yamaha fazzio hybrid
iklan gma

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. KBY salut dengan Yamaha yang sekali lagi berani memberikan teknologi “asing” bagi mayoritas biker di Indonesia pada skutik low-mid-nya, Yamaha Fazzio 125 hybrid 2022! Kalau menyebut hybrid doang, mungkin pembaca sudah cukup banyak yang tau, Honda PCX 150 hybrid adalah yang pertama secara resmi diperkenalkan di dunia dan Indonesia, tapi itu untuk kelas 150cc dan harganya gak murah. Sementara pabrikan garputala berani menanamkan di kapasitas lebih kecil dengan harga masih masuk akal! Jadi seperti apa sih cara kerja mesin hybrid? Sesederhana apa?

Secara teknis yang lebih dalam, KBY pun awam untuk teknologi hybrid ini, jadi kita akan coba kupas dari mulai surface alias permukaan hingga tengah tengah lah ya, dimana harapannya kita semua jadi paham konsep dan tujuan dari mesin hybrid di sepeda motor Yamaha Fazzio hybrid ini. Untuk awal, kita harus tau bahwa yang dimaksud hybrid ini adalah paduan dari mesin konvensional (mesin bensin/ motor bakar) dengan energi (motor) listrik.

Kuy kita mulai, jika ada kesalahan dan mau mengoreksi atau menambahkan silakan ya, the door is open!

Yamaha fazzio
Yamaha Fazzio hybrid Lux

 

MENGENAL SISTEM DAN CARA KERJA HYBRID DI SEPEDA MOTOR

Sebenarnya KBY sudah pernah menuangkan kinerja dan sistem mesin hybrid di sepeda motor saat dulu mengetes Honda PCX 150 hybrid. Dan sesungguhnya, cara kerja sistem mesin gabungan yang kali ini ada di Yamaha Fazzio 125 hybrid ya dapat dikatakan mirip dengan yang ada di PCX, meski kalau dari komponen serta setingan akan ada yang berbeda, tapi garis bawahnya adalah kinerjanya sama.

Test Ride All New Honda PCX Hybrid, 3 Riding Mode, Mode Sportnya Nampol Bener!

Kemudian, kita akan mendapati perbedaan jumlah komponen dalam sistem kerja teknologi hybrid antara Yamaha Fazzio yang disebut dengan BlueCore hybrid dengan Honda PCX. Yang jelas terlihat adalah, skutik Honda itu memiliki satu kelebihan komponen, yakni baterai lithium ion berkapasitas 50,4 volt. Jadi komponennya adalah sbb:

Yamaha Fazzio:

  • accu (aki) YTZ6V 12 volt 5A
  • Smart motor generator (SMG)
  • Starter Generator Control Unit (SGCU)
sistem Yamaha Fazzio Hybrid

Sedangkan di Honda PCX 150 hybrid adalah sbb:

  • Accu (aki) 12volt 3ah
  • Baterai Li-ion berkapasitas 4ah output 50,4 volt
  • ACG (Alternating Current Generator)
  • Power Drive Unit (PDU)

Keduanya, baik Fazzio hybrid maupun PCX dapat dikatakan sebagai parallel hybrid, artinya si motor assist/listriknya tidak dapat bekerja sendirian, sifatnya murni hanya assisting alias membantu kinerja motor bakar/mesin konvensional yang pakai bensin itu loh. Makanya tidak jarang juga disebut sebagai Mild Hybrid. Kalau full hybrid, mesin listrik benar benar bisa bekerja sendirian (asal baterenya penuh) dalam menggerakan kendaraan, sementara si mesin bensinnya istirahat dan atau sebaliknya.

yamaha fazzio hybrid

CARA KERJA HYBRID

Baik Fazzio maupun PCX sama cara kerjanya, kuncinya ada di SMG (Smart Motor Generator – Yamaha) dan ACG (Alternating Current Generator – Honda). Secara prinsip, selama sebuah motor memiliki kedua item tersebut, maka akan bisa menjelma jadi hybrid.

Sebelumnya, KBY copas dari kalimat krisjon otomotif alias masbro aant di IG-nya:

“Dan pastinya yang paling bikin wow ada teknologi hybrid. Tapi jangan bayangin hybrid kayak di Prius yang bisa jalan cuma dari aki ya! Ini hybrid pahe, assist cuma bantu dorong saat akselerasi dari diam selama 3 detik. Jadi kalau mesin mati ya gak bisa jalan. Juga gak bisa kasih tenaga tambahan dadakan saat sudah jalan kayak di PCX Hybrid. Itu karena di Fazzio sumber tenaga assist cuma dari aki YTZ6V. Kalau PCX kan ada aki lithium gede khusus buat sistem hybrid.”

Kedua skutik yang KBY sebut di atas sistem hybridnya langsung On sejak motor di start. Fazzio: Arus listrik saat start yang dihasilkan oleh Aki langsung diproses oleh SCGU dan dikirimkan ke SMG yang diterjemahkan sebagai generator tenaga untuk menggerakkan crank shaft tanpa bantuan mesin bensin. Akibatnya gerakan crank makin ringan karena membantu kinerja motor bakar/bensin.

Tapi di Fazzio, motor assist atau booster ini hanya aktif dari berhenti saja, intinya setiap motor baru mau jalan. Misal di lampu merah, kemudian hijau, digas ya langsung ketambahan boost dari SMG yang berlaku selama 3 detik saja. Hanya saja karena sumber tenaga hybrid itu hadir dari aki yang sebesar 12 volt, maka tenaga pun hitungannya maksimal hanya sebesar 12 volt saja. Makanya Yamaha tidak menyebut tenaga, hanya dalam kurun waktu tiga detik.

Jika kita melihat gambar di atas yang sedang melaju di tanjakan, sebenarnya jadi kontra dengan prinsip bluecore hybridnya Fazzio nih. Karena aktifnya hanya di awal dan selama tiga detik saja, seharusnya saat tanjakan ya full motor bakar yang ambil alih, kecuali, start di tanjakannya memang dari diam.

PCX: Persis seperti hybrid Fazzio, motor di start, aki mengirim arus ke PDU, PDU membagi ke Baterai yang memproses ke ACG yang menerjemahkannya sebagai generator tenaga untuk menggerakkan crank shaft tanpa bantuan mesin bensin. Jika bicara start awal, PCX hybrid juga sama, hanya 3 detik boost-nya dan berlaku hanya sampai 3000rpm untuk kemudian diambil alih oleh mesin bakar.

Bedanya, dengan riding mode di PCX150 hybrid plus ketambahan baterai 50 volt, tenaga listrik pada skutik ini siap membantu kapanpun, tidak harus dalam kondisi berhenti dulu, terutama dalam berakselerasi dan dalam riding mode S. Wajar karena sifat baterai-nya itu sebagai power bank. Sedangkan Fazzio gak punya.

LEBIH CANGGIH MANA?

Ngomongin canggih, harus diakui PCX 150 hybrid memang punya sistem yang lebih advance, meski sistemnya sama tapi karena produk Honda tersebut dibantu lagi oleh kehadiran batre yang mampu menampung daya listrik lebih besar, maka tenaga tambahan yang dihasilkan juga lebih besar/ tinggi.

Itu mengapa Honda pede menyantumkan tenaga tambahan dari motor listriknya pada spesifikasi, yaitu sebesar 1.4 kW / 3,000 rpm dengan torsi Maximum 4.3 N.m / 3,000 rpm. Dengan adanya baterai, Honda pun percaya diri membenamkan tiga riding mode pada PCX hybrid yaitu Driving (D), Sport (S) dan Idling (I). Ini yang KBY maksud lebih advance sistemnya.

Apakah berarti Yamaha Fazzio hybrid tidak bisa seperti PCX? Oh TENTU SAJA BISA kalau Yamaha mau, tapi lihat dong tujuannya Yamaha menciptakan Fazzio, memberikan teknologi keren di kelas skutik low-mid, buktinya harganya hanya 22 juta saja, kalau mau ditambah kaya Honda punya? Prediksi KBY bisa nambah sekitar 8-10 jutaan. Belum lagi bagasi pasti dikorbanin buat simpan baterai, mau gitu? Hehe.

KESIMPULAN

Terkait aki cepat tekor buat keduanya, jujur itu wallahualam, meski secara teori PCX akan lebih aman karena ya itu tadi, ada bantuan baterai Li-ion, hybrid berlangsung melalui batre itu, sementara Fazzio hybrid murni dari arus aki. Yang jelas keduanya menganut sistem recharging, alias accu (dan baterai) akan terus terisi selama ada pengereman dan deselerasi (menutup gas). Semoga gak bingung wkwkkw..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

170 KOMENTAR

  1. Artinya dengan aki cuman sebesar kotak parfum tinggal itung lifetime aja kali ya. 3 bulan pertama ngibrid 3detik, bulan ke 4-6 ngicrit 1detik, setelahnya mutlak ngandelin mesin blucrott yang ngebul legend ituuhh🀭🀭🀭. Baiklah ini menjadi bahan bakaran besok ya..Ane pamit bobok dulu. BTW methanol dah ready kok. See yaπŸ–οΈπŸ–οΈπŸ–οΈ

    • Mesin esp honda lebih banyak yang ngebul loh dibanding mesin smg yamaha…. Apalagi klo ketemu tanjakan mesin esp sangat loyo, makanya skarang mesin esp 110 honda dibikin stroke nya sangat panjang, mungkin biar lebih kuat nanjak kali ya… Tp ya itu jadinya larinya mentok 70km/jam 🀭

      • Nah gue demen ini berbalas BC , sayang….BC an tsb gak ngaruh…
        Ambil Genio saja dulu , mampu mengangkangi 3 varian 125 yhm 🀭

    • Test 110cc hondongo di Curug pangeran Bogor jalan menanjak curam bebatuan alhasil otomatis ngebul CVT kasar

      • Selain mentololin orang juga dongoin orang, masih mending bc-an takada-san sama om okelah daripada ini

  2. Saya punya 3 motor, asal habis dimasukin ke zonaspeed pasti jadi ngibrid mang…πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  3. Cara mudah bikin aki cepet tekor Dan alternator gampang rusak. Sensasinya cuma 3 detik doank …

  4. Ini ngibrit , jangan dibilang embel2 atau sekedar emblem.
    Sensaisi dorongannya kayak ada yang nyetut dari belakang.πŸ˜‚
    Setelah 3 detik dengan kecepatan 40 kmh , auto diselap selip oleh skupi .
    Hmmm penasaran sama Kiproknya .
    Owya …setelah kaga Sudi dengan nama PAIJO , apakah juga gak Sudi disebut ngibrid PAHE ?
    Ngibridnya 100 persen persis dengan Fino bonus “LA” ditengah .
    hmmm…semoga masih kuat nanjak , moga2 gak da bau gosong πŸ˜‚

  5. Kalo kata wak haji TMC, PCX Hybrid mahal karenaa menggunakan 2 batere mang..
    Dimana 1 batere yang Li-ion harganya mencapai 8-9jt, sedangkan si om paijo ini hanya menggunakan 1 batere.
    Jika PCX Hybrid menggunakan 1 batere saja, ya tinggal dikurangi harganya 8-9jt, ga beda jauh sama PCX 150 biasa..
    Sedangkan si paijo ini jika dikasih batere 2, berarti tinggal tambah saja 8-9jt harganya, jadi diangka 29-30jt harga jualnya..
    Naaah sekarang pantes ga motor 125cc sama dengan mesin prigo harganya diangka mendekati 30jt…?

    • ya ga gitu cara berfikirnya mas, ketika sudah masuk segment tertentu, tentu saja sudah dipilihkan fitur fitur untuk segmen tersebut, klo indonesia jelas segmentnya sensitif harga, jadi klo masuk harga 30an juta ya ga mungkin juga nawarin basic desain n fungsi kyk matik entry level. lagi pula harga jual baterai segitu itu udah termasuk plus plusnya, COGS baterainya ga akan nyampe segitu

    • bisa kalau bodynya metal semua, ban pirelli, shock ohlins..irem brembo…tupun kayaknya bisa lebih mahal lagi

  6. Mang..I perhatikan yahama, selalu memaksimalkan tech di mesin legendnya. Setelah LC4V minarelli dimaksimalkan dgn vva dll, dan sekarang mesin legend miong series di maksimalkan dgn mild hybrid… hemmm…

    • Miong? Bagian cvt yg dimaksud? Minarelli dari awal emg udah bagus, dan sudah pke forged piston dan ditambah vva. Anehnya mesin minarelli gen vixi 1 diganti material nya ama yg lebih murah dan bikin vampir oli di nva sampai yg sekarang

      • Wah gak bener ini, padahal itu hanya terjadi di generasi vixion nvl (1pA) yg masalahnya cm krna ring piston, dan itupun hanya terjadi dibeberapa pemakai saja.., klo di mesin Nva (2pv) sampai sekarang ya aman lah bro kan udah beda itu mesin nya 🀭.

  7. Kemana aja yamaha sekarang ngekor honda kan..bwt motor yg lebih torque..cm bedanya yamaha ga punya modal alias kere cm bisa remap ecu sama boreup…basis mesin sama ama mio karbu..dikelas mesin tegak jg sama mesin mx dipake…beda sama honda cbr,beat,pcx ganti mesin yg lebih torque..ngejar efisien sama irit…

  8. liat spek mesin, kompresinya 11 an… koq ngeri yah? ini masih pendingin udara kan? belom radiator kan? semoga di sesi pengetesan ada yg merhatiin hal ini…

    • lah embit aja kompresinya kemarin 10,0 : 1. itu mestinya pertamax lho. kenyataannya? banyak yg isi pertalite kan aman2 aja

    • Saya malah mikirnya kompresinya ditinggiin, tapi siklus pembakarannya pake ala2 atkinson cycle kek di mesin mobil hybrid gitu biar lebih irit (atau cuma timingnya aja yg dimundurin, entahlah), makanya dia powernya turun.

    • Kompresi 9 aja suka loss,ring gancet,pelatuk oblak…kompresi 11 pake kipas kiwir2…baru 2 mnggu knalpot sangit

  9. Yah kirain persis plek kek PCX gitu mang, ternyata cuma pas start doang toh… yah tapi emang aki 12V mau bisa apa yak. Saya malah mikirnya ini fitur yg ‘asal ada’, karena liat di blognya wak haji juga part2 elektroniknya boleh dibilang identik dgn yg non-hybrid. Asumsi saya dia cuma ketambahan perintah dri ECU buat ngalirin arus ke SMG pas start awal aja.
    But sistem ini emang nice to have, dan terdengar keren. Toh karena simplisitasnya itu dia gak ada tambahan biaya yg berarti lagi kan?

    Btw, kalau lihat system hybrid yg overly simplified gini jadi kepikiran, gimana ya kalo semisal motor2 bisa dibypass starternya, jdi tombol starter bisa juga dipake pas motor udah nyala mesinnya. Jadi semacam boost-on-demand gitu lah.

    • nah ini nih, “nice to have”

      yamaha terlalu overhype fitur2 yang sebenernya biasa aja. dibandingin fitur yang emang bisa kliatan langsung tanpa dijelasin.

      kalo emang motor starternya bisa naikin torsi diawal lumayan, kenapa juga gak ditulis jelas, dengan sistem hybrid nambah sekian gitu torsinya.
      eh malah diremap itu ecu supaya torsi naik & power turun.

      • Soal overhype ini yg perlu digaris bawahi. Sprt yg udah disebutin di artikel, ntar ujung2nya bakal ada deceptive marketing nih. Fazzio kuat di tanjakan karena mesin hybridnya! Padahal cuma berlaku dari kondisi diam.

        Dan perkara torsi, saya malah curiga kalau power dan torsi 10.6Nm nya itu sebenarnya aditif dari output mesin plus boost dari SMGnya. Betul, standar kalkulasi output buat mesin hybrid kek gitu emang absah2 aja (walau sebenarnya ini nyleneh sih), TAPI DENGAN CATATAN, mesin listrik harus bisa bekerja beriringan dengan mesin bensin pd kondisi peak power (e.g pas ngebut). Which is not the case di fazzio ini. Plus, kalkulasi ini cuma cocok diterapkan di power aja, klo torsi beda cerita.
        Anggaplah torsi mesin fazzio ini sama kek mesin 125 yamaha lainnya yg 9.5Nm, sedangkan output dari SMGnya sekitar 1Nm (kira2 sy dari voltase aki sumbernya yg cuma 1/4 milik pcx, output juga 1/4nya, asumsi ngarang aja). Betul kalo ditambahin totalnya jadi 10 koma sekian Nm, tapi in practice sebenarnya dia torsinya gak bakal sekenceng mesin2 yg emang bawaanya punya torsi diangka segitu. Mungkin realnya sekitar 9.6 atau 9.7Nm lah.

        Dari dulu sy jarang suka dgn cara marketing yamaha, meski saya pribadi daily ridernya yamaha semua skrg.

        • Saya ga mau suudzon, tapi diliat aja nanti apakah aerox yg bakalan pke mild hybrid dikelas 155. Kalo emg iya, maka keterlaluan….

        • nah masalahnya kompetitor dengan CC lebih kecil dan tanpa fitur canggih ini juga kuat nanjak dari dulu….

          ya dulu marketingnya yamaha bagus kalo dari pandangan saya (sebelum 2010), sampe akhirnya kok jadi gak jelas arahnya.

          • Apalagi pitur wai konek nya yg jadi kebanggaan itu,

            Gitu aja pensnya dah kegirangan karena bisa konek hp.

  10. kalau dibilang hanya gimmick tech ya boleh – boleh aja,
    tapi mereka kan nggak bohong soal technology mild hybrid sederhana nya, bisa jadi bahasa marketing khusus calon konsumen yang paham tech sebagai booster jualan, selamat deh, mau dibully kayak apa, scoopy udah kalah secara desain fitur dan technology,

    • Terlalu stengah” pengenalannya yg nanti malah bisa jadi blunder. Karna tak smudah dibayangkan,hybrid tapi pakai 12v,nambah tnaga sedikit aki tersiksa

  11. Kenapalah foto teratas ditampilkan tampak belakang?🀣🀣🀣🀣…jadi ingat sama….gak ah wakakak

    • Menurut ane, berempati dengan menciutnya MS (mereka) saat ini, biarlah marketing dan salesnya berkreasi, misalnya ngibrid 3 detik dari posisi diam lantas dikabarkan tambah daya di tanjakan🀭..ntar makin ke tepian kota bahasanya beda lagi…pake turbo!!! Tepatnya smart turbo!!! Wakakak 🀣🀣🀣

  12. Petinggi Yiamah sumringah 1000 unit Squizzo ludes via pesanan onlenπŸ‘‹πŸ‘‹πŸ‘‹..dah berani nyebut angka ni yeee. Data AISI bulan depan dah boleh tampil kah?😜 Kabar baik lainnya adalah 2000 pcs stock spion jaman Megalodon dah sukses keluar dari gudang 🀭 dengan catatan kalau iya benar ludes dipesan 1000 unit tadi. Congrats!!

  13. Sasarannya yhm adalah konsumen yang gak peduli dan atau malah yang gak ngerti ngibrid yg diusungnya.
    Konsumen awam yang cuma tau bahwa ngibrid itu canggih …namun dapet murah πŸ˜‚
    Apakah udah gak bisa naikkan torsi dari mesin tsb dengan cara yg masih gampang lewat remape atau bagian2 diarea cvt nya disesuaikan lagi dibanding torsi yang disupport singibrid yang ga seberapa ? Jawabannya…Yhm bisa .
    Tapi ngibrid adalah sesuatu yang harus dijual . Pengaruh yang ga seberapa tapi nice to have buat konsumen yang saya sebut d atas.

    Disaat :

    CC ( kasapasitas silinder )
    HP ( horse power )
    PeaPea ( vva ) dan
    Konek Konek ( Y connect )
    ….Masih belum mampu menjadi ” daya Jual ”

    Apakah Ngibrid Pahe 12 V bisa menjadi Assist Booster dalam ” Daya jual ? πŸ˜‚

    • Sebenernya artikel gw ini bukan mencari cari celah kekurangan dari peceka apalagi Fazzio..

      Ay bikin pertama buat diri sendiri, biar yang ada di kepala hasil diskusi dengan yg lebih paham, tercurah dalam bentuk tulisan.. intinya bikin lebih tau diri sendiri..

      Kedua, buat mereka yang ingin tau lebih emang hybrid itu kaya gimana? Cara kerjanya seperti apa? Kenapa bisa begini, bisa begitu, kalau bisa begini bisa begitu 😁

      Ga jauh sama media mainstream yang banyak bikin artikel serupa, beberapa sumber artikel ini juga dari google hehee…

      • Mang kobay sudah berada dijalur yang tepat , mudah dimengerti dan
        Sangat mencerahkan Malah penjelasannya. πŸ‘πŸ˜‚
        Saia cuma ngarep ada respon tetangga biasa…. yang keluar dari Nalar sehat…bukan cuma bisa narok Link πŸ˜‚

        • Berdasar tulisan mang kobay , Saia malah jadi tau…ASSIT ngibrid 3 detik yang buat nanjak …gak kepikiran sampe sana πŸ˜‚

      • Masalahnya ini dikatakan MILD HYBRID. Terus apakah ada pengaruhnya dalam kegunaan sehari hari? Ya kalo dibandingkan iss, sss ya jauh kegunaanya. Ini penggunaanya hanya diawal waktu diam mau gerak ato akselerasi. Ya gw setuju sih sama takadayangbisa. Ini hanya gimmick yg benar2 gimmick. Kalo ga mau dikatakan gimmick ya liat nanti hasil test dyno yg kata tmc bisa dijadikan acuan ada penambahan berapa % dari boost aki 3ampere tsb. Tapi masalahnya nunggu paijo non hybrid kayaknya ga mungkin didekat2 ini

          • Luar biasa disaat honda belum mampu bikin engine cut off buat motor sportnya, yamaha malah udah bisa bikin mesin hybrid buat matic nya + bonus tombol hazzard lagi….

            Wah Fazzio siap buat touring dan motocamping nih, gak perlu kuatir saat nanjak tentunya ya,

            banyak video keong dan mbit ngebul saat nanjak 🀭 apa perlu gua share videonya ?🀭

  14. sisi pengaruhnya dalam penjualan
    Boleh ini akan jadi lawan skupih , namun ” Embel2 hybrid namun murah ” yang diUsungnya …apakah gak ngaruh sama jualan saudara sendiri ?
    Yakin 95 persen…si Paijo bakal memporak porandakan jualan saudara sendiri sebelum sampe menyentuh Scoopy . Setidaknya…ngapain ambil freego..kan nambah dikit dapet PAIJO , bukan begitu ? Trus bagaimana si Gearot Mio2 lainnya ? ..terlupakan dengan balutan Warna2 si Paijo.
    Mari kita tunggu πŸ˜‚

  15. Lucu ngebayangin pak Joki dan pak Eka , menghadapi konsumen yang Paham kemampuan ngibridnya si Paijoh… Mlipir kebelakang pura2 angkat telpon πŸ˜‚

  16. Neng….ngapain lu brenti ?
    Ngumpulin tenaga bentar bang…mau ngebejek.
    Gak da kerjaan Lu Neng , lu ngeludah bentar 3 detik juga dah hilang tenaga lu Neng.
    Kan tar brenti lagi bang .

    Lu gak da kerjaan ape ga waras neng ??
    Wuuuuuuzzzz…..( Berita gas )
    πŸ˜‚

      • Luar biasa disaat honda belum mampu bikin engine cut off buat motor sportnya, yamaha malah udah bisa bikin mesin hybrid buat matic nya + bonus tombol hazzard lagi….

        Wah Fazzio siap buat touring dan motocamping nih, gak perlu kuatir saat nanjak tentunya ya,

        banyak video keong skupi dan mbit ngebul saat nanjak 🀭 apa perlu gua share videonya ?🀭 πŸ˜‚

          • alhamdulillah gak perlu sales yang harus canvasing keliling rumah warga ya.

            semangat buat yamaha

        • Pertanyaan ini pasti amat berat untuk dijawab Pak Joki dan pak Eka.
          Disaat :

          CC ( kasapasitas silinder )
          Udah melebihi rival….namun gak mampu menjadi Daya jual. Kemudian dilahirkan
          HP ( horse power ) yang juga lebih tinggi dari rival..kePedean yang tinggi diBrosur tsb pun tak Mampu menjadi Daya Jual….belum nyerah, yhm mengeluarkan
          PeaPea ( vva ) mendukung kegagalan 2 Hal yang diatas..hasilnya pun gak sesuai harapan , kemudian dapet Celah baru…lahirlah fitur
          Konek Konek ( Y connect )…sekian tahun berlalu , Masih belum mampu menjadi ” daya Jual ”.
          Kegigihan yhm patut dakasih Juempuolll…apakah berdasarkan keSuksesan atau keGagalan siFino bonus LA d tengah ( ga Taulah ) … Maka lahirlah di Indo tekh Ngibrid… Mild hybrid itu bahasa halusnya , kasarnya Ngibrid Pahe.
          Apakah Ngibrid Pahe 12 V bisa menjadi Assist Booster dalam ” Daya jual ?

          Jangan sampai 1- 2 tahun k depan Saia kembali bertanya
          Disaat
          CC
          Hp
          PeaPea
          Konek2
          Ngibrid
          Masih Gak mampu menjadi ” Daya jual ”

          πŸ˜‚

  17. Rasakan sensasi menanjak dengan Squizzo Ngibrid..caranya adalah tentukan jalur yang akan ditanjak, rendahkan posisi badan, gas puolll 3detik dan stop!!! Ulangi lagi, rendahkan posisi badan, gas puoll 3detik dan stopp!!! Begitu seterusnya…aseekkk🀭🀭🀭. Anda puas sampaikan ke teman, tidak puas sampaikan di blog ini…yihaaaaπŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰

  18. ditungguin nihhh artikel Mang Kobay dkk first impression dan test ride Yamaha Faizzo via jalur indie – Yamaha SBW

    ntar cari rute yang banyak tanjakan panjang Mang, biar kerasa efek hybrid nya

    klo perlu ajakin juga duo influencer jagoan Yamaha buat test ride bareng – ya kali ntar beda kesimpulannya

    disclaimer : beda kesimpulan tergantung tangan kanan dan konstruksi bokong yg test ride

    • kerasa atau tidak efek hybrid, gak bakal ketahuan kalau tidak pakai alat ukur

      jika ente mengukur pakai feeling (contoh : kata si A begini, kata si B begitu), gak bakal ada yang bisa dipertanggung jawabkan

      semoga waras ya

  19. wah sudah panas rupanya …. saya ketinggalan jauh nih
    baca komenan 1 1 ah …. mo tau perlawanan para beye …

  20. Betoott..tuwaga..setopp, betoott..tuwaga…setopp🀭..bletakk jegluk..bletak..jegluk. Jangan lupa dibeli jangan cuman dihore2in ajaπŸ‘‹πŸ‘‹πŸ‘‹

    • Yamaha sudah technology hibryd, sebelah masih bingung caranya gimana bikin engine cut off 🀣

      • Boro-boro bikin hybrid, bikin engine cut off dan hazzard aja gak bisa kok.. tuh liat varian soort 🀣, pantes disemua ajang balapan keok mulu oleh Yamaha yg memang tercanggih di dunia sepanjang masa…🀣🀭

        • Nih kuman diatas berdua.. Mungkin matanya udah benar2 picek.
          Udah tau sembahanyannya buat bikin lawan canggih sepadan goldwing aja tak mampu, malah cecenguknya disini datang hanya bangga2in cut off dan hazard.
          Hando kl mau totalitas nonjok yahama dari kecanggihan teknologi, gak bakalan kebagian lu remah2 kebanggaan sembahanmu sedikitpun πŸ˜…

  21. Menurut ane terlalu jor2an fitur dan bikin jomplang terhadap saudaranya sendiri bisa mengakibatkan kanibalisme. Seperti LeXong yang sudah rabies digigit Plenggo. Ini lebih berpotensi mematikan LeXong ketimbang gebukin siKupi. Namun kalau tumpukan mesin buCrott yang selalu gagal facelift menjadi pertimbangan, maka biarlah wujudnya Plenggo atau Squizzo yang penting cuci stock mesin. LeXong jadi martir dulu.πŸ™ƒπŸ™ƒπŸ™ƒ

    • Ngejual itu harus Optimis , pinter cari celah buat memikat….Apalagi didepan Fbh , pinter meramu sebuah tulisan jadi Panganan Ueeenak itu Wajib.
      Nah…..
      Kira2 Pak Joki dan Pak Eka sudah menguasai ?
      Dibaca komen dari atas sampe bawah , gak ada 1 pun ketikan yang menggambarkan jiwa Sales yang punya Daya Jual ( mirip2 juga dengan produk yhm ) …
      Jadi , gak salah dooong…. jika ente2 masih ditempatkan di bagian Gudang dengan Kamocheng ditangan πŸ˜‚

  22. Rasanya sekarang ane paham ngapa ni barang kodenya BEJ-At..bayangin baru 3detik dah selesai..kan temennya jadi kentang alias kenakmya tanggung🀣🀣🀣…beneran jahatt ehh bejatt itu mah..wakakak

  23. Artikel yang awalnya membahas teknologi baru di low metik, tapi akhirannya tetap Hybrida pada PCX lebih advance .
    Dasar blogger ahmplopan….
    πŸ˜€πŸ˜€

      • Mang kobay adalah blogger tersantuy yg masih eksis & gak pernah kepancing soal tuduhan amplop, malah di jadiin bahan candaan terlepas bener di amplopin ato kagak wkwkwk… Buat para sales yg nyerang mah aing cuma berpesan, mending nyerang produk yg dibahas aja, klo yg punya warung mah malah buat becandaan

        • Wkwkw kebetulan jimmo itu bisa dibilang komentator lawas, cuma belakangan ini beliau sepertinya sibuk cari cuan, jadi nongolnya sesekali doang wkkwk

        • Btw kalau ay mau ungkapin mah, yg beneran ngasih amvlup itu kawak, Juki ama Yahaha…
          Paling gede Yahaha…

          Ngahem cuma goodie bag ajah …

          Jadi sebenarnya yg teriak amvlup itu ya ditujuin buat mereka sendiri.. gw mah cuma ngakak doang.. 😁

          • Jiahahah malah di bongkar, mang kobay terlalu sadis. Jimo termasuk legend sih mang, temenya malah dah pada punah kayak sih matius dg CS1 turbocharger, ayumi si peroasting blogger amplop dan siapa lagi ya lupa gw wkwkwkwk…

  24. mantab banget tuh si paijjo, kta blog om iwan kejual 1000 unit dalam 5 jam!!!

    melek sono ahaem!!! tahun 2021 bahkan ahaem cuma bisa jual 448 unit per jam…. cupu…. (sumber berita tmcblog, 3928788unit / 365hari / 24jam = 448.49 )

  25. Iseng buka Blibli.
    Klik Paijo , filter Jabotabek .
    Dihitung 16 biji .
    Apa Saia salah ?
    🀭

  26. 1000 unit dalam 5 jam ! Woooow πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘ ,
    Tapi dipublish 2 hari kemudian ( 2×24 jam ) sejak peluncuran 🀭

    Hebatnya yhm ini pinter dalam ngejual dengan jumlah Pas.
    Penjualan 2021 Pas 3 jt unit.
    Penjualan Paijo pas 1000 unit dalam kurun waktu 5 jam

    Hnd mana bisa 🀭

  27. Kenapa bisa sampe telat 2×24 jam ? Ngepublishnya ???
    Karena tiap 3 detik brenti dulu.
    🀭

      • Banyak yg kelonjotan dan kejang 🀭, yamaha sudah hybrid, sebelah masih bingung gimana caranya bikin engine cut off 🀣

        Pernah baca di forum klo engine cut off di motor hnda emg faktanya gak cocok, dulu ada di megapro dan tiger, krna kelistrikan di motor hnda umumnya pakai kabel arus positif (+) buat tombol klakson, lampu, sein, dll, sehingga saklar gampang rusak. Karna engine cut off itu punya daya besar maka trlalu resiko klo maksa pake engine cut off, akhirnya ya diilangin aja🀭

        • mbeha sok-sok an bully hybrid Yamaha entar klo udah ngekorr dan jiplak juga dipuja-puja (kaya yg sudah sudah) biasalah jamu…jamu… Jamune mas 🀭.. mending itu engine cut off dipasang dulu woy katrok 🀣..

        • Menurut gw jangan disentil mulu itu engine cut off, gw juga baru sadar..

          Soalnya tar kalau beneran dikasih, bingung mau bully apaan lagi… Eh tapi gakan bingung sih, akan selalu ada celah, ya kan? 😁

          • yang seru ada pabrikan yang katanya produknya value sazZa, vitur melimpah, ada enjin cut off, tapi ga bisa kejual….

            yang salah motornya? salesnya yang gak keliling ke rumah2 warga? atau bangsa indonesia bodoh sampe ga bisa liat produk yang value macam gini???

          • Kejual dgn diobral itu beda bro, jual = cuan
            Obral jamu = kerja bakti πŸ˜‚

          • mantab memang yamaha, jual prestis, gak ada diskon2an…. stok tahun kemarin aman bro?

  28. Kecanggihan yamaha sudah terbukti di semua ajang balap dunia dikuasai yamaha sepanjang masa, Onda bertahun-tahun hanya jadi badut dimotogp dan wsbk… Amsyong emang Onda…, keong, mbeat dan pcx160 ditanjakan ngebul, sportnya dibalapan mbadut 🀣

    • Dulu pernah baca komen tipe2 kayak gini mang, ujung2nya sarkas…
      Kalo yang baca org baru liat motobiji dan wsbk, bisa langsung emosi nihh
      Nyatanya fakta terbalik..
      Jumlah kemenangan Honda di motobiji jauh banget dibanding yamlehoy…
      Pun di wsbk, semua juga tahu kalo yamlehoy baru punya 2 gelar, sedang Honda 7 gelar..
      Kalo petinggi yamlehoy baca komen seperti ini gimana ya perasaannya…? Bangga atau miris….?

  29. Ente pasti gak ngerti tekhnik dan ngutak Atik motor ,
    Stand switch off itu dipindahin kesaklar baru distang …juga bisa jadi ECo . Begitu mudah nya mbeat pake Eco bukan ?
    Cuma butuh 30 menit ( udah termasuk Nyambi ngopi ) masih kalah dari 30 detik sih πŸ˜‚

  30. Pak joki dan pak Eka punya lapak di Blibli ?
    Udah berapa yg kejual ?
    A to Z lapak Blibli nyari si Paijo…kok 50 unit aja ga nyampe ?
    Gimana cara ngitungnya tuh ya….kasih gua pencerahan , 1000 Pas itu dapat dari mana ?
    Tapi mungkin sih udah dapet 1000 ( yang masih dikeranjang 956 unit πŸ˜‚
    Karena upload yang terjualnya per Unitnya butuh 3 detik , keknya sebulan lagi baru selesai ngitung tuh Bliblinya πŸ˜‚

    • Laris manis 🀣, mending ente fokus ke jamu aja bro.. jamu.. jamu 🀭

      Amsyong emang Onda…, keong, mbeat dan pcx160 ditanjakan ngebul, sportnya dibalapan mbadut 🀣

  31. Pantaskah kita kasian sama yhm ?
    Sangat Pantas.
    Yhm udah kerja keras , Sales-nya cuman ngabisin Kamocheng πŸ˜‚

  32. walaupun si Paijo lahir …bukan sebagai pengganti Pino ( katanya sih gitu di berita ) wajarrr… Karena si Pino bertumpuk2 diGudang πŸ˜‚

  33. Buka websitenya….Nyemex dan ngorox jadul masih d jual , tentu ditemani Pinoh dan lainnya πŸ˜‚

  34. Tolong pak Eka pak Joki kasih gua pencerahan mengenai 1000 unit Pas dalam +-5 jam .
    Blibli sebagai e-commerce yang ditunjuk untuk penjualan online , angkanya jauh untuk sampe segitu.
    πŸ˜‚

  35. Gua awam mengenai toko online tsb .
    Gua cuman lihat lapak ini …trus terjual berapa. Pi dah keLapak berikut terjual berapa….sampe semua lapak.
    Nah gua hitung kok gak Nemu angka 1000 tsb ?
    Kasih tau dong cara ngitung yang bener πŸ˜‚

  36. Rata2 produk dilabel LTD alias Limited biar lebih prestise. Saran ane, ni produk dikasi emblem MTD alias Moncrot Tiga Detik…lebih kurang dapat diasosiasikan dengan diare yang akut😜😜😜. BTW itu engine cut dipakai buat jaga2 kalau2 side stand switch error’ kayak EneghhMakk ya?? Kalau iya berarti memang tepat guna walaupun kualitas jadinya dipertanyakan🀣🀣🀣

  37. Takada San, kalau komen jangan ngebom gitulah..soalnya yang sono tiap ada artikel baru kan auto kejang..lah kalau komen dibom kayak gitu ya langsung MTD (Mencret setiap Tiga Detik)🀭🀭🀭. Ane doain laris biar komisi cukup buat nyetok Diapet..wakakak

  38. Jamu jamu jamu… πŸ˜‚, H Amsyong emang Onda…, keong, mbeat dan pcx160 ditanjakan ngebul, sportnya dibalapan keok mulu,

    Sisa dimeja hanya tumpukan ktp 🀣

  39. Komen gua sebenarnya biasa , karena efeknya Zluuuubbbhh…jadi terasa Sadis.
    Gua hanya minta d ajarin cara ngitung yg terjual 1000 unit lewat Blibli sebagai e-commerce yang ditunjuk oleh yhm πŸ˜‚

  40. Sebenarnya kalau 3detik Moncrot itu termasuk kategori aib lho 🀭🀭🀭. .solusinya bawak ke Mak Errorrr atau Dakter Oyke🀣🀣🀣.

  41. Dah abis?? Gitu aja?? Gak asikkk 🀣🀣🀣 apa solusi 3detik tadi?? Panggil ambulans kah?? Wakakak

  42. 2022 masih jualan gimmick…
    Mending jualan spion purba, lampu sen & rem pakai bohlam… Lebih smart…

  43. jangan pada rame. kan udah biasa, di Y mah yg jago ya marketingnya… gimmick2 mah jagonya… wkwkwk.. kalo urusan mesin dll mahh… ah dahlah…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..