Benelli Tornado 402R 2023
banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Lagi happening atau hanya perasaan KBY saja ya? Sejak hebohnya kelahiran motor sport fairing Kawasaki Ninja ZX4RR belum lama ini, rasanya kelas 400cc kok terlihat makin menggeliat?? Atau KBY yang maennya kurang jauh yak? Maksudnya, sebenarnya kelas 400cc multi silinder modern ini ya memang sudah cukup lama ada, hanya seakan terangkat lagi oleh kehadiran si ZX4RR.. Ah sudahlah, yang jelas pabrikan motor Italia asal Cina, yaitu Benelli, ikutan terjun di kelas ini dengan Benelli Tornado 402R 2023.. Benarkah jadi lawan sepadan produk geng ijo tersebut??

Buat yang belum nonton first impression Kawasaki ZX4RR, tuh dibawah KBY sematkan link video yusubnya, buat yang belum subscribe segerakan atuh lah wkwkwk..

BENELLI TORNADO 402R 2023

Jika hanya melihat dari namanya, sudah jelas Benelli yang satu ini memang bermesin 400cc, hanya biar terlihat lebih gacor, ditambahin angka 2, biar efek psikologis lebih besar kapasitas mesinnya langsung terasa gitu loh hehe.. Tapi bagaimana dengan jumlah silindernya??

Oh Oh ternyata mengecewakan, hanya dua silinder. Pada dasarnya sih oke oke saja, tapi indikasi di awal yang disebut sebagai lawan pantas untuk Kawasaki ZX4RR jadi menguap, karena dari sisi spesifikasi saja sudah kalah banyak jumlah silindernya.

So kalau mau diadu sesama 400cc 4 silinder, mungkin saat ini hanya Kove 400RR yang mampu menyaingi ZX4R, Kove? Iya motor buatan Cina yang mukanya campur aduk dan ada kemiripan dengan Yamaha MT-10. Kayak di bawah ini loh

Kove 400RR 2023 Kove 400RR

SPESIFIKASI BENELLI TORNADO 402R

Entah dari mana asal angka 402 di Benelli Tornado 402R 2023 ini, karena kapasitas mesin resminya hanya 399cc, dengan 2 silinder DOHC 8 klep berpendingin cairan. Power maksimum motor ini juga hanya 35 KW atau setara 46.9hp pada kitiran 10,000rpm dan torsi 38Nm pada 8,000rpm. Meski torsinya lebih besar berkat silinder yang lebih sedikit, tapi ini jelas bercandaan buat ZX4RR yang punya power hampir dua kali lipatnya..

Benelli Tornado 402R 2023

Kawasaki Ninja ZX4RR 2023

Andai tidak terlapisi cover plastik, sepertinya sasis Ternoda eh TOrnado ini ada kemiripan dengan milik geng ijo, kapasitas murninya juga sama, begitu juga dengan bentuk knalpotnya.. Yah mungkin kebetulan aja.

Benelli Tornado 402R 2023

Detail lainnya dari motor ini memiliki bobot yang cukup ringan dibanding ZX4 mencapai 172 kg, kapasitas tangkinya muat 14,2 liter BBM, tinggi seat 785 mm dan ukuran ban 110/70 – 17 inch dibagian depan dan ban belakang tapak lebar berukuran 150/60 – 17 inch.

FITUR

Cita rasa Italiano cukup kental dengan hadirnya suspensi depan Upside down dari brand ternama Marzocchi – seperti MV Agusta – yang dipadukan dengan rem cakram depan ganda dengan kaliper radial dari Nissin. Yang keren, jika lads melihat kaki belakang motor ini akan terlihat eksotik ala moge Italia karena menggunakan single atau pro arm. Sepertinya fitur ini menjadi fitur wajib mocin saat ini.

Benelli Tornado 402R 2023

Sang badai ini juga dilengkapi kamera depan dashcam dibagian depan tepat dibagian atas headlamp yang bisa menampilkan proyeksi rekaman pada layar TFT warna. Tak hanya itu, fitur konektifitas smartphone dan USB charger juga tak ketinggalan. Motor ini dilengkapi juga dengan Traction Control dan rem ABS dual channel sebagai fitur standar.

Jauh kembali ke tahun 2015 lampau, nama Tornado juga sudah hadir pada mesin yang lebih kecil, yakni Benelli Tornado 302R bermesin TNT 300.. Sepertinya memang menjadi ciri khas model ini ya ngasih angka dua (2) di belakang hehe..

Benelli Tornado 402R 2023

HARGA

Terakhir, Benelli China menjual motor ini dengan harga CNY 31.800 Yuan atau jika dikonversikan kedalam rupiah menjadi seharga Rp. 69 jutaan. Jelas kalau dibandingkan dengan kubikasi mesinnya menjadi murah dong ya, tapi biasanya di sana harga segitu masih dalam kondisi off the road. Mengintip website resminya, sepertinya Benelli saat ini hanya menyediakan 1 varian warna saja, yakni kombinasi warna hijau tua dan silver yang menjadi warna corporate Benelli sejauh ini.

Kalau Benelli Lovers Indonesia ternyata banyak yang kepincut, bisa jadi Benelli Indonesia menghadirkannya pada tahun 2023 ini juga.. Bisa sekitar 170 jutaan kali ya??

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

8 KOMENTAR

  1. Kang, apakah ada kabar dari Minerva Meggeli?

    Megeli (Jawa)= dari asal kata Pegel/pegal
    Meggeli alias Megeli alias Bikin pegel/pegal-linu hehe

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini