Home Modifikasi

Modifikasi Yamaha X-Max 2023 Connected, Modif Tipis Tipis Bujet BPJS

3
Modifikasi Yamaha X-Max 2023

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Apa sih yang diharapkan dari sebuah modifikasi? Tentunya banyak dan tergantung preferensi dari si pemilik motor. Inti dari modifikasi adalah merubah atau mengganti – yang standar (bawaan pabrik) menjadi non standar dari aftermarket. Mengganti tutup pentil dan spion pun sebenarnya sudah masuk ranah modifikasi loh wkwkwk.. Nah si Deku, XMax ijo matte milik KBY juga tak luput dari sentuhan non standar, judulnya modifikasi Yamaha X-Max 2023 Connected, Modif Tipis Tipis Bujet BPJS.. artinya dananya masih bisa lah dilakukan oleh banyak orang hehe.. cekibrot.

Modifikasi Yamaha X-Max 2023 Connected

BAN

Jadi modifikasi si Deku ini dimulai dari ban.. begitu dibawa dari dealer (iya gak kirim ke rumah), langsung bawa aja dari dealer Yamaha SBW langsung ke bengkel KBY Garage di Cempaka Putih.

Sampai sana, pada kaget (waktu itu ya, 14 Februari lalu wkwkwk).. cukup kagetnya, langsung mekanik masukkin motor dan ganti pakai Pirelli Diablo Rosso Scooter, depan 120/70/15 belakang 150/70/14.. Minimal Pirelli Bossss…!! Harga di sana sepaket 1.848.000 sudah free pasang dan free pentil. Mau lebih murah? Bisa ke toped KBY garage hehe..

WINDSHIELD, CRASH BAR DAN FOGLAMP

Yang kedua itu ganti windshield sama yang lebih pendek, harganya 150rb. Ketiga dan keempat, pasang crash bar model half alias setengah, harganya 500rb, kalau yang full sampai foot peg belakang kena 650rb.

Karena crash bar sudah terpasang ya sekalian KBY pasang lampu tembak alias foglamp Duromoto tipe M3, dudukannya di crash bar. Harganya 1.050.000 sudah termasuk saklar duromoto tapi belum relay. Relay asli duromoto 300rb.

SPION

Pakai model bracket, beli banyak di marketplace, spionnya ngambil dari si Zeref wowkowkwok..

SUSPENSI PROFENDER

Setelah itu apa ya, oh shock breaker alias suspensi dari Profender buatan Thailand. Shock Profender Xmax ini dipilih karena memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Merek sudah terkenal di dunia otomotif terutama untuk mobil
  • Kualitas material dan built quality sangat baik, kokoh dan rapi
  • Memiliki 3 setelan, kompresi, rebound dan preload
  • Untuk kompresi dan rebound ada angka yang memudahkan kita untuk penyetelan, gakan lupa juga karena ada angkanya

Sejauh ini puas sih kinerjanya, empuk dan stabil. Kalau di Indonesia memang merek ini baru dan belum dikenal luas, tahunya kalau gak Ohlins ya YSS. Tapi KBY gakan merekomendasikan kalau gak puas hehe.

Harga Profender X Series untuk Xmax, Aerox, Nmax, PCX itu 6 juta saja dan untuk Xmax ada versi lownya, lebih pendek 2cm alias 20mm. Tersedia juga Air series untuk Vario 160 seharga 2,6 juta. Semuanya ada dua warna, hitam dan merah.

EXHAUST AKRAPOVIC CARBON

Dari situ ke sisi suara, yaitu exhaust alias knalpot hehe.. Pengen banget sebenarnya Scorpion Titanium atau Akrapovic Titanium, tapi harga bekasnya aja ga ngotak, 7 jutaan wkwkwk.. Akhirnya ambil paket BPJS, Akrapovic Slovenia Carbon bekas punya Ninja 250 yang udah dimodif untuk Xmax.

Karena slip on, jadi headernya kudu custom sendiri, bikin di Cuenx knalpt kena 400rb. Total exhaust Harganya 4,7 juta + 400rb.

FOOT PEG – FOOT STEP & BOARD REST (BORDES)

Pakai dari KYTA (dulu Kytaco), model terbaru mereka untuk Xmax. Ada yang model classic juga, bulat buat yang suka. Harga 625rb.. Bagus materialnya, top.

VELG

Dari Knalpot kemana ya.. oh kalau gak lupa kaki kaki dulu, velg ganti dari Delkevic dengan pilihan warna candy red. uuuhh kereeen dah wkwkwk, apalagi modelnya kaya OZ. Tambah stiker Bukan OZ deh dari Raka TJR. Hehehe.. Harganya 5,3 juta aja, BPJS laaahh.

BRAKE SYSTEM, MINIMAL BREMBO BOSSS..

Dulu cukup sering dengar kalau rem depan Xmax itu gak banget, pernah tes beberapa kali punya teman memang terbukti sih, agak bagel dan responnya kurang. Kudu beberapa kali tarikan baru gigit.

Begitu punya si Deku, ternyata bener adanya, apalagi pas baru keluar dealer, buset, itu rem senen kamis wkwkkw.. Untung rem belakangnya bagus, jadi sangat membantu kinerja rem depan.

Nah untuk memperbaiki kinerja rem depan, Modifikasi Yamaha X-Max 2023 Connected si Deku ini KBY gak pilih pilih.. minimal Brembo bosss wkwkwk.. Kaliper pake 4 piston silver seharga 2,850jt, cakram alias disc ganti pake punya R25 yang sudah 300mm.. harganya 900rb, BPJS dong.

Atasnya alias Master rem sekalian juga lah, yang murmer aja, Brembo RCS 15 Corsacorta udah cukup banget buat X-Max. KBY suka sama performanya, empuk dan sigap alias responsif. Selain ada settingan jarak handel, juga ada setingan respon, Normal, Sport dan Race. Cukup di Sport aja udah ajib hihihi.. Harganya 4.7jt

Gak lupa, selang rem HEL yang udah menemani banyak motor dan mobil KBY diikut sertakan, harganya untuk panjang Xmax ada di 2.150.. Belakang gak diganti, karena dirasa sudah cukup, tapi mau dimodif pake cakram depan Xmax pindahin ke belakang hehe.

Modifikasi Yamaha X-Max 2023 – KIRIAN CVT

Di awal KBY ingin mencoba hanya mengganti Pulley (puli) nya saja, buatan Yutaka Racing, katanya sih sudah cukup.. Ternyata masih kurang puas, so, akhirnya roller KBY ganti pakai punya BRT berjudul Super ROller Ninja Ball seharga 265rb.. KBY pilih karena berat roller-nya bisa diganti ganti, ada shim-nya. Jadi lagi dicoba nih perpaduan 14 gram dan 15 gram..

Hasilnya gimana? Lebih baik lagi terutama bawahnya.. Tapi kaya masih kurang puas nih, kanvas ganda keknya next project wkwkkwk..

Semua parts yang KBY sebutkan tersedia di Bengkel Saiisoku x Kobayogas Garage Cempaka Putih Jakarta Pusat. Telp 0818496427 atau 087777677910 (Ferboes).

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

3 COMMENTS

  1. Sempat mikir bpjs apaan, velg nya dah seharga nmax eh ternyata 🙂

    … nmax dah masuk list mang istri acc, tapi dengan syrat nifi jual 😅

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version