review Honda Vario 160

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Banyak yang bertanya tanya (sebenarnya termasuk KBY juga sih wkwkwk) seputar Honda Vario 125, apakah akan hadir All New Vario 125 seperti halnya saudaranya si Vario 160? Sebenarnya kemungkinan ke arah sana akan selalu ada, hanya saja pertanyaan berikutnya jadi lebih panjang, apakah desainnya akan sama dengan yang bermesin 4 katup? Bagaimana dengan mesin 125cc-nya? Berubah kah? Nah kan panjang wkwkkw.. Tapi setidaknya bocoran ini bisa membantu kita (yak kita termasuk KBY nih) dalam membayangkan sosok terbarunya

Bicara menjadi yang pertama dan spesial, sebenarnya Honda Vario 125 lah yang menjadi batu loncatan spesial untuk generasi Vario 160.. Pasalnya skutik tersebut memiliki DNA Honda PCX 125 yang kental dari segi mesin.. Yak, mesin PCX 125 itu diturunkan kepada Vario 125 – tentu dengan penyesuaian agar lebih pas untuk skutik berdek rata tersebut.

PCX 125 & 150

Dan terus seperti itu, seperti PCX 150 turun ke Vario 150 dan kemudian ke ADV 150, hingga ke 160cc 4 katup series.. Jadi gak aneh juga kalau ada yang nyebut ADV itu sebagai Asli Daleman Vario, soalnya dari PCX turun ke Vario dulu, baru ke ADV wowkowkwok..

Sampai mesin 150cc series, Vario 125 masih ikut dari sisi desain Vario 150, hingga akhirnya kali ini, saat era mesin 4 katup yang ditutup oleh ADV 160, nah akankah Vario 125 mengikuti jejak saudaranya tersebut dari sisi penampakan, bentuk dan desain?

Menurut KBY sangat sangat mungkin.. Bocorannya adalah berdasarkan karakter dan kebiasaan Honda (AHM) sendiri selama ini sih lads.. ditambah prediksi adanya hasil dari “kejatuhan” dari para pabrikan otomotif Jepang sejak adanya pandemi C19 yang berpengaruh pada penjualan.

IKUT HONDA VARIO 160

Jadi prediksi KBY, All New Vario 125 akan mengikuti atau memiliki desain yang 90 persen sama – bahkan lebih – dengan sang saudara Vario 160. Alasannya? Sudah dikemukakan di atas sih lads..

Pertama, bukan Honda banget kalau sampe ada cost lebih hanya untuk membedakan desain antara Vario 125 2022 dengan Vario 160 wkwkwk.. lah liat aja CBR150R vs CBR250RR yang pada akhirnya kan? Tapi catat, hal ini bukan terjadi pada Honda saja kok lads.. Mau contoh? Boleh..

Vario 125 Advance Matte Blue

Yang pertama dan paling gampang ada di produk Kawasaki, lihat Ninja 250-nya, terus lihat ZX6R-nya, lihat lagi ZX25R dan terakhir calon Ninja 400cc 4 silinder mereka, ZX4R-nya.. semuanya punya muka dan buntut yang sama!! Kalau ada beda, tipis banget dari sisi desain mah.. Ini namanya penghematan biaya (R&D).

Ada juga produk Yamaha, lihat velg mereka terutama di low scooter, trus spionnya, terus lampu sein di motor motor sport mereka.. Ya intinya, penghematan cost ini sudah lumrah dilakukan. Tapi ada sih yang boros mall alias cetakan, yaitu Suzuki wkwkwkw..

Kembali ke Vario 125, jadi kalau berharap ada ubahan atau perbedaan signifikan dengan Vario 160, dont! Jangan, tar kecewek eh kecewa.. Kalaupun ada yang beda ya paling permainan warna dan plastik hitamnya aja.. Bagaimana dengan mesin Kang Kob?? Oke lanjut.

Vario 160 Repsol

Mesin 125cc Honda saat ini hanya menyisakan di Vario 125 saja, coba kalau salah tolong koreksi KBY yes, dari Beat, Genio, Scoopy semuanya 100cc.. Dari situ langsung ke 160cc 4 katup yang dimiliki PCX, Vario dan ADV. Langsung lompat lagi ke 250cc milik Forza, jadi Vario 125cc memang wajib dilestarikan sih.. the one and only wkwkkww..

Bisa kalau mau ada ubahan yaitu dengan menggunakan mesin 125cc milik Forza, sudah jelas kalau sisi powerful, 4 katup soalnya!! Tapi itu mesin lama, dan sekali lagi, bukan Honda banget kalau kayaknya sampai mau mundur.. Dan menggunakan mesin Forza 125cc pasti costly lah..

So apakah bocoran KBY akan terbukti? Time will tell laaagghh.. simak saja di minggu depan, katanya AHM siap siap mempublikasikan produk baru yang mungkin saja sebuah All New Vario 125 2022!!

vario 125 merah

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

8 KOMENTAR

  1. Hnd emang jahat , 2 klep nya aja bisa nyuntik 4 klep sebelah… sekarang d bikin serba 4 klep ?
    Yah sebelah harus bersyukur gak kena si tik….tapi belaian 🤭

  2. Motor ngyonda yang penting bisa Nggelinding plus ada logo saiya_p mbeha dah manggut manggut mangkob.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..