mesin vario 160
banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Belum lama ini KBY dan sejumlah blogger serta vlogger menghadiri momen atau acara bedah teknologi mesin Honda 160 series. Mungkin sebagian dari lads sudah tau, tapi bagi yang belum, mesin mesin ini merupakan yang dipakai atau digunakan pada Honda PCX 160 yang kemudian turun ke Vario 160 lebih dahulu sebelum akhirnya ditanamkan juga pada skutik advance si ADV 160. Meski sama, namun hanya ada sedikit perbedaan saja untuk Vario, sisanya sama. Nah terdapat 5 parts berbeda di mesin eSP+ (plus) dibanding eSP biasa. Kuy kita geber lumayan nambah wawasan, videonya juga ada bagi yang malas baca wkwkwk..

Buat yang mau langsung nonton, videonya ada di atas yes.. jangan lupa subscribe, like share serta klik iklannya wowkowkwok..

Biar gak kepanjangan langsung saja KBY persingkat dengan terlebih dahulu memberikan informasi dari mesin eSP biasa tanpa plus (+) yang terdiri dari:

10 Karakteristik mesin ESP (biasa)

1. ACG Starter & ISS

Start halus direalisasikan melalui elektronik yang dikontrol ACG starter, yang berfungsi baik
sebagai starter dan AC Generator.

2. Fuel Injector

Honda mengklaim jika ukuran diameter lubang injector eSP Honda ini adalah yang terkecil di dunia, yaitu ukurannya cuma 0,13 mm, wallahualam apa benar menjadi yang terkecil atau bukan hehe. Keunggulannya? Bisa membuat partikel bahan bakar yang di semprotkan oleh injektor sangat halus, sehingga didapatkan campuran udara dan bahan bakar yang lebih Homogen, sehingga pembakaran lebih sempurna.

3. Roller type rocker arm

Ciri khas mesin eSP Honda dengan mesin standar Honda lainnya ada para rocket arm di bagian head silinder yang menggunakan roller. Efeknya adalah membuat gerakan yang lebih halus serta mampu mengurangi gesekan yang membuatnya punya efek ke lebih hemat bahan bakar.

4. Compact Combustion Chamber

Dengan ukuran yang lebih compact efeknya mampu meningkatkan torsi mesin. Intake portnya berubah jika dibanding mesin Honda konvensional, dibuat lebih rata sehingga lebih responsif diputaran rendah sampai menengah. Tentu saja efek dari ukuran kompak memang mengorbankan kitiran atas, pun demikian jika tujuannya untuk komuter ya sudah tepat guna sih.

5. Offset Cylinder dan Spiny Sleeves

Offset silinder bukan hal yang baru sebenarnya, karena sudah ada di Honda Kharisma di awal tahun 2000-an lalu tujuannya sama, yaitu untuk mengurangi gesekan. Dan di mesin eSP ini ditambahkan teknologi Spiny Sleeves yaitu dibagian inner cylinder atau dibagian dalam silinder(tempat pembakaran), memiliki desain yang bentuknya mirip kulit jeruk (spiny) yang bertujuan memperbaiki kemampuan pendinginan karena melepas panas lebih cepat, kemudian mengurangi distorsi lubang silinder dan kemudian Sleeve yang lebih tipis & dapat mereduksi bobot.

6. Light Weight Piston dan Crankshaft

Berat piston dibuat lebih ringan begitu juga dengan pin piston-nya yang lebih pendek, sehingga kombinasinya menjadi lebih ringan. Begitu juga bagian crankshaft-nya yang lebih compact dan kuat.

7. Breather passage

Jika biasanya pada motor bebek atau sport kita orang awam pastinya selalu menemukan pipa kecil untuk sirkulasi udara atau biasa disebut lubang pernafasan yang letaknya dibagian atas mesin, sedangkan di mesin skutik tidak ada.

Solusinya pada teknologi eSP ini mereka menggunakan system Breather yang merupakan Saluran pernafasan tambahan pada sisi kiri engine untuk keluar masuknya udara antara crankcase & cylinder head kemudian dibuang melalui lubang dibagian depan mesin dan dimasukan lagi ke saringan udara.

8. Built-in Liquid Cooling System

Mesin eSP memiliki U-shape rib disekitar cooling inlet sehingga menaikkan efisiensi pendinginan, yakni cover radiator yang sedikit miring ke depan untuk membelokan udara sehingga mengurangi 30 persen friction loss dan juga membuat kipas raditor menjadi lebih kecil namun pendinginan tetap maksimal.

9. V-Matic

Pada mesin eSP menggunakan V-belt model double cog yang dimana perbedaanya jika pada matic konvensional memiliki permukaan atas yang rata dan dibawahnya bergerigi, tapi pada model double cog ini baik permukaan atas/luar dan dalamnya juga bergerigi. Tujuannya untuk membuat elastisitas karet yang lebih tinggi dan juga enaikkan effisiensi transmisi dari putaran bawah sampai putaran tinggi

10. Transmission

Terakhir, untuk system eSP Honda memiliki ciri salah satunya adalah model transmisi atau bahas bengkelnya adalah gearbox CVT yang letaknya dibagian belakang mesin yang berhubungan langsung dengan roda dibagian dalamnya memiliki bantalan tiga sumbu dalam unit transmisi secara eksklusif dirancang sesuai dengan beban yang diterima. Desainnya berbeda dengan mesin transmisi skutik konvensional yakni dnegan cara mengoptimimalisasi Rib, untuk mengurangi kerugian akibat pergolakan oli (agitation loss) sehingga bisa menggunakan lebih sedikit oli gear.

Di atas adalah penjelasan mesin eSP biasa, sekarang menuju ke 5 part tambahan berbeda yang membuatnya menjadi plus atau +, gasss..

5 PARTS Mesin eSP+

Seperti KBY bilang di paling atas, mesin ini dimiliki oleh PCX, ADV dan Vario 160. Berikut 10 di atas plus 5 yang menjadikannya sebuah eSP+.

mesin vario 160

1. Mekanisme 4 valve & Perubahan Bore-Stroke dan Compression

Salah satu perbedaan yang paling mencolok dari mesin eSP+ Honda adalah menggunakan mekanisme 4 valve atau juga bahasa bengkelnya adalah katup atau klep, dari sini saja sudah beda 2 klep kan.

Ukuran piston juga berubah menjadi memiliki karakter over bore, dengan ukuran 60 mm untuk diameter lubangnya dan 55,5 mm stroke-nya alias lebih pendek dibanding mesin sebelumnya. Tapi untuk meningkatkan volumetric efisiensinya ukuran rasio kompresinya ditingkatkan menjadi 12 banding 1.

2. High Rigidity Crankshaft With Roller Bearing Engine

Berbeda dengan mesin eSP biasa atau juga mesin konvensional yang menggunakan Ball Bearing, mesin eSP+ mennggunakan model Roller Bearing atau bahas bengkelnya Roller Bambu dibagian Crankshaft sebelah kanan, sedangkan sebelah kiri masih pakai ball bearing biasa.

Penggunaan model bearing roller ini bertujuan untuk mengurangi defleksi crankshaft akibat gaya inersia dan energy pembakaran saat putaran mesin tinggi, sehingga membuat gesekan berkurang, mengurangi Getaran juga mengurangi Noise jadi gak ngorok lagoi.

3. Piston Oil Jet

Entah menjadi yang pertama atau tidak, tapi Piston Oil Jet yang memiliki mekanisme menyemprotkan oli mesin ke sisi dalam piston sehingga pendinginan lebih effisien, Kelebahannya mencegah Knocking dan juga mencegah ignition timing advance [pembakaran awal].

 

Ini juga menjadi salah satu faktor penyebab mesin 160c Honda walaupun punya kompresi 12 banding satu, tapi bisa menenggak Ron 90 dan tetap terasa powerful juga efisien, videonya di bawah ya, ADV 160 diisi Pertalite 90.

4. Hydraulic Cam Chain Tensioner Lifter

eSP sudah menggunakan Cam Chain Tensioner Lifter dengan mengadopsi mekanisme hidraulic dengan memasukan tekanan oli kedalam tensioner untuk menekan rantai keteng atau cam chain. Sehingga lebih minim getaran dan gesekan juga untuk mengurangi noise yang efeknya membuat lebih hemat bahan bakar dan bisa mencapai output performance lebih baik.

5. Air Intake System

Aliran pasokan udara di dalam boks filter menggunakan model rectifire (Penyearah) dari lubang udara menuju ruang pembakaran. Tujuannya untuk mencapai driveability [kinerja kendaraan] yang optimal pada sudut bukaan throttle yang sempit. Volume udara di box ditingkatkan alias lebih besar dari 4,2L menjadi 4.9Liter. Perubahan juga terdapat pada diameter Throttle Body lebih besar 2mm yang semula hanya Ø26 mm menjadi Ø28 mm.

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

13 KOMENTAR

  1. siapa yang gak kenal mesin esp+, apalagi di jepang sana jadi idola.
    pabrikan kasta rendah sampe pake mesin ini agar dagangannya terjual

  2. Canggih…bener2 sebuah mesin , Sulton ngapain aja bisa.

    Kontras sama sebelah sincere mesin jahit berjalan πŸ˜‚

  3. mesin nya motor kaum rendahan ini, irit bensin, low maintennance.

    shulthon mah beli motor yang 1 tengki bensin abis langsung dibuang motornya.

  4. tp kok knp esp+ malah cenderung klotok2 ya…..sekarang malah menjangkiti beat dan scoopy…..kasian yg believe
    bahkan ada yg blm plastik joknya blm dibuka sama sekali
    udh bermasalah mesinnya

  5. Singkatnya dak perlu gimmick SiPeaPea untuk mbikin EneghMakk dan Aerongsox njengking disko berlinang airmata dibelakang Paria MakMak..wakakak. Lanjut dengan teknologi Edi (EjakuDini) dengan sensasi Tuwaga Crittt Ahhh… yang telah mendapatkan ribuan inden ghoib semenjak PaittJo dikeluarkan…Ghoib? Iya.. karena kok masih silit ehh sulit ketemu di jalanan.. ntah ngapa… Mang Kobay malah milih mbeli Spepa…sangat tidak kooperatif.. hehehehe

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini