R25 full

Kobayogas.com – Langkah tepat Yamaha untuk meluncurkan dua produk sport di semester awal tahun 2014 ini memang sebuah strategi jitu yang menghasilkan buah yang juga manis, masih ingat betapa membludaknya inden Yamaha YZF R15 yang kemudian disambung oleh kehadiran badai baru di kelas 250 cc yang KBY beri julukan Tsunami YZF R25?

Kehadiran Yamaha YZF-R15 dan kemudian YZF-R25 menjadi motor sport paling diminati konsumen Indonesia. Ini karena hausnya para pencinta motor sport di Indonesia akan sesuatu yang baru, yang modern dan powerful! Yamaha R25 dan R15 hadir dengan keunggulan-keunggulan yang tidak dimiliki para kompetitornya. Para pencinta motor sport sudah mulai jenuh dengan apa yang ada saat ini, belum lagi rindunya para pencinta Yamaha akan motor sport khas Yamaha, kencang, sporty, bernuansa racing kental dengan handling yang sudah terkenal superb… dan semua terjawab saat YZF R15 plus YZF R25 hadir di Nusantara.

PEMASARAN YANG JITU

Apa yang membuat kedua motor sport Yamaha tersebut mengisi semua headline media otomotif di nusantara adalah jitunya strategi pemasaran Yamaha melalui media online. Untuk Yamaha R25 dan R15 ternyata mendapat sambutan luar biasa. Untuk Yamaha R25 saja dalam waktu 25 jam sudah mencapai 2.600 unit. Sedangkan Yamaha R15 dalam waktu satu hari inden online, langsung terpesan 1.500 unit. (sumber: http://www.yamaha-motor.co.id)

Konsumen roda dua di Indonesia disuguhi pelayanan out of the box, pertama kalinya di Indonesia untuk produk otomotif massal non CBU dilakukan pembelian melalui sistem on line, jelas hal ini mempermudah transaksi dalam mendapatkan produk yang diinginkan konsumen, baik itu YZF R15 maupun YZF R25. Tanpa harus beranjak dari kursinya, potential buyer Yamaha YZF R15 dan YZF R25 dapat melakukan transaksi dengan mudah, cepat dan aman.

r25 rossi

TRADISI DESAIN SPORT YANG KENTAL

Yamaha dikenal sebagai produsen roda dua yang mempunyai tradisi sport kental pada setiap produk yang dibuatnya, bahkan jika ditelisik lebih jauh pun produk skutik dan bebeknya masih sarat nuansa sporty. Tidak terkecuali untuk Yamaha YZF R15 dan YZF R25, klan YZF yang kental aroma dan rasa sport-nya turut diturunkan pada kedua produk terbaru Yamaha ini. Simak lekuk tubuh dan sudut YZF R15, penuh garis nan tajam ala sport bike murni, posisi berkendaranya pun tidak luput dari sentuhan sport, menunduk seakan-akan siap membelah angin dengan desainnya yang racy tanpa membuat suffer berlebih kepada pengendaranya.

YZF R25 pun demikian, totalitas para desainer Yamaha dituangkan kepada produk yang benar-benar baru ini, dimensi yang tidak terlalu besar namun masuk ke dalam ranah moge entry level, sosok YZF R25 terlihat begitu pas dilihat dari sudut manapun. Pun demikian dengan konsep racy, buritan yang naik ke atas membuat sosok YZF R25 memiliki DNA sport tradisi Yamaha.

r25 home

R15-1

MESIN SPORT RACING DAN KENCANG

Bila menyimak cikal bakal Yamaha YZF R25, pengembangan dimulai dari lintasan balap Yamaha YZR-M1 dan bahkan melibatkan pembalap juara dunia MotoGP, Valentino Rossi. Wajarlah bila Yamaha R25 disebut sebagai Baby M1. Mengusung tema “Rev Your Ego” Yamaha R25 memiliki keunggulan yang disuguhkan pada konsumen yakni Revs the engine – Hear it Roars – Feel the power. Ketiga jargon tersebut, Revs the engine – Hear It Roars dan Feel the power sudah KBY buktikan sendiri pada artikel full test ride Yamaha R25 beberapa waktu lalu, dan jargon tersebut memang bukan isapan jempol belaka lads…

Yamaha R25 walaupun dikemas sebagai motor sport 250 cc dan berkarakter predator tapi tetap andal dan nyaman dikendarai harian. Karena Yamaha R25 mengusung tiga hal penting; Fastest, Lightest dan Advanced. Saat KBY melakukan full test ride, memang terasa kencang, ringan dan advancenya unit dari Yamaha R25. Namun demikian kenyamannya bisa dikatakan mengagetkan, dari sekian putaran menyiksa YZF R25, tidak terasa pegal maupun lelah lads, suspensinya yang lembut namun stabil sangat berperan pada sektor kenyamanan, saat itu yang ada hanya adrenaline yang memuncak serta excitement yang mengalir tiada akhir. You just dont wanna stop..!!

Responsifnya mesin Yamaha R25 adalah karena Yamaha R25 memakai mesin 4 langkah, 2 silinder segaris berkapasitas 250 cc, DOHC direct drive camshaft 8 katup. Adapun kompresinya mencapai 11,6:1. Untuk motor sport di kelas 250 cc, performa Yamaha R25 paling besar di kelasnya, yaitu mencapai 36 hp pada 12.000 rpm dan torsi 22,6 Nm pada 10.000 rpm. Power is nothing without control lads, semua tenaga yang mengalir dari mesin YZF R25 dapat dihentikan dengan sangat baik oleh sistem pengeremannya. Angkat jempol untuk hal ini, saat tes KBY tidak pernah menggunakan rem belakang, karena rem depannya sudah sangat cukup!

Spesifikasi dari Yamaha R25

Dimensi
P x L x T                               :2.090 mm x 720 mm x 1.135 mm
Jarak sumbu roda                   :1.380 mm
Jarak terendah ke tanah          :160 mm
Tinggi tempat duduk                : 780 mm
Berat isi                                :       166 kg
Kapasitas tangki bensin         : 14,3 L
Rangka
Tipe Rangka                          : Diamond
Suspensi Depan                    :       Teleskopik
Suspensi Belakang                :       Swing Arm
Ban Depan                            :       110/70 – 17 M/C
Ban Belakang                        :       140/70 – 17 M/C
Rem Depan                           :       Cakram hidrolik, piston ganda
Rem Belakang                      :       Cakram hidrolik, piston tunggal
Mesin
Tipe mesin                           :       4 langkah, 8 Valve DOHC Berpendingin cairan
Jumlah / posisi silinder          :       2 Silinder / Tegak
Diameter x langkah               :       60,0 x 44,7 mm
Perbandingan kompresi         :       11,6 : 1
Daya maksimum                  :       36 HP/ 12.000 rpm
Torsi maksimum                  :       22,6 Nm / 10.000 rpm
Sistem starter                      :       Electric Starter
Sistem pelumasan               :       Basah
Kapasitas oli mesin             :       Total = 2,40 L ;
Sistem bahan bakar             :       Fuel Injection System
Tipe kopling                         :       Basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi                      :       Return 6 kecepatan
Pola pengoperasian transmisi    :       1-N-2-3-4-5-6
Kelistrikan
Sistem Pengapian                :       TCI
Battery                                :       GT28V (MF Battery 7Ah)
Tipe Busi                             :       CR 93 (NGK)

yamaha blogging challenge

Sementara itu, Yamaha R15 terlahir dari keandalan dan ketangguhan Yamaha V-Ixion. Mengusung daya tahan mesin 150 cc yang disempurnakan termasuk penggunaan transmisi enam percepatan. Menguji keandalan Yamaha R15, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menggelar Touring Jelajah Sumatera YZF-R15, dengan mengambil rute Sabang-Medan-Bukittinggi. Jalur yang benar-benar menantang keandalan performa dan akselerasi mesin 150 cc milik Yamaha R15. Hal ini telah dibuktikan oleh para blogger dan media papan atas yang ikut serta turing tersebut.

Pada sektor mesinnya, R15 mengandalkan mesin 150 cc LC4V yang menganut enam percepatan. Mesin serupa tapi tidak sama milik New Vixion ini tidak hanya mendapatkan performa yang sangat baik namun juga efesiensi bahan bakar pun kian optimal. Tenaga yang dihasilkan dari mesin 150 cc milik R15 mencapai 16,3 hp pada 8.500 rpm dan torsi14,5 Nm pada 7.500 rpm. Adapun kompresi silindernya 10,4:1.

Spesifikasi Yamaha R15
Kapasitas mesin                  :       149.8cc
Tipe Mesin                           :    SOHC
Perbandingan Kompresi        : 10.4 : 1
Max Power                          :     16,3 HP/8500 RPM
Max Torque                         :    14,5 nm/7500 RPM
Bore x Stroke                      : 57mm x 58.7 mm
Sistem Pengkabutan            :    Injeksi
Transmisi                            :     6 – Speed
Sistem Pendingin                :      Radiator
Ukuran Ban Depan              :      90/80-17 Tubeless
Ukuran Ban Belakang          :   130/80-17 Tubeless
Rem Depan                        :     Cakram 245mm
Rem Belakang                    :  Cakram 220mm
Suspensi Depan                 :        Telescopic
Suspensi Belakang             :     Link Type Monocross
Kapasitas tangki                 :      12 Liter
Rangka                              :        Delta Box
Speedometer                      : semi digital

sumber spesifikasi dan literatur klik di sini..

KAYA FITUR

Motor yang sudah baik secara desain, akan percuma tanpa dilengkapi fitur-fitur yang mumpuni. Fitur membuat pengendara betah berlama-lama berada di atas motornya. Speedometer adalah salah satu item pada motor yang cukup sering dilirik oleh pengendara, dengan desain yang futuristik serta informasi lengkap maka pengendara akan terbantu dalam perjalanannya.

Semua fitur lengkap pada meter cluster terdapat pada YZF R15 dan YZF R25, terutama R25 yang benar-benar memuaskan pengendara akan info lengkap dari motor yang dimilikinya. Sebut saja selain fitur standar seperti penunjuk kecepatan dan jarum tachometer, informasi konsumsi bbm rata-rata dan real ada pada meter cluster YZF R25. Tidak hanya itu, penunjuk posisi gigi lengkap pun tersedia, belum lagi indikator pengingat penggantian oli mesin, pengingat waktu, trip 1 dan 2, you name it … lengkap lads…

Penerapan lampu LED yang hemat daya juga sudah disematkan pada YFZ R15 dan YZF R25, membuat keduanya terlihat cantik sekaligus futuristik saat malam dan pada saat melakukan pengereman. Bahkan pada R15, rangka delta box dan banana swing arm sudah diaplikasikan, sungguh value yang sangat baik…

MELIBATKAN KONSUMEN

Di sisi lain, untuk memuaskan penasaran para konsumen Yamaha R25, dibuat suatu program pengenalan produk, bertempat di area Taman Impian Jaya Ancol, para pembeli YZF R25 dilatih untuk mengenali serta mengendalikan YZF R25. Hal ini penting mengingat meskipun handling Yamaha YZF R25 sangat baik, tetap saja “penyatuan” atau “fusion” dengan motor yang powerful diperlukan. Selain itu, pihak Yamaha Indonesia telah menyiapkan 100 instruktur terlatih dan disebar ke seluruh Indonesia bersamaan dengan test drive yang diadakan di daerah-daerah.

Sungguh pendekatan yang tepat yang dilakukan oleh YIMM.

r25_testride

PRICING STRATEGY YANG TEPAT

Satu hal lagi yang sangat menarik adalah penentuan harga jual bagi kedua produk tersebut, meskipun YZF R15 bukanlah sosok baru yang fresh from the oven namun tetap saja pasar di Indonesia dikagetkan dengan harganya yang hanya Rp. 28 juta on the road. Hal ini mengejutkan karena prediksi harga YZF R15 sempat diberitakan menyentuh angka psikologi Rp. 30 juta, namun YIMM memberikan kejutan dengan menempatkan harga YZF R15 di bawah harga psikologis.

Demikian halnya dengan YZF R25, dengan segala fitur yang lengkap dan mesin baru nan powerful, Yamaha memposisikan harganya berada di bawah kompetitor, sekali lagi strategi harga yang jitu dipersembahkan oleh Yamaha.

So sudah siapkah lads memiliki motor sport racing yang kencang persembahan Yamaha? Revs your heart lads….

logo-blackyamaha blogging challaenge

mangga digeber ladss…thanks for reading and sharing your thought…

 

90 COMMENTS

  1. Welehh weleh. Singkat padat…jelas

    Huahaaa …

    #top speed 7menit 54detik untuk menyelesaikan membaca artikel.. :p

    Minus…. kapan le arep numpai …..
    Indent udah dr tanggal 6juni…

    Haahaaa nglangut… songgo wang

  2. puaaannteeesss panjang lebar,,,,kagak biasanya kek gni,ternyata ikut lomba.

    lék ktne r15 sport yg kencang y? blh gk diadu sm foging piston teknologi jadul bin ngebul pny ane?

    😀

  3. Ass..mas Kobay,
    Saya bahkan belum mendapatkan kejelasan kpan unit R15 yg saya inden di diler PT.MEDALI MOTOR ANDALAN turun.
    Pdahal sudah saya inden sejak bulan Mei yg lalu,bahkan telah di dp 1juta rupiah,tapi hngga saat ini belum terpenuhi.
    Menurut anda apakah selalu seperti ini pelayanan Yamaha?
    Bisa saja kan saya beralih k K45 nya H**nda yg sebentar lagi brojol?
    Tolng disebarin mas Kobay,,
    Saya dari NAD wilayah Aceh singkil..

