Husqvarna Svartpilen 250
banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Secara merek, nama Husqvarna bukan lah pemain baru di blantika otomotif roda dua dunia. Merek pabrikan asal Swedia ini memang lebih bergema di kelas motor on-off alias off road gitu lads, dan sarat prestasi untuk kejuaraan yang berani kotor tersebut. Nah di Indonesia mungkin hanya segelintir saja yang tau merek ini, salah satunya adalah Husqvarna Svartpilen 250 Indonesia, motor sport ini punya desain yang unik, nyentrik dan berkarakter kuat khas produk Scandinavian, cekidot videonya!

Kisah unik dari Husqvarna Svartpilen 250 ini KBY alami bukan dari booth resmi mereka di dalam gedung Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, karena sebelum masuk ke dalam, motor sport dengan desain nyentrik ini sedang di parkir di luar! Jadi meski panas panasan tapi cukup puas karena gak keganggung dengan pengunjung yang lain hihihi…

Husqvarna Svartpilen 250

HUSQVARNA SVARTPILEN 250 INDONESIA

Baiklah lads, kita langsung membahas motor sport 250cc 1 silinder ini. Secara desain kalau ngomongin desain yang eye catching, husqvarna svartpilen 250 ini langsung dapat, karena bentuknya yang aneh (dibandingkan motor sport pada umumnya yang bersliweran di jalan).

Langsung pada poin minusnya, motor ini punya behel yang secara bentuk menciderai desain sang unit secara keseluruhan, entah apa yang ada dipikiran para desainer Husqvarna dengan menempelkan behel so yesterday tersebut. Seakan melihat CBR150R karbu loh wkwkwkw..

Husqvarna Svartpilen 250

Bicara dimensi, untuk sebuah motor berkapasitas 250c – jika dibandingkan dengan Honda CB150R atau Yamaha Vixion, ukurannya tidak terlalu jauh. Garisnya mengotak ala retro klasik dan dari samping seharusnya langsung teringat dengan Honda CB150R Exmotion Thailand ya?.. Mungkin karena bagian belakang yang pendek, ban belakang lebih panjang dari bodinya. Lampu depan bulat juga berpengaruh sih.

Kalau mencari cari spakbor belakang, lads tidak akan menemukannya, karena Husqie ini berprinsip no spakbor atas dan mengandalkan rear hugger sebagai penahan cipratan air.. Pegangannya hanya ada satu di bagian kiri namun kokoh dan kuat.

ERGONOMI

Setang bergaya off road, dengan adanya batang melintang di tengah setang. Setelah KBY coba duduki, tidak ada yang aneh, alias seperti pada motor sport non fairing pada umumnya. Setangnya sedikit agak sporty.

Joknya punya tinggi 835mm jadi termasuk pendek, kaki KBY menapak leluasa, hanya sedikit jinjit aja. Joknya termasuk empuk begitu juga dengan ayunan suspensi belakang, jadi ingat KTM Duke dan RC 250 sih. Ngayun gak ya kalau belok kecepatan tinggi? ENtahlah.

Husqvarna Svartpilen 250

FITUR

Husqvarna Svartpilen 250 dilengkapi fitur fitur sebagaimana motor modern pada umumnya saat ini. Lampu lampu sudah menganut pencahayaan ALL LED, dari lampu utama, lampu sein hingga lampu rem yang bentuknya kaya GL Pro skin 2022 hehe.

Shock depan upside down buatan WP tipe Apex, speedometer full digital dan KBY cukup yakin kalau back lit alias pencahayaannya serta karakter font-nya akan mirip dengan KTM, hanya saja ini bentuknya bundar lads. Sudah menganut throttle by wire, rem ABS dual channel dengan piston dari ByBre.

HARGA HUSQVARNA SVARTPILEN 250

Nah ini, siap siap ya lads, karena jangankan KBY, konon Lesti Billar pun kaget saat tau harga dari Husqy ini.. Husqvarna Svartpilen 250 ini dibanderol Rp 98,8 juta saja!! Egilaakk wkwkw..

Tentu saja bagi kita yang tau bahwa motor asal Swedia ini punya spek yang tidak terlalu jauh berbeda dengan KTM 250 series, harganya nyaris dua kali lipat!! KTM 250 seperti Duke atau RC saja harganya bermain di 65 juta hingga 80 juta. Husqy ini 100 juta kurang 200 ribu wkkwk.. Apa yang bikin beda? Mungkin jalur masuknya ya??

George Benny Lumanto, Direktur PT Marani Ripah Globalindo, main dealer Husqvarna mengatakan, target penjualan yang diberikan APM yaitu sekitar 100 unit per bulan.

“Kita ditarget oleh PMA sekitar 100 unit per bulan. Ini motor fashionable dan lifestyle,” kata Benny di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (31/3/2022). Untuk mencapai target tersebut, Benny mengatakan pihaknya akan memberikan promo menarik buat 10 pembeli pertama di IIMS 2022. “Saat ini kita sudah persiapkan unit, untuk 10 pembeli pertama di IIMS 2022 kita akan ada give away dengan penambahan tank bag dari Givi. Kita sudah bisa langsung delivery ready stock,” katanya.

SPESIFIKASI

  • Rangka teralis baja Mesin 248,8cc, silinder tunggal
  • Tenaga 31 hp, torsi 24 Nm
  • Suspensi WP APEX
  • Sistem rem hidrolik ByBre
  • Kopling slipper clutch
  • Setang bergaya offroad
  • Standard skid plate, tank rack & exhaust heat protector
  • Pelek palang
  • Ban MRF REVZ-D
  • Lampu dan indikator LED
  • Throttle by wire
  • Emisi CO2: 73g/km Mesin Euro5

Nah bagaimana Husqvarna Svartpilen 250 versi Indonesia ini menurut lads? Buat sunmori sih sudah jelas bakal jadi pemandangan yang unik dan asik ya? Hmmm, dua silinder dooong padahal..

Husqvarna Svarpilen 250

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

14 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini