banner

Suzuki Address 1

Kobayogas.com Hola lads, Suzuki Address motoGP edition sudah hadir, begitu pula konsumsi bbmnya sudah diadu antar media…Hari yang sama Mio M3 pun diperkenalkan ke media dan blogger… Apa andalan masing-masing produk?

Desk Analysis merupakan evaluasi atau kajian di belakang meja, mengapa KBY sebut demikian? Karena keduanya belum pernah KBY tes, bahkan Mio M3 125 belum pernah KBY lihat secara utuh. Penilaian dan komparasi ini berdasarkan spesifikasi resmi yang KBY dapatkan dari sumber APM masing-masing dengan menekankan apa yang menjadi selling point dari kedua produk. Plus, poin yang KBY kedepankan adalah yang dipahami dan dirasakan langsung oleh pemilik awam sekalipun.

tersedia pula dalam livery motoGP

SENGAJA HEAD TO HEAD?

New Mio Blue Core yang sudah resmi bernama Mio M3 Blue Core penampakannya sudah gamblang melalui artikel sebelah sini. Kini setelah dihiasi dengan decal, Mio M3 resmi sudah menampakan dirinya utuh kepada media dan blogger pada tanggal 5 Desember 2014 lalu.

Ibarat duel, entah sengaja atau tidak, keduanya diperkenalkan berbarengan, meskipun untuk Suzuki Address hanya versi MotoGP yang diperkenalkan mengingatkan versi standarnya sudah lebih dulu dikenalkan pada ajang IMOS lalu. Ini artinya, keduanya sudah siap berjibaku di pasar gurih yang dihuni oleh raja skutik dari Honda, yaitu Beat.

KBY akan kupas poin poin penting yang menjadi andalan keduanya dalam menarik minat pembeli dan fitur tersebut wajib dipahami oleh pemilik awam..

Kubikasi Tidak Sama
Suzuki Address dipersenjatai otot sebesar 113 cc dengan tenaga dan torsi masing-masing sebesar ** PS dan **Nm (hingga artikel ini dibuat, Nihil hasil pencarian KBY, maaf ya). Bobot kosong yang diusung Suzuki Address adalah seberat 97 kg.

Mio M3 sendiri kini naik kelas, itu mengapa namanya menjadi Mio M3 125, mempunyai kekuatan otot sebesar 125 cc dengan tenaga 9,52 Ps dan Torsi sebesar 9.6 Nm. Bobot kosong Mio M3 adalah seberat 92 kg. Dengan mesin besar dan ringan, power meningkat namun bobot berkurang maka seharusnya Mio M3 125 ini mempunyai PWR yang baik..

KONSUMSI BBM

Apalah arti muka ganteng fitur berlimpah tapi gak bikin duit utuh #eh… Intinya, efisiensi mesin dalam mengolah BBM juga wajib jadi andalan, jangan sedikit-sedikit mampir SPBU, kapan nyampe tujuannya maangg…

So, here’s the fact; Suzuki Address memiliki konsumsi bbm sebanyak 1:77,40 km/l dengan metode adu irit, sedangkan metode ECE R40 didapatkan hasil sebesar 1:53 km/l. Kurangi deviasi maka bisa didapat angka antara 1:45 – 1:50 tergantung riding style dan padatnya jalur yang dilalui.

konsumsi bbm suzuki address

sumber: sugimasihada

Bagaimana dengan Yamaha Mio M3 125?

  • Dengan Metode Konsumsi Harian : New Mio M3 125 Blue core  54,1 km/liter | Mio 115 Karburator  35 km/liter
  • Dengan Eco Indikator : : New Mio M3 125 Bore 55,4 km/liter | Mio J FI 115 cc 43,2 km/liter

sumber: TMC blog

Fitur dan Akomodasi

Disinilah sebenernya, menurut KBY, kekuatan atau keunggulan dari sebuah skutik. Dia harus nyaman dipakai, dia memiliki banyak fungsi dan fitur, serta mengusung akomodasi yang hebat. Mesin dengan power memadai dan efisiensi yang masuk akal. Desain mengikuti kemudian.

Suzuki Address memiliki semua persyaratan standar yang dibutuhkan sebuah skutik (diluar kenyamanan karena KBY belum mengetes keduanya baik Address maupun Mio M3). Semua fitur standar yang sudah menjadi syarat mutlak sebuah skutik seperti PBL (parking brake lock), pembuka kunci jok menyatu ada semua di Address. Bonusnya, bagasi super lega di kelasnya, mencapai 20 liter lebih!.. Sayangnya Side Stand Switch kok malahan absen di Address, pertanyaan ini yang ada di benak pencinta Suzuki. Why oh why? Padahal SSS merupakan fitur keamanan yang penting…!

Sementara itu, Mio M3 dapat menepuk dadanya dengan bangga karena unggul 2 fitur dari Address yaitu Eco Indicator yang dapat membantu pengendara mengemudi efisien serta Side Stand Switch. Sayang, begitu Address memperlihatkan kaki-kakinya yang kokoh, giliran Mio M3 yang terdiam..

So sektor ini bisa dibilang seimbang, setuju? Address punya keunggulan pada kaki-kaki proporsional dan bagasi tukang somay, sedangkan Mio M3 memiliki SSS serta eco indicator.

SEKTOR DESAIN ADALAH PEMICU

Fell in Love at first sight!! Itu adalah fakta dan bukti nyata betapa seseorang dapat jatuh cinta pada sebuah produk pada pandangan pertamanya… Sisi ini Yamaha Mio M3 mempunyai daya pikat yang lebih baik dibandingkan Suzuki Address. Somehow, KBY mempertanyakan kebijakan Suzuki yang keukeuh menempatkan lampu depan berada di atas disaat demand potential buyer bergeser menuju lampu ‘bego’ alias lampu bawah.

Efeknya, Address terlihat jadul dibandingkan Mio M3. Sisi baiknya, Address sukses menghipnotis pencintanya akibat rancang bangun yang ciamik yang membuat Address tetap terlihat slim dan sophisticated padahal bagasinya itu loh, 20 liter lebih!! Tengok Honda Spacy yang tidak dapat menyembunyikan perutnya yang buncit (nunjuk diri sendiri nih :P). Selain itu, pilihan lain yakni Address MotoGP color edition mampu membuat kegantengannya meningkat drastis.

Membuat orang suka pada pandangan pertama adalah urusan mudah bagi Yamaha Mio M3 125 akibat ketampanannya, sementara itu butuh tatapan serius untuk jatuh cinta pada Suzuki Address. Sektor ini dimenangkan oleh Mio M3…

ADU HARGA

Seperti janjian, harga keduanya mepet-mepet!! Suzuki Addres memiliki harga Rp. 13,890,000 untuk versi standar, dan Rp. 14,440,000 untuk versi motoGP. Sedang Mio M3 memiliki rentang harga lebih murah yakni Rp. 13,080,000 (jari-jari) hingga Rp. 13,980,000 (casting wheel).

Mana yang lebih value? Tergantung perpektif lads semua aja dah 😀

THE VERDICT

Sebenarnya banyak sekali hal-hal yang jika dikupas satu persatu head to head akan menjadi serial yang dapat membosankan pembaca 😛 Namun item-item tersebut menurut KBY tidak mendapat perhatian lebih atau bahkan tidak dipedulikan oleh potential buyer. Yang mereka tahu adalah bahwa fitur ada, lengkap, mudah dioperasikan, bermanfaat, nyaman dan gak harus sering mampir SPBU… Betul kan?

Keduanya saling melengkapi, Yamaha mungkin menang banyak, namun Suzuki mempunyai fans setia yang fanatik…

baca juga: Yamaha Mio M3 125 – Pertaruhan Nama Besar 3 generasi Mio

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Contact me at…

email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

128 KOMENTAR

  1. Untuk urusan lebih unggul, aq berani pegang address Om,
    Tp utk urusan nama besar brand & harga jual lg, address mmg kalah telak.
    Jd, aq sih vote address, Nggak tau kalo Om Kobay…
    # anangstyle_sambil melirik sinis Sniego…
    Ngahahahaha

    • Kalau saya ….Ya pilih mio3 lah … Bentuk lebih keren …. Gas Spontannya bikin laju saat nyalip enak ga pakai ancang ancang dan lebih irit ….. Kebetulan purna jual mio di kalimantan harga bagus…… Dan lebih irit, btw 7 hari lalu saya beli Mio3 di Banjarbaru harga 14,800,000…… Intinya Mio3 Unggul dari kecepatan, design dan lebih irit …..

  2. tanya om, klo di dek kedua motor tsb, mana yg lbh luas..soale sy butuh motor matic yg bs muat banyak brg ditaruh di dek..nuwun

  3. Sorry om..soal desain saya lbh suka addres ..headlamp di atas justru jd poin plus…mski bkn tren, krn pas belok arah sinar jg ikutan belok. Tarikan garis body address dr dpan ke blkng sngat halus mngalir…sporty dpet, elegan jg kena.

  4. jajal soal kenyamanan kang (suspensi,kokoh,akselerasi)? Ane lebih jagokan Addres dech ! Udah jajal Nex tetangga ane , adik dirumah punya Mio J

  5. saya pribadi kalau milih motor yg pertama saya lihat adalah fiturnya baru kedua tampangnya, saya sdh punya spacy, jadi kalau milih antar address dan mio 3 malah sudah pasti address…..

  6. Pendapat saya, seumpama Mio M3 125 menggunakan :
    – Bagasi yang luas
    – lampu diatas
    – ban depan (minimum) 80/90-14 & ban belakang (minimum) 90/90-14.
    Maka 100% untuk Mio M3.

    Mengapa kami memilih Address sebagai pengganti Spacy, karena :
    – Bagasi yang luas
    – lampu diatas
    – bodi ramping
    – suspensi & jok nyaman

    Sayang Address tidak ada SSS-nya, jadi kecewa saya.

    Mengapa dulu mengganti Spacy ?
    – motor sudah berumur 3 tahun (tapi jarak tempuh <10.000KM) – istri minta ganti, ya dituruti lah …….
    – bentuknya gendut …..

    Jadi, "Somehow, KBY mempertanyakan kebijakan Suzuki yang keukeuh menempatkan lampu depan berada di atas disaat demand potential buyer bergeser menuju lampu ‘bego’ alias lampu bawah.".
    Itu tidak masuk di mindset saya, karena saya lebih suka lampu motor bisa tengok kanan-kiri ,,,, siapa tahu ada yang perlu dilihat ….

    🙂

    Btw, terima kasih, Mas Yogas atas respon e-mail saya ttg SSS di Address, semoga petinggi Suzuki berkenan menindaklanjuti.

  7. Aaahh… Ternyata udah ditulis dengan sangat renyah oleh bang kobay. Kagak jadi dah ane buat juga. Nge-share aje dah cukup.

    Emang masih misteri ya bang power dan torsi si addres? Apa sama kayak nex fi? Udah dapet bocoran kah?

  8. kembali ke selera asal, dan kebutuhan akan fungsi, klo ane sih milih yang bagasinya lega, krn yg namanya skutik itu cenderung buat wara-wiri, belanja, dll….

  9. Sya sampai skrg msih blum nangkap apa esensi utama dri SSS..okelah itu penting, tpi klo tdak ada jga bukn suatu masalah..krna esensi dri sebuah kendaraaan bermotor yaitu engine yg meraung..misalnya kta turun dri motor buat buka gerbang rumah, tpi mesin motor gk ada bunyianya, seperti ada yg kurang..trus kta hrus starter lgi yg makan banyak aki dan mgkn jga bensin..
    Ini di luar masalah klo orng lupa lepas standar ya trus kebawa ssmpe motor jalan..

    • lihatnya lebih ke safety terutama ke anak-anak atau ponakan atau sepupu, suatu saat kita menstandarkan motor dengan keadaan menyala karena tanpa SSS lalu kita tinggal untuk menutup gerbang atau pintu atau mengambil sesuatu yang ketinggalan di rumah..
      datanglah anak/ponakan kita yang di otaknya ada rasa penasaran, begitu dia coba geber gasnya karena penasaran, apa yang akan terjadi?

        • wkwkwkkw… berapa orang yang membiasakan diri matiin mesin? dalam konteks ini kita bicara masih di halaman/ pekarangan rumah loh, kalau diluar ya kali kunci motor mau ditinggalin 😛

      • Lha terus bagaimana dilihat dari unsur SAFETY untuk fitur ISS?
        Anak/keponakan kalau naik kendaraan (ngga mobil atau motor) pasti senengnya duduk di depan. Kalau fitur ISS pas diaktifkan trus kita bertemu seseorang dan bertegur sapa agak lama, disangkanya kondisi mesin sudah dalam keadaan mati. Jika si anak/keponakan itu iseng memelintir grip gasnya, apa yang akan terjadi?

  10. Kalau di adu domba kayanya menang suzi, yamaha kualitas di ragukan, liat banyak kasus kecelakaan motor yamaha paling parah kalau di adu

  11. memang mio m3 langsung menghipnosis begitu pertama kali melihatnya, tapi kalo ngeliat dua karet bundarnya yang masih culun nan imut, pesona itu langsung hilang 😀

  12. sbenernya apa sh fitur eco indicator itu?
    saya baca” , hanya indikator lampu yg nyalah kalau d kec 20-70? [cmiiw]

    misalkan ngebejek gas full, tp kec ttp diantara 20-70. dan eco nya nyalah
    saya kira
    itu fitur ”useless” . cuman buat bahan marketing bagi org awam yg krg pengetahuan mtor sja.

  13. vote address. depan ke samping elegan dr belakang bohai khas yate – ijum 😀 + bagasi muat orok
    mio m3 desainnya udah ngga fresh, terlalu 11-12 sm b*at

  14. saya sudah hampir 1 bulan pakai suzuki address, shocknya lembut, ban tapaknya lebar 90/90 r14, untuk lari smooth banget dan yang gak kuku bagasinya itu lho guede banget, helm fullface nyemplung dengan sempurna…..so far so good lah….btw saya bukan brand minded ya..soalnya dirumah ada megapro lawas sama mx yamahmud….hehehe

  15. Ane vote addres mas… apalagi aksesorisnya aslinya juga lengkap mas, terutama untuk alarm nya. Gak ada di brand tetangga, yang ada cuma remot respon….(buat apa..????, bagi ane itu kayak remot mainan anak2 aja.. xixixiixiixi). Apa ada yang udah coba alarm nya??? apakah fitur alarmnya sama dengan yg diterapkan pada new satria F???

  16. awalnya mo beli beat yg ESP,ehh liat mio blue core jadi galau sampe skrng belum beli sepeda bingung mo pilih yang mana?

    • Gak habis pikir sama Yamaha. emang gayanya khas anak muda bangeut, super agresif gak pernah mau diam ngerecokin juara matic saat ini

      Ada sisi bagusnya sih, selalu memberi inovasi baru, perkembangan baru, baik dari sisi mesin dan lainnya

      Tapi ya apa Yamaha gak mikir nasib pelanggan setianya? Lha, gimana nasib mereka-mereka penggemar Yamaha yang kemaren KADUNG beli Mio series? Apa ini namanya bukan menohok saudara kandung?

      Secara-nya … sama2 mengusung nama MIO, si Mio M3 mengusung semua aspek yang lebih unggul : kubikasi lebih unggul, desain lebih fresh, power lebih unggul, bahkan klaim pabrikan juga ternyata konsumsi bbm lebih Uirit dari kakak kandungnya

      dan yang paling parah … dengan semua aspek unggul Mio M3 VS Mio series lawas (emang udah tua beneran ya Mio GT itu 😀 ) ternyata Mio M3 masih gak mau kalah dengan memberi harga yang juga LEBIH MURAH … yaitu dengan hadirnya varian SP dengan harga 13-jutaan sajjjaaaa

      So, lengkaplah sudah kelebihan Mio M3 dari kakak kandungnya …
      dan lengkap juga penderitaan Mio series dihajar si adek yang baru nongol

      Alhasil … Apakah Yamaha pernah memikirkan nasib harga jual second Mio series lawas dengan mengucurkan Mio terbaru justru dengan harga yang lebih murah? Alamat pemilik Mio series lawas yang berniat menjual Mio-nya harus terjun bebas kalau mau Mio lawasnya laku.

      Kenapa? karena pembeli akan mikir “Kalau harganya masih tinggi, mendingan ngambil MIO M3 aja yang jelas baru, fresh, unggul performa, dengan HARGA YANG LEBIH MURAH.”

      pernah gak ya pihak Yamaha kepikiran ini? atau pikirannya cuma terpaut sama kompetitor kesayangannya, gimana caranya buat menghempas sang kompetitor, gak peduli EFEK SAMPING kebijakannya itu?

      So, untuk anda pecinta Yamaha, hati-hatilah …
      Karena Yamaha sangat kreatif dan bahkan agresif, bisa jadi yang anda lihat sekarang sangat wah ini, anda jatuh cinta dan langsung membelinya, lalu tidak butuh waktu lama, mungkin 1-2 tahun ke depan, yang anda cintai dan anggap teknologi tercanggih, tiba-tiba langsung berubah menjadi teknologi lawas/tua/kampungan, karena Yamaha sudah mengeluarkan teknologi yang secara ekstrim BARU dan FRESH lagi

      http://pakdhe8068.blogspot.com/2015/01/mio-m3-vs-mio-series-lawas.html

      =====

      jangan mudah percaya uji konsumsi di mall yang ringan tanpa beban itu, kalau mau uji performa dan konsumsi bbm, coba aja kaya ane dengan beban jumbo saat ngetes New Vario 110 Dual Keen Eyes

      http://pakdhe8068.blogspot.com/2014/12/uji-konsumsi-bbm-ala-pendaki-gunung-si.html

  17. barusan ambil address seminggu yang lalu, dibanding spacy punya adik ipar si address ini kelihatan lebih ramping, fiturnya mirip juga, tapi kalah di fitur side stand switch, joknya juga lebih tinggi, lampu depan agak “aneh”, terus plastik spakbor belakang sama bagian bawah dek lebih melur, bagusan punya spacy. dan lebih langka, puter2 malang – sidoarjo blum ketemu address blas 🙂

  18. nah punya tetanggaku yg dah pake SSS tuh…. pas di tanjakan ngebetot gas….kena sentuh peboncengnya…motonya mati mendadak..akhir cerita nyungsep…. ini mungkin efek yg tak dimaui….punya ane sih spin 2011….kuakali pake hidden lock…lebih aman dari aman dari ponaan cilik..bahkan dari tangan jahil

  19. matik yamaha kurang nyaman di panel lampu dim…mesti geser2…jadi banyak delaynya….
    matik suzuki dan honda lebih nyaman…karena tinggal pencet doang..lebih cepat operasionalnya…
    kalo ngga salah sebenere udah diusulin sama blogger lain pada pihak yamaha…tp mereka tetep kekeuh…
    vote address…yg desain eropa lebih safety…kenapa indonesia ngga bisa begitu ya….hehe….

  20. Rasanya kurang fair membandingkan kedua motor matic yang berbeda kapasitas CC ! Bahkan kalau mengacu aturan Internasional besaran CC, genre, harga dll sangat mutlak. Cobalah pola pikir yang lebih fair dikedepankan… apalagi teknologinya juga berbeda !

  21. aneh menurut gw siapa bilang mio 3 irit boros kecuali pelan2an tuk harian di kota besar ga mungkin pelan2an dan sy jg sdh nyoba address wiuh…..mantab…..pisan tenaganya cepet n sangat stabil serta handlingnya. satu lagi suaraanya address alus pisan.

  22. Jelas, Suzuki Address dong yg MENANG BANYAK..
    dari segi FUNGSI… Address punya 2 KEUNGGULAN yg sangat Vital untuk skutik:
    Tangki 5,2 liter, sedangkan Mio M3??
    Bagasi 20,6 liter (ga ada lawan!)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini