CBR

New Product Report: Ford EcoSport Calon Penjagal Duet RushTer?

DSC_0412

KBY – Sedjatinya, KBY sudah cukup sering melihat penampakan small SUV milik Ford ini di majalah, di mata KBY si EcoSport ini perawakannya gagah dan macho, serta kental sekali nuansa sportnya. Desainnya terutama bagian depan, menganut paham Ford pada semua line up produknya, yaitu Kinetic Design, yang katanya, menyerupakan wajah atlit yang sedang berlari. KBY pun sangat penasaran akan penampakan aslinya, apakah segagah fotonya? Kali ini KBY mendapat kesempatan untuk bercengkrama dengan produk baru dari Ford Indonesia ini…cekibrot.

Bertempat di Kota Kasablanka (KoKas), produk baru ini diperkenalkan kepada khalayak, tidak ada sesi test drive karena memang unitnya belum siap. Jadi tujuannya display produk ini hanya membuat khalayak mengetahui bahwa ada produk baru dari Ford Indonesia. Hari ini tujuan KBY ke KoKas memang diinfokan oleh sepupu yang kebetulan bekerja di Ford, kesempatan banget sekalian jalan-jalan dengan keluarga, kill two birds with one stone, rite? πŸ˜€

Desain/ Penampilan

Langsung saja, begitu melihat sosok Ford Ecosport, waahhh…. ganteng!! Gagah, Macho dan Keren… Desain keseluruhannya sporty sekali bagi KBY, dari samping, seperti melihat Kia Sportage dengan bentuk lebih kecil, bahkan lampu belakangnya pun mirip. Lampu depan sangat berkelas dengan adanya DRL (Daytime Running Light) yang elegan mirip milik DRL milik line up Audi. Sayang, dia hanya mengakomodir satu rumah lampu saja, rivalnya sudah dua lampu terpisah bahkan reflector.

DSC_0426 DSC_0437 DSC_0434

Ada aksesoris windshield
Ada aksesoris windshield
200mm GC dan tahan rendaman air 550mm
200mm GC dan tahan rendaman air 550mm
handle pintu belakang unik, cerdas!! handle pintu belakang unik, cerdas!!

DSC_0416 DSC_0378 DSC_0377 DSC_0376

Interior

Masuk ke dalam, ini yang paling penting, sejauh apa Ford EcoSPort menawarkan kelebihan untuk dapat mempunyai value yang lebih di mata konsumen. Dan menurut KBY, sangat sukses, plastik material dashboard dan doortrimnya memang tidak dilapisi busa, namun bahannya bagus, tebal dan solid, perakitannya pun sangat rapi. Jika kita bicara trim atau varian tertinggi (AT Titanium) buatan Thailand, maka jok kulit akan didapatkan oleh konsumen, doortrim nya pun tidak luput dapat sentuhan kulit. Tapi jika bicara varian AT Titanium yang dari India, tidak akan terdapat jok kulit.

Begitu juga dengan warna dashboard Ford Ecosport, sama-sama two tone tapi yang India punya padu padannya adalah hitam dan cream, yang membuat terkesan cheapy, sedangkan Thailand Two Tone-nya, hitam dan abu, lebih terlihat eklusif. Somehow KBY juga bingung kenapa pada event ini Ford memunculkan dua varian Ecosport yang membingungkan konsumen, ada CBU Thailand, ada juga CBU India yang secara spek ada di bawah Thailand. Namun infonya yang akan dilepas ke konsumen adalah semua CBU Thailand.

Trim India
Trim India

DSC_0381

Interior modern dan sophisticated
Interior modern dan sophisticated
Ruang belakang 11-12 dengan kompetitor
Ruang belakang 11-12 dengan kompetitor
DSC_0423
Bagasinya agak minim dibanding kompetitor
Trim Thailand two tonw hitam dan abu
Trim Thailand two tonw hitam dan abu
tuas maju mndur jok depan
tuas maju mndur jok depan
Speedometer futuristik
Speedometer futuristik
desain HU seperti hand phone
desain HU seperti hand phone

DSC_0399

pengatur electric mirror di door trim
pengatur electric mirror di door trim
tuas lampu US style
tuas lampu US style
two tone CBU India, looks cheapy
two tone CBU India, looks cheapy

DSC_0446

tuas penarik bangku belakang, tersedia juga power socket
tuas penarik bangku belakang, tersedia juga power socket

Fitur dan Kelengkapan

Memperhatikan dan membaca brosur, tidak terdapat spesifikasi maupun fitur yang diusung oleh Ford EcoSPort, mungkin saja brosur resmi yang lengkap belum jadi, so KBY hanya akan menginfokan apa yang didapat dari penglihatan dan juga TVC Ford Ecosport yang ada pada layar besar di booth tersebut.

Safety: ABS, EBD, BA, 4 Airbags (dua di depan, dua disamping)

Fitur/ Gimmick Ford Ecosport: HLA (Hill launch Assist), Sun Roof, Jok Kulit, Pengatur ketinggian sorot lampu depan, Ford SYNC with Telephone Feature, AC DIgital + Auto CLimate Control), Steer Tilt + Teleskopik (Naik Turun Maju Mundur), Arm rest pada driver seat, Parking sensor dengan visual, Audio Steering Switch, Speedometer atraktif, Tombol STart-Stop engine, pengatur ketinggian tempat duduk driver.

Air bag samping
Air bag samping
tuas transmisi + manual mode
tuas transmisi + manual mode
AC AUto Climate dan DIgital
AC AUto Climate dan DIgital
arm rest dan lumbar support pada driver
arm rest dan lumbar support pada driver
sunglass box
sunglass box

DSC_0437 DSC_0438

Sunroof tersedia di tipe Titanium
Sunroof tersedia di tipe Titanium

DSC_0445

Mesin dan Teknologi

Mesin Ford Ecosport mengusung kapasitas 1500cc DOHC 4 silinder segaris dengan teknologi pengaturan katup variabel Ti-VCT yang mengeluarkan power sebesar 110PS dan Torsi 142 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan teknologi transmisi PowerShift 6 kecepatan dari Ford, seperti yang dimiliki Fiesta 1.6 yaitu Dual Clutch Semi Automatic Gearbox atau pada VW dikenal dengan DSG (Direct Shift Gearbox). Transmisi ini sangat advance, bekerja sangat cepat sehingga selain didapatkan performa lebih baik, efisiensi pun lebih baik 10% dari transmisi AT Konvensional, konon katanya begitu hehe.

DSC_0447 DSC_0418

Driving Position

Walau tidak sambil berjalan, tapi KBY merasakan posisi menyetir Ford Ecosport sangat nyaman dan ergonomis, ditambah setelan kemudi yang bisa naik turun dan maju mundur, posisi duduk yang bisa didapat pengemudipun mendekati sempurna. Pandangan ke depan/ visibilitas tidak terlalu luas atau lebar, terkesan kecil, dalam hal ini kompetitor sedikit lebih baik.

Posisi mengemudi mantap
Posisi mengemudi mantap

DSC_0442

Head to Head

Seharusnya sangat jelas, body, mesin, harga Ford EcoSPort dibenturkan dengan siapa, tul sekale, Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Rush mungkin, Terios kan 7Β  seater kang? Ah sebenarnya itu 7 seater maksa lads, jok paling belakang hanya nyaman untuk anak-anak hehehe…tidak ada perbedaan dimensi antara Rush dan Terios kok, koreksi kalau salah yah. So bagaimana EcoSport kok bisa disebut sebut sebagai penjagal RushTer?

Desain: RushTer walau gak tua-tua amat, tapi sudah terlihat membosankan, tidak ada yang salah sih dengan desainnya, bagus, tapi ternyata si pendatang baru ini membuat bentuk RushTer jadi terasa lawas hehe.

Akomodasi: Spesifikasi teknis dimensi Ford EcoSPort memang masih gelap, tapi sepemantauan KBY sih bagasi memang lebih luas RushTer, kalau ruang tengah sih bejaban lah, beti.

Safety: Mau nyebut apa yang ada pada Ford EcoSport? Nyaris semua ada, ABS+EBD+BA lengkap, Rush dan Terios malah ABS doang, Airbags? 4 biji, Rush dua doang, Terios? juga dua.

Fitur & Teknologi: Silakan copas informasi di atas, dan bandingkan dengan milik RushTer, yang sama hanya Audio Steering Switch saja…

Value for money: Dengan sangat yakin KBY berani bilang, ini mobil value for money-nya tinggi sekali, you got more than you paid. Harga perkenalan untuk EcoSPort Titanium AT Rp. 242,400,00. Rush TRD AT Rp.Β  238,450,000 dan Terios TX AT Adventure Rp. 229,800,000.

Kesimpulan, jika kita bicara pure produk, diadu, gontok-gontokan, komparasi antara harga dengan semua yang didapat, jelas RushTer harus pulang dengan tertunduk malu. Tapi ingat, siapa yang ada di balik nama RushTer, Toyota dan Daihatsu, nama yang sudah malang melintang puluhan tahun di negara ini. Jadi mereka bisa bertepuk dada dengan bangga atas nama 3S, itulah kenapa mereka overprice :D. Thus, jika lads tidak memusingkan brand, Ford EcoSport sangat layak dipinang. Tertarik? Hubungi Om Hendy (Dede) di 0857 1931 6888, cepetan sebelum harganya terkoreksi, mumpung dapat free asuransi all risk setahun dan free kaca film V-Kool.

Silakan hubungan masbro Hendy aka Dede
Silakan hubungi masbro Hendy aka Dede

Berikut link youtube nya lads…

Thanks for reading and sharing lads πŸ™‚

DSC_0429

Catatan: SPG-nya agak kurang ramah, sulit diajak koordinasi buat foto-foto, padahal demi kepentingan nama Ford juga hehe…untung ada Bossnya πŸ˜€

About Kobayogas 3428 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

73 Comments

  1. boleh bgt nihh!
    walau agak kurang sreg dgn grillnya, dan headlamp yg mirip2 IX35 ato Rio, tp bolehlah buat matiin bikinan Astrah..

      • padahal sebagaimana blog reader yg laen, ane komen dulu baru baca πŸ˜€
        jadinya salah deh mo nyebut Sportage tp ingetnya Rio πŸ˜€
        dan desain interiornya overspec nih, especially dashboard, so dengan harga segitu, you got more than you paid (kata2 siapa ya?) πŸ˜€

        btw, filternya well done keknya πŸ˜€ tp pas yg empunya minta dijepret malah blur wkwk

        btw (lagi), maaf Pak Hendy a,k,a Pak Dede, belum ada budget :)))))))

      • Value melebihi price….. brand jepun blm ada yg pake dual clutch (gear ganjil – genap) terpisah.
        Ini muantap… meski power biasa >> axcel nyuus >> irit bbm….

      • brand luar jepun sangat paham, kalau mau sukses mereka harus punya sesuatu yang bernilai lebih, kalau sama aja ya wassalam hehehe

      • om… kobay
        Ford Fiesta Ecoboost (turbo) kan mau release…jg.
        Nanya nih… apakah mesin nya sama/type nya dg Ecosport ini?

      • Ecoboost konon masih dalam tahap evaluasi, mesinnya 1000cc dengan turbo, tenaga yang dihasilkan sebesar 125 PS. Masalahnya, harganya itu gakan bisa dibawah 200jt.

        Konsumen sini pasti akan mengerenyitkan dahi karena berpikir mobil 1000cc kok mahal amat…hehehe

  2. aston marford… itu ban serep bikin desain.keseluruhan jadi jelek padahal gw demen…jagoan hon hon kapan nongol nih? konsep kan udah tuh..

