http://kobayogas.files.wordpress.com/2014/02/dsc_0260.jpg?resize=547%2C364

Kobayogas.com – Hola lads, kumaha daramang? Kendaraan modern saat ini kini banyak dibekali oleh fitur yang bernama Multi Information Display (MID) atau sering juga disebut Multi Media Interface (MMI). Fitur ini kini juga hadir pada sejumlah roda dua di Indonesia, fungsinya apa sih?

Sedjatinya MID/ MMI itu adalah satu fitur yang menampilkan beberapa informasi sekaligus dalam satu wadah – kita sebut saja layar speedometer. Nah informasi yang ditampilkan berbagai macam, dari yang sederhana seperti penunjuk waktu, jarak tempuh, sisa jarak tempuh, temperatur ruangan, temperatur mesin, jumlah bbm, pemakaian bbm hingga yang canggih seperti menampilkan tenaga/ torsi mesin dan kendali suspensi, tekanan ban hingga kondisi kendaraan secara keseluruhan.

image
MID – Speedo Ducati Diavel

Hanya secara simpel, MID itu identik dengan fitur informasi penggunaan konsumsi BBM, baik average maupun real time. Nah yang akan KBY bahas ini lebih kepada informasi penggunaan konsumsi BBM-nya lads, percaya atau tidak, MID ini selain menunjang penggunaan konsumsi bbm juga dapat merubah riding/ driving style seseorang loh. Caranya?

Mungkin bagi sebagian orang yang memang dari sananya sudah demen geber dan tidak peduli konsumsi bbm karena duitnya tidak berseri, fitur ini tidak pernah dianggap meskipun pada kendaraannya sudah terdapat MID, namun bagi yang suka ngulik, fitur ini adalah semacam game atau permainan irit-iritan!!

MID pada New PCX
MID pada New PCX

Dengan adanya informasi pemakaian bbm pada kendaraan membuat kita menjadi lebih peduli akan konsumsi bbm kendaraan kita, sedikit-sedikit melirik ke dashboard/ speedo apakah hari ini lebih boros atau lebih irit dari biasanya? Selain itu fitur ini juga sebagai informasi akan kesehatan kendaraan kita. Kok bisa? Iya bisa, jika kita sudah berkendara ala eco riding namun angka pada MID cenderung terus menurun, maka ada yang salah dengan mesin kendaraan kita, either itu sudah waktunya servis atau memang sudah saatnya mengganti pelumas mesin atau bahkan tekanan ban kita jangan-jangan berkurang alias kempis.

Bagi KBY, fitur ini penting dan asyik karena menjadi terbawa untuk selalu menjaga konsumsi BBM pada area efisien plus menjaga ritme bukaan gas agar angka-angka yang ada pada MID tidak merosot secara drastis. Kalaupun harus kencang, bukaan gas juga dirunut hingga torsi pada mesin yang membuat kendaraan melaju lebih cepat…penambahan bukaan throttle dilakukan secara gradual dan tidak spontan… alhasil, konsumsi BBM efisien pun dapat dipertahankan…kencang namun tetap efisien? Bisa tuh lads… 😀

bonusnya ini aja biar Fery Ahmad mimisan :D
bonusnya ini aja biar Fery Ahmad mimisan 😀

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com

KobaYogas from WordPress for Android

61 KOMENTAR

  1. jadi lebih sering nglirik

    htttp://sijidewe.com/2014/12/01/modifikasi-honda-cbr150r-pasang-lampu-led-di-speedometer-old-cbr150r/

    visit sijidewe[dot]com

  2. wis jan……!!!
    kang kobay karo cewek mulus terusssssss…….
    garwane cembokur ora kuwi……????????
    hayoooooo……!!!!!!

  3. wah ternyata kang kobay peduli lingungan.. memperhatikan efisiensi konsumsi bbm kendaraan.. tapi suka nggeber diakhir artikelnya..

  4. lebih mantap lagi kalo kedepannya bisa sinkronisasi dgn gadget semisal android, iphone, dll, lewat koneksi wifi/ blutut dan dibantu dgn aplikasi tertentu, jadi untuk motor2 canggih yang sudah fullspec sensor2nya bisa mantau langsung via layar android yang lebih fleksibel dan informatif….bisa juga via smartwatch yg lagi booming sekarang inih…semoga…

  5. lama2 ntar ada cctipinya… keren tuh 😀

    btw, tanganne maju dikit lagi kyknya asik, kang.. 😀

  6. bonusnya bikin ngiler..
    buat R25 fitur average sepertinya sering ngaco,, apa punya ane doang yah

  7. PAKE HONDA GA USAH NGELIRIK MID

    UDAH IRIT

    IRIT IS HONDA’S MID NAMES

    HONDA IRIT PASTINYA….

  8. Om tangannya yg santai donk… peluk aja sekallian huaaahahahahaha… kaku amat itu tangan… kabuuurrr

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.