pabrik Piaggio Vespa Indonesia

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Hari yang (mungkin) ditunggu tunggu banyak konsumen kebelet Vespa akhirnya datang juga.. Hari ini, Piaggio Group mewujudkan visi langkah strategis industrialnya, yang diumumkannya tahun lalu. Pabrik baru Piaggio Group yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat, telah mulai beroperasi demi melayani pasar Tanah Air dengan lebih baik. Pembukaan ini semakin mengukuhkan komitmen Piaggio Group di Indonesia, setelah eksistensinya yang luar biasa selama lebih dari 10 tahun. Dengan adanya pabrik di Indonesia, afa iyah membuat harga Vespa bisa lebih murah?? Kamu neanya? Bertanyea tanyea..??

Chief Executive of Product and Global Strategy of Piaggio Group, Michele Colaninno, bersama dengan perwakilan Piaggio Group, Piaggio Asia Pasifik, dan Piaggio Indonesia, menyambut hangat kehadiran Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, dan juga Duta Besar Italia untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste, H.E. Benedetto Latteri, dalam seremoni peresmian pabrik terbaru Piaggio Group di Indonesia.

Hadir dalam peresmian, Chief Executive of Product and Global Strategy Piaggio Group, Michele Colaninno, mengungkapkan, “Pembukaan ini merupakan sebuah pernyataan dan acara penting bagi Grup. Hal ini menjadi salah satu tonggak pencapaian dalam melanjutkan visi Piaggio Group dalam memprioritaskan komitmen yang berpusat pada pelanggan di seluruh dunia dan juga di Asia.

pabrik Piaggio Vespa Indonesia

Pabrik Piaggio Group di Indonesia berlokasi di Kawasan Industri Jababeka, sebuah kawasan eko-industri modern di Tanah Air, yang berdiri di atas lahan seluas kisaran 6 hektar. Pabrik ini mulai beroperasi dengan memproduksi skuter Vespa, serta merek dan produk lain dari Piaggio Group di masa mendatang. Layaknya semua fasilitas manufaktur Piaggio Group, pabrik baru ini telah memenuhi Standarisasi Pabrik Global Piaggio yang diterapkan di seluruh dunia.

Executive Vice President 2-wheelers Piaggio Asia Pacific, Gianluca Fiume, mengatakan, “Melalui peresmian hari ini, kita menyaksikan ekspansi strategis untuk Asia dan komitmen yang kuat untuk Indonesia. Pabrik baru ini menunjukkan bahwa Piaggio Group berkomitmen untuk terus menghadirkan pengalaman mobilitas premium ala Italia yang unik di Asia.”

pabrik Piaggio Vespa Indonesia

Senada dengan pernyataan tersebut, Country Head PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega, dalam sambutan penutup menyatakan: “Kami sangat berterima kasih atas dukungan penuh dari Pemerintah Indonesia dan jajaran kementerian terkait, khususnya Kementerian Perindustrian Republik Indonesia atas arahan yang berharga dalam melayani pelanggan Indonesia kami yang setia dengan lebih baik, saat ini maupun di masa mendatang. Kami optimis pabrik baru Piaggio Group di Indonesia akan terus berkontribusi menyediakan solusi mobilitas premium Italia seraya memberikan pengalaman gaya hidup yang unik ke industri otomotif Indonesia”

VESPA BATIK SPECIAL EDITION

Bersamaan dengan peresmian pabrik baru tersebut, Piaggio Group mempersembahkan simbol dedikasi dan komitmen terhadap pasar Indonesia melalui peluncuran Vespa Batik special edition. Vespa Batik mewakili paduan yang membanggakan antara ikon budaya Italia yang terkenal dan warisan kesenian Indonesia.

HARGA BISA LEBIH MURAH?

Nah ini yang ditunggu tunggu.. sayangnya sejauh ini belum ada informasi ataupun konfirmasi terkait harga jual dengan hadirnya pabrik Vespa Piaggio di Indonesia tersebut. Begitu juga seputar TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) alias part buatan lokal apakah ada yang menempel di Vespa saat ini atau hanya sekedar merubah status CBU menjadi CKD.  Jadi untuk sementara ini, KBY akan beropini terkait harga Vespa Indonesia ke depannya..

pabrik Piaggio Vespa Indonesia

Anggap tidak ada TKDN, maka part yang dikirim terurai tersebut tetap diimpor dari Vietnam.. hanya tentu saja biaya pajaknya jadi lebih rendah daripada CBU.. Nah berarti bisa dong kang harganya Vespa turun alias lebih murah? Kamu neanya? Eit gak semudah itu Bambang.. Emangnya pabrikan ga butuh pekerja buat merakit parts tersebut? Kalau ada memangnya mereka gotong royong atau 2M alias Makasih Mas doang?

Vespa Sprint S 2022 ABS i-Get

Ya gak lah, selisih dari biaya pajak yang lebih rendah tersebut dialokasikan buat buka lapangan kerja baru dan bayar gaji pekerja tersebut lads.. Lah jadi sama aja dong sebenarnya? Lha iya.. Terus ngapain buka pabrik kalau sama aja?? Wkwkwk.. Ya pasti sudah ada hitungannya lah, cuannya pasti lebih besar kalau CKD, namanya juga bisnis.

Lagipula, sejauh yang KBY tau, belum ada sejarahnya produk CKD (yang partnya masih impor) menjadi lebih murah dari harga CBU sebelumnya.. Contoh seperti Mercy, BMW deh.. KBY masih ingat kok jawaban petingginya BMW di tabloid otomotif/autobild kala itu, yaitu.. “Meski berstatus CKD, namun kami pastikan kualitasnya sama dengan CBU..”

Begitu juga dengan motor, misal Kymco, kemudian produk MForce seperti SYM, CFMoto atau SM SPort.. Salah satu sumber KBY mengatakan tepat seperti ketikan KBY di atas, selama tidak ada komponen lokal terlibat, jangan harap harganya berubah meski statusnya CKD, jawabnya saat itu.

Kymco Like 150 ABS vs Vespa Sprint

Tapi ada satu kasus yang mungkin bisa jadi pengecualian, yang KBY tau adalah KTM, harga saat CBU dengan CKD-nya dapat dikatakan signfiikan bedanya.. nah kalau ini kemungkinan besar memang strategi pihak principalnya sendiri yang bisa saja di awal itu nama KTM dikenal luas terlebih dahulu untuk kemudian pelan pelan harganya naik..  namanya juga strategi.. Tapi apakah Vespa butuh trik seperti KTM? KBY sih sangat ragu hehe..

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

21 KOMENTAR

  1. Disaat banyak pabrikan/merk yg berusaha berkembang, terus merangkak naek..

    Tapi ada juga pabrikan/merk yg terlihat ogah berkembang, ogah naek penjualannya, dan kayanya malah berusaha mengecilkan diri.. mundur pelan²..

    Ini aneh.. tapi ini nyata adanya.. : )

  2. “Lah jadi sama aja dong sebenarnya? Lha iya.. Terus ngapain buka pabrik kalau sama aja?? Wkwkwk.”

    Lah, kalau kesimpulannya gitu, kenapa dibikin artikel Bambaaaang, wakawaka-Wa-kanda

    Makasih infonya Kang K0bay.

  3. Klo masalah cuan ckd sama cbu mirip2 sih, disini ckd itu buat brand image vespa aja biar keliatan dirakit di Indonesia, yg beli pada bangga rakitan Indonesia… Nah klo ckd ntar beberapa tahun lagi beberapa komponen bisa subtitusi dgn barang lokal, tapi masalah harga tetep dibikin mahal biar cuan nambah

  4. Skutik ini nyaman ga sih mang, dibandingkan dengan produk jepun. Dulu ada tetangga punya, pernah bonceng rasanya g nyaman, kasar mesinnya juga. Entah perawatannya kurang ato emang seperti itu aslinya.

    • Untuk generasi i get dah nyaman mendekati Jepangan mang.. kelincahannya juga, konsumsi bbm juga

      Yg LX sama S lebih mendekati lagi.. karena bodi lebih ringkas juga sih

      • jok nya keras ga kang?
        dulu cobain di parkiran & pameran di mall kayak batu semua (dan si sales nyaranin modif jok, ya kaleee)

        • Joknya unik, kalau cuma didudukin atau dipake ga sampe 5 menit pasti berasa keras, di atas itu baru busanya kerasa mental mentul enak.. tapi orang kan dapatnya first impression ya.. harusnya langsung empuk..

  5. Wah buru2 bikin pabrik karena takut kalah bersaing dengan Yiamah Grendel yang mau keluar kayaknya😊… Bahkan PaittJo sudah merajai segmen skutik retro. Eka masih aja numpak Burhan 🤣🤣🤣ayayayayaya

  6. yang pasti anak cowok 5thn di rumah, cuma kenal 2 jenis motor,

    motor motojipi, semua motor fairing yang dia lihat, termasuk cbr150 buluk dan debuan di rumah.

    dan motor vespa, semua jenis vespa dan ala2 vespa, termasuk spuki, fino, paijo.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..