  3. Hedeh bener2 ngiler ane ama desainny….muantep banget cuy…apalagi dashboardnya kesannya ga murahan plastiknya…kalo pake ini dijalan pasti mobil2 disebelah pada lirik ini,,kcuali alphard keatas , kalo rushter sih dah pasaran banget aka mainstream :p

  4. Ecosport gk mungkin bisa jegal rush terios harga pasti 250 Jeti keatas Nie,ada sun roofnya ckcckckc

    • Aduh si om, gak dibaca nie kekeke…
      harga saat ini 242… kalau booking sekarang2…memang akan ada penyesuaian, maksimal harusnya ya menurut ay, 255 buat Titanium AT.
      Rush 238juta … nambah 4 juta doang dah dapet fitur ampe tumpah tumpah kekekeke…

  5. mampir oom.. keren review nya..

    thankyou banget, banyak foto2nya juga.. gak usah dateng ke pamerannya rasanya udah cukup liat di blog ini.. πŸ™‚ oya.. penasaran buat yang dibawah seri titanium ada apa aja, berapa harganya?

    • Makasih sudah mampir om heheh… mudah-mudahan sih gak kepanjangan ya…

      Wah brosurnya di rumah, kalau gak salah ada trend, cuma ada Manual, harga 220-an…

    • aslinya ecosport ini 5 seater, tapi untuk pasar indonesia body dipanjangin dikit biar muat 3 baris kursi (7 seater).

      kalo gak salah ada yang pake mesin diesel turbo juga, cuma mesin dieselnya 1000cc 3 silinder, biarpun mesin diesel kecil bisa tembus 135 hp katanya…

      memang mantap suv ford ecosport ini > berpenggerak roda depan > basis dari ford fiesta hatchback…

      untuk mobil genre suv > gue lebih suka 4wd…, sayangnya rush n terios di indonesia gak ada yang 4×4 > so regulasi pajak mobil 4×4 di sini biang keroknya…

      γ€€

      • ohh gasoline yaa…

        so waktu ambil rush tahun lalu, kata marketing toyota > ecoboost itu diesel…

        πŸ˜†

        *ane kurang mengamati perkembangan suv ecosport ini.

        γ€€

        4 baut roda bukan masalah kekuatan om > tapi pantesnya suv itu pake 5 atau 6 baut…

        γ€€

        *nyenengin diri sendiri > biar gak galau udah kadung ambil toyota rush…

        γ€€

        πŸ˜›

        γ€€

        πŸ˜†

    • tapi kalo brand amerika, ane kurang yakin suv ini bisa ngejegal rushterios…

      denger2 suzuki juga mau bikin suv murah buat ngejegal rushterios, basisnya dari sx4 x-over atau dari ertiga crossover…, atau grand vitara aja di down grade biar murah yaa ?

      πŸ˜†

  6. Wah Ecosport emang joss, fitur lengkap bisa lewatin banjir lagi. Imho, kalo diliat dr fiturnya, Ecosport ini lawannya Juke secara harga juga mirip2 sih.

  7. Overall lebih keren dari duo… yang mengganggu menurut ane adalah desain grillnya yang terlihat ngepop, plastis, atau kartun malah… kurang garang untuk sebuah SUV..

  8. numpang nimrung mas KBY.., biasanya product baru syarat dengan Failure dan apakah product ford identik dengan hal ini. makasih atas advice..

    • Kita gak pernah tau, biasanya lebih mudah terdeteksi pada produk yg cukup laris karena feed backnya dan sharingnya menjadi cukup deras di media2 spt milis klub/komunitas, kaskus dll…

      Ecosport smp saat ini saya blm mendengar ada keluhan….

5 Trackbacks / Pingbacks

  1. Test Drive Tematis Diesel: Renault Duster 1.5 dCi – The European’s Budget SUV (Part I) | KobaYogas.com| Your Automotive Blog
  2. Pojok Info: FWD – RWD… Bagus Mana? Plus Minus Lads | KobaYogas.com| Your Automotive Blog
  3. Pojok Info: Gerak Roda FWD – RWD… Bagus Mana? Plus Minus Lads | KobaYogas.COM
  4. Mengupas Fitur Bejibun Milik Chevrolet Trax Turbo, Punya Apa Saja? [Part II] | KobaYogas.COM
  5. Setelah Chevrolet Kini Ford Motor Indonesia Menyerah Dan Menarik Diri Dari Indonesia? | KobaYogas.COM

Yuk Tinggalin Jejak Lads..