training safety riding AHM
banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. PJada hari Sabtu tanggal 27 Mei 2023 kemarin ini, KBY bersama dengan temen-temen blogger dan vlogger ikut menghadiri event seru yang diadakan oleh team HC3 PT AHM (Astra Honda Motor). Wah dalam tajuk apa nih eventnya? Sesuai judul dong, ini dia, training safety riding AHM, dan ada lomba-nya! Dan gak kalah penting, hadiahnya itu loh.. Helm Shoei X14 Marc Marquez dan AGV K6! Bikin ngiler!! Siapa yang jadi pemenangnya? Apakah KBY? Hehehe.. Cekibrottt..

Event ini diadakan di mana lagi kalau bukan di trek khusus dan pribadi di AHM SRC Deltamas, tempat yang kini udah sering jadi tempat launching dan test ride motor baru dari AHM.

training safety riding AHM

Sebelum dilaksanakan pelatihan singkat dan lombanya, sudah pasti ada penjelasan singkat tentang safety riding dan #Cari_Aman dari Mas Erik, punggawa safety riding dari AHM yang udah kami kenal baik.

training safety riding AHM

Memang, untuk aman berkendara, ilmu dan pengetahuan ini sifatnya tidaklah statis, terus berkembang mengikuti perkembangan dan teknologi si motor juga, terlebih motor-motor keluaran terbaru juga banyak jenisnya kan. Selain itu kondisi dan situasi jalan juga macam-macam, belum lagi perilaku pengendara lain yang juga relatif random dan toxic wkwkkw. Hal ini membuat faktor utama kecelakaan itu adalah dari “human factor” alias faktor manusianya sendiri. Ya faktanya, kecelakaan mayoritas dikuasai karena kesalahan manusia, jika dibandingkan kendaraannya.

training safety riding AHM

Di jalanan, selain perlengkapan berkendara yang lengkap dan sempurna, berhati-hati, sering tengok kanan kiri ketika diperempatan, dan menggunakan safety gear yang lengkap disebut sebagai ikhtiar dalam menghindari kecelakaan. Yang namanya kecelakaan itu memang takdir, tapi bukan berarti tidak bisa dihindari loh. So dengan usaha dan ikhtiar yang maksimal, hal yang MERUGIKAN tersebut bisa dihindari.

SESI ACARA

Sekarang kita masuk ke inti acara, jadi ada dua sesi yang diperlombakan nih lads, yakni sesi balance di narrow plank dan sesi slalom course. Narrow plank adalah test keseimbangan. Sebelum masuk ke arena, kita diajak latihan keseimbangan dulu, kelihatannya sih gampang banget, prakteknya, ya silakan dicoba sendiri wkwkwk..

Di arena narrow plank, dimana motor Honda CB500F dijalankan secara perlahan di atas papan berukuran lebar 30cm, kita diuji untuk riding pelan-pelanan, bukan cepat-cepatan, makin pelan terutama di area tengah papan, makin seimbang, makin bagus, waktunya makin lama, bisa jadi juara!!

keluar jalur waktu latihan wkwkwk

Bagi KBY pribadi hal ini melatih konsentrasi, feeling dan fokus loh..Konsentrasi dan feeling ke sekitar serta akan terlihat kita fokus apa gak hehe..  Keren sih! Hasilnya? Hohoho tentu saja KBY kalah di sesi ini, wkwkwkwk, keluar jalur sih gak, tapi gak bisa mempertahankan lamanya waktu di tengah.

Penilaian bukan hanya pelan dan lama, tapi riding position juga, yaitu badan tegap, siku menekuk, jari tidak nempel ke rem depan serta paha wajib nempel dan jepit tangki serta yang terakhir, saat awal dan begitu tiba di ujung, kaki kiri wajib turun dan kepala nengok ke belakang kanan.. Kalau gak kaya gitu, poinnya bisa berkurang meski kita lama di tengah pun wkwkwk..

training safety riding AHM

Sesi kedua adalah slalom course, meski namanya slalom tapi sebenarnya gak lebih baik juga dari narrow plank, mengapa?? Karena di sini kita diuji ketrampilan alias skill, dengan skill kecepatan waktu bisa diraih, selesai? Gak juga wkwkkw..

training safety riding AHM

Slalom test juga menguji memori alias daya ingat kita, meski sudah dikasih kun (cone) sebagai pembatas, tapi kalau lupa arahnya ya bisa aja salah jalur, dan ini kena diskualifikasi wkwkwk.. Raungan mesin juga dinilai, jika terlalu lama bertahan di gigi rendah, poin bakal berkurang.

training safety riding AHM

Ditambah, persis seperti narrow plank, riding position kembali dinilai. Nah apa gak gawat tuh? Gak sedikit yang salah jalur atau lupa ketika selesai, kaki kiri gak turun dan kepala gak tengok ke kanan belakang wkwkwk..

Btw kenapa harus kaki kiri dan nengoknya ke kanan sih? Simpel, karena negara kita kan setir kanan di mana melajunya di sebelah kiri.. Kaki kiri turun untuk mengantisipasi kalau jatuh atau terguling pun ke kiri, bukan ke kanan, sehingga bisa terhindar dari sepakan kendaraan lain di belakang ataupun dari arah berlawanan.

Hasilnya gimana? KBY kalah lagi dong wkwkwk.. lebih karena waktu sih kurang cepet.. hhhh.. susye.. wowkwokwowk..

PEMENANG LOMBA

Setelah sesi isoma sepuasnya, tibalah pengumuman pemenang. Dan juaranya yang berhak mendapatkan helm shoei X14 MM93 adalah lek Putut Saonone Motovlog asal Yogyakarta.. !! Memang dilihat dari lombanya, lek Putut ini konsentrasi dan skill-nya bagus sih. Juara kedua diraih oleh mang Heru TeBe alias Terasbikerblog. Berhak mendapatkan helm AGV k6 yang kata KBY sih livery-nya aneh bin bikin pusing wkwkwk.. Sedangkan posisi terakhir diraih oleh Revdy Stunter. Pada dasarnya Revdy merupakan yang terbaik dan tercepat, tapi kurang disiplin dari sisi riding position sehingga poinnya kena kurang banyak hehe..

Ada juga juara harapan 1 dan 2 yang diraih oleh Gurun “Andrea” Sahara dan Sandy superbikesuspect. Waaahh pada jago jago dah, blogger diwakilin Heru doang wkwkw.. Lek IWB aja kalah.

Soooo acara ini gak cuma menyenangkan, tapi banyak ilmu yang bisa kita dapat dan mampu diterapkan di jalan raya keseharian kita.. Ditunggu lagi acara serupa ya AHM.. Mantaaapppp.. nagih nih hehe.. eh ketemu Honda CB150R Exmotion!!

coba test nya pake ini ya hehe

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

12 KOMENTAR

  1. Kang K0bay terlihat begitu profesional dalam bekerja
    yang lain bawa helm, maka Kang K0bay bawa snack dan minuman,
    Mantap, begitu totalitas.

    (Lih: otof di tengah) hehe

  2. Jujurly…kaga dibaca pun Saia udah yakin gak ada nama mang kobay jadi pemenang 😂
    Ini juga tanda2 , dalam waktu Deket dapet undangan lagi perihal 160
    🤣

  3. apalah saiyah yang hanya rider antar kota antar provinsi … urusan safety riding mah selain safety gear … kudu wajib modal waspada dan adaptasi dengan jalur yang dilewatin

    kudu paham titik-titik dimana suka ada pengendara yang mak kluwerr mendadak dangdut nge-gas dari mulut gang kecil, titik dimana pengendara suka putar balik tanpa kasih lampu sein, angkot yang mendadak “ngiri” buat ambil sewa atao nurunin penumpang dlsb

    dan jelang momentum pengiriman hewan Qurban … hindari deh berhenti pas di belakang truk/ mobil pick up pengangkut hewan Qurban … ane pernah kena tokai sapi hahahahahaha

    dan jangan lupa kalo ngantuk mampir ngopi ke warung kopi ato Mart-mart terdekat agar terhindar dari micro sleep

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini