sergio garcia gasgas racing team moto3
iklan gma

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Setelah nama Leopard Racing muncul ke permukaan sebagai kandidat pengganti tim Suzuki Ecstar di MotoGP, ternyata ada satu nama lagi yang mencuat. Nama yang ini mungkin saja lebih terkenal produk motornya dibanding sebuah tim balap – yaitu GasGas! Pun demikian sebenarnya reputasi GasGas Racing Team meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir di balap motor dunia. Jadi apakah pabrikan asal Spanyol yang juga merupakan afiliasi dari KTM dan Husqvarna ini akan menjadi kandidat yang lebih kuat sebagai tim anyar di MotoGP musim 2023?

Tim GasGas beberapa tahun belakangan memiliki reputasi yang meningkat, mereka mampu berpartisipasi dan unjuk gigi di Reli Dakar 2022, memiliki tim pabrikan di Kejuaraan Dunia MXGP, selain itu kedua pembalap mereka saat ini berada di tiga besar Moto3, serta merebut sejumlah podium di Moto2.

Nah sekarang sudah ingat kan? Hehe, ada mereka di Moto2 dan Moto3. Artinya secara tim, mereka sebenarnya lebih besar dari Leopard Racing yang hanya berpartisipasi di Moto3 saja. Pembalap GasGas Racing tim di Moto2 adalah Albert Arenas dan Jake Dixon, sementara di Moto3 ada Sergio Garcia dan Izan Guevara.

sergio garcia gasgas racing team moto3

PABRIKAN BARU PENGGANTI SUZUKI

Dorna Sports selaku pemegang hak penyelenggaraan dan komersial MotoGP pernah mengungkapkan, prioritas mereka adalah menggantikan pabrikan asal Hamamatsu, Jepang, tersebut, dengan pabrikan lain sehingga jumlah merek tetap enam (lima lainnya adalah Honda, Yamaha, Ducati, KTM, dan Aprilia).

Bila fokus utama Dorna adalah mencari pabrikan baru, maka nama GasGas rasanya bisa menjadi pengganti Suzuki yang ideal. GasGas merupakan pabrikan otomotif (sepeda motor) yang berasal dari Spanyol namun sudah diakuisisi oleh Pierer Mobility AG (juga pemegang merek KTM dan Husqvarna) tiga tahun lalu. Jadi bisa dikatakan GasGas adalah sister company dua pabrikan tersebut lads.

albert arenas

KANDIDAT TERKUAT PENGGANTI SUZUKI DI MOTOGP?

Sudah jelas makin terlihat perbedaan yang cukup mencolok antara GasGas dengan Leopard Racing, dimana merek motor asal Spanyol tersebut benar benar sebuah brand atau pabrikan, sedangkan Leopard Racing hanyalah sebuah tim balap.

Kalau Leopard disebut-sebut akan “mencomot” motor basis Aprilia dan menjadi tim satelit, sedangkan GasGas meski punya motor dengan sasis dan mesin sendiri namun kemungkinan besar akan menggunakan motor berbasis saudaranya yakni KTM – yang sudah jauh lebih siap di MotoGP. Sah sih kayaknya, karena yang penting brand yang diusung berbeda ya? So bisa jadi bukan tim satelit nih jatuhnya.

izan guevara

Sejumlah media Italia menyebut, para bos di Mattighofen, Austria – markas Pierer Mobility AG – tidak pernah menutupi keinginan mereka menurunkan tim pabrikan lain di MotoGP. Meskipun, dikabarkan juga, konon mereka selalu menunda-nunda ambisi tersebut.

Kini, Suzuki siap pergi akibat pengaruh dari skandal diesel gate (baca: Kasus Diesel Gate Suzuki). Inilah saat yang tepat bila GasGas berniat turun di MotoGP meskipun banyak kabar menyebut mereka baru akan siap pada tahun 2024 alias dua tahun mendatang. Hmmmm mana yang lebih pantas menurut lads sebagai pengganti Suzuki nih? (KBY dari berbagai sumber dan id.motorsport.com).

Jake Dixon

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

5 KOMENTAR

Yuk Tinggalin Jejak Lads..