Home Review Konsumsi BBM Yamaha X-Max 250 2023, AVG vs Full To Full

Konsumsi BBM Yamaha X-Max 250 2023, AVG vs Full To Full

11

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Ketemu lagi dengan artikel tematis Yamaha Xmax lads.. Yak sudah saatnya KBY bahas lagi dan kali ini temanya adalah konsumsi BBM Yamaha X-Max 250 2023. Si Deku ini sudah servis pertama alias kilometernya hingga artikel ini terbit sudah 1000 lebih, dalam perjalanan menuju 1K, X-Max hijau Dark Patrol ini sudah KBY hitung konsumsi BBM-nya beberapa kali. Loh motor 250cc kok masih mikirin boros atau hemat sih? Bukannya kurang relevan yak? Pada dasarnya sih iya, cuma KBY ingin sharing aja, bagaimana sih konsumsi bbm-nya ketika digunakan harian, masuk kategori irit alias hemat, biasa aja atau boros? Kuy gas..

Sejak awal keluar dealer, KBY sudah melakukan perhitungan konsumsi BBM loh, maksudnya memang untuk berbagi informasi dengan pembaca sekalian. Malah videonya dah rilis duluan sebelum artikelnya wkwkkww.. Sooo buat yang lebih demen nonton silakan linknya ada di bawah ya..

Tapi video di atas keadaannya masih dalam keadaan standar, kecuali ban.. yak sudah upsize dari standar bawaannya yang dari Dunlop Scoot Smart dengan ukuran 120/70/15 di depan dan 140/70/14 di belakang ke Pirelli Diablo Rosso Scooter berukuran 120/70/15 dan 150/70/14. Secara kompon dan tapak yang lebih lebar, pastinya ada pengaruh sedikit ke BBM.

Sayangnya, usia ban standar cuma beberapa jam saja dan ga sampe 20KM, karena dari dealer langsung KBY ganti ke Kobayogas x Saiisoku Garage buat diganti bannya wkwkkw.. Jadi ga tau deh konsumsi BBM Yamaha X-Max 250 2023 dengan kondisi ban standarnya.

KONSUMSI BBM YAMAHA X-MAX 250 2023

So, dengan kondisi ban yang sudah upsize, berapa sih konsumsi BBM-nya? Metode dan ketentuan yang dilakukan adalah sbb:

  • Isi dengan RON 95 (Shell V-Power)
  • Dipakai harian rumah bengkel PP, Duren Sawit ke Cempaka Putih via Pulogadung dengan jarak kurang lebih 10-11 kilometer.
  • Jalan kosong ya geber, lagi pengen santai ya Eco mode, kena macet ya pasrah.
  • Jarak tempuh minimal 100 kilometer
  • BBM diisi lagi sampai leher tangki
  • Berdasarkan AVG pada MID Speedometer
  • Berdasarkan full to full
Pengisian pertama kali dari dealer tanggal 14/2/23

Nah jadi dalam beberapa kali pengisian, KBY melakukan komparasi alias perbandingan nih lads, yang pertama melihat pada Average BBM yang tersedia di speedometer XMax dan kemudian membandingkannya dengan perhitungan full to full.. Lebih ke penasaran saja sih seberapa jauh perbedaannya.. Ini dia hasilnya:

Hasil 1: Sejak diisi pertama kali dari dealer adalah 14 Februari 2023, diisi lagi tanggal 20 Februari 2023 dengan jarak tempuh 166.5 kilometer

  • AVG: Pada MID bagian AVG Fuel terlihat angka 30.9 km/l, artinya 1 liter Shell V-Power 95 mampu membawa Deku XMax 250 2023 Connected ini sejauh 30.9 kilometer.

  • Full to Full: Pada foto di bawah terlihat pengisian full sampai leher tangki adalah 5.29 liter. Dengan metode full to full maka hasilnya adalah sbb: 166.5 kilometer dibagi 5.29 liter = 31.47 km/liter.

Dari hasil ini terlihat perhitungan ala full to full lebih irit yak? Bagaimana dengan hasil kedua?? Masihkah konsisten metode ini lebih irit dari AVG di MID??

Hasil 2: Perjalanan si Deku berlanjut dan menghasilkan jarak tempuh sejauh 170,7 kilometer. Ayo kita cari tau hasil konsumsi bbm yamaha x-max 250 2023 di etape kedua, apakah lebih irit?

  • AVG: Pada MID di AVG Fuel terlihat angka sebesar 33,0 km/liter.. Wow keiritan Yamaha XMax 250 2023 terbaru ini mengalami kenaikan sejauh 3 kilometer per liternya! Gimana dengan hasil metode full to full??

  • Full to Full: Jarak tempuh 170,7 kilometer dibagi jumlah pengisian BBM Ron 95 sebanyak 5,25 liter. Hasilnya?? 32,5 kilometer per liter.. Wah lebih boros 500 meter alias 0,5km dari AVG..

So dari tiga kali pengisian (pengisian pertama kali tidak dihitung) dan dua kali perhitungan, bisa dikatakan rata rata konsumsi BBM Yamaha X-Max 250 Connected ini sbb:

  • AVG: 30,9 + 33 : 2 = 31,95 km/liter
  • Full to Full: 31,47 + 32,5 : 2 = 31,98 km/liter

KBY rasa dua kali pengisian dan dihitung sudah cukup ya?? Catatannya, semua perhitungan di atas dilakukan sebelum servis pertama 1000 kilometer loh ya.. Jadi dianggap semua part gesekannya masih peret bin perawan hehe..

Kesimpulannya, metode full to full lebih irit TIPIS dari MID AVG Fuel, ini jarang terjadi karena biasanya AVG itu tampilan angkanya lebih besar alias lebih irit dari FTF. So gimana menurut lads angka konsumsi BBM Yamaha X-Max 250 2023 connected terbaru ini? Masih masuk akal kah? Atau malah irit?

Kalau opini KBY pribadi sih masuk kategori irit ya, karena angkanya mirip mirip dengan si Frozen Yamaha Nmax 2015 lalu (baca: Konsumsi BBM Harian Yamaha Nmax dan Konsumsi BBM Harian Yamaha Aerox).. padahal dari sisi kapasitas mesin saja sudah berbeda hampir 100cc .. Dan sudah dua kali di motor Yamaha KBY (Nmax dan Xmax) saat dihitung full to full malah lebih irit dari AVG.

Next artikel KBY akan bahas konsumsi BBM si Deku X-Max connected dengan menggunakan RON 92!! Apakah lebih boros? Atau jangan jangan lebih irit? Gimana dengan tarikannya? Lebih lemot atau malah lebih pas? Stay tune!!

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

11 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version