image
Makasih fotonya mas Heru Mazped… Jossss

Klan Supra telah bertahan dan meraja selama 17 tahun, sungguh bukan waktu yang sangat sebentar.. dapatkah New Honda Supra X 125 FI ini mempertahankan gelar juara dan eksistensinya?

KBY – 17 tahun itu ibarat gadis remaja yang sedang ranum-ranumnya dan lelaki remaja yang sedang senang-senangnya bergaul. Keduanya mempunyai karakter yang sama biasanya, yaitu saatnya mencari aktualisasi diri, inginnya show off dan terlihat menonjol diantara kawan-kawannya. New Supra X 125 FI yang berada di hadapan KBY pun demikian….

Rajanya Motor Bebek… begitu tag line-nya…Desainnya yang fresh menggoda untuk disentuh, bodinya yang ramping tampil sporty seakan ingin menonjolkan diri diantara kompetitornya. Kunci sudah menempel, Supra pun seakan mempersilakan…

Oke… bring it on Supra, show me what you got!!

Desain

new honda-supra-x-125-pgm-fi-2

Menurut pandangan KBY, bebek atau cub ya bentuknya gitu-gitu aja hehehe.. Butuh konsentrasi untuk dapat membayangkan antara desain cub satu dengan yang lain, setelah mencoba berkonsentrasi akhirnya…tetap gagal πŸ˜€ maaf yah hehehe. Tapi jika dibandingkan dengan Supra generasi pertama yang lebih membulat (kebetulan si babe dulu pernah punya), ya lompatannya termasuk jauh dan modern.

Pun begitu, desainnya tidak lah terkesan orisinal, blogger muda sembalap MasBro Rezaholic menyebut desain Supra ini mirip dengan Kawasaki Edge. Memang mirip, namun tidak ada salahnya mengambil yang bagus bagus toh hehhe… Lagipula desain secara keseluruhan untuk kelas cub terlihat ciamik.

Desain 3D-nya bagus
Desain 3D-nya bagus

Fitur

Ini dia kekuatan Supra terbaru… walau beberapa fitur bukan merupakan yang pertama di kelasnya (malah cenderung disebut mengekor), tapi usahanya dalam melengkapi fitur yang sejatinya memang jarang ditemui pada tipe cub, layak mendapatkan apresiasi lebih. Berikut fitur yang diadopsi oleh Supra X terbaru yang belum ada pada Supra sebelumnya:

1. Cap Holder (tempat menyimpan penutup bensin)

Terlihat simple namun bermanfaat, idenya adalah memberikan satu space untuk menaruh tutup tangki bensin agar tidak tercecer atau jatuh saat sedang mengisi bensin

Cap Holder
Cap Holder

2. Utility Box

Bagasi yang cukup luas, walau tidak dapat menyimpan helmet namun paling tidak jas hujan berukuran besar dengan cukup leluasa bisa disimpan di dalamnya.

bagasi lumayan luas
bagasi lumayan luas

3. Auto Secure Key Shutter dengan Seat Opener

Entahlah jika fitur ini sudah diadopsi bebek lain, seingat KBY sih hanya ada di skutik saja ya. Memudahkan pengendara membuka jok tanpa harus turun dan mencabut kunci. Lapisannya pun mengandung fluorescent sehingga bisa menyala dalam gelap.

DSC_0435

4. New Functional Hook

Pengait barang/ belanjaan yang lebih aman dan nyaman. Bisa dilipat jika tidak diperlukan. Simpel namun manfaat dan keringkasannya tinggi. Keputusan cerdas sekali dari Honda dalam mengaplikasikan Hook ini. Beban yang bisa diusung adalah maksimal 1 Kg.

DSC_0434

5. New Power Charger

Ini dia fitur yang kemungkinan besar menjadi idaman dan favorit para biker yang sering menghabiskan waktunya di jalan. Tersimpan rapi di balik jok dengan tujuan agar rider tidak terpicu untuk beraktifitas dengan HP-nya saat mengemudi, selain itu lebih aman karena tidak menyolok dan jauh dari perhatian yang berniat jahat. Saran KBY, lapisi lantai bagasinya dengan semacam busa tipis agar HP/ Gadget tidak terbontang banting dalam bagasi, atau ya lapisi gadgetnya dengan cover.

Bagaimana kalau mau ngecharge sambil kongkow? masa harus buka bagasi dan nangkring di motor terus? Helooo… banyak kelesss yang jual kabel panjang… hehehe.

DSC_0439 DSC_0440

6. New Sharp Led Tail Light

Seingat KBY, lampu rem led sudah diaplikasi oleh Supra X helm in, dan bebek pertama yang menerapkan led adalah Shogun 125 (KBY pernah punya dulu hehe). Bentuknya futuristis (walau mirip milik Kawasaki Edge) dan pemilihan led adalah keputusan yang cerdas. Led dapat menyala lebih terang namun tidak menyilaukan, reaksinya menyala juga lebih cepat dan berumur panjang.

DSC_0444 DSC_0443

7. Modern Panel Meter

Meter cluster yang baru, terlihat modern dan futuristik serta lengkap. Material stiker dan desainnya pun khas Honda, terlihat luks dan cukup mewah.

DSC_0433

Itulah fitur-fitur baru yang menurut KBY sangat signifikan yang tertancap dalam tubuh New Supra X ini.

Ergonomi

Yang pertama adalah kaki! Ya, apakah bisa menapak mantap ke aspal? Ternyata full napak lads hehehe. Kedua, rileknya kombinasi antara tangan dan tubuh serta kaki saat berkendara. Menurut KBY sih nyaman. Putaran throttlenya enteng bingiittt, mungkin karena sudah tipe push and pull. Untuk wara wiri di dalam kota, kenyamanannya bisa dianggap mumpuni.

DSC_0462
Sempurna!!! πŸ˜€
Posisinya rileks
Posisinya rileks

Performa
Seperti yang sudah diinfokan sebelumnya bahwa sudah cukup lama KBY tidak mengendarai motor cub, sehingga perlu sedikit adaptasi untuk dapat mengendarai si Supra X dengan maksimal. Tenaga yang keluar dari mesin 124,89 cc ini adalah sebesar 10,1 PS/ 8000 dengan torsi sebesar 9,3 Nm/4000. Beratnya sendiri 106 kg untuk tipe CW seperti yang KBY tes.

Shifting awal begitu mudah, wong tinggal ceklek ke depan doang… melaju dan begitu miringin ke kiri sedikit saat berbelok…kaget karena begitu entengnya, bisa highside tuh (lebay)… Seperti yang di bilang di atas, KBY kudu beradaptasi sedikit, dan benar saja, 2-3 kali terjadi kesalahan mengoper, rata rata kejadiannya saat berniat menurunkan gigi malah diinjak ke depan, ya melempem mesin gada tenaganya pas gas digeber wkwkwkw…

Perpindahan antar gigi berlangsung cukup lembut seperti cub lainnya, walau seperti khasnya mesin 4 tak saat menurunkan gigi engine brake-nya sangat terasa, kalau salah timing bisa membuat pengemudi dan boncenger tidak nyaman karena terdorong ke depan, kalau sendirian bisa slide tuh biar beloknya lebih cepet (emang motoGP). Putaran mesinnya terasa lembut pada setiap gigi, pada gigi tertinggi yang bisa digeber masih terasa ada getaran namun minim.

Berikut top speed yang bisa diraih pada setiap percepatan sesuai ingatan KBY.

Gigi 1: 40++
Gigi 2: 60+
Gigi 3:85++ (trek habis)

Putaran mesinnya cepat sekali naik dan KBY sering banget kena limiter, terutama di gigi 1 mau ke 2. Mesinnya lebih dari cukup lah untuk perkotaan.

Pengereman

Penerapan dual discbrake depan belakang tentunya bukan tanpa alasan. Walau sebenarnya soal kepakeman itu teromol lebih pakem, namun dari sisi konsistensi performa pengereman, discbrake juaranya karena pelepasan panas bisa maksimal dibanding teromol yang terkungkung wadah. Saat KBY tes mengerem dari kecepatan 45 km/ jam full tarik dan injek, bodi Supra mampu tetap lurus tanpa ban mengunci.

DSC_0445

Harga
Dengan harga mulai 15,3 juta on the road, desain baru, fitur baru, sistem PGM FI terbaru, Supra X hanya lebih mahal 350 ribu saja dari old Supra. Menurut KBY harga tersebut sangat pantas ya dibanding kita harus mengadopsi satu persatu part atau fitur yang ada.

Opini KBY: Secara keseluruhan, bagi end user yang memang berniat memiliki untuk dipakai sendiri, Supra X ini pantas untuk dimiliki. Fitur baru, desain baru nan modern serta keiritannya dapat membuat tersenyum pemiliknya terutama yang memang sering menghabiskan waktunya dijalan.

Bagi para pengusaha, tidak salah untuk membelikan cub kasta tertinggi milik Honda ini bagi karyawannya agar lebih giat bekerja. Mereka pun bisa tetap dihubungi dan tidak ada alasan HP habis batre toh? hehehe… And everybody happy πŸ™‚ So menurut KBY, Supra X 125 FI ini akan tetap menjadi raja diraja kelas Cub … bahkan mungkin akan cukup lama.

Fakta: tersedia dalam 7 pilihan warna dan 2 Varian (Spoke Wheel dan Casting Wheel) dengan rentang harga Rp. 15,350 juta s.d Rp. 16,400 juta. Diharapkan dapat terjual sebanyak 40 ribu unit/ bulan.

Special Thanks: Vandra “Pandra” MM Blog dan Lek Bonsai Biker

Ini Videonya…

Mangga digeber … Thanks for reading and sharing lads..

KobaYogas from WordPress for Android

86 COMMENTS

  1. 7. Modern Panel Meter,
    itu check engine yaa oms yg warna ituhh??fungsinyaa klo di motor cub apa yah??

  2. suka banget ama speedonya, keren! Dan badannya ga bulky kegedean kayak si helm in.. yang notabene kayak body dinosaurus pake ban kecil..

    Cuman kok rada kurang sreg ama bentuk tail lamp nya ya? Kayaknya “kesan” yang mau ditimbulkan rada kurang match, yang belakang lampunya kesan speedy dan agresif tapi lampu depan kalem. IMO, lho πŸ™‚

  3. perhatian: harap dihindari untuk yang memiliki kolesterol tinggi, paling mantap disajikan dengan sambal dan lalapan, mak nyusss…

  4. nih trid yang ane cari selama seminggu, kagak ada yang ngebahas topseed, udh di cari di warung warung sebelah kaga ada!!!yo wes makasih yo maz bro kabayo nice share, kapan kapan mapir ke rhs blog

    • top speed gak memungkinakan mas, kalau sesuai trek yang seadanya ya saya di 80++

      Makasih sudah mampir, silakan link blognya dijemur disini om…hehehe

  5. Kl new hsx ane dapet :
    gigi 1 40km/jam, gigi 2 70km/jam, gigi 3 90km/jam, gigi 4 ga tau.
    Akselerasi msh kalah ama new Revo.
    Tp nafas tiap gear cukup panjang, mesin jg halus. Handling enak. Tp body getar masih jd ciri khas SupraX. :p

Yuk Tinggalin Jejak Lads..