Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Di Indonesia, pangsa pasar motor bebek mungkin saja sudah dianggap “habis”, alias penjualannya ya gitu gitu aja, gak naik dan perlahan lahan turun.. Itu sebabnya baik Honda sebagai pemimpin pasar dan juga pabrikan lainnya, terkesan ogah ogahan untuk merilis jenis cub yang benar benar baru, apalagi yang keren. Tapi tidak demikian dengan negara tetangga, perang motor bebek super masih terus kencang! Honda pun “dipaksa” merilis Honda Winner X 2022 guna melawan kompetitor!

HONDA WINNER X 2022

Betoel, saat di Indonesia pasar motor bebek terutama model sport alias bebek super dapat dikatakan adem ayem tanpa ada ubahan signifikan apapun, di belahan dunia lain tepatnya Vietnam, perang motor jenis bebek itu berlangsung sangat sengit lads! 

Bahkan di kita, Yamaha sebagai pemegang sabuk juara kelas motor bebek sport dengan MX King 150-nya sampai merasa tidak perlu untuk menanamkan mesin 155cc VVA yang terkenal itu, cukup modelnya saja. Ya ngapain? Honda aja gak ngelawan dengan Supra GTR150-nya, tar dipasang VVA harga naik tapi penjualan sudah ketebak gak bagus, yekaaan.

Di negara Nguyen tidak lah demikian, kelas bebek dapat dikatakan perang habis habisan, dua produk favorit adalah Honda Winner X (Supra GTR) dan Yamaha Exciter (MX King)! Di sini lah Yamaha menelurkan mesin VVA untuk bebeknya, sementara Honda masih dengan mesin K56 dan bermodalkan desain yang memang lebih ciamik punya. 

Meski KBY gak hapal persisnya, namun menurut kabar, penjualan Yamaha Exciter 150 dan 155 VVA itu sangat baik dan berada di atas angin. Itulah mengapa Honda Vietnam akhirnya merilis Honda Winner X 2022 dengan desain lebih keren dan bahkan memiliki tampang yang menyerupai moge CBR600RR lawas!

Dari sisi bentuk headlamp mungkin tidak berubah, tapi sektor sekitarnya mengalami perubahan signifikan dibanding versi 2021. Misal lampu sein yang kini lebih kecil menempel dan menyatu dengan sayap atau fairing. Sementara yang lama modelnya nongol laiknya motor sport, kaya kuping gitu. Model seperti ini mengingatkan KBY pada motor bebek apa gitu lah, gak inget

Honda Winner X 2021
Honda Winner X 2022 front
Honda Winner X 2022

Tameng depan terlihat lebih berlipat mengesankan kekar dan berotot, bahkan ada air tunnel wannabe kecil kecilan di ujung alis lampu kiri dan kanan. Kocak juga sih untuk sebuah bebek desainnya gila gilaan wkkwkw.. Menurut KBY loh ya. Harusnya yang begini kan sport, tapi namanya juga beda negara, beda karakter yang berpengaruh ke penjualan.

Honda Winner X 2021
Honda Winner X 2021 ABS tricolor
Honda Winner X 2022 abs tricolor
Honda Winner X 2022 ABS Tricolor

Bentuk fairingnya sendiri berubah total lads. Modelnya kini lagi lagi lebih menyerupai sebuah fairing motor sport dibandingkan milik sebuah bebek, full hingga ke tengah. Kalau versi 2021 kan kaya setengah gitu ya. Sayang pemilihan cover knalpot warna hitam malah terkesan downgrade meski ceritanya menambah kesan angker. 

Speedometer yang lawas KBY lupa, tapi Honda Winner X 2022 ini plek ketiplek menggunakan punya Vario dengan color dan negative display. Kemungkinan juga sudah ada AVG-nya, dibanding Supra GTR 150 malah gada sama sekali. 

Honda Winner X 2022 speedo

FITUR

Awalnya KBY pikir, rem ABS itu hadir di versi terbaru, tapi melihat versi 2021, ternyata sudah ada. Jadi apa fitur terbaru di versi 2022 ini? Oh ada, ternyata kunci model keyless dan USB Charger. Laaah ini kok jadi skutik tapi dalam bentuk bebek ya? Keren juga sih wkwkkw.. Jadi inget Supra X dirubah pakai keyless

SPESIFIKASI

Terkait mesin, sepertinya Honda masih yakin dengan mesin DOHC nearsquare K56 mereka, meski kalah dari sisi performa tapi sebelah, tapi dari sudut kegantengan bolehlah Winner menang, mungkin itu yang ada di benak para insinyur Honda Vietnam.

Mesin Honda Winner X 150 ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 11,5kW/9.000 rpm juga torsinya dikisaran 13,5Nm/6.500 rpm. Bobotnya 122 kg, tapi sayang kapasitas tangki-nya terbilang kecil cuma muat 4,5 liter. Tapi kalau bebek biasanya lebih irit dari skutik sih, kan ada engine brake. 

Shock depan memang masih kalah sih sama Benelli RFS 150 yang sudah upside down. Tapi mengingat rival beratnya si Exciter juga belum, jadi ya ga usahlah kali ya, pikir AHM eh Honda Vietnam.

HARGA

Perkara harga, Honda Vietnam memberikan dua varian untuk Honda Winner X 2022 ini, yaitu varian standar dan SE ABS. Harga di sana adalah 46.090.000 VND atau jika dikonversikan kedalam rupiah ya sekitar Rp. 28,6 jutaan, yang kedua ada tipe Sporty ABS dengan livery Trico RWB seperti CBR series dan menjadi varian termahal karena tembus 50 Juta VND dan yang ketiga ada tipe SE dengan warna serba doff yang dibandrol dengan harga 49,9 juta VND. 

Nah melihat sepak terjang negara tetangga, gimana dengan Indonesia? Yaaa selama konsumennya lebih suka skutik atau sport sekalian kaya KBY ini, maaf maaf kate, bebek udah bisa dibilang gada tajinya wkwkkwkw.. Jadi jangan harap ada pertarungan Supra GTR 2022 vs MX King 2022 yaaaa.. 

 

Honda Winner X 2022

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

16 KOMENTAR

  1. pernah berfikir untuk upgrade dr supra helm ke gtr … cuma berhubung udh berkeluarga jadi perlu motor yg bisa mengakomodasi kebutuhan akhirnya niatnya di urungkan … jadi milih skutik yg punya bagasi super lega … ini kenapa mungkin bebek mulai di tinggalkan
    meski dr sisi engine lbh suka bebek timbang skutik

  2. Yaheho nunggu gtr update kaya gini baru dihajar sama mesin 155cc…honda jg sebaliknya….jadi maen tunggu2an

    • Honda kicil beud kemungkinannya mang, cukup apal karakternya, kalau gak menguntungkan paling Gonta ganti warna aja sama sedikit ubahan 😁😁

  3. Sonic aja ga ada update samsek… Bebek udah hampir habis dimari… Paling yang bertahan kelas revo koperasi dan supra bapack

  4. Motor ginian lakunya di kalangan bapak-bapak atau abg yg dibeliin bapaknya sih, termasuk mx king juga kebanyakan disini bapak-bapak juga yg make, di kalangan abg kalau motor bebek lebih milih sonic/fu atau jadi ngabers matic sekalian

  5. padahal dari sisi desain jelas lompatan yang jauh dibandingkan desain nya si GTR … ya kali aja AHM sudi kiranya gambling dikit buat loncing desain baru ini di tengah lesunya pasar bebek, siapa tahu jadi trigger buat booming

  6. kok lebih bagus before facelift yak? body belakang yg prefacelift, ada kisi kisinya jadi keliatan sporty.
    utk batok emang bagus yg facelift, berbentuk sarang tawon.
    tapi body over all, depan ,belakang, samping bagus yg prefacelift

Yuk Tinggalin Jejak Lads..