banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam gebeeerr… Lads, KBY mau bahas terkait calon motor anyar dari Honda yang punya desain ala ala Vespa, sementara ini kita anggap namanya Scoopy yak, jadi Honda Scoopy 160 hehe, soalnya belum tau namanya sih, cuma ketauan aja mesinnya pake generasi 160 series. Makin ke sini makin ke sana, eh maksudnya makin ketauan nih siapa sebenarnya targetnya Honda ini, Vespa? Hehe, bukan. Apa dong? Itu loh yang baru rilis kemarin, Yamaha Grand Filano! Bonusnya adalah, skutik Taiwan yang lagi struggling, si Kymco Like ABS!

Pada artikel sebelumnya (baca: Honda Scoopy 160 Targetkan Vespa??) KBY sebut bahwa ada bisikan kalau skutik retro modern atau neo retro tersebut nantinya adalah untuk menghantam Vespa, pun demikian KBY pribadi kurang setuju karena pada dasarnya antara Honda dengan Vespa tidak bermain di liga yang sama.

biaya servis vespa matik

 

Meski punya desain dimirip miripin, tetap saja Vespa ya Vespa, punya semacam konsumen berbeda segmentasinya. Lagipula kalau bicara penjualan, jumlahnya skutik Itali ini sudah sejak kapan tau kalah terus, so alasan bikin Scoopy 160 untuk menghantam Vespa seperti yang dibuat buat, padahal..

UNTUK LIBAS YAMAHA GRAND FILANO

Yamaha Grand Filano sudah rilis sejak bulan September 2022 lalu dengan nama Yamaha Nozza Grande di Vietnam. Tapi spy shot-nya sendiri sudah ada sejak bulan Juli 2022 lalu lads.. (baca: Spy Shot Skutik Anyar Yamaha Filano?). 

Sepertinya gerakan adanya  skutik neo retro Yamaha tersebut sudah tercium jauh jauh hari oleh Honda.. pasalnya meskipun bisikan dan wangsit Scoopy 160 baru gencar di bulan Desember 2022 namun konon project-nya sendiri sudah dimulai para triwulan pertama tahun lalu loh.. 

Yamaha Grand Filano

Sementara itu mengapa Yamaha Grand Filano terkesan “telat rilis”? Menurut KBY sih yang pertama adalah memberikan ruang untuk Yamaha Freego 2022 anyar untuk “berkembang”, oleh karena itu meski XMax 250 2023 juga rilis, tapi hanya dua skutik ini yang diperkenalkan, sementara si Filano belum. Jika langsung, ada kemungkinan New Freego yang kandas, sedangkan XMax sih udah beda kelas. 

Kedua, karena Yamaha pun tau ada “Scoopy 160” yang akan dirilis tahun 2023 ini, so perilisan Grand Filano pun agak dibuat mepet mepet ke Februari dengan perkiraan waktu yang pas karena skutik Honda ala Vespa tersebut diprediksi akan hadir di pertengahan Februari atau awal Maret 2023. 

Kenapa gak dibarengin aja Kang? Wah bahaya, kita tau soal desain belakangan ini Honda lebih mumpuni dari Yamaha.. kalau Grand Filano sengaja hanya beda hitungan hari dengan Honda Vespa 160, sama aja bunuh diri.. bisa benar benar tenggelam, layu sebelum berkembang. Dih yakin amat kang? Yah namanya juga prediksi, kaau salah ya mangap wkwkw..

Nah selain skutik terbaru dari Yamaha tersebut, sebenarnya ada satu lagi yang bakal kena hantam oleh Scoopy 160 nanti. Yaitu Kymco Like 150 ABS!! Jujur aja KBY sih prihatin, meski konsumen Kymco ini ada kemiripan dengan Vespa, yaitu ada tapi gak banyak dan hanya yang tau merek ini yang paham, tapi namanya jualan ya, kan kalau bisa terjual banyak ya bagus lah. 

Vespa sendiri meski jauh lebih mahal (tonton Vespa Sprint S ditantang Kymco Like 150 ABS!) tapi faktanya lebih banyak dibandingkan merek Taiwan tersebut di jalanan. Dengan hadirnya Filano Grand, nasib Like ABS makin ga jelas. Lagian salah sendiri, yang gantengan yaitu Like Noodoe malah ditahan penjualannya, biar si adik melenggang, tapi desain ga boong lah. 

Sooo mari kita lihat pertempuran seru ini nantinya, Honda Scoopy 160 vs Yamaha Grand Filano!! Kymco Like meringis, Vespa senyum aja dari jauh. Oh Suzuki Saluto? Wowkowkwok.. 

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

 

27 KOMENTAR

  1. yang pasti kalau beneran rilis scoopy 160.
    nanti di kolom komentar youtube pasti ada yang nulis,
    adu topspeed dengan nmax, aerox, vario160.

  2. Walaupun mang kobay bilang Vespa gak kena hantam, menurut saya Vespa akan kena imbas, asal disain skutik baru Honda sebagus Suzuki saluto.
    Disain bagus + performa mesin unggul+ harga jauh dibawah Vespa. Akan sangat menggoda anak muda .
    Cara mengetahui simple. Before peluncuran retro Honda terjual berapa, dan after peluncuran Vespa terjual berapa. Klo tidak ada penurunan berarti Vespa benar di liga berbeda.
    Klo Filano jelas kena karena kalah spek

    • Nah nanti akan terbagi tuh emang … yang beneran pengen Vespa, bukan pengen yang mirip, dan pengen Vespa tapi kalau ada yang mirip dan lebih murah kenapa gak..hehe

  3. Yang baju pink siapa Kang,
    Kok slim amat,
    Itu kalau boncengan, pengannya erat kali.
    Hmmm gemez, anget hehehe

  4. Kymco juga sama aja kek sijuki, masukin krv 180i kek, ato mang kobay ada inpoh terkait krv mang? Siapa tau kymco khilaf nelorin si krv di wakanda

  5. Sooo mari kita lihat pertempuran seru ini nantinya, Honda Scoopy 160 vs Yamaha Grand Filano!! Kymco Like meringis, Vespa senyum aja dari jauh. Oh Suzuki Saluto?meringis di walpaper perangkat laptop dan hp ngeFBS .

  6. Kenapa gak dibarengin aja Kang? Wah bahaya, kita tau soal desain belakangan ini Honda lebih mumpuni dari Yamaha.. kalau Grand Filano sengaja hanya beda hitungan hari dengan Honda Vespa 160, sama aja bunuh diri.. bisa benar benar tenggelam, layu sebelum berkembang.

    Betul bingit mang , endingnya tetap disuntik mati gak Pake lama.
    Kayaknya umur Paijo dan si Grendel ini juga gak panjang.
    Mesin siput
    Disain gak jelas
    Bikinnya gak niat
    Masih keluarga Sincere mesin jahit berjalan
    Dengan primary mode getar sepanjang jalan.
    Cuma jualan warna layaknya mainan plastik pasar Gembrong.
    Yang beli adalah orang2 khilaf .
    Jeroan produksi 2010 yang udah aus dipanasin sampe oli nguap2.
    Peluncurannya dingin amat gak ada yang antusias , setelah lihat mungkin banyak yang muntah.

    Ngah ngah ngah

  7. @takadayangbisa, lebay ah, saya sih yakin grand filano penjualannya oke kok. dan si “spooki”160 ini target pasarnya jelas2 beda.

    vario160 26,5jt – pcx160 32jt – adv160 36jt
    volume makernya jelas vario n pcx, dan adv pelengkap.
    nah dari sini harganya bisa diset tergantung tujuannya, kalo sebagai pelengkap pendamping adv ya sama tuh 36jt.
    cuma kalo ahaem iseng bikin segmen baru, ya bisa aja langsung dijual 40jutaan.
    —–
    kalo prediksi saya sih ahaem mau bikin segmen baru, harga tipe ABS di 40jutaan (gak ada yg cbs)

    • Bisa aja sih tapi setuju juga sama robotic .. bisa jadi bikin segmen baru yang diantara pcx – ADV

      Jadi mungkin aja Filano ga keganggu.. karena gap harganya mayan 4-5jt

      Tapi lagi… buat yang beneran pengen Vespa mending beli seken di harga segitu

  8. @john lee, mustahil sih kalo pake mesin esp160 nya, bisa2 yang ke ‘kill’ vario n pcx, yang saya liat sih ahaem jago banget bikin segmen2 dengan gap harganya yang bikin hampir semua produknya kejual tanpa saling makan.
    ya kalo boleh jujur2an emangnya filano bakalan kejual berapa sih?? pasti kecil banget secara basicnya cuma mio yang dimahalin.

  9. Semua benar dan sah2 saja .
    Saia setuju jg dengan robotic , jika Scoopy 160 ( sebut begitu ) dibuat menemani ( harga ) Adv dan bisa juga malah lebih tinggi – 40 JT an .
    Jika Hnd tujuannya nampol si Grendel kayaknya masih jauh . Jauh d sini maksudnya adalah : si Grendel harus uji jual dulu seberapa hebat sepak terjangnya mengganggu Hnd. ” Jika ” memang hebat … Kemungkinan Honda menghadapinya adalah dengan melahirkan pasangan V125 ( terserah itu masih 2 klep atau malah 4 klep )

    Dengan mengeSampingkan jiwa Fbh sama sekali..kok tetap ya , saia melihat si Grendel ini masih Pesimis. Gak ada ‘ Sesuatu nilai jual ‘ selain memaksakan warna yg Jika kena cipratan lumpur tipis pun dikala hujan langsung dikira orang orang itu mocin .

    Prediksi Saia…
    Grendel dan Paijo Panjul akan tetap datar dan perlu Gong untuk menyadarkan orang bahwa Yhm punya produk tsb .
    Hanya sebatas itu ..tidak sebagai sumber Cuan yang melampaui target ,tapi tetap bersiap umurnya pendek

  10. @takadayangbisa, filano itu ‘cuma’ versi mahal(banget)nya mio kan ya? mio 17jt x filano 27jt

    ya lawan sepadannya ya versi mahalnya mbit kalo gitu, jadi ga usah bawa2 mesin 125 atw 160 nya honda…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini