo, harga mesin dan transmisi bisa ditekan costnya.

      Ketiga sasis vixion lawas, alasannya sama kayak di atas.

      Keempat, common partnya dengan saudaranya cukup banyak.. dari knalpot, arm, sein…itu yang kasat mata.

      Tapi paling utama menurut ay sih nomor 1.

      • Kalau masalah biaya riset berarti kan benchmark dengan Vixion ga salah. Sebab Vixion juga harganya sudah fix dan risetnya juga ga banyak. Tinggal hitung perbedaan harga part dari body (seber lebih banyak), shock breaker depan (selisih bisa 3,5jt), banana arm (selisih bisa 1.5jt), ban (selisih sekian ratus ribu), headlamp (selisih diatas 500rb) sama speedometer (selisih ratusan ribu). Ditotal aja bisa lebih dari 5jt sendiri kok. Belum dari mesin yang identik dengan R15 seperti ecm, indra, eh gigi ke enam. Kan ga hitungan biaya riset, masih harga part. Apalagi ini motor volumenya kecil. Harga ga bisa ditekan dengan volume.
        Saya malah mikir ini harga kurang mahal kok. Dihitung-hitung jatuhnya masih lebih murah dariapada Vixion modif. Gantengnya juga lebih jauh.

        Terus itu NMax ga ada yang bilang harga bisa lebih mahal padahal mesin benar-benar baru. πŸ˜‚

      • Hitungan per part sih masuk akal om, tapi harga vixion jangan dijadiin benchmark kalau bisa, kenapa? nyambungnya ke biaya riset lagi, bisa diketahui mesin 2PV yang basis 1PA sudah berapa lama? Sasis vixion sudah berapa lama? terus sekarang harga vixion udah berapa?
        Kalau om gak bisa nebak arah kalimat ini nanti ay kasih tau hehehe..tp pasti bisa lah hehe..

        Bicara NMax, sbnrnya ay udah pernah bilang kok di beberapa artikel terdahulu kalau harganya bisa lebih mahal kalau Yamaha mau. Tapi gak bisa gitu karena tujuan dibuat dan dijual NMax ini kemana dulu.. hehe..

        Bisa jadi Xabre msh dihargai segitu (tanpa harga promo) karena lom ada lawan dan tujuannya bukan untuk ngehajar siapa siapa, stand alone.

      • Sebanyak-banyaknya common part tetep ini motor volumenya kecil Om. Cuma 4rb per bulan. Setahun 45rb’an atau 9% dari mesin generasi 2PV. 2TP (Vixion) 55%, 2PK (R15) 6%, 2PV (MX King) 30% (sumbernya uji tipe kemenperin). Ya bisa disimpulkan sendiri lah kenaikan pesanan 10% dengan pengurangan harga yang diberikan vendor seberapa kira-kira. Kalau saya jual gorengan ke pelanggan yang biasa beli 10 lalu tiba-tiba nambah pesanan 1 buah jadi 11 buah apa dikasih bonus harga atau enggak. Tentu ga mungkin digratisin itu 1 buah, karena pesanannya dalam angka M, bukan cuma gorengan yang mana harganya di tempat saya masih 500 sebuahnya. Yang ini cuma bercanda lho. Tapi saya serius soal saya jual gorengannya. Hahaha

        Kalau katakan dimurahkan 1jt untuk 3 bulan pertama dengan total barang yang disebar 12rb, berarti Yamaha kehilangan 12M dalam 3 bulan hanya untuk promosi pembeli awal. Tentu lebih menarik untuk menggunakan 12M untuk marketing seperti iklan. Ya bukannya membela sih. Tapi kalau dilihat dari sisi pabrikan saya rasa juga berat juga untuk membuat murah. Memang konsumen maunya sih harga promo. Tapi pabrikan tentu mencari cara agar cost marketing lebih efektif.
        Untuk promo kan juga sudah ada waktu inden dengan memberikan bonus seperti jaket dan kemeja original factory racing atau tech3. Costnya memang cuma sekitar 500rb’an. Kalau dikurangi harga promo jadi 29,5jt. Apakah ngefek? Tentu tidak, karena masih di angka psikologis 30jt (karena 29,5jt dibulatkan ke 30jt) Tapi dari segi branding tentu beda, jaket dan kaos bisa menjadi media marketing (asal dipakai sama pembelinya haha)

        Sekarang kalau kita masukkan 1jt sebagai potongan harga bagi indener, dengan keran yang dibuka sebesar 1000 unit, disini masih logis lah, cuma 1M Yamaha berkurang keuntungannya. Tapi apakah sepadan dengan efek marketingnya?

        Yah panjang lebar gini juga paling nanti dibalas one liner kok. Sudah biasa. Haha

    • mesin sam dgn r15 khan? mestinya bisa lebih murah.

      kalu lebih mahal dari sekarang, dah melewati batas psikologis harga 150 cc, walu dah pake usd ato banana ato apalah

  4. Harganya overprice…..
    Satu lagi itu mesin vixion 6-speed tanpa kick starter bisa awet gak yah?
    berkaca dari mesin vixion 2008 punya temen yg memang udah usianya tua jadi wajar jika banyak yg bermasalah kelistrikan akhir2 ini pada spull dan kiprok, serta aki. Tapi kan masih aman karena masih pakai kick starter… Jadi kalo pas lagi mogok gak perlu didorong…
    Lah ini tanpa kick layaknya R15, itu gimana ya kalo usia motor udah lawas ntar trus ada masalah pada kelistrikan kayak Vixion 2008. Entahlah….. Waktu akan menjawabnya….

    • Motor injeksi kan kalo ada masalah lampu MIL bakal ngasih kode kedipan tertentu. Pas lampu MIL udah ngedip, langsung bawa ke bengkel ato ke bengkel resmi sekalian biar lebih pasti. Jangan nunggu rusak betulan baru ganti, yang ada malah nyusahin nantinya.

    • Lah Apa hubungannya mogok ama kick starter ? Kalau udah mogok mah mau di sela sampe ubanan juga ga akan nyala
      Kecuali aki habis / soak lah tapi ini ecu loh mau di kick start juga ga akan nyala lagipula motor enjeksi
      kan udah ada pemberitahuannya kalau ada yg rusak atau error, langsung lah ke bengkel.
      Kalau masalah sudah berumur Kan dapat buku manualnya
      Untuk cek pengantian parts setiap berapa kilometer.
      Rawat motor anda sesuai buku manual
      Jangan menunggu rusak baru di ganti
      Dan jangan mengandal kan kick starter.

    • Paijo rider cnth pemakai motor pemalas.

      Nguahaha

      Pasti ente ganti oli pas lebaran aja. Itu juga klu ingat.

      Haha

    • Motor injeksi tekor aki mau diselah ampe rangkanya rontok jg mesin ga bakal hidup, krn gada suplai bensin.

      • klo mogok ngga ada aki.. ane jawab motor injek yang ada regulator bisa nyala.. silahkan di kick klo dorong ane blm nyoba.. tp prinsipnya bisa.. klo kelistrikn yng rusak motor karbu juga pasti bisa mogok.. jadi ngga usah parnoan dulu..

    • Kapan di Indonesia performa jd pertimbangan utama org beli motor?
      FYI dikelas harga upto 33jt, tiga motor yg proved punya power terbesar adalah p200ns, nrtr200, dan fufi.

  5. Eyke udh liat yg Matt grey ciamik ya Mang. Kalo ngejar performance mesin kyanya mendingan RTR200 ya? Bener gak sih? Mksdnya di range harga 24-30an buat motor naked.

  6. Ergonomi bikin pegal bagi rider agresif
    ———————-
    Maksudnya apa ya kang? mohon pencerahan. Btw klo menurut ane mending sekalian pilih KLX klo mw adventure, kecuali ada update jok terutama utk pembonceng. Di luar jok yg terlihat sempit, sptnya cucok neh motor buat ane 182 cm.

  7. Omm kayaknyaa itu stang geter gara2 alur ban, soalnya baru ajaa motor cebong saya pake ban sama persis kayak ban standar xabre, saya juga kaget dibawah 10km/h kayak geal geol wkwkw

  8. kurangnya cuma satu,mesinnya masih sohc,andai aj yimm buat mesin dohc 150cc,pngn nyoba yg dohc yamaha (mt-25) blm kturutan smpe skrg, πŸ˜‰

      • khan ada angle sensor, dari sisi safety, ini lebih bermanfaat,

        dari sisi kepraktisan engine cut off emang lebih baik,

        engak semua org bisa refelek pencet itu tombol pada saat kondisi darurat

        tinggal pilihan onsumner yg mana, mau kepraktisan apa safety?

      • Dr hasil survei cut off engine tu sering bikin aki tekor. Knapa? Karna rider kl lg nanggung ngobrol ga cut kunci kontak, akibatnya listrik jalan terus. Apalagi pemotor malas yg dirumah jarang cabut kunci, motor dibiarkan on berhari2. Sementara motor injeksi sangat bergantung pd kondisi aki, apalagi yg doyan premium, dimana fuel pump bekerja 2x lebih berat.

  9. desain emang keren… cuma headlamp rada aneh dan knalpot mengganggu pemandangan
    klo motor emang keren ngapain sih kenceng kenceng kan jadi gak bisa dilihat orang nanti

  10. Coba deh mang review kelemahannya agak terlalu lebay dan banyak point yang ngada2.

    Misal mesin kurang sangar? Ya iyalah, 150 cc apa yg mau diharapin. CBR aja lemot sangat kayak byson.

    Handling? Selama basisnya vixion, saya yakin handling super nyaman. Kalau masalah handling yamaha lebih jago setau ane dari honda.

    Harga kurang murah? Ini yang ga masuk akal. Serious ini xabre lebih murah daripada All new CBR yang USD nothing, arm banana nothing, deltabox nothing. Mesin CBR aja 11 12 sm Vision.

    Klakson kejauhan? Haiyahh makanya mang itu jari di ajak olahraga, biar panjng dikit dan gak bantet wkwkwk

    • udah nyoba? kalau belum mending diem aja wkwkwkkw…
      trus tolong dibaca kalimat pembukanya.. INI BERSIFAT SUBYEKTIF.. kekekeke..

      Aneh juga nih lagian, bukannya dukung biar harga emang lebih murah biar pada banyak yang beli kok malah protes.. emangnya pada gak mau laris kah si Xabre ini?

      • ntar kalau kemurahan dibilang part nya gak berkualitas, versi KW wkwkwkw, serba susah emang kang. Menurut ane harga segitu dah pantas, menunjukkan kalau penunggang xabre berarti punya uang 30jt atau lebih banyak untuk beli motor dibanding vixion ataupun cb150 wkwkwkwkw, soalnya gini kang, itu new cbr150rr kenapa bisa dihargai 33jt untuk yang model repsol? apa gak anjrit kemahalan bener itu? secara lampu depan aja nyontek persis vario (jadi gak ada inovasi baru), mesin masih sama dengan cb150r, bodi doang yang dirombak2 dikit, shock masih biasa bukan USD, mesin doang yang dohc padahal mesinnya sama dengan cb150. lha terus dimana letak kepantasan harga 33jt nya? banyak yang membuktikan kalau kualitas catnya juga lebih buruk dibanding yamaha. nah lho makin kacau lagi kan? jawabnya cuman satu….ada tambahan lambang sayap itu jadi harganya 33jt wkwkwkwk

  11. Desain ama lebar velg kan baru mang di kelas 150c , ngga masuk itungan nih ? Ban gede juga ngga masuk itungan ?

  12. yg moge juga blum tentu sempurna
    mo dapet semua y bli moge
    itu aj pasti ada kurangnya
    ono rego ono rupo
    tp emg y itu kurangnya ud lkp disebutin
    terutama knalpot sm cover nesin kbykn plastik

  13. setuju om dengan kekurangannya, punya ane juga getar di bawah 10km/jam, lampu nopol belakang juga panas nya kebangetan om. kelebihannya yah memang jadi pusat perhatian di jalan om, wakakakaka

  14. Reviu ban IRC exatonya dong mang kobay. Mau saya compare dengan Dunlop bawaan vixion/mx king yg tanpa garis tengah, dan zeneos ZN62. Kan look alur ketiganya sama dama sporty tuh.

  15. Macan tua blg enak dipake meliak liuk, mang kobay blg kl rider agresif bakal bikin cepat pegal. Ni berdua lg brantem ya?

  16. Itu gda yg komen nyontek letak lampu sen sm klakson dibolak balik
    Kata’a dulu bikin bingung rider πŸ˜€

  17. kalo xabre aja mang kobay bilang harusnya bisa lebih murah…..lah gimana nasibnya NCB yg cuma di sarungin fairing ( NEW CBR)…???
    itung2an saya gini :
    *beli XABRE anggap aja = beli VIXION trus di modif tambahin banana arm almu + USD….kira2 untuk ini aja ngabisin 8jt s/d 10 jt dgn ansumsi ada penambahan part pendukung lainya seperti rantai yg musti ganti punyaan XABRE, dll lah…….
    **beli NCBR anggap aja = beli NCB trus modif tambahin fairing,ngabisin ampe 8jt an gitu..??? so harga NCB (naked)dan NCBR (fairing) selisih sekitar 8jt an….( perbandingan : antara VIXION (naked) dan R15 (fairing) HANYA sekitar 5jt an itu pun dapet value +an berupa banana arm…
    SILAHKEN DIANALISA LANJUT……
    NGOAHAHA….

  18. Xabre mesin 150 cc 5 klep,, USD, Banana Arm.
    Emang xabre 5 klep ya mang kobay? kok si iwan comment spt itu.
    Gmn Iwan…. 5 klep ya ξ…‚

  19. Saya jajal xabre sampai 3 kali isi bensin full dan hasilnya stabil 1 liter untuk 44-45 km mas bro. itu dah dua kali saya buktikan :), pengukuran lewat jarak tempuh dan isi full tangki motor. lintasan perkotaan dan kadang pinggiran kota. saya cek jarak tempuh sama dengan cek di google map (bener gak ya ngeceknya?). jadinya kemungkinan eror jarak kecil.

  20. Halo yogas..buat soal setang getar di speed rendah ada pada alur ban IRC nr88 yang masih tebal dan garis lebarnya..mau hilang getarannya, kurangi tekanan anginnya hingga cukup empuk maka getaran hilang..mau cara ekstrem ganti ban slick..pertanyaan ini masih ditanyakan beberapa bloger..termasuk IWB juga.

    Salam dari sesama penikmat otomotif

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Keluhan Owner Adakah Solusi Lebih Baik Untuk Suara Berisik Honda All New CB150R | otoborn
  2. Test Ride Harian Yamaha Xabre 150, Di Jalan Raya Keluar Wataknya Aslinya! | KobaYogas.COM

Yuk Tinggalin Jejak Lads..