iklan gma

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Suzuki MotoGP memang belum mengumumkan secara resmi kemundurannya dari hingar bingar balapan MotoGP di akhir 2022 nanti, namun bola liar informasi terkait penyebab kemundurannya sudah merebak. Adalah skandal diesel gate yang diangkat ke permukaan menjadi penyebab mundurnya Suzuki dari MotoGP, karena ada kemungkinan pabrikan berlogo S tersebut akan menghabiskan ratusan juta euro apabila terbukti melakukan “kecurangan”. Apa sih diesel gate? Kuy cari tau dulu.

Diesel Gate diambil dari kasus raksasa otomotif nomor satu dunia beberapa tahun lalu, tepatnya di 2015, yaitu VW Group alias Volkswagen yang menaungi merek merek seperti VW, Audi, Porsche, Seat dan Skoda. Secara singkat, VW ketauan memasang piranti ilegal yang dapat “menaklukan” emisi di mesin diesel mereka.

mesin suzuki ertiga diesel

Piranti cerdas namun ilegal tersebut mampu membantu mobil memenuhi standar emisi gas buang saat dilakukan tes uji coba emisi. Padahal kenyataannya, gas buang pada ratusan ribu mesin 2.0 liter mereka tak lolos uji emisi. Curang lah intinya.

Akibatnya, VW Group diganjar penalti yang dikabarkan menghabiskan ratusan triliun rupiah!! Bagusnya, VW memang pabrikan nomor satu, meski tetap merugi akibat kasus tersebut, tapi masih kaya raya. Terbayang gak kalau kejadian yang sama pada Suzuki?

SKANDAL DIESEL GATE SUZUKI

Serupa tapi tak sama, kasus Suzuki juga ada kemiripan dengan milik VW Group lads. Ya itu tadi, melakukan kecurangan pada mesin diesel di mobil mereka dengan tujuan biar lolos uji emisi gitu.

Adalah Jerman, Italia dan Hungaria yang mengendus main curang dari Suzuki dan mulai melakukan penyelidikan terkait penggunaan perangkat ilegal di mobil diesel buat mencurangi peraturan emisi Eropa.

Jaksa di Jerman dalam pernyataannya pada Rabu (27/4) mengatakan investigasi mereka menyoroti yang sosok bertanggung jawab di Suzuki, produsen terbesar ke-4 dunia Stellantis yang menyuplai mesin diesel ke Suzuki dan produsen komponen asal Jepang Marelli yang menyuplai komponen mesin itu.

“Perangkat itu diduga dipasang di mesin diesel buatan Italia pada sejumlah besar mobil, memberi kesan bahwa emisi nitrogen oksida kendaraan itu sejalan dengan peraturan UE,” kata Eurojust seperti diberitakan Reuters.

Alat tersebut dikatakan dipasang pada mobil mobil Suzuki yang ada dan diproduksi di pabrik Hongaria. Pengontrol emisi yang umum memang cara kerjanya menekan emisi atau membuat emisi keluar dari exhaust itu memenuhi standar setiap negara contoh ada catalytic converter, tapi alat haram ini kerjanya lebih ke “mengelabui” yang sepertinya mengolah dan memanipulasi data seakan akan emisi mobil Suzuki sudah sesuai ketentuan euro.

WAJAR KALAU SUZUKI MUNDUR DARI MOTOGP

Hingga artikel ini tayang, belum ada kejelasan yang membuktikan bahwa Suzuki memang terbukti melakukan kecurangan tersebut lads, yang jelas investigasi terus berlangsung dari pihak Eurojust, badan kerja sama peradilan pidana Eropa

Jika terbukti kecurangan yang dilakukan Suzuki, maka mereka akan habis habisan dalam menggelontorkan uang yang ada, bisa di bawah VW jumlahnya atau juga sama. Jadi, keputusan mundur dari MotoGP seakan relevan dan relate dengan kasus Diesel Gate Suzuki ini.. lah boncossss soalnya.

Duh Suzuki, aya aya wae lah maneh teh.. hadeuuuhhh. (KBY dari berbagai sumber; CNN, Reuters)

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

11 KOMENTAR

  1. Auto bangkrut nih Suckzuki! Padahal udah stop pakai diesel dari tahun 2020.
    Padahal Fiat (pemilik aslinya) masih pakai mesin yang sama sampai sekarang. Mungkin versi Suckzuki kualitas emisinya dikurangi karena udah nombok bayar lisensi ke Fiat kali ya?

  2. yekan. ngadi2 nih suzi eropah. yg kena batunya divisi GPnya padahal develop GSXRRnya lagi bagus2nya. bisa mendekati Desmo di straight tanpa mengorbankan corner speed

  3. Lah VW group itu yg punya Ducati, FIAT group yg punya Aprillia, eh Marelli bukannya cmn sanggup bikin ECU 16bit.. Apakah komisi grand prix MOTOGP ga pingin lepas tu ECU??
    Suzuki Maruti yg pusing tuh kalo emang bayar dendanya… Kalo Suzuki indomobil sih ane yakin malah pada senyam senyum sinis

  4. Suppo dengan gagah perkasa lenggang kangkung balik ke mtoGP, sambil ngomong, akan aku kasih pelajaran HRC, aku bakalan total di Sizuka, belum selesai ngomong CEO sizuka nongol..hai.. ente kena prank

  5. mungkinkahp ini kesempatan untuk suzuki mencari cuan lebih untuk nomboki disel gate nya dengan cara mrodiksi dan masarin saluto d asean

  6. Klo menurut saya si sijuki ini baper, produk2nya dibully bae sama market motor terbesar dunia, apalagi pas peluncuran motor sport model kain sari dari indihe jahejahejahe laku 60unit sj diklaim laku keras.
    Lha jadi weh baper, terus ngancam cabut dr mgp wkwkwk…

  7. Kayanya penyebabnya krn byk dealer suzuki.. yg byk berubah jadi alfamart atau indomart.

    Dagang koq kaya bercanda.. Gak lihat kondisi partner bisnisnya ya ditinggal kabur lah

Yuk Tinggalin Jejak Lads..