Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Si Gendis, Yamaha Aerox R milik Sena dan KBY usianya sudah 3 tahun meski odometer alias jarak tempuhnya belum lagi mencapai 9000 kilometer hehe.. Dalam kurun waktu tersebut sudah cukup sering KBY mendengar permasalahan dari Yamaha Aerox skutik sporty 155 VVA andalan pabrikan garpu tala ini, misal sesuai judul yaitu speedometer sunburn alias LCD nya rusak, ada juga kode 12, juga kode 84. Di artikel ini KBY mau berbagi penyebab permasalahannya dan juga solusinya. Kuy geber dulu

Gendis Yamaha Aerox tipe R baru dua mingguan ini KBY gunakan kembali, karena jadwal ngantor sudah kembali padat, jadi giliran si Zeref CBR250RR yang mangkrak hehe. Ada kali dua bulan didiemin, karena Sena lebih senang pake Raras Nex II buat kemana mana, sampe rebutan sama maminya. Sementara karena ngantor cuma 2-3 kali seminggu ya KBY memilih pake si Zeref. Sniego PCX? Jangan tanya, udah 6 bulan kayaknya ditutupin terus wkwkkw..

Si Gendis juga baru ganti accu alias aki lads. Mungkin banyak yang bertanya, 3 tahun kok sudah ganti aki? Well menurut KBY sih usia segitu sudah wajar, dan sebenarnya di tahun kedua juga aki Aerox Gendis sudah mulai ketar ketir, nyawanya bisa bertambah karena KBY beli accu charger wkwkwk dan pas gak dipake dicabut sih ngah ngahhhh..

Sebenarnya dalam kondisi normal alias standar, usia accu Aerox KBY rasa bisa 3 tahunan lebih. Nah Gendis kan gak standar alias sudah pakai alarm DSS yang faktanya ON terus yang akibatnya memang menyedot aki, nah drop di awal itu gegara alarm, Gendis bisa nyala karena bantuan jumper dari Raras. Sampai akhirnya beli charger itu lads, dan kemudian biar gak sering ngecharge, kalau kira kira bakal lama gak dipake, si aki dicopot aja, kaya PCX.

MASALAH YANG DITEMUI PADA YAMAHA AEROX

Okey sekarang kembali ke permasalahan yang kerap ditemui pada Yamaha Aerox, terutama generasi pertama ya.

KODE 12

Yang paling sering KBY temui atau baca baca sliweran di grup Aerox adalah kode 12. Apa sih kode 12 itu, kayaknya jadi momok banget.

Nah itu penyebabnya di atas lads. KBY pikir SMG itu harus disertai dengan yang namanya Stop Start System alias SSS, ternyata gak juga, yang penting starter senyap nah itu adalah berkat andil Smart Motor Generator alias SMG tersebut. Sudah sering disharing dengan mengganti socket yang kualitasnya lebih baik maka aman. Tapi saran KBY, jika memang masih garansi mendingan bawa ke Beres Yamaha terdekat.

SPEEDOMETER SUNBURN

Masalah kedua yang paling sering ditemui adalah Speedometer Sunburn alias terbakar matahari. Faktanya, namanya memang sesuai dengan penyebabnya. Mengapa speedometer Aerox bisa sunburn sehingga mengakibatkan hilangnya atau blank layar speedometer pada kasus terparah? Banyak hal sih, catatan KBY di bawah ini:

contoh speedometer sunburn aerox yang sudah parah
  1. Layar speedometer yang lebar/luas dan rebah posisinya
  2. Karena luas dan rebah itulah sinar matahari dengan leluasa masuk dan panasnya diserap banyak oleh panel speedometer.
  3. Sering terjemur, baik diam/ parkir ataupun riding (ojol misalnya)
  4. Panas yang berlebihan baik dari internal (saat ON) dan eksternal (matahari) membuat lama lama LCD-nya rusak.
  5. Banyak terjadi di generasi awal karena usia pakai yang sudah lebih dari 3 tahun.

Kejadian seperti ini gak cuma dialami Aerox, beberapa moge bahkan juga pernah mengalaminya. Bagaimana solusinya? Cukup mudah, KBY berikan di bawah ini ya.

  1. Kalau masih baik baik saja, hindari parkir di area terbuka yang kena sinar matahari langsung. Jika terpaksa karena parkiran setiap hari begitu adanya maka sepertinya mau gak mau ditutupi semacam koran atau lembaran kardus.
  2. Meski tidak seampuh ditutupi, katanya menggunakan kaca film papan atas kaya V-Kool dan sejenisnya lumayan mengurangi serapan panas. Hanya menurut KBY ada efekna yaitu mantul alias gak keliatan speedometernya nanti.

Jika sudah terkena, silakan dicek garansinya, kalau motor masih hitungan bulan atau 1-2 tahun seingat KBY masih mendapatkan garansi lads, so kalau ini kasusnya ya ganti aja ke beres terdekat, pastikan gratis ya.

Kasus speedometer si Gendis sebenarnya masih sedikit kena sunburn-nya, hanya bagian atas sudah mulai keliatan gelap terutama di siang hari, kalau pas gelap alias malam sih masih normal. Tapi ya buat apa nunggu, toh ujung-ujungnya juga bakal parah yekan?

Akhirnya setelah KBY sharing melalui reels di Instagram, tidak sedikit yang menyarankan dibawa ke Gear Second Jakarta (alias SPD, pusatnya di Yogyakarta, Gear Second merupakan nama khusus untuk roda dua/motor). Ternyata Gear Second masih ada kepemilikan Gubernur Ridwan Hanif wkwkkw.. Eh dijapri sama beliau suruh maen ke sana.. Sedaaapp dah lama juga gak ketemuan sama beliau soalnya.

Sooo hari Sabtu kemarin ini KBY dan Sena meluncur ke Pasar Minggu, Jalan Ahmad Yani 1B dengan alamat Autonetpart. Ternyata si Gendis Aerox merupakan pasien keempat, sudah ada tiga Aerox di sana dengan kasus sama, speedometer sunburn! Singkat cerita para punggawa Gear Second menyambut dan sambil menunggu gubernur datang KBY dan Sena leha leha dulu.

Sempat ditanya, mau kembali lagi ke standar (warna oren) atau mau warna biru kaya Aerox S? Atau custom colorful? Waaahh ya colorful alias berwarna dong, biar makin ngabers wkwkkw. Karena antri, pengerjaan memakan waktu kurang lebih 4 jam. Hasilnya? Silakan lihat di bawah ya, gimana keren khaaannn hihihihi.. Biayanya kalau std itu 350 ribu, kalau custom 550 ribu lads.

KODE 84

Nah kalau yang ini jujur KBY baru tau belakangan ini dan gak banyak juga sih yang ngalamin – kayaknya ya. Apa sih maksud dan arti kode 83 saat nongol di speedometer Aerox? Simak foto di bawah ya.

Ternyata merupakan kode error karena ECU tidak dapat membaca kinerja VVA. Mungkin saat di awal speedometer ON ya, kalau terus terusan nyala artinya bisa saja VVA-nya kaya macet alias gak fungsi. Kalau sudah begitu ya sudah paling benar di bawa ke Beres Yamaha terdekat.

Nah itu lah permasalahan alias trouble yang kerap ditemukan pada Yamaha Aerox lads, beberapa kasus memang harus keluar duit mau gak mau, dengan catatan garansi sudah hangus atau bisa juga sudah kelar masanya.

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

55 KOMENTAR

  1. nah jeleknya speedo lcd ya begini nih, makanya sejak pake rtr ane selalu bawa kain buat tutupin lcd pas parkir. pas pake r25 agak susah karena ujung bawah visornya ada lubang, jadi suka terbang

  2. Moso gua harus teriakin mang kobay Fby ?….lha tetangga sebelah nuduh mang kobay Fbh kok wkwkwk πŸ˜€ , oke itu sekelumit kalimat pembuka.

    Karena kebetulan ada produk tandingan , maka ga salah dibandingkan dikit.
    Adv Saia udah 2 th 3 bulan , dengan kilometer dikit lagi nyentuh 30 ribu. Belum pernah bermasalah pada aki…sun burn..atau kode 2an . Semua bawaan pabrikan masih tokcer semua . Tegangan aki masih normal , speedometer masih bagus terang gak ada perubahan sedikitpun… Kode yang muncul paling oil change πŸ˜‚
    Semua servis berkala dilakukan sendiri , kecuali nembak injeksi , baru dah dibawa k bengkel .
    Singkat cerita , si Adv masih muantap…mesin masih lusss halusss njibritttnjengat saat gas diplintir . Maaf kalau ada baret2 kiri-kanan bawah , maklum ngofffroad biarpun kelas Semi πŸ˜‚
    Kejemur? Dengan kilometer segitu pastinya lebih banyak kejemur si Adv dibanding si gendis , kerja keras aki juga lebih banyak si Adv .
    Itulah sedikit perbandingan , jika mau nambah lagi….ditunggu dulu respon tetangga sebelahπŸ˜‚

    • Kalo urusan Sun Burn jawabannya simpel, karna ADV150 speedometernya ada visornya kaya rata-rata maxi scooter lainnya jadi bisa meminimalisir terjadinya Sun Burn, beda sama motor kaya Aerox atau Vario yg posisi speedonya langsung menantang sinar matahari yang pasti lebih beresiko terkena sun burn

      • Tapi menurut saya sama saja bro , …sama2 terpapar dari matahari , yang hitam didepan Speedo Adv gak cukup buat nutupin paparan matahariπŸ˜… kecuali dibanding Speedo nmax yang memang lebih terlindungi oleh visor – WS apalagi nmax lama tuh ngumpet

    • Komentar tertolol yg hari ini gw baca.

      Vario 150 ESP gw 3x ganti aki dalam 3 tahun. Seminggu service lngs jd vibrator bikin yg naek orgasme dan ngecrot dijalanan. Blm lg klakson suka mati klo kena hujan deras.

      Speedo pernah mati karena kena hujan tepat dibawah kanopi, motor jg gak mau nyala.

      Mesin halus tai kali ya? basic sama kek Vario 150 kok halus.

      • Ngoaaaaaaaaahahahahhaayyy πŸ˜‚ sama sekali belum ada gua alami di Adv , bahkan batre dari 1 remote yang gua pake dari pertama pun belum ganti πŸ˜‚

  3. Apa iya motor ini ada lemahnya? Atau yang punya warung emang cari gara2 ya?πŸ€”. .ane bertanya2..wakakak. Opini ane, ni Mamang emang fix nyari gara3 alias mancing kerusuhan..so let’s get it on!!! πŸ’₯πŸ’₯πŸ’₯

  4. Sonwep dkk (dan klonengan nya) lagi siapin kuota buat counter balik Takada … hahahahaha

    kuy siapin gelar tiker

  5. Harga nya emeijing terutama warna ngabers wkwk….
    Di FB ada beberapa jasa custom speedo jauh lebih murah.
    Ah mungkin harganya udah termasuk poto bareng gubernur hanif wkwk

      • Akhhh, dirimu mah maen bongkar2 aja kelemahan ngaerox. Kan jadi terluka tuh efbeye dimari.
        Bagi mereka motor Y udah kadung dianggap sempurna koq. Material dan build quality nomor wahid.
        Mang kobay pasti dianggap hoax nih..
        *mancingbakaran ahh πŸ˜†

  6. Selain banyak atau Multi penyakit….yang bagus dari ngorox lama atau nyemex lama adalah , box filter udaranya kokoh. Kalau produk terakhir plus produk baru..tuh box filter udaranya goyang ngipas2 kiri kanan kiri kanan kalau ketemu jalan kriting . Untuk shock belakang kanan bawah tetap keluar +- 2 cm alias shock miring πŸ˜‚

  7. Aneh tuh motor , sengaja dibeliin mang kobay….ehhh Sena malah demen naik Suzi next.
    Kata Sena , gimana mau belajar Pih….sampe kampus badan sakit semua
    Wkwkwkwkwjwjwjekwkwkkwkw 🀣🀣🀣🀣

  8. Juara WSBK udah usai ( wajib dihibur dengan WSBK ) , rider udah mudik….piala udah sepasang.

    Tapi Hnd belum selesai ngitung duit jualan dari Giias , sementara sebelah kembali fokus ngurusin yang Mangkrak diGudang

    Mueeeehehehehehee
    🀣🀣

    • wuih sales pulang sebar brosur ngoceh teroooosss…….BC terooosss…..SOP nya seperti itukah?

      • Ngitung duit cuiiiiiiyyyyy….ngitung duit tuh si Sultoooonnn 🀣
        Ente lanjut aja ngitung yang Mangkrak dan siap di Daur Ulang
        🀣

  9. 3 tahun br ganti aki itu normal. HONDA VARIO 150 ESP Keyless gw setahun ganti aki. Jd udh 3x ganti aki dalam wkt 3 tahun. Mesin vibrator bikin yg nunggang orgasme dan ngecrot dijalanan.

    Nie motor terbangsat yg pernah gw punya. Gak lagi dah beli Honda.

  10. Dari beragam unit piaraan si Mamang yang paling banyak jajan akibat perbaikan (bukan keracunan modip)..kayaknya yang ini nih. Suzi aman, hahon aman, ini yang dibikinin artikel aja dah 2 kali, sebelumnya cakram menifis jangan2 masih ada kasus laen yang tidak diangkat karena gak tega😁😁😁..atau..πŸ₯΄πŸ₯΄πŸ₯΄ ente piara memang buat dihina2 kah??? 🀣🀣🀣

  11. 2019 beli aerox gara2 liat review om kobay tp di jual 2021.
    Speedometer kena panas matahari angka pd ilang,,ntr kalo dah adem normal lagi.
    Mulai gredek di km 9000, spakbor belakang sampe goyang2,bunyi di area dasi.
    Banyak postingan kode 12 di grup, ini yg bikin sy parno sndiri takut kena juga dan akhirnya tak jual.

    Ini motor keren parah si tp yg old version

    • Beli adv150 aja bro biar laku dan tidak dimakan rayap digudang πŸ˜‚πŸ€£, atau beli cb150x aja (daur ulang) cb150r tp resiko klotok dan sasis pipa pagarnya suka membelah diri, jadi kudu dibawa ke tukang las dulu… Di grup cb150r banyak yg modif rangka cb150r di tambal pake panci agar sedikit kuat.

      • Anjay ditambal pake panci πŸ˜‚πŸ€£ kasian emak nyariin panci nya didapur ilang πŸ˜‚πŸ€£

        • Canggih juga tuh Speedo , kena matahari angkanya pada hilang πŸ˜‚ angkanya juga bisa loncat loh …dan masih banyak kecanggihan lainnya 🀣

      • Adv ada yang terjual juga di Giias πŸ˜‚ milik Suktoooon
        Mulai dari kerupux hingga rendang terjual semua πŸ‘πŸ˜‚

      • Cb150X juga laku di Giias πŸ˜‚
        Kipas2 deh pokoknya.

        Sebelah yhm masih sibuk jualan oli berhadiah di pasar malam 🀣

      • Emang sih ….make merk sebelah hidup kaga tenang πŸ˜‚
        Murah suatu motor itu tidak hanya dari harga jual .
        Beli 1 jt , bikin susah dengan penyakitnya hingga bikin banyak jajan , belum lagi pikiran jadi gak tenang dan itu bisa jadi penyakit artinya biaya lagi. Alhasil beli motor di harga 1 jt tsb jadi mahal kemudian πŸ˜‚

      • Gak usah Adv , yang tengah2 aja harganya …gak murah tapi juga gak mahal , gak usah yang ngebut2, cukup 117 kmh saja …tapi bisa lihat dari spion merk tetangga yang larinya 122 kmh 🀣

    • Wkwkwkw produk Sultoooonnn
      Mulai dari kerupuk hingga rendang ada yang beli πŸ‘πŸ˜‚

      Sebelah Yhm , cuman ngandelin kerupuk doang jualannya ..itupun jualan kerupuknya Seret gak tau kenapa
      Apa karena mengandung Formalin …jadi kerupuknya sumber banyak Penyakit ? πŸ˜‚

  12. Rebel ….Cb 500X…goldwing
    Padahal Sulton kalau jual kelas rendang diIndo narok harga seenak perut dia..tetangga bilang operrrpretnya ga ketulungan , bener juga sih…tapi kok laku ? Dan itu juga Benerrrr πŸ˜‚

  13. Waktunya ganti ke ADV350 atau ADV160 tuh cak. Aerox waktunya pensiun lembiru

Yuk Tinggalin Jejak Lads..