konsumsi BBM Vespa Sprint
banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrrr .. Vespa Sprint S i-GET ABS yang punya nama Klepon ini merupakan Vespa kedua yang KBY miliki setelah tahun 2014 lalu pernah memiliki Vespa Primavera si Azzuro.. Meski mungkin saja sih ya untuk sebuah merek eropa yang namanya konsumsi BBM itu tidak terlalu berpengaruh alias biasanya gak terlalu dipikirin, tapi karena ini kelasnya adalah tetap sebuah skutik, maka masih banyak calon konsumen yang bertanya tanya atau sekedar penasaran dan ingin tau, berapa sih konsumsi BBM Vespa Sprint S i-GET ABS 2022 ini? Sama iritnya dengan Jepangan kah, atau boros banget atau yaaa so so alias biasa biasa saja ada di tengah tengah?? Nah ini dia hasilnya..

Salah satu fitur yang masih KBY inginkan dari sebuah VesMet atau Vespa Metik adalah adanya display AVG alias Average atau konsumsi BBM rata rata.. Ya sebenarnya lebih ke memudahkan saja sih bagi si pemilik untuk mengetahui apakah gaya berkendaranya bikin motor boros atau memang sudah saatnya servis karena si konsumsi bensinnya gak kunjung membaik malah cenderung boros dari biasanya.

Yak, salah satu fungsi AVG BBM adalah untuk memonitor bahwa ada yang salah dengan kendaraan kita lads.. misal di penunjuk AVG angkanya 1:45, kemudian beberapa hari kemudian turun ke 1:42, turun lagi dan lagi hingga cuma 1:38.. padahal rute dan gaya berkendara tetap sama. Artinya bisa jadi ban kurang angin atau saatnya servis dan ganti oli..

KONSUMSI BBM VESPA SPRINT S i-GET ABS

Generasi mesin i-Get di Vespa dan produk Piaggio menurut KBY merupakan quantum leap teknologi dari merek asli negara Italia ini.. Yak dari sisi kehalusan mesin serta impresi berkendara peningkatannya dapat dikatakan luar biasa dibanding generasi non i-GET. Hanya saja masalah sensitif dan klasik dari sebuah motor yang notabene masih kelas “rakyat” yaitu skutik bermesin 100-150cc adalah boros atau iritnya si BBM, alias konsumsi BBM.

Seperti KBY katakan di atas, bagi mereka yang sudah paham bahwa merek eropa itu berbeda dari asia, mungkin gak terlalu peduli dengan konsumsi BBM, beli ya beli aja, selama gak boros boros amat sih cingcai.. Tapi bagi mereka yang baru ingin switching dan nyobain merek di luar Jepang/ Cina, hal hal seperti ini bisa menjadi faktor penentu loh, kalau dapat info boros (meski sebenarnya masih bisa dianggap normal) mereka bisa jadi balik kanan..

Jadi berapa konsumsi BBM Vespa Sprint S i-GET ini? Kuy kita kepoin lebih lanjut!!

METODE TES KONSUMSI BBM

Karena tidak ada fitur AVG di speedometer, maka metode yang harus dan mau gak mau dilakukan ya full to full.. Meski banyak yang mengatakan cara ini merupakan yang paling akurat atau mendekati akurat, ada juga yang dianggap lebih sahih yaitu metode How Far Can You Go, yaitu mengosongkan dulu tangki motor kemudian diisi 1 liter, dipakai keliling hingga motor mati.. liat deh jarak tempuhnya. Tapi metode ini bisa dilakukan hanya bagi mereka yang gak malas dan banyak waktu, sedangkan KBY bukan keduanya wokwowkowk..

Vespa Sprint S 2022 ABS i-Get

Sooo.. AVG memang sebenarnya metode yang paling mudah untuk mengetahui konsumsi BBM sebuah kendaraan, tinggal intip, selesai.. di luar akurasinya yang plus minus ya.. Sebenarnya full to full atau How Far Can You Go juga bukan tanpa kekurangan, pengisian bisa saja tidak sama atau tepat, sedangkan metode How Far bisa jadi di tangki belum benar benar kosong.

Sekedar pembanding, Vespa Primavera 3V memiliki konsumsi BBM rata rata di angka 1:26 saja lads, bahkan sebelum servis pertama cuma dapat 1:23!! Nah apakah dengan mesin generasi i-GET (Italian Green Experience Technology) konsumsi BBM-nya menjadi lebih baik? Jawabannya adalah YES!! Artikel konsumsi BBM Vespa Primavera ada di bawah..

Ini Dia Konsumsi BBM Vespa Primavera 150 3V ie 2014

Shell V-Power Pada Vespa Primavera – Power Yang Sebenarnya…

i-GET TERBUKTI LEBIH IRIT

Bicara irit, teknologi i-GET mesin baru yang dari sisi performa tidak ada perubahan tersebut – yaitu tetap 8,7KW (11,8PS) dan torsi 12Nm (yak kecil, jangan diketawain wowkowkwok) ternyata memang lebih irit dibanding Vespa Primavera – komparasi sesama Vespa mesin 150cc).

KBY mengisi si Klepon dengan menggunakan BBM kerang, V-Power 95 dengan 3 kali pengisian.. Alasannya 95? Kamu neanya? Pertama ya pengen aja sih wkwkw.. kedua ternyata direkomendasikan di buku manual, RON 95, meskipun rasio kompresinya cuma 10,5:1. Oia pengisian pertama kali tidak dihitung ya karena baru mengisi penuh sejak Klepon datang, jadi pengisian kedua yang akan dihitung hingga seterusnya.

konsumsi BBM Vespa Sprint

Dari isi full pertama kali, jarak tempuh Vespa Sprint S ABS i-GET adalah 105,5km dan diisi dengan jenis BBM yang sama sebanyak 3,31 liter.. hasilnya adalah 105,6km/3,19 liter = 33,10.. Wuihhh jauh banget kalau sama Primavera mah wkkwkw.. Kemudian pengisian kedua nih.. Jarak 142,7km diisi full 4,31 liter, hasilnya 142,7/4,31 = 33,10 lagi..!! Waaahh konsisten nih.. Dan terakhir yang ketiga.

konsumsi BBM Vespa Sprint konsumsi BBM Vespa Sprint

Jarak tempuh 115,7km diisi lagi dapat 3.53 liter, setelah dibagi 115.7/3.53 jadi yang ketiga ini didapat konsumsi BBM Vespa Sprint S ABS i-Get adalah 1:32,77.. turun dikit.. artinya masih berada di angka yang sama!!

Jadi memang dari sisi keiritan BBM, mesin generasi i-GET terbukti lebih hemat dan irit dibanding generasi sebelumnya.. faktanya sudah ada lewat tes pribadi KBY.. Hanya saja, KBY anggap untuk sementara – Piaggio grup masih menyimpan teknologi berikutnya yang mungkin saja akan menaikkan tenaga namun dengan kehematan serupa.. ditambah lagi ISS ala Italia yaitu RISS (Regulator Inverter Start & Stop System) belum ada di Vespa.

Kesimpulan, good job sih buat Vespa Piaggio ya, peningkatannya sangat signifikan dari sisi green technology.. meskipun kalau soal ginian sih (mesin irit tapi bertenaga atau bertenaga tapi irit) Jepang masih gada lawan… Mesinnya juga sangat halus si i-GET ini..

BTW KBY juga udah test konsumsi BBM Vespa Sprint S si Klepon ini pakai knalpot racing Pro Speed Black CNC loh, dan lagi lagi kaya Primavera, terbukti lebih irit!! KBY dah dua kali hitung full to full wkwkkw. Tunggu ulasannya yes.. stay tune

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

19 KOMENTAR

  1. Mantap Kang K0bay,
    Kalau irit bisa nabung,
    habis itu bisa beli emas,
    emas segunung bisa dijual buat beli mobil Kang
    hehehe

  2. Konsumsi 1:30an tolerable lah buat barang prestige. Bonus pride potoan editing lightroom….macayyy 😁😁😁

  3. Biasa kalo pake pcx nya mang kobay brp konsumsi bengsin nya?

    Sekarang pcx saya Cuma 1:33
    Gara2 udah ga bawa jauh2, paling jauh 1x jalan 5km, bolak balik anter 2 anak sekolah 20km sehari.

    Cukup tertarik sama Vespa, karena udah ga bner2 pake motor buat ngantor.

      • yang irit tu mesin esp+ di jepang saya.
        tetangga gua aja sampai kesemsem sama tu mesin. pea pea, blau cor, dedeasil ternyata gak punya nilai jual

      • Nah kalau pakenya jarak dekat , gak bisa memang jadi patokan , atau cara hitungnya bikin bingung., Kesannya malah boros . Minimal harus 50 km buat dapet angka real di AVG , mungkin gitu.
        Sedikit cerita.sejak si kerang 92 harganya d bawah Pertanina…Saia coba pake di Adv ( mongtor Indonesiah Asiah dan amerikah ) 🤭, eh kok jadi boros ya ? Moso 1 : 42-43 ? Padahal sebelumnya dg 92 Pertanina masih konstan d angka 1:46-47 dalam kota bermacet ria dg gaya dan perlakuan yg sama . Nanti saya akan coba balik ngetes pake 92 Pertanina , jika hasilnya beda fix …Pertanina terbaeeeekkkk , namun jika hasilnya sama ? Kudu ngudud plus kopi item sambil mlototin motor apanya yg lagi ga bener 😂

  4. Nah mumpung mang kobay lagi punya kesempatan ngetes sebelum si klepon ditarik paksa sama sena , boleh juga d coba tuh pake 92 Pertanina…92 kerang dan 92 pipoh dll dengan pola yang sama . 😂

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini