Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Kerinduan itu selalu ada.. Saat dulu memiliki Vespa untuk pertama kali adalah tipe Primavera 150 di tahun 2014 lalu, yak beberapa bulan sebelum memutuskan untuk dilepas karena kepincut Honda PCX 150 LED 2014. Saat itu KBY berjanji dalam hati bahwa suatu saat nanti harus punya Vespa lagi. Dan alhamdulillah, menuju penghujung tahun 2022 ini keinginan tersebut tercapai juga.. Vespa Sprint S 2022 warna hijau adalah pilihannya.. Jadi kenapa sampai kepengen lagi punya skutik Italia tersebut? Memang apa sih istimewanya si Klepon ini? Begini ceritanya lads..

Bicara dan ngomongin value, tepatnya price to value, jujurly produk-produk Vespa (matik modern) itu pada dasarnya gak kena.. meleset jauh lah kalau hal tersebut yang dicari. Poin poin tersebut bisa lads dapatkan pada produk produk Jepang. Sebut saja merek Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki.. bahkan produk India seperti Suzuki, eh TVS maksudnya, bisa lebih dapat valuenya.

Tapi ada sesuatu yang KBY juga sulit untuk menjabarkan value sebuah Vespa lads.. ibarat mobil sih di merek merek eropa ya, mau dibully dicaci maki dibilang apa kek, ya Mercy adalah Mercy, begitu juga BMW adalah BMW.. Mobil mobil eksotis juga sama, Ferrari adalah Ferrari.. ada yang tidak dapat dijabarkan dengan mantap terkait ini. Mungkin lebih ke sentimental value. 

Punya Vespa ya jatuhnya lebih ke pride aja siy.. soalnya kalau sudah nyenggol nyenggol soal value ya bisa bisa gak dapat, gak manuk akal jatuhnya wowkowkok..

Vespa Sprint S 2022 ABS i-Get

GAK VALUE KOK BELI VESPA??

Begitu pula dengan Vespa, udah mahal, minim fitur dan teknologi, boros BBM, biaya perawatan tinggi, aksesorisnya punya harga selangit dlsb.. Tapi Vespa ya Vespa.. Terlebih saat ini, produk modern di jejeran Vespa, gap soal fitur dan teknologi kini sudah mulai dekat, tidak terlampau jauh. Alasan itu pula yang membuat KBY memutuskan untuk memiliki Vespa lagi, Sprint S ABS.

Vespa Sprint S 2022 ABS i-Get

FITUR SAAT INI

Misal dari sisi fitur, saat ini Vespa (tepatnya sejak tahun 2020) sudah dibekali fitur fitur kekinian yang sudah umum ditemukan pada motor motor (skutik) Jepang saat ini, seperti lampu depan dan rem LED juga adanya power charger dengan USB. Bahkan kontrol setting untuk speedometer dapat disebut sudah advance sejak era Primavera dan Sprint di tahun 2014 lalu, yaitu di tombol setang, gada di speedometer. Bersih..!

Vespa Sprint S 2022 ABS i-Get

Sayangnya, menu speedometer tak berubah di 2022 ini, masih belum ada MID AVG juga.. hanya ada odometer, trip A dan B serta jam digital.. Sebenarnya sudah cukup jika ada AVG, jika Vespa malas ngasih info lainnya hehe.. kan enak hitung konsumsi BBM ga usah pakai metode full to full, tinggal lirik aja.

Begitu juga fitur bukaan jok/bagasi secara elektronik, tinggal pencet tombol, jok pun akan terbuka. Kalau ga salah fitur ini baru ada di Sprint tahun 2014, sementara Primavera masih pakai kunci dengan lubang di jok samping. Oia ada satu fitur menarik jika dalam suatu kondisi, jok dan bagasi tak dapat terbuka, maka tinggal buka laci depan dan tarik tuas di kantung sebelah kiri, maka jok akan terbuka. Keren sih kaya buka bagasi/ kap mesin mobil hehe..

Vespa Sprint S 2022 ABS i-Get

TEKNOLOGI MESIN

Pada teknologi mesin, Piaggio group terus membenahi kekurangan mereka, di sisi ini mereka sangat paham bahwa makin ke sini konsumen itu makin pintar dan makin demanding, good job! Adalah i-GET (Italia Green Experience Technology) yang ditanam di hampir seluruh jajaran mesin Vespa dan beberapa mesin Piaggio serta Aprilia (SR GT 200).

Mesin generasi i-GET yang KBY ingat – pertama diberikan dan ditanam pada Vespa LX 125 di tahun 2017 lalu (baca: Review Harian Vespa LX 125 i-GET). Memiliki banyak keunggulan dibanding generasi sebelumnya non i-GET. Selain mesin bekerja lebih halus, sangat halus malah.. juga konsumsinya lebih irit sekitar 5-7 kilometer lebih.

Kaki kaki – berkat ubahan pada swing arm belakang dan poros single arm depan – kini dirasa lebih manusiawi alias empuk dan tentunya berimbas pada kenyamanan tanpa harus mengorbankan terlalu banyak kestabilan.

Sooo.. itulah alasan mengapa KBY kembali memutuskan untuk memiliki Vespa lagi, dan mengapa Sprint S? Karena varian S itu lebih mahal!! Wkwkw.. gak deng, karena warna yang diinginkan adanya di Sprint S.. jadi kalau lihat si Klepon sudah pasti “S” bukan yang lain.. Meski kalau dipikir kurang worthy juga beda 2,5 juta untuk dapat warna spesial, ditambah bungkus jok beda, warna dasi merah, jok list merah (khusus warna ijo) serta decal di body dan wheel rims..

Tuh ulasan lengkapnya ada di Video.. tonton ya, dah cape cape bikin wokwowkwk.. Tunggu ulasan konsumsi BBM nya serta modifikasi ringan buat si Klepon Vespa Sprint S i-GET ABS ini.. stay tune!!

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

42 KOMENTAR

  1. Dulu jokul spepa beli picex.. lantas rindu dan beli spepa lagi😂😂… bukannya bantu beli sebelah yang lagi bengep…kenafaaa?? Gak ada empatinya? tapi jangan buruk sangka dulu, merek smart itu dah dishalawatin kok, tapi gak tau juga niat beli kapan… eka dan rombongan mohon bersabar… 🤗🤗🤗

  2. Harusnya judul artikelnya adalah: “Bagaimana cara membelanjakan duit sisa 54 juta secara menyenangkan”

  3. Jadi teringat dulu, pas pake vespa exclusive… Mesin 2tak 150cc, aduh borosnya… Pas giliran dipinjam teman lha kok ban belakang kempes. Dibawa ke tukang tambal ban, lha kok ada 3 kebocoran. Setelah ditambal, mereka baru sadar kalo ada ban serep disitu… Lagian ongkos tambal 3x waktu itu andai dipake beli ban dalam juga cukup 😃😃

  4. kalau ga salah dulu pernah diceritain ma orang Itali kenapa vespa ini identik ma negara Itali, ini urusan saat Itali masih ada utara ma selatan yang jomplangnya jauh banget. ceritanya ini motor uda kayak motor rakyat lah (klo ga salah sangat menjamur di Itali selatan), makanya solidaritasnya juga sangat kental bahkan sampe sini. intinya mah beli heritage ma history lah

  5. Selamat Mang Kobay atas hadirnya Klep-On eh si Klepon dalam keluarga besar Kobayogas Manor

    beli Pespa tuh selain pride juga heritage, dan buat anak muda zaman now … buat fun dan lucu-lucuan juga katanyah

    liat yutup nya ntar klo udeh pulang yak ..

  6. Menurut ane sih…. Mercy is mercy tp klu vespa ya nanti dulu…. Dia mahal kan karena cbu, coba ckd, pasti murah….. Klu vespa, bandinganya itu brio rs(tehnologi):jadul, minim fitur dan karena logo RS jd laris. Enggak setuju ya mang?

    • lah mercy sama BMW beberapa varian udah CKD harga gak berubah tuh wkwkkw…

      Afaik yang bikin berubah harga itu kalau ada local component.. 30 persen aja misalnya, udah lumayan..

      Kalau CKD itu cuma merubah bentuk utuh jadi terurai, terus dibentuk/ rakit lagi di sini..

      Yang udah udah kalau CKD itu gak bikin harga berubah (kalau pun ada gak signifikan), contoh selain Merc dan Bimmer, ada Kymco dan ya Vespa nantinya.. (KTM bisa diabaikan mungkin karena dari India masuknya)

      Opini gw sih kenapa gak merubah harga karena man powernya yang kepake buat ngerakit itu…

      Terakhir, buat produk yang sifatnya punya nama apalagi dari benua eropa dan sejarahnya panjang, emang gak ngotak kalau ngasih harga.. wkwkkwkw..

      Jadi kalau vespa disamain ama Brio RS ya gak kena.. ngah ngah ngahh.. mau yang lebih gila ya intip aja harga Vespa Klasik tahun 40-60 an.. mana ada teknologi hebat di situ.. wkwkwk..

  7. ane juga dah lama kepikiran ganti mang, dirumah ada 2x kaoskaki ninja semnjak berkeleluarga jarang bgd dipake, rencana di barter dengan sprinter s, bini jua dah setuju.. cihuyyy

    sering sering buat artikel sprinter mang, soalnya nae tipe orang yang males cari info yutub ig, klu info mang kobay bisa jadi acuan dan pertimabngan

  8. Pespa ya pespa….pride az yg menang….meski ada pabrik di sini tp ttp mihil….tetep cinta c70 ane….

  9. Saya yakin kalau sekelas om Kobay sudah tidak perlu lagi beli barang karena alasan pride/gengsi agar “dianggap” sama orang lain, kalau saya yg orang kecil bisa jadi mungkin, masih kemaruk. Bukan begitu om Kobay?

  10. Pernah nyoba Primavera yg jaman2 sebelum i-get. Jujur sih, blm ada performa sasis yg se-enak itu dari bbrp motor Jepang sekelasnya. Saya pernah bawa beat, mio, vario, skywave bahkan utk Nmax dan PCX yg notabene maxi sekalipun. Antengnya vespa itu beda. Lagipula bodynya vespa kan full besi toh ya + sasisnya monocoque alias nyatu sama body. Menurutku diluar pride (brand) sisi teknis ini yg bikin dia spesial dan mahal

Yuk Tinggalin Jejak Lads..