Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Masih ingat gak motor adventure 250cc dari Suzuki yang namanya ada Strom Strom gitu? Kalau ingat ya sukur, gak inget juga gapapa wkwkkw.. Tapi itu sih V-Strom 250 yang rilis di Cina dan Jepang beberapa tahun lalu. Kabar gembiranya, negeri Prindapan selaku market terbesar untuk pasar Asia dikasih kesempatan sama Jepang untuk membuat – katakanlah versi lite-nya, yaitu Suzuki V-Strom SX250! Seperti apa penampakan dan spesifikasinya? Sejauh apa bedanya dengan versi pendahulunya? Kuy geber dulu!

Suzuki V-Strom SX250 2022

Sebelum menuju ke versi lite, ayo kita sedikit flashback dulu seputar Suzuki V-Strom 250 yang sebenarnya wkwkkw.. Yaelah ada versi sebenarnya segala, ya habis yang ini ada kode huruf SX sih, jadi seakan akan versi wanna be, ya gak? Lagian udah gak aneh lah pasar India mah serba wannabe, GSX-R aja dipaksa jadi Gixxer versi mereka, dah lah seraaahhh..

Suzuki V-Strom SX250

Suzuki V-Strom 250 sudah rilis beberapa tahun ke belakang dan KBY cukup beruntung pernah review motor sport petualang tersebut secara langsung di dealer Suzuki Tokyo Jepang sana.. Nih video dan ulasannya ada di bawah.

First Impression Suzuki V-Strom 250

Nah kalau sudah ditonton, barulah kini kita menuju ke Suzuki V-Strom SX250 2022 terbaru yang baru saja dirilis oleh Suzuki India. Kita coba lihat satu persatu bagiannya, apa yang mirip dan apa yang berbeda, ocrot?

DESAIN

Di atas adalah gambar real V-Strom 250, sedangkan di bawah ini gambar atau foto dari V-Strom SX 250 India.

Suzuki V-Strom SX250

Bisa terlihat ya? Sekilas seakan akan tidak ada yang beda, kita kasih lagi dua foto perbandingan dari depan nih dan belakang yes..

Suzuki V-Strom SX250

Oke sudah mulai jelas ya, berikut perbedaan yang terlihat oleh mata KBY antara Suzuki V-Strom SX250 vs V-Strom 250:

  • Lampu persegi ambil dari GSX 150 series
  • Moncong bebek lebih tajam tanpa lekukan berkurva
  • Ban menggunakan dual purpose
  • Jok two pieces
  • Velg model garis lurus
  • Knalpot pendek ambil dari model Gixxer India
  • Top Box ready
  • Side Box not ready
  • Lampu rem bentuk segitiga
  • Sama sama speedometer full digital
  • Khas India, ada Sari Guard
  • Bentuk foot step berbeda

Suzuki V-Strom SX250

Dari sisi desain, lads lebih suka yang mana? V-Strom SX250 2022 ini tidak terlalu jelek juga ya? Cuma desain headlamp aja kurang mengalir dengan desain keseluruhan. Sisanya terlihat fine fine aja.

SPESIFIKASI

Sekarang kita beralih ke spesifikasi, ini sepertinya yang membuatnya cukup signifikan berbeda, apa saja? Oke, berbekal dari beberapa sumber, dapur pacu Suzuki V-Strom SX250 masih menganut 1 silinder dan oil cooler!! Fix ini mesin Gixxer SF250 lads..

Suzuki V-Strom SX250

Meski masih oil cooler dan single silinder, faktanya tenaga yang dikeluarkan lebih baik dari versi mesin inazuma yang 2 silinder. Yaitu 26,5ps @9300 vs 25ps @8000, torsinya 22,2Nm @7300 vs 23,4Nm @6500. Nah agak lucu nih, biasanya satu silinder justru kuat di torsi, ini malah sebaliknya hehe.. Yaaa jatuhnya beda beda tipis lah.

Yang menarik adalah fitur yang dimilik V-Strom SX 250 India, yaitu speedometernya sudah ada mode konak konek bernama Suzuki Ride Connect yang meliputi, navigasi berupa tanda arah, kecepatan maksimum alert serta ETA alias estimasi ketibaan. Oke atau tidak? KBY serahkan kepada para Fans boy wkwkw.

HADIR DI INDONESIA?

Kalau KBY sih yesss, daripada seperti pada artikel slentingan sebelumnya (baca: Calon Tiga Motor Baru Suzuki Di Indonesia) yang salah satunya adalah Gixxer 250 naked, mending V-Strom SX250 aja ya gak sih? Momennya dapat, mumpung cuma Kawasaki yang bermain, Honda dan Yamaha masih ogah.. Harga? Kayaknya di angka 50 kecil sih, gak jauh dari Gixxer 250SF.

Suzuki V-Strom SX250

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

16 KOMENTAR

  1. Kalo dipikir-pikir GSX-S150 Bandit bisa sebenernya dibikin model kaya gini, tinggal nambahin body depan terus tinggiin soknya beberapa mm terus mesinnya ditune dikit

  2. Ini pasti bukan buatan sijuki..karena modelnya bagus.
    Kalau buatan sijuki yg asli,bentuknya pasti jelek.

  3. mayan sih, tapi bner kata komentator diatas, mending GSX 150 series disini dirapihin bentuknya, secara mesin kan udah bner.

    • Gue yg sempat kecewa dgn ahm.. pengenin CB200X hadir dimari… Tp gagal, akhirnya bs terobati kalau motor ini beneran brojol..

  4. setelah 5 taun gsx 150 gw bisa dibantu nih klo lagi jalan2 ke yg aga belumut, maklum dah kepala 3… adventure gini pas om…

  5. nah v-strom yg mata belo dulu knp gajadi hadir ya mang? pdhl animonya lumayan. apalagi waktu itu genre ini baru ada versys doang pesaingnya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..