Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Hola pecinta balapan di seluruh dunia hehe, setelah sempat ramai dan mendapat kecaman bahkan hujatan dari sana sini bahkan ada yang mengatakan lebih baik MotoGP Indonesia 2022 dibatalkan karena belum siap, namun event akbar di nusantara tersebut harus terus berjalan, karena pada dasarnya masih mampu diperbaiki sebelum IndonesianGP berlangsung kok. FIM (The Fédération Internationale de Motocyclisme) alias Federasi Balap Motor Internasional resmi mengumumkan kesepakatan dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) untuk mengaspal ulang trek Mandalika! Yeaahh

Yak Badan Federasi Balap Motor Internasional tersebut sudah resmi dan sepakat bersama ITDC untuk melakukan pengaspalan ulang sirkuit Mandalika sebelum Pertamina Grand Prix of Indonesia tayang di pertengahan Maret 2022 (18-20 Maret).

Mandalika menggelar uji coba pramusim MotoGP pada 11-13 Februari, dan hari pertama diwarnai drama lintasan kotor. Debu yang masuk ke trek usai hujan deras sehari sebelumnya, jadi lumpur akibat gerimis di pagi harinya. Sesi sempat dihentikan agar petugas membersihkannya pun begitu, kondisinya tak membaik secara signifikan.

Para rider pun menerima gagasan Alex Marquez dalam rapat Safety Commission untuk membersihkan trek sendiri dengan motor masing-masing. Setiap rider wajib menjalani 20 lap pada pukul 11.55-15.00 WITA, dan hasilnya garis balap (racing line) yang ideal pun muncul sejak itu. Tapi area lain masih kotor, dan hal ini dinilai dapat mempersulit aksi salip.

Namun, kotornya lintasan bukan kendala yang paling mengkhawatirkan. Yang bikin para rider cemas justru fakta aspalnya menjadi mudah terkelupas hingga menciptakan kerikil. Akibatnya, tak sedikit rider yang terkena lemparan batu di motor, helm, dan tubuh mereka. Banyak pembalap juga mengeluhkan buruknya aspal Sektor 1 dan Sektor 4. Yang crash pun ada.

Beberapa pembalap seperti Fabio Quartararo bahkan menyarankan Sirkuit Mandalika diaspal ulang. “Dari Tikungan 1 ke Tikungan 7, aspalnya terkelupas. Saya rasa untuk balapan nanti mereka harus mengaspal ulang Tikungan 1. Sungguh bencana di sana. Dalam tiga hari permukaannya terus menurun,” ungkapnya.

TIDAK MINTA DIBATALKAN

ITDC dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) pun bergerak cepat menanggapi keluhan para rider, dan segera berkonsultasi dengan Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP dan FIM selaku badan resmi yang mengawasi homologasi seluruh sirkuit yang dipakai oleh kejuaraan balap yang mereka naungi.

“Komentar para rider dan tim soal layout trek dan standar keselamatannya, termasuk area runoff yang lebar, baik aspal maupun gravel, sangatlah positif. Tapi dalam uji coba, dua area perbaikan teridentifikasi, yakni tingkat kebersihan permukaan trek dan serpihan bagian agregat yang menimbulkan dampak buruk.

“FIM, yang mengawasi homologasi trek, telah berkomunikasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengenai perbaikan-perbaikan yang dibutuhkan ini, yang akan diimplementasikan minimal tujuh hari sebelum Pertamina Grand Prix of Indonesia digelar.

“Pemilik sirkuit, ITDC, telah menyepakati penilaian dan permintaan FIM. Hal ini membuktikan level dukungan dan komitmen tinggi mereka untuk olahraga ini. Semua pihak bereaksi cepat dan pengerjaan perbaikan ini sudah mulai berjalan, termasuk pengaspalan ulang bagian trek.

“Sirkuit akan diaspal ulang pada sektor sebelum Tikungan 17 sampai Tikungan 5. Venue ini juga mempersiapkan Grand Prix dengan menggunakan teknologi mutakhir level dunia untuk memastikan keseluruhan permukaan trek memenuhi standar MotoGP.”

Jadi jelas ya lads, para pembalap sendiri tidak ada yang berkomentar balapan MotoGP 2022 di Mandalika Indonesia untuk dibatalkan, pada dasarnya mereka suka akan sirkuit internasional kebanggan kita tersebut dan menginginkan untuk dibenahi agar dapat digunakan secara aman dan nyaman.

Sumber: FIM dan Dorna Sports & Bola

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

31 KOMENTAR

  1. Sayang , Mandalika hadir dimusim masih korona . Gemuruh dan sorak Sorai ciri khas orang indo gak bisa dipertontonkan 😂

  2. Kalo cuma urusan bikin baru atau lapis ulang aspal mah eces….
    Jadi pada paham kan, bahwa perawatan sirkuit standar FIM itu gak gampang.

  3. Pasti yang kritik itu pembalap kadrun. Ga mau Indonesia maju. Pewarta kadrun dari luar negeri yang suka kritik2 Mandalika jd sdh di serbu netijen 62. Rasain lu

  4. Jika Dipikir pikir…..Vario 160 diatas tsb memiliki Rekor baru sih ya ?
    Mungkin Pertama diDunia…metik kelas 150 yang baru diLaunching plus diGunakan buat motor Paddock .
    Dan gak Main2 lagi tentunya yang menggunakan tim RHT 🤭

  5. Itu serius Marques yang ngeboncengin Dovi ya ?
    Kan ga mungkin juga helm Marc 93 dipake sembarangan ? 🤭

  6. Kalau boleh menebak nebak dari sekarang…
    Gua yakin , mang kobay dan beberapa blogger lainnya akan diutus buat meliput dan mendukung Rht.
    kalau tebakan Gua salah ,. Ya maaaph 🤭
    Tapi dari ” Potensi ” yang dimiliki…peluang tsb cukup terbuka .
    Tinggal bawa senjata Perang pribadi…duduk manis ngopi tidur makan2 jalan2 .
    Aaaaaagggghhhh….. Bikin iri 🤭

  7. Sebelum d protes Mang robotic mungky ,
    Jualan obat zaman millenium , kek gini 😂

    Cari kopi dulu ahhh…..🏃💨💨💨💨………

  8. ya harap maklum, di negara 62 ini kalau BUMN sudah ikut campur pembangunan suatu infrastruktur, pasti ada aja yg disunat.
    dan kalau ada yg berani kritik/protes, bakalan langsung diserbu buzzer.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini