Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Pada hari ini Senin tanggal 13 Februari 2023 akhirnya Toyota Indonesia mengungkap mobil baru mereka di kelas LCGC, All New Agya 2023! Meski dari sisi desain sudah menjadi rahasia umum karena sama dengan Perodua Axia 2023 yang sudah rilis lebih dulu tapi untuk versi domestik diperkenalkan pula varian Toyota Agya 2023 GR Sport!! Yang menarik, varian ini diklaim gak hanya memiliki dan dilengkapi sektor kosmetik doang loh, tapi Gazoo Racing sendiri memberi racikan untuk versi ini yang mampu memperbaiki performa dan handlingnya..!! Cekibrot

All New Toyota Agya 2023 memiliki dua varian yaitu tipe G dan GR Sport yang juga dikatakan bermain di dua segmen berbeda. Agya melanjutkan perannya dalam mendukung mobilitas first-user terhadap mobil pertama yang dapat diandalkan, sementara Agya GR Sport ditujukan bagi pelanggan berjiwa sporty yang menginginkan mobil dengan performa seperti sebuah sports car.

Toyota Agya 2023 GR Sport

Mengusung konsep “Exciting City Car” dan dibekali dengan teknologi terkini Toyota, generasi ke-2 Agya siap menunjang kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam, sesuai dengan tagline “Move with No Boundaries”.

Artinya meski saat ini Toyota Indonesia belum secara resmi mengumumkan harganya, namun dari statement di atas tampak jelas kalau dua tipe tersebut akan bermain di segmen berbeda dimana Agya tetap sebagai LCGC sedangkan Agya GR Sport sudah diluar itu dan akan menantang langsung mobil idaman para LC, caddy dan terapis.. Honda Brio RS!!

Yang akan kita bahas lebih dulu adalah versi atau varian tertingginya yakni Toyota Agya 2023 GR Sport. Mengapa? Karena menarik diklaim ga cuma pakai dress up body kit doang tapi juga disertai racikan langsung oleh GR alias Gazoo Racing.. Apa saja sih??

Toyota Agya 2023 GR Sport

SPESIFIKASI

Yang pertama adalah sasis!! Toyota mengklaim platformnya benar benar baru sehingga layak menyandang gelar All New untuk Agya 2023 ini lads.. Selain itu mesin juga anyar.. All-New Agya mendapatkan improvement menyeluruh untuk meningkatkan efisiensi mesin dan menghemat bensin, dan juga menawarkan dan performa yang lebih baik.

Toyota Agya 2023 GR Sport

MESIN BARU

Agya dilengkapi dengan mesin baru berkode WA-VE dengan kubikasi 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11,52 Kgm pada 4.500 rpm. Penerus tenaga mesin ke roda depan menggunakan transmisi CVT yang lebih ringkas, kompak, dan efisien.

Pada versi lama mesin Agya menggunakan tipe 1.2L NR 4 Silinder segaris, 16 Katup, DOHC, Dual VVT-i / 4 Cylinder in-line 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i bertenaga 88PS pada 6000 RPM. Loh kok sama? Iya tapi torsinya berbeda lads, kini 11.52@4500 vs 11.0@4200. Naik dikit sih. Tapi RPM nya diraih lebih tinggi.

Toyota Agya 2023 GR Sport

LEBIH RIGID

Improvement pada platform sanggup meningkatkan kekakuan lateral sehingga bodi belakang lebih stabil, sementara ubahan pada torsion beam yang lebih kaku membuat mobil lebih mudah dikendalikan. Electronic Power Steering (EPS) turut ditingkatkan kinerjanya sehingga lebih responsive dengan radius putar lebih kecil sebagai salah satu syarat utama city car modern.

Toyota Agya 2023 GR Sport

Penggunaan advanced all-new platform memberikan ruang untuk memperbesar dimensi kabin dengan menjaga bodi tetap kompak sebagai ciri khas sebuah city car yang andal untuk mobilitas perkotaan. Dimensi baru Agya memiliki panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.505 mm dan wheelbase 2.525 mm. Daya angkut ditingkatkan dengan menambah panjang bagasi menjadi 610 mm.

Bandingkan dengan dimensi Agya lama, dengan panjang 3.660 mm, lebarnya 1.600 mm, tingginya 1.520 dan wheelbase 2.450. Fix versi terbaru itu lebih besar, lebih rendah dan jarak antar roda yang lebih panjang bisa berarti lebih nyaman tanpa mengurangi kelincahan.

GR SPORT VERSION

Penyetelan khusus telah diterapkan untuk meningkatkan performa dan handling, membuat pengalaman berkendara semakin menyenangkan. Mewarisi DNA motorsports TOYOTA GAZOO Racing (TGR), perubahan lanjutan dilakukan pada sistem suspensi dan EPS. Exclusive shock absorber dan coil spring diracik supaya sanggup memberikan daya redam lebih maksimal ketimbang model standar. EPS juga mendapatkan rasio roda gigi lebih rapat untuk membuatnya lebih lincah saat bermanuver. Sementara sport tires yang dipilih secara khusus mampu menambah traksi ban di jalan lurus dan menjaga grip-nya di jalan berliku.

Nah KBY pribadi ga tau nih di versi lawas apakah sama ada setingan berbeda yang meliputi hal hal di atas atau hanya body kit? Untuk harga belum diinfokan, kira kira naik berapa juta ya???

Toyota Agya 2023 GR Sport

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

19 KOMENTAR

  1. yotoya Agya Gazoo Resing Seprot TDR sprotifho relliart mugen sepoon M resing AMG…

    —-
    dedek mau om beliin apa?

    briyo aja om….

  2. Yg lama sama aja dg versi std, kan masih sama2 lcgc….. Klu ini kan sdh lepas dr lcgc…. Btw, yg silver mirip galan hiu klu dilihat dr gbr di atas

  3. Yg srcond gen.1 aja belum ke beli..eh uda nongol all new..haduh nasib kasta sudra hiahiahia..
    Mesin 3 silinder vs 4 silinder
    Kok bisa sama gitu power nya..kl torsi beti mah..krn naik rpm peak nya..
    bisa lbh boros berarti yg 3 silinder

  4. Lah,,kok malah jadi 3 silinder?
    Sama2 1,2 N/A,,knp malah downgrade jadi 3 silinder? Ah sudahlah,,udah pernah ngrasain 3 silinder N/A nya daihatsu,,dan itu gak enak banget…asal jangan dbandingin mesin nya sama si raize atau mini cooper yg sama2 3 silinder aja

  5. Bentuk sih ok, tp 3 silinder apa gak goyang dombret tuh? Gak yakin lebih enak dari mesinnya si mobil therapist, saking alusnya ini mesin brio sotoy, kadang aja klo nggak konsen mainan hp mobilnya saya stater lagi padahal dah nyala 😆. Tapi dalamannya agay keren lho klo bener sama kaya axianya malay.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini