iklan gma

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Meski kerap disebut kalau Honda punya banyak jenis produk di setiap kapasitas mesin, tapi ada loh kelas yang pabrikan sayap kepak ini tidak terdaftar alias gak ikutan! Kelas berikut adalah jenis skutik dengan mesin berkapasitas 400cc dimana tidak ada nama Honda di sana. Skutik yang sudah masuk ranah moge ini jumlahnya ada 9 yang terdapat beberapa di Indonesia dan belahan dunia lain, apa saja? Ini dia 9 skutik 400cc.. cekidot

Artikel ini berlandaskan inspirasi dari warung mang Asep, jadi datanya dari dia, so kalau ada yang nanya, mana datanya mana datanya, silakan mampir kunjungi beliau ya, KBY mah cuma penerus pesan saja.. wokwowkwowkw.. Kuy kita mulai

Di Indonesia, seingat KBY setidaknya ada tiga skutik yang mesinnya mencapai 400cc, yaitu BMW C400 GT, Kymco Xciting 400 dan SYM Maxsym 400i. Di atas itu ada moge Yamaha T-Max dan SYM Maxsym 600i. Sementara di bawah 400 lebih banyak lagi, dari PCX, Nmax, X-Max 250 dan juga Forza 250. Kita akan bahas yang 400cc saja yes.

9 SKUTIK 400CC

1. BMW C400 GT

Berdasarakan alphabetical order, yang pertama adalah BMW. Sesuai nama dan labelnya, skutik 400cc yang dijual resmi di Indonesia merupakan produk yang masuk ranah premium dimana harganya mencapai 279 jutaan Of The Road. Harga tersebut memang tinggi untuk salah satu pelopor skutik canggih di dunia.

Meski mungkin gak semua orang suka terhadap desainnya yang terlipat lipat, tapi sosoknya dianggap unik dan futuristik. Tengok desain 4 headlight projector LED-nya yang gagah bin ganteng.

Meski masuk ke ranah 400cc, sebenarnya skutik ini memiliki kubikasi mesin resmi 350cc 1 silinder 4 klep berpendingin cairan, tenaga puncaknya mampu mencapai 25 kW atau setara 34 Ps pada 7.500 rpm, dan torsi maksimum sebesar 35 Nm pada 6.000 rpm. Maxi skutik ini didukung juga dengan rangka tubular yang kuat dan memiliki berat kosong 201 kg saja. Sektor kaki kaki alias ban BMW C400GT ini memiliki ukuran 120/70-15 untuk depan dan 150/70-15 di bagian belakang.

2. KYMCO XCITING S400 2022

Skutik 400cc asal Taiwan yang laris manis di belahan eropa ini baru saja mendapatkan sentuhan terbaru untuk MY 2022. Adik dari moge elegan Kymco AK550 yang baru diperkenalkan di EICMA Milan kemarin ini memiliki kapasitas mesin murni sebesar 399cc 1 silinder berpendingin cairan, powernya mencapai 24,3 Kw dan torsi 35,3 Nm, Keunggulan motor ini punya panel speedometer TFT warna 3 cluster yang bisa terkoneksi dengan smartphone, sayang seperti halnya produk Kymco lainnya, kunci kontaknya belum juga keyless di unit ini

3. PEUGEOT METROPOLIS

Dari 9 daftar skutik 400cc, hanya PUG Metropolis lah yang kakinya tiga, iyes seperti halnya Piaggio MP3 ataupun Yamaha Niken, skutik 400cc memiliki roda sebanyak tiga buah dengan detail dua di depan dan satu di belakang. Kaya becak? Ya begitulah hehe.

Modelnya disebut trike tadpole, skutik buatan Prancis ini mengusung mesin 399cc SOHC 1 silinder bertenaga 35,6 Hp dan torsi 38,1 Nm.

4. PIAGGIO BEVERLY 400

Seingat KBY skutik ini pernah dijual resmi di Indonesia oleh PT Piaggio Indonesia, tapi saat ini sudah tidak ada lagi, menyisakan Piaggio Medley S dan MP3 yang kapasitas mesinnya 500cc jadi udah ga bisa di dalam kelas 400cc lagi.

Di Indonesia, skutik model round bulet gini banyak yang gak selera, ya wajar, setiap area punya karakteristik kesukaan masing masing kan hehe. Tapi di Eropa, model gini katanya laris keras. Piaggio Beverly ini merupakan seteru dari Honda SH350i, bedanya si SH deknya rata meski memiliki postur yang sama, tinggi dan lebar. Fitur unggulan skutik ini diantaranya lampu serba LED, panel meter full digital besar berukuran 5,5 inch, bagasi luas yang muat 2 helm, dll.

5. SUZUKI BURGMAN 400

Dari P kita menuju S yang pertama, yaitu Suzuki Burgman 400! Skutik ini yang sebenarnya digadang gadang akan menjadi basis desain dari Burgman 180 Indonesia, karena dibanding UH200 si Burgman 200, desainnya masih jauh lebih mantap si 400. Kebetulan KBY sudah lihat langsung binatangnya seperti apa.

Pada dasarnya, Burgman 400 ini merupakan produk global yang dapat ditemukan hampir di semua belahan dunia manapun, yang jelas Indonesia gada sih, aneh juga, harganya gak masuk kali ya. Meski belum berganti model, tapi hingga saat ini, sosoknya masih terlihat mengikuti perkembangan jaman.

6. SYM MAXSYM 400i

Jika hanya dilihat sekilas, skutik ini akan terlihat mirip dengan Yamaha Nmax old, desain body, single headlight dan juga buritan yang landai kebelakang. Tapi tentu saja bukan, karena ini motor skutik 400-nya SYM Taiwan yang punya desain elegan dan mewah. Sayangnya varian yang ini belum dijual di Indonesia, MForce masih menjual yang versi lawas.

Skutik ini mengusung mesin 399cc bertenaga 33,5 Hp dan torsi 39,5 Nm. fiturnya lengkap dan modern termasuk system kunci yang sudah pakai remote.

7. TARO TR400T

Ga usah bingung dengan namanya, karena KBY pun sama wkkwkw, ini skutik apa snack sih? Tanggung Asik Rasa Ogut awowkwkwkw.. Well, Tairong Motorcycle yang di Eropa dikenal sebagai Taro merupakan brand China yang punya line up produk skutik 400cc. Desainnya sendiri cukup unik dan futuristik bergenre maxi skutik. Salah satu ciri khasnya adalah dual lampu LED di area depan yang sekilas mirip dengan tampang Ducati Panigale.

Cina ga usah diragukan kalau sudah niat expansi lads, berani dan biasanya punya kualitas yang dapat menyesuaikan dimana produk tersebut akan dijual. Mengerikan!

8. VOGE SR4

Skutik ini adalah kembaran Voge LX350T yang rilis di China beberapa bulan lalu lads. Tapi yang bikin fenomenal ternyata bukan hanya namanya yang sangat asing di telinga, lah KBY aja baru tau belakangan ini. Yang menarik dari skutik 400cc buatan Cina ini adalah memiliki platform mesin yang sama dengan BMW! Bisa dikatakan serupa tapi tak sama kali ya? Belum menemukan info sih apakah Voge memang bekerjasama dengan BMW atau gimana.

By the way soal nama, dulunya kita kenal dengan nama pabrikan Loncin loh. Dan terkait model, basisnya sama dengan BMW C series dimana Voge ini hanya merubah bentuk body fisiknya sehingga tampil beda. Hmmm…

9. YAMAHA X-MAX 400

Protes? Kenapa Yamaha ditaro paling belakang? Yah elah, namanya juga alphabetical order woi, masa Z di taro di depan wkwkwk.. ah susah dah kalau sama haters, apapun yang kita utarakan bahkan dengan benar, tetep aja salah, oia deng haters gonna hate.

ini 250 nya ya

Tidak perlu mencari perbedaan soal body dengan adiknya yang 250cc di sini, karena gak banyak yang berbeda, kecuali lads lihat langsung ke rem depan. Yak skutik maxi yang memiliki 3 varian di eropa sana yakni XMAX 125, XMAX 300 dan satu lagi XMAX 400 memiliki fitur double front disc brake yang dimana piringan cakram depannya dua, ala moge. Kayaknya bisa dipasang ke 250 sih.

Knalpotnya juga terlihat lebih panjang loh. Oia Skutik 400cc ini mengusung mesin 395 cc 1 silinder DOHC 4 klep yang mampu memuntahkan tenaga maksimal sebesar 24.5 kW @ 7,000 rpm dan torsi maks 36.0 Nm @ 6,000 rpm. By the way KBY berharap X-Max tahun 2022 ini bakal All New..

KEMANA HONDA?

Iya ya? Kemana? Biasanya merek ini ada di semua level.. ternyata tidak dalam daftar 9 skutik bermesin 400cc, kenapa? Simpelnya karena mereka tidak punya mesin 300cc yang bisa dibulatkan ke atas menjadi 400cc. Bahkan Forza 350 dan ADV 350 pun mesinnya hanya 330cc, artinya kalau ditarik ke atas pun ya ke 350cc. Bisa dibilang mereka menciptakan kolamnya sendiri meskipun dari sisi jualan ya diadu juga dengan kelas 400cc.

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

65 KOMENTAR

  1. Wah klo bikin bisa ms bisa 2000 persen 🤭, tp duitnya lari kemana?

    Yamaha = sponsor motogp
    Suzuki = sponsor affc
    Hnda = dana habis buat bece 🤭

      • Wakakak😜😜😜…kabar baiknya Trem7 katanya bakal nyiarin WSBK dan Yiahaha jadinya “wajib” ambil..anyway tengkiu lah. Cuman jadinya GelengCocot gak jelas mau kemana, bisa2 balik ke balapan bebek😁. Tanda2 kehabisan napas kah? Lambaikan tangan ke kamera, sayap siyap bantu 🖐️🖐️🖐️

    • Kalo Honda dananya habis buat development PU F1, hasilnya 6 Juara dunia pembalap, 6 juara dunia konstruktor, 88 kali kemenangan dan 89 kali pole position, pencapaian yg sulit diraih sama pabrikan Jepang mana pun termasuk pabrikan sultan sekelas Toyota.

        • Bener gak sih, katanya avansa inova tu mesinnya dari yahama, toyota hanya desain body saja..🙄🙄🙄

          • @hud
            Nope
            Avanza xenia mesin by daihatsu, inova mesin dri toyota sendiri
            Yamaha hanya buat segelintir mesin toyota untuk high performance aja, kyk head mesin 4age 16 n 20 valve itu headnya buatan yamaha
            3sge non turbo headnya jga buatan yamaha, celica mesin zz toyota jga headnya buatan yamaha
            Sama mesin yg d buat dri nol ya mesinnya lexus LFA 1LR GUE V10, gakda mesin toyota lain y d recokin yamaha selain itu setau ane
            Ada mesin leksus v8 jga yg di recokin yamaha lupa kodenya

          • @draco setau gw mesin 1LR-GUE itu pure toyota/lexus. Yamaha kayaknya cuma buat chamber accousticnya biar bisa dapet sensasi desahan manja v10 paling gila tsb.

            Kalo ga salah yang masuk divisi yamaha music malah bukan yang yamaha motor

        • @Subaru, Ya itu penyebab mereka gagal di F1, jago WRC sama WEC mereka pikir cara kerjanya bisa dipake ke F1 tau-taunya malah berantakan

          • 11-12 kan kenapa honda ga ada suara samsek di rally. Kolam yang dimainin beda.

          • Jadi gini, Yoyoda dengan jumawanya menganggap bekal kehebatan di rally itu bisa dibawa ke F1 …

            Tapi dia lupa, di rally pun ada dua nama yaitu Mitsu dan nickname Subaru yang bisa dibilang lebih atau sama hebatnya dilihat dari sejarah…

            Sementara H tegak dari awal fokusnya emang hanya di F1, karena melihat sirkus jet darat itu sebagai yang tertinggi di kancah balapan dunia.. intinya emang maunya naklukin F1 dan menjadi pabrikan Jepang pertama dan satu satunya yang pernah menjadi juara berkali kali di sana …

            Mitsu dan nickname Subaru bukannya gak mau ikut F1 tapi paham dananya kudu abis abisan kalau mau nyemplung di situ…sementara hanya Yoyoda lah yang secara finansial paling kuat …

            Dan taraaaaa… Konon bahkan dengan bantuan racikan mesin pabrikan motor yang powerful sekalipun, hasil terbaiknya adalah Runner up sebanyak dua kali dalam sekitar 3 musim (cmiiw) di F1 …

            Singkatnya, three ellipse gagal menaklukkan F1

    • Lah itu duit yg buat biayain pembalap yg di ARRC, CEV, Moto2, belum lagi yg buat pembibitan pembalap muda tanah air yg bisa sampai membawa nama anak bangsa di kelas internasional ga dianggap ya om ?

      Oh iya itu ga sebanding lah ya kalau mau dibandingin sama yg sekedar sponsor buat nayangin MotoGP yg mana itupun itungannnya lebih ke sponsor “wajib”…

      • Di yfr pun semvakin di devan sudah turun kasta..dari sponsor besar ke sponsor kecil macam yamyam thai sama yamyam ph,dan blu coro sponsor dr yamyam global..memang jualan berpengaruh ke sponsor..

    • Kudu cari tau, tapi kalau gak salah ingat, Forza 300 itu dijual lebih murah di Inggris daripada XMAx 300, begitu juga di Thailand… Cmiiw

      • Honda ga mau serakah.
        Kalau ikutan bikin..bisa² market share nya 101 %

        Yg lain disuruh kemana ?

      • Bahkan sepeda motornya sendiri gak da 400 , kecuali Jdm . Mungkin yang lain bisa menambahkan ? 😀

        • Sesuai kasta nya sih ini kan kasta sultan…. Mau bikin juga dana dari mana? dana sudah habis buat bece di indo, thai dan indihe 🤣, akhirnya global kena defectnya…,🤣 Ditambah buat biaya rumah saki alien jendela 🤣 makin nyungseb dah…. Di wsbk mandalika gak dapet cuan ( zonk podium 🤭) akhirnya pebalapnya gak dapat ongkos buat balik 🤣…

          Amsong dana habis buat bece 🤭

  2. Kalau mau ikutan..gampang banget honda bikin mesin matic 400 cc.
    Soalnya honda ahli bikin motor gede dari jaman dulu.
    Bukti : supercup 700,astrea 800,glmax neotech 1250,glpro neotech & megapro 1600,bahkan tiger 2000 pun pernah dibikin.

  3. Kalau mengacu pada regulasi ngeropah…maka 400 CC tsb jadi nanggung.dikarenakan ngeropah memberikan kelas dari horse power , bukan Cc
    Opini 1 🤭

  4. Kalo diliat dari CBR dan CB yg 400cc Honda biasanya bikin buat JDM dan 500cc buat global, ada kemungkinan kalo honda mau turun dikelas ini ya mereka bikinyan 500cc dan versi 400ccnya buat JDM

    • Mungkin bikin metik 500 CC ( yang masih masuk dikelas A2 35 Kw/47 hp ) ) bikin Hnd ga tertarik . Buktinya sedari dulu gak pernah mencoba bikin. Kurang menggairahkan mungkin ya , makanya sekalian bikin Mogenya .

    • Mungkin bisa reborn Juno K yg pake mesin boxer lagi dibikin jadi 400cc JDM dan 500cc buat global, walaupun hampir ga ada kemungkinan kan ngimpi gratis 😅

  5. Hmm
    Gw penasaran sama adv160 nanti kira2 bakal kyk adv350 gak ya?
    Model maupun kaki2nya
    Beuh kalo beneran gilee dah mantab gila
    Udh usd depannya

    • Beuhhh….sampeyan meluluh lantakkan perasaanku , tapi..gimana kalau 250 versi lokal nongol ? Pilih 160 atau 250 ? 😂

  6. Sorry Mang kobay..kaga dibuat buat , Gua auto tersengir sengir tiada henti . ingat balasan gak mikir panjang mudah dan lugas…
    ” Modif BPKB ” 🤣

    • alhamdulillah bikin lu bahagia
      setelah itu jangan lupa yg semangat sebar brosurnya…..terus BC nya siapin…..

  7. Wakakakak…kalau shock mau empuk kudu modip BPKB samalah artinya kalau mau laris kudu modip apa?? Ya modiplah..mereknya🖐️🖐️🖐️ Dasar warung gendeng🤣🤣🤣

  8. Nenk Taro pakai ngancam cabut dari Yiamah plus minta gaji gedeeee bukan karena kepedean kayaknya..tapi mungkin.. mungkin ya karena mau berbagi dengan MiCeleng buat ngatur undian ban..mungkin yaaaaa🤭🤭🤭🤭. BTW di warung lain disebut Hahon menguasai jualan global dengan 12juta unit di 2021. Artinya duniya ini dipenuhi oleh konsumen kasta Non Smart?? Acha perihe..periheee yehehe jlubjlubhe🤣🤣🤣

  9. Mesin matik yg so far sy ketahui pake dual box filter ya cuma si xmax 400 itu. Jadi ngebayangin klo2 nmax/aerox pake gituan, bakal makin racing lagi kali ya, wkwkwkw

Yuk Tinggalin Jejak Lads..