Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrrr… Kemarin ini KBY sudah menginfokan bahwa Suzuki Indonesia divisi roda empat sudah merilis mobil barunya yang menjadi andalan di kelas LMPV, All New Ertiga FF Limited. KBY pun menyempatkan waktu untuk melihat langsung versi facelift berkode FF yang konon merupakan kepanjangan dari Finest Form – meski ada juga yang menyebutnya sebagai Final Form. Apa opini dan masukkan yang KBY berikan untuk produk yang harus berjuang keras di kancah pertempuran Low MPV ini? Cekidot, videonya juga dilampirkan kok..

All New Ertiga FF Limited

Pada artikel sebelumnya (link di bawah), KBY sudah menyebutkan apa saja tambahan baru di All New Ertiga FF ini, disebut lagi lah ya sebagai hightlight, yaitu:

  • Smart E-Mirror turunan dari Suzuki XL7
  • Sentuhan cat anyar di beberapa bagian
  • Jok kulit hitam dengan jahitan merah

Suzuki All New Ertiga Limited, Ketambahan Fitur Apa Saja?

All New Ertiga FF

Yak cuma segitu, lain lainnya gada sih, masih tetap seperti Suzuki Sport yang menjadi basisnya. AC Digital Auto Climate control ada, cooler cup holder di depan masih ada. Sayang juga, varian ini belum diberikan console box tengah yang berfungsi sebagai arm rest depan seperti pada XL7.

All New Suzuki Ertiga punya pendingin di laci depan

 

Nah kedatangan KBY di dealer Suzuki Sejahtera Buana Trada Pulogadung tersebut adalah untuk melihat langsung dan memastikan apa yang baru sekaligus memberikan masukkan kepada petinggi Suzuki terkait All New Ertiga sebagai tulang punggung penjualan di kelas LMPV.

APA YANG HARUS DIBENAHI?

Ngomongin kualitas material plastik di dalam kabin, KBY berani bilang bahwa Suzuki Ertiga adalah yang terbaik di kelasnya! Dari material, kualitas perakitan, kerapatan antar part hingga jenis busa jok yang digunakan, nomor satu di sisi ini.

Dari kualitas berkendaranya pun sementara ini masih menjadi yang terbaik (vs Xpander dan Mobilio, untuk Veloz dan Avanza 2022 belum disimpulkan). Untuk kekedapan kabin dapat dikatakan setara dengan kompetitornya yaitu Xpander, sama mobilio mah jauh lah. Andalan Honda itu menang mesin doang yang ajib.

Hanya saja, era saat ini adalah dimana konsumen – terutama yang muda muda, memang lebih memilih tampang dan kelengkapan fitur, era millenial lah ya bisa dikatakan seperti itu. Toyota (dan Daihatsu) sudah membaca pergeseran ini jauh jauh hari, kemudian diikuti oleh Mitsubishi, Honda masih diam namun dikatakan sedang menggarap All New Mobilio.

Bagaimana dengan Suzuki? Dari sisi desain sesungguhnya All New Ertiga belum lah jauh ketinggalan, hanya dengan sedikit sentuhan ubahan maka masih dapat berjibaku dengan kompetitor. Di mata KBY ini lah dari sisi desain yang kudu dibenahi:

EKSTERIOR

  • desain dan dimensi lampu rem dibuat lebih kompak dengan tetap mempertahankan DRL dan rem LED
  • Over fender depan dibuat lebih lebar dan berotot, bisa lihat milik kompetitor
  • Ban di upgrade ke 16″, ukuran 15″ hanya khusus tipe termurah
  • Lampu depan jika tetap ingin dipertahankan bisa, tinggal tambah DRL di alis selain yang di bawah.

INTERIOR

Jika tidak ingin merubah banyak bentuk, silakan dipertahankan, namun wajib ada tambahan kompartemen kecil kecil alias ruang penyimpanan dimana di versi sekarang jumlahnya terbatas. KBY lihat dashboardnya masih banyak ruang untuk membuat semacam sliding cup holder.

All New Ertiga FF

FITUR

Ini yang benar benar wajib berubah atau ditambahi banyak. Seperti pada video, memang mau gak mau harus mengikuti ombak yang ada saat ini. Dari sisi fitur safety, Suzuki sudah punya yang namanya Suzuki Safety Support yang terpasang di Swift sejak 2016. Fitur itu sendiri ya mirip mirip dengan TSS Toyota, ASA Daihatsu atau Honda Sensing. Lainnya adalah:

  • Setir teleskopik
  • Speedometer ala Veloz/ Avanza (gak wajib tapi kalau ada ya ciamik)
  • CVT dengan manual mode plus paddle shift
  • cruise control – dengan adaptive lebih mantap
  • Electronic parking brake
  • Brake Hold
  • Driving mode sih gak terlalu perlu, tapi kalau ada ya lebih mantap
  • Apalagi ya?

KBY rasa cukup sih, setidaknya melevelkan diri dengan kompetitor agar mampu bertarung dan tidak tertinggal terlalu jauh. Memang sulit jujur saja, kompensasinya mungkin plastik dashboard diturunkan jadi kaya Karimun Wagon R agar harga bisa bersaing. Opsi yang KBY sendiri sebenarnya ogah sih, karena justru sejauh ini itulah keunggulan dari Suzuki Ertiga.

Jika saat ini All New Ertiga FF Suzuki Sport versi MT dihargai 258 jutaan dan AT nya 268 jutaan, maka KBY rasa naik lagi 20 jutaan masih masuk akal. Hanya saja yang paling sulit itu adalah menghadapi nama Toyota! Ya mau gimana lagi?

All New Ertiga FF

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

24 KOMENTAR

  1. beli ertiga gara2 satu2nya di kelasnya yg paling lega kursi supirnya, yg lain udah di slide mentok belakang, setir masih mentok perut hahhaha, maklum body oversize, kl liat fitur si pilih yg lain

  2. sayang pas awal keluar seharusnya fitur2 yg ada di avanza now seharusnya sudah ada di new ertiga, sekarang user all new r3 mayoritas pemilik ertiga gen1 yg ganti boilnya.
    kalo sekarang menjadi nomor 3 atau 4 yang baik saja sepertinya, karena sepertinya kemudahan dan kemurahan spareparts, irit, dlsb sepertinya point ke sekian bagi gen Z.
    Sepertinya memang mesti bedol desa tuh top managementnya S Indo, ngga bisa menangkap peluang dan melihat kesempatan yang ada.

  3. “…yang paling sulit itu adalah menghadapi nama Toyota”

    Coba lihat gimana mitsubishi mengolah xpander hingga bisa saling overtake dalam penjualan lawan avanza.

  4. tetep vote ertiga lah. build quality & driving qualitynya. Kalo mau develop jangan banyak embel2 fitur yg blm tentu kepake wkwkwk yg ada nambah mahal doang. justru Ertiga bisa main di range harga yg sekarang ditinggalkan sm duet kembar AvXen yg harganya makin meroket

  5. saya masih tetep cinta ama freed…daleman lega,captain sheet,jarak dari pengemudi ke kaca depan jauh jadi adem klo siang hari,cuma sayang…..lemot

  6. Fitur gak ketinggalan sih, tepatnya plus minus dgn kompetitor. E-mirror oem dan Ac, dikompetitornya ga lengkap malah masih ada yg analog (xpander, xenia).

    Brake hold dgn hill hold sama ga sih? Di xl7 ada hhc masa di ertiganya blom ada?

    Kalo mau upgrade yg essential aja. Teleskopik, head unit, cruise control, speaker row 3, sama adjustable seat belt.. mudah bgt itu apalagi cruise control tinggal diunlock doang kalo sis nya mau.

    Cvt ga wajib gak sesuai sama filosofi konsumsi bbm irit, sparepart murah, service murah.

    • Di new ertiga udah ada tapi hanya di tipe suzuki sport AT. Fitur di new ertiga yg agak nanggung memang ga ada port charger baris ke 3, ga ada twetter, non teleskopik & console box depan.

  7. Sebenrnya bagi sy yg mending2, fitur itu enggak penting, disamping membuat mobil mahal, klu rusak jg jd mahal. Jd yg penting bagi sy cukup nyaman dikendarai aja, bila rusak jg murah perbaikannya. Berkendara normal aja, insya alloh selamat..

  8. Ertiga Bikin facelift n tambah fitur aja mang, tapi harus tetep ada varian murah yg fiturnya gak kalah, biar tetep bisa goyang kompetitor

Yuk Tinggalin Jejak Lads..