Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Sudah baca 20 Mobil Terlaris Maret dan SUV Terlaris Maret 2023 kan? Nah sekarang kita menuju segmen berikutnya yaitu MPV Terlaris Maret 2023 di Indonesia! Dari sisi banyaknya kelas, segmen MPV ini masih kalah banyak dari SUV, tapi bicara jumlah penjualan yang dihimpun dari Data Gaikindo setiap bulannya, tau sendiri kalau kelas Multi Purpose Vehicle alias MPV ini jauh lebih banyak dan tinggi angkanya. Pemimpin pasar terbanyak mungkin sudah mudah ditebak, tapi tetap menarik untuk melihat perkembangan merek dan model lainnya, cekibrot lads.

MPV TERLARIS MARET 2023 DI INDONESIA

MINIBUS

Sebelum menuju ke kelas paling ramai yaitu Low MPV (LMPV), kita bahas dulu dari kelas Minibus. Seperti halnya Toyota Avanza, Yamaha eh Daihatsu Gran Max tak pernah tergelincir sekalipun dari posisi teratas di kelas ini.

Kembaran Toyota Ace Lite dan Mazda Bongo ini seakan hanya menjadi pilihan utama dan satu satunya di kelas Minibus, lainnya hanya sebagai pelengkap dan penggembira. Padahal dari tahun ke tahun bentuk dan fiturnya ya gitu gitu aja.. Mungkin itu juga sebabnya SUzuki APV enggan untuk berubah ya.

MEDIUM VAN

Sejak berubah dari NAV1 menjadi Voxy dengan desain yang jauh lebih memikat, Toyota Voxy seakan akan tak terbendung dari sisi penjualan. Namun bulan ini, kompetitor dan rival sejati mereka yaitu Nissan Serena, mampu menjaga jarak tidak terlalu jauh..

MEDIUM MPV

Lucu juga memantau perkembangan dan sepak terjang Toyota terhadap produk darling-nya di kelas Medium MPV. Awalnya mungkin akan dianggap cukup mudah switching dari RWD ke FWD untuk Innova Zenix laiknya Avanza dan Veloz yang membukukan penjualan konsisten setiap bulannya.

Tapi kenyataannya di pasar tidak begitu.. realibilitas dan durabilitas khas Kijang Innova seakan direset ulang oleh Toyota pada Innova Zenix ini. Terpantau sudah ada beberapa kasus yang mengalami error kelistrikan untuk produk anyar ini, meski tidak banyak jumlahnya.

Pada dasarnya, Innova Reborn juga memiliki kasus transmisi AT nya yang bermasalah, tapi sepertinya jumlahnya sedikit sehingga tidak terekpos dan viral.

MPV Terlaris Maret 2023

Oke intinya, Toyota sampe harus jilat ludah sendiri, bukan jilat sih tapi kaya yang gak pede, mau stop produksi Innova Reborn (kecuali untuk fleet dan ekspor) dan fokus ke Zenix, eh melihat penjualannya seret setiap bulan dan gak sesuai ekspektasi, si Reborn malah harus sampai dijual barengan lagi wkwkkw.. Kocaaakkk.. Lihat aja jumlahnya, gak terlalu jauh.

PREMIUM MPV

Toyota Alphard terbaru memang belum rilis resmi di sini, namun penjualan model current juga jauh dari menyedihkan, malah masih konsisten setiap bulannya. Kebayang gak kalau yang baru udah dirilis di Indonesia? Itu Hyundai Staria mau jadi berapa jumlahnya?? Oia good news, KIA Grand Carnival menyalip Vellfire loh.

MPV Terlaris Maret 2023 – LOW MPV

Akhirnya kita sampai pada segmen penutup, LOW MPV!! Kelas yang ramai dan diminati banyak pabrikan.

Kalau lads gak bisa lihat nama Suzuki Ertiga dan Hyundai Stargazer pada 20 mobil terlaris Maret 2023 kemarin ya wajar.. urutan bunci di 20 besar ditutup oleh Mitsubishi Pajero Olahraga alias Sport dengan jumlah 1500. Sementara Ertiga ada di 1200-an unit dan Stargazer 1100-an unit.

MPV Terlaris Maret 2023

Bisa kita lihat di artikel MPV Terlaris Februari 2023 kemarin perbandingannya. Padahal Ertiga bulan Februari kemarin itu jumlahnya gak sampe 1000 unit, tepatnya hanya 960 unit saja. Sedangkan Stargazer bulan lalu tembus 1497 unit dan bulan ini drop ke 1100 unit sementara andalan SUzuki malah naik ke angka 1200.. Apa artinya kira kira? Hehe..

Oia kabar baik bagi Mobilio lover, ada kenaikan bulan ini loh, hingga jumlah melesat 403.. hohoho, stockpiling apa gimana nih? Kita lihat saja bulan berikutnya yes.

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

17 KOMENTAR

  1. Sorry telat ya Kang.
    Maaf lahir batik Kang K0bay. (salim-salaman).
    Komen awal gak keluar, karena belum centang biru,
    ini eike akan pencet centang biru, pasti keluar, komennya.

  2. selama jalanan indonesia masih banyak polisi tidur dan polwan tidur, serta mendaki gunung turuni lembah,
    selama itu pula ladder frame RWD bakalan laku.
    seingatku dulu Innova Reborn bisa laku 5 ribuan per bulan, sekarang Zenix cuma 2-3 ribuan per bulan.

    BTW apa ini berarti Ruster gak jadi pindah ke FWD?

  3. APV terakhir facelift seinget gua tuh tahun 2007 pas APV Arena, berarti udah 17 tahun ga pernah ganti muka

  4. Ebuseeh reborn masih laku aja. Jadi inget dulu old vixion masih laris sampe diterusin produksinya selama 2 tahun padahal udah ada NVL.

  5. Innova Crysta RWD di India malah dapat facelift lagi, alias batal discontinued di sana.
    entah di sini bakalan facelift juga atau tidak?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini