Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Meski sebenarnya agak jauh, sibling antara Suzuki Burgman Street dengan Burgman 400 seringkali dikaitkan, yaaa sebenarnya kalau mau melihat dengan seksama, bagian tebeng depan – pokoknya area muka, memang keduanya ada kesamaan.. asal jangan liat ke belakang apalagi ke kaki kakinya si Street deh, please jangan! So.. oke, di ajang pameran internasional Intermot 2022, New Suzuki Burgman Street 125EX 2023 dihadirkan, bersama dua saudaranya yang sudah diperkenalkan lebih dulu, Address dan.. Avenis!! Tar dulu, yang ini beda nih.. hooh tenaaan

Kita akan bahas Suzuki Address 2023 nanti ya, terpisah, sementara Suzuki Avenis 125 dah beberapa kali KBY bahas, di artikel “Kenalan Dengan Suzuki Avenis 125” dan “Spy Shot Suzuki AVenis 125 Indonesia!!” .. so silakan diklik. Kita akan kenalan lebih jauh dengan saudaranya sesama mesin 125cc SEP (Suzuki Eco Performance) ya.

SUZUKI BURGMAN STREET 125EX 2023

Jika lads mencoba membandingkan dengan versi lawas yang sempat akan hadir di Indonesia tapi batal (artikel “First Impression Suzuki Burgman Street 125“) silakan bantu KBY untuk mengetahui apa yang berbeda di versi 2023 ini..

mirip kah?

Burgman Street 125EX diluncurkan bersama Address dan Avenis 125s di depan umum untuk pertama kalinya di pameran sepeda motor Intermot tahun ini pada 4 Oktober dan, seperti dua lainnya, Burgman menampilkan mesin Suzuki Eco Performance (SEP) andalan mereka di kelas skutik 100-125cc, yak mesinnya Nex II sih.

Suzuki Burgman Street 125EX 2023

MESIN SEP EDISI TERBARU

Namun, meski arsitektur dasar mesinnya sama untuk Burgman seperti pada kedua saudaranya yaitu Address dan Avenis, ternyata terdapat perbedaan, Burgman 125 2023 ini menggunakan edisi terbaru motor SEP, versi ‘alpha’.

Ini berarti Burgman memiliki sekitar 0,1 tenaga kuda lebih sedikit alias kecil dari Address dan Avenis, dengan 8,48 tenaga kuda dibandingkan dengan 8,58 tenaga kuda dari dua yang terakhir. Sementara untuk Torsi puncak tetap sama. Hmm.. malah drop wkwkwk..

“SEP-Alpha”, bagaimanapun, “mendapat manfaat dari fitur tambahan yang meningkatkan pengalaman pengguna, sementara pada saat yang sama mencapai tingkat ekonomi bahan bakar yang tinggi dan operasi yang tenang-halus,” menurut Suzuki. Juga berkat sistem idle baru (Engine Auto Stop Start – EASS) , dan “Silent Start System” baru”. Wah akhirnya Juki punya ISS-SSS jugaaa..

Suzuki Burgman Street 125EX 2023

FITUR SUZUKI BURGMAN STREET 125EX 2023

Burgman Street 125EX juga dilengkapi dengan dua pengait helm, penyimpanan underseat 21,5 liter, serta dua kompartemen depan yang dapat ditutup. Salah satunya untuk penyimpanan tambahan, yang lain berisi port USB, sedaapp. Sebelah kompartemen penyimpanan depan adalah kunci kontak dengan fitur yang menggunakan mekanisme magnet yang dikodekan ke kunci pemilik. Ooo magnetic shutter key kamsudnya. Kirain keyless..

Dibandingkan dengan dua skuter lainnya – saudaranya maksudnya, Burgman Street 125EX 2023 memiliki jarak sumbu roda yang lebih panjang untuk stabilitas tambahan, dan settingan suspensi lebih keras di bagian depan.

REM CBS

Pengereman dilakukan melalui depan dengan cakram dan belakang dengan tromol 130mm, dan ada juga sistem pengereman gabungan (CBS) yang membantu memodulasi gaya pengereman di kedua roda saat menggunakan tuas rem kiri. Yak CBS banget ini hehe..

Seperti model Address dan Avenis, Burgman Street 125EX 2023 terbaru tidak akan tersedia hingga datangnya tahun 2023. Model ini juga akan tersedia lebih lambat dari dua saudaranya yang lain, dimana mereka akan hadir pada awal 2023, sedangkan Burgman tidak akan tersedia hingga musim semi diumumkan. Harganya belum ada bocoran.. Hmm jadi cuma majang doang nih di Intermot 2022? Suruh nunggu sampai 2023? Sabar aja, toh tinggal beberapa bulan lagi.

Artinya, Avenis 125 juga bakal di awal tahun, tidak dalam waktu dekat.. kecuali.. ya kecuali, ada kebijakan yang menginginkan skutik dengan ban belakang tinggal sorong tersebut segera hadir.. misal, dikasih model lama buat Indonesia.. wowkowkwok..

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

18 KOMENTAR

  1. address 125 cakep tu mang kenapa gak itu aja ya yg masuk sini, address lama jelek bagusan yg baru

  2. aiiiihhhhh keren banget ini motor!!!!
    cepet deh masukin ke indonesia, jangan pake ragu, dijamin laris ini!

    belom lagi kalo udah seken banyak FBS yang bakalan beli ini! value banget!!!

  3. rnyata brugman street 125 yg di eropa pake roda belakang ring 12 dan wb nya jg lbh melar dr versi india n philipin..dan itu jg membuatnya trliat keren
    gimana juga ya cara nya agar spek itu jg dipake d mari kelak bila tu model rilis d mari..? dan juga kalo bisa baik avensis n acces/address 125 juga pake roda belakang itu jg..pasti lbh bisa diterima dan brpotensi laku lebih banyak

    dan jujur saya bingung milih misal ketiga model itu dijual dimari dg spek ban belakang sama dg brugman street yurop itu(brugman street 125ex)

    brugman street yurop ini punya embel2 “EX”..entah karena wb nya yg extended atau rida belakang yg mekar atau karena punya fitur start stop engine

  4. Ga bisa disalahkan juga sih , Suzi pasarnya indihe , penjualan berada diatas Yhm . Jadi motor mereka memang diterima disana .
    Nah kalau disini kita cuma bisa ngomel Ampe capek.
    Suzi dimari cuman jualan sparepart yg bisa d substitusi buat merk lain 😂

  5. Untuk no 1 , Yhm pasarnya cuma Malay ..yang jualan total motor d sana sebanding dengan se Jaksel 😂

  6. velg 10″ itu gak salah asal desain akhirnya masuk dan bagus.. DAN KALAU medannya cuma lurusan doang wkwkwkwkwk

  7. Sebagai FBS-S saya siap nampung sekennya. Nunggu burgman 200 nyentuh 20juta kelamaan soalnya wkwkwk.

    • Btw sebenernya desainnya ga jelek2 amat lho, ternyata Burgman 125 kalo dipasangin velg 12 lumayan cakep ya. Cuma masih sedikit lebih enak dilihat Lexi yang dimodif pakai ring 12. Tapi kalo dibanding Aprillia SXR mendingan Burgman sih..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..