Home Mobil Baru Suzuki Grand Vitara 2023 First Impression, Dua Varian GL GX

Suzuki Grand Vitara 2023 First Impression, Dua Varian GL GX [Video]

28

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Akhirnya rasa penasaran yang membuncah itu terbayar juga di IIMS 2023, langsung lihat mobil baru Suzuki yaitu Grand Vitara 2023 yang memang baru dirilis dan diperkenalkan kepada khalayak di pameran tersebut. Saat memasuki arena JIEXPO Kemayoran dan masuk ke event IIMS, yang dituju cuma satu, booth Suzuki! Saking penasarannya sih wkwkkw.. Sayang pas sampe masih ditutup, so KBY keliling dulu ke booth lain, begitu kelar balik lagi dan sudah lumayan ramai! Jadi ini dia first impression menurut Kobayogas.. disertai dengan range harganya.

GRAND VITARA 2023 FIRST IMPRESSION

DESAIN

Grand Vitara 2023 review

EKSTERIOR

Persis seperti yang sudah KBY bahas pada artikel sebelumnya (baca: Suzuki Grand Vitara 2023 akan hadir di Indonesia). Tidak ada yang berkurang alias plek ketiplek dengan yang ada di JDM (Jaipoor Domestic Market). Overall gagah, tidak ada komplen sama sekali meski sebenarnya bagian depan alias fascia bisa lebih agresif atau berkarakter. Tapi dengan desain saat ini sih cakep cakep aja.

Bagian lampu utama mungkin butuh sedikit adaptasi untuk menerimanya, meski sebenarnya Juke sudah mengadopsi model ini bertahun tahun ke belakang, kemudian ada Hyundai Kona dan kemudian dipopulerkan oleh Xpander. Perbedaannya mungkin kalau Xpander terlihat lebih proporsional dengan besar bodi keseluruhan, sedangkan Grand Vitara terbaru warna biru ini kaya kekecilan.. meski kalau soal terang sih tergantung kekuatan watt-nya.

Bagian belakang terlihat cukup familiar, ternyata lebih mirip Toyota Corolla Cross loh dibanding Kia Sonet, mungkin efek lampu rem yang panjang.. yang jelas menurut KBY round dan shape pintu bagasinya seperti milik SUV Toyota tersebut.

INTERIOR

Masuk ke dalam bagian interior dan area dashboard, kekecewaan mulai merasuki.. pasalnya kok ga kaya di foto foto dalam artikel sebelumnya. Desainnya sih oke tapi materialnya terlihat biasa saja, bahkan dibandingkan Ertiga dan XL7 si Grand Vitara terbaru 2023 ini masih terlihat di bawahnya. Waduhhh kok begini, batin KBY.

Melihat ke atas langsung ke arah langit langit.. loohhh mana itu panoramic sunroof nya? Jangan jangan versi Indonesia memang spec down? Waaahh gak bener nih.. mana interiornya gak mewah pula.. Gawat nih Suzuki kalau setengah setengah, katanya full spec sama kaya India punya. Gimana sih?

Ehhh ternyata yang KBY lihat itu tipe GL alias tipe Standar lah wkwkwk.. Iyes infonya untuk di Indonesia, Suzuki akan memberikan dua varian saja, yaitu GL dan tipe termewah GX.. Naaah Suzuki Grand Vitara GX ini ada di panggung, overlooked by KBY wkwkwkw..

ERGONOMI

KBY mencoba menduduki di model GX.. meski tidak sebaik Honda dari sisi ergomoni alias driving position, tapi sangat baik dan jauh dari mengecewakan. Semua panel mampu terjangkau tangan KBY yang bertinggi tubuh 175cm dikurangi 10cm ini..

FITUR & SPEK

Untuk tipe GL, panel bagian kanan di bawah tombol start stop masih sepi, hanya ada satu tombol model cursor alias geser yaitu penyetelan ketinggian lampu utama secara manual. Bukan hal yang aneh untuk Suzuki karena Karimun Estilo juga sudah ada dari dulu.

  • SRS Front Dual Airbags, SRS Side Airbags, and SRS Curtain Airbags
  • Side Impact Door Beams
  • ABS with EBD Function and Brake Assist
  • ESP®
  • Hill Hold Control
  • Immobilizer and Security Alarm
  • Pedestrian Protection
  • ISOFIX Lower Anchorage (x2) and ISOFIX Top Tether (x2)
  • Pedal Release System
  • Child Proof Rear Door Lock
  • Wireless charger (GX)
  • Seat Belt Height Adjuster

Yang tidak ada alias absen di versi Indonesia ini adalah penyejuk kursi/ ventilated seat cooler, yak fix sesuai website tidak diberikan. Speedometer juga berbeda, mungkin karena tidak ada model Full Hybrid ya.

MESIN

  • 1.462 L – K15C In Line 4 DUALJET Engine + SHVS (Engine Specification)
  • Spark Ignition (ignition System)
  • 6-Speed A/T (Transmission)
  • 74.0 mm x 85.0 mm (Bore x Stroke)
  • 75,8 kw/6000 rpm (Max. Power) & 136,8 nm/4.400 rpm (Max. Torque)
  • 4,345 x 1,795x 1,645 x 2,600 mm (Length/width/height/wheelbase)
  • 215/60 R17 96H (Wheel Size)
  • 1,190 kg (GX)/ 1,210 kg (GL) (Weight Total)
  • MacPherson Strut and Coil Spring Type (Suspension and Spring Type), Double Action Telescopic (Shock Absorbers Type), Torsion Bar (Stabilizer System)

GRAND VITARA GX

KBY segera menuju panggung yang sayangnya.. lagi dipakai buat shooting media dan influencer.. Yak karena hari pertama IIMS 2023 tersebut sebelum pukul 4 sore belum dibuka untuk umum lads..

Sambil curi curi kesempatan KBY muter panggung dan naik pelan pelan wowkowkwok.. Naaah untuk tipe GX ini baru lah terlihat mewahnya.. Bentuk dan material plastiknya sih masih sama. Namun ada beberapa bagian yang dilengkapi soft touch/pad seperti di door trim serta panel dashboard.

Area tengah yang terdapat HU dan panel AC juga sudah dilapisi dengan plastik mengkilap black piano glossy. Jok sudah dilapisi pula dengan semi kulit.. dan pastinya panoramic sunroof sudah hadir di varian ini!!

Sayang cuma segitu saja lads yang bisa KBY review untuk varian ini karena keburu diusir petugas hehe.. videonya di bawah ya.

HARGA

Belum dirilis dan diumumkan secara resmi tapi info dari sales range harga Suzuki Grand Vitara 2023 ini ada di rentang 360-390 juta.. Masih manuck ackal sih untuk segala yang diberikan Suzuki pada model ini.

Shalawatin dulu aja lads..

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

28 COMMENTS

  1. Ane mau naek kelas…kok aroma.ertiganya masih kenceng ya..
    Colek creta or hrv aja deh…gpp nabungnya lamaan dikit.
    Sekilas2 ngintip versi gx ada paddle shiftnya ngga sih?
    Kalo made in Indo, seharusnya harga bisa ditekan, itung2 bantu perekonomian.di mari, apa daya JDM Maruti Suzuki is so powerfull…

  2. Soal build quality, emang build quality dari Maruti Suzuki bagai bumi dan langit dibanding sama Indomobil Suzuki. Menurut orang sono aja mobil Suzuki itu “tin ka dabba” alias kotak kaleng.

  3. Tambah dikit , dapet 3 esspresso mang kobay …. Ambil warna pelangi merah kuning hijau 🌈 😂

  4. Berat harga segitu.secara brand image udah dibawah H miring sekarang.lebih pikih creta d.blom lagi barang CBU susuki suka bikin ragu,ntar tiba2 discontinue.mana powernya kecil bgt

  5. nyonyah udah sinis aja denger suziku, padahal dulu pacaran pake karimun/escudo, ya kita liat aja deh 2 tahun lagi gimana (sekennya :D), soalnya nyicil rumah masih 2 taon lg.

    dari desain sih lebih ngalir Fronx, enak aja liatnya, si GV ini kadang ngalir kadang mampet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version