Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Asia Road Race Championship (ARRC) 2022 seri kedua yang berlangsung di sirkuit Sepang Malaysia sudah berakhir. Ajang balapan Asia ini menggelar beberapa kelas seperti UB150 (underbone), kemudian kelas paling bergengsi AP250 (Asia Production), SS600 (supersport) dan moge tulen 1000cc. Pada dasarnya pembalap Indonesia berlaga di semua kelas dalam ARRC, ada yang dari Honda, Kawasaki dan tentunya Yamaha. Tiap seri terdiri dari 2 hari dan 2 race, KBY akan membahas semua race ya.. Alhamdulillah Indonesia bisa juara serta podium!!

Hasil ARRC 2022 Seri 2 Malaysia

ARRC seri 2 dilakukan dua kali pada hari Sabtu dan Minggu sedangkan sesi kualifikasinya di hari Sabtu saja. Race 1 sudah selesai kemarin dan race 2 baru saja selesai 2 jam lalu.

UB150

Pada race 1, balapan kelas bebek ini Indonesia belum berhasil menjadi juara, namun podium untuk kita diwakili oleh Wahyu Aji dan Gupita Kresna di atas Yamaha Sniper alias Exciter alias YZ150R atau di sini dikenal sebagai MX King!

Sayangnya pada race 2 yang digelar hari ini, wakil Indonesia belum mampu podium euy lads.. sayang sekali.

AP250

Mengapa kelas Asia Production alias AP250 disebut sebagai kelas paling bergengsi? Kan kapasitas mesin cuma 250 2 silinder, bicara yang lebih besar ada 600cc dan 1000cc di ARRC.

Simpel, karena gengsi dari sisi teknologi dan power di kelas 250cc, kelas dimana cukup banyak konsumen yang mampu membeli produk di kelas ini, jadi adu gengsi tiap pabrikan lebih tinggi di AP250 lads. Ada Honda CBR250RR, Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha R25 yang sejujurnya sudah ketinggalan power.

RACE 1

Pada sesi kualifikasi, Yamaha dengan Yamaha Racing Indonesia memberikan kejutan dengan menempatkan Anggi Setiawan berada di front row bersama Kawasaki Ninja 250 besutan juara sebelumnya AM Fadly (INA) dan Aiki Iyoshi (JPN). Bahkan di second row pun ada Rey Ratukore, Yamaha R25 tim Onexox bersutannya mampu berada di depan dua jagoan Astra Honda Racing Team (AHRT) Adenanta dan Rheza Danica.

Sayang memang, front row tak menjamin posisi sama saat race. Pada race 1, Anggi harus puas finish di posisi ke 5 disusul rekan setim Aldi Satya. Tapi yang penting yang juara adalah Indonesia! Pembalap hebat AM Fadly menjadi pemenangnya, sayang kita gagal sapu bersih podium karena ada nama Aiki Iyoshi rekan setim AM Fadly di posisi ketiga setelah finish di belakang Rheza Danica.

RACE 2

Bermodalkan posisi yang sama di starting grid berkat kualifikasi Sabtu, keenam pembalap terdepan dimana 5 dari Indonesia dan 1 dari Jepang, akan balapan sebanyak 7 lap. Bagi AM Fadly hasilnya harus sama yaitu juara, sedangkan 5 pembalap di belakangnya harus lebih baik dari race 1 dong.

Baik race 1 dan race 2 memang terlihat kalau Yamaha R25 itu sudah tertinggal dari sisi power, namun kehebatannya meliak liuk di tikungan masih tetap terlihat mantap. Sementara CBR250RR dan Ninja 250 memiliki performa 11-12 di segala aspek. CBR terlihat sedikit lebih powerful di straight sementara Ninja punya handling dan akselerasi hebat di tikungan.

Ini terlihat dari seringkalinya para pembesut CBR250RR maupun All New Ninja 250 memimpin bergantian, sehingga terlihat pula – di luar faktor skill pembalap – kalau CBR selalu kerepotan saat di tikungan akhir dimana Ninja justru terlihat superior.

Itu yang membuat AM Fadly kembali menjadi juara back to back setelah Race 1! Keluar tikungan, CBR yang lebih kencang di straight telat panas karena finish lane tak jauh setelah tikungan akhir, Ninja yang mengambil keuntungan. Sementara Yamaha R25 besutan Aldi Satya setidaknya mampu berada di posisi ke 4 pada race 2 ini.

Dengan demikian di kelas AP250 Indonesia tampil juara berturut-turut! Selain faktor besutan yang mantap, AM Fadly sendiri memang memiliki skill yang hebat dan konsisten lads.. Hip Hip Hura Indonesia!! Berikut klasemen sementaranya

SS600

Kelas Supersport 600 sebenarnya mampu dikuasai Andi Izhar alias Andi Farid sejak kualifikasi. Namun seperti KBY katakan, pole position atau front row tidak menjamin hasil yang sama saat race.

Andi Gilang posisi kedua

Pada Race 1 Andi gilang gagal podium dan hanya finish ke 6. Sementara race 2 Andi mampu memperbaiki performanya dan sanggup menggondol podium ke 2. Selamat yaaa.. Setidaknya pembalap ini masih mampu bertahan di posisi ketiga klasemen sementara.

Untuk 1000cc mohon maaf ga KBY bahas karena tidak ada yang berhasil podium lads. Seri berikutnya akan diadakan pada 1-3 July 2022 sayangnya tempat belum dikonfirmasi. Stay tune dan semoga pembalap Indonesia bisa lebih baik lagi ke depannya.

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

6 KOMENTAR

  1. Seri balapan ini mulai sepi ya dimari… apa udah ga berani mantengin lagi karena dah tau motor favoritnya (sebut saja r25) udah ga bisa bersaing

Yuk Tinggalin Jejak Lads..