    • siap mas, semoga ada kejelasannya nanti ya… semoga ada teman2 dari YIMM juga yang memantau postingan ini dan urusannya om Jane Tama bisa cepat slesai..aminnn

  4. Ass..mas Kobay,
    Saya bahkan belum mendapatkan kejelasan kpan unit R15 yg saya inden di diler PT.MEDALI MOTOR ANDALAN turun.
    Pdahal sudah saya inden sejak bulan Mei yg lalu,bahkan telah di dp 1juta rupiah,tapi hngga saat ini belum terpenuhi.
    Menurut anda apakah selalu seperti ini pelayanan Yamaha?
    Bisa saja kan saya beralih k K45 nya H**nda yg sebentar lagi brojol?
    Kenapa bisa berpaling?
    Secara salesnya kompetitor dirasa memadai di Aceh,harganya juga beda tipis dari otr Jakarta karna saya lebih suka garis2 tajam desain nya Yamaha, (sebelumnya motor saya Jupiter MX second) makanya saya stay di R15,,tapi kepercayaan saya ke produk ini malah down ya..terus terang saya kecewa.Tolng disebarin mas Kobay,,
    Saya dari NAD wilayah Aceh singkil..

  5. Kalau saja di web yamaha pake metoda voting pasti artikel ini gw vote.

    Bagus sekali ulasannya padat teknis dan entertainer,semua sisi di blow up..agak serius mirip ulasan di majalah tanpa embel kata2 slengek’an yang sering digunakan bloger2 plus rapih sub bahasannya.

    Semoga menang ya…

  6. Wah ternyta lg ikut lomba…
    pantes aura hiperboolnya kentel bgt..ngawakwaw..ngawakwaw (ketawanya sp ya?#kek_pernah_baca @_@)
    ksih sdkit masukan dijudul.. “sport racing dan kencang” knpa menggunakan dan? Kan kata “kencang” nya brubah jd pmborosan (N) karena sdh diwakili “racing” sebaiknya menggunakan”nan” sehingga kencang berubah mnjadi adj.

  7. Wah ternyata lomba toh, semoga menang ya bro! Kalo udh pernah nyoba sendiri emang bs lebih bagus reviewnya

  8. terimakasih bung.. sy sangat terharu sekali dgn cerita anda.. yamaha memang beda dr yg lain..!! sipph..!!

  9. dan yg lucunya banyak pengindent r15 , ambil ninja mono gara gara g kuat nunggu… itulah anehnya masyarakat indo .. perbedaan 15juta bukan masalah asal waktu cepet….

  10. orang bijak tinggalkan jejak, berarti saya sudah berbuat bijak, Oke,,, deh… R…. series memang mantap.
    tahun depan baru bisa bungkus. masih ada cuicilan.

  11. numpang curcol yah Mang Kobay, kali2 ada pejabat YIMM yg baca…
    setali tiga uang ama Mang Jane tama, ane indener online R15 tahap awal, 1500 orang pertama dapet #R15-00830 (dari Samarinda) sampe sekarang masih belum jelas itu distribusinya gimana, tanya via telepon R-Shop lokal sampe YIMM, via email pun jawabannya sama semua, masih dalam proses distribusi.
    yg bikin sakit ati bukan lamanya Mang, tp yg indener online aja belum kebagian, eh di beberapa daerah di Indonesia sana ada yg inden offline via dealer malah udah dapet, gak pake ribet mantengin PC, bayar fee indent dalam waktu 24 jam, ngerayu bini buat bayar fee indent, konfirmasi order via mail, ini tinggal kasih sales DP dah beres motor dateng, sobek tenan.
    katanya prioritas indener online, kok bisa yg inden reguler dapet duluan, artinya kan gak di prioritaskan, apalagi yg diluar Indonesia macam disini. awalnya dijanjikan pertengahan Juni, trus molor ke akhir Juni, trus di revisi jadi awal Juli.
    demikian Mang curcol ane, semoga beneran ada baca, klo sampe gak dateng2 juga di minggu kedua bulan Juli di somasi kayaknya bagus yah ? 🙁

  12. Semua blogger bahas tentang model nya r15 sm r25…tp ad hal sepele yang luput…

    Motor nyala lampu nya cuma sebelah,kualitas plastik mika nya antara kanan dan kiri sama apa enggak??

    Ntar klo dah lama kan bakal berubah warna mika lampu kanan sama lampu kiri,soalnya yang sering nyala cuma sebelah…
    Kan juga ga enak juga klo yang sebelah buram trus satunya masih kinclong…

  13. produk yamaha memang semakin depan, saya sangat salut sama R25.
    dan 2 silinder lagi, dan ringat, sama berat depan dan belang, apa lagi denga batangnya kokoh. memang yamaha semakin depan nih.
    dan saya paling suka lampu depan sama belakang hanya R25 yang pertama di indonesia yg punya.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..