Kobayogas.com – Hola laaaadsss.. Salam geberrrrr.. Akhirnya, setelah cukup bersabar untuk bertemu dengan SUV mini dari Toyota yang belakangan ini sering dibicarakan dan mulai terlihat sliweran di jalanan Jakarta, KBY bisa juga melihat langsung sosoknya Toyota Raize! Gak cuma melihat langsung, tapi juga meraba dan menerawang, keliling luar dan dalam kabin dari Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport TSS ini. Bagaimana first impressionnya? Apa yang menjadi pembeda dari saudaranya di Daihatsu Rocky? Kuy kepoin lebih lanjut!

TOYOTA RAIZE 1.0 TURBO

Oke lah lads, langsung saja ya, terkait desain pada dasarnya perbedaan antara Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport TSS (Toyota Safety Sense) dengan saudar kembarnya si Daihatsu Rocky itu sebenarnya sangat minim. Hanya bumper depan dan velg saja yang membedakannya, di luar emblem pastinya hehe.. Eh ukuran velg keknya beda ya?

Toyota Raize 1.0 Turbo

Jadi untuk desain tampak luar ini KBY gakan bahas mengulang, lads bisa membacanya di artikel first impression Daihatsu Rocky X 1200, klik saja link ya ya, video Rocky juga ada di artikel tersebut, jika memang ada perbedaan lagi setelah lads menonton videonya, mangga dikomen, biasanya pembaca bisa melihat lebih detail malahan hehe.Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport

Secara singkat, kalau dari depan sih KBY lebih suka liat si Raize ini dibanding Rocky yang kaya Datsun Go akibat grill-nya yang mirip hehe.. Oia di versi tertinggi yang sudah TSS CVT ini juga tidak terlihat adanya defogger di kaca belakang.

Toyota Raize 1.0 Turbo GR SportToyota Raize 1.0 Turbo GR Sport

INTERIOR

Sebelum membahas fitur dan gimmick yang bikin KBY kepincut, kita bahas dulu bagian interiornya ya. Secara keseluruhan perakitannya terlihat lebih solid daripada Rocky. Namun seperti pada Daihatsu Rocky, kembali KBY menemukan adanya cutting plastik yang tidak rapi, sama posisinya di bawah head unit juga, kenapa ya?

Material plastiknya ternyata tidak berbeda dengan saudaranya tersebut, kalau ga mau dibilang jelek yaudah kita kasih kata so-so alias biasa saja. Andai Toyota Raize GR Sport termahal ini diberikan plastik piano black – cukup di bawah HU, panel AC hingga dudukan transmisi, pasti efek mewahnya bisa lebih terangkat.

Kesan mewahnya sedikit terangkat dengan adanya tiga soft pad/foam yaitu pada arm rest pintu depan kiri dan kanan serta console box tengah – yang fungsinya bisa juga sebagai arm rest driver atau penumpang, tapi rebutan jadinya wkwkkw.. Plastik silver metalik di handle pintu depan kiri dan kanan juga lumayan oke.

Nah terkait transmisinya yang CVT, menurut KBY ada yang unik nih lads. Mode sport (S) menyatu dengan mode manualnya, maksudnya jika digeser ke S, maka sudah langsung masuk ke mode manual yang bisa dioperasikan baik dari tuas maupun paddle shift pada setir. Yang unik adalah adanya POWER mode laiknya Innova.

Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport dashboard

Perbedaannya kalau kakaknya tersebut memiliki tiga driving mode yaitu Eco, Normal dan Power dan terletak di depan tuas transmisi, si Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport ini hanya punya Power saja dan terletak di steering switch sebelah kanan bawah di bawah cruise control.

Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport interior
Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport interior

Sayang, kalau untuk test drive kudu ada perjanjian dulu, sementara KBY datangnya go show ke Toyota Wijaya Dago Bandung. Teman kuliah yaitu Kang Hilman yang jadi sales di sanapun ga bisa bantu banyak deh, next time yes semoga. Stay tune karena artikel berikutnya akan dibahas soal fiturnya yang membludak!

Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport interior belakang

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

13 KOMENTAR

  1. masih ngarep ma swift gx/gs, tapi lom ada rezekinya…

    btw selama pake mobil, defogger seberapa sering dipakai?

  2. Nunggu face lift baru deh muncul Aksen” Khas TAM termasuk yg mang kobay bilang,, yg udah” Gitu sih.

    Itu stir kenapa ga pake punya yaris aja sih biar keliatan mahalan dikit.

  3. Kalo kata dian sastro..terlalu biasa…kapan bisa bikin fitur kaya wuling almaz harga dibawah 200jt

  4. beberapa kali liat langsung di jalan tetep ga demen, something off aja gitu.

    yang makin sering saya liat di jalan malah si city hatchback, ya ampunn… unyu bner dah itu mobil.

  5. Masalah plastik tinggal d wrapping aja bisa wkwkwk banyak pilihan wrapping dr maxdecal, saya jg kepincut sama forged Carbon skotletnya maxdecal buat interior mobil.

    Btw dripda raize mending beli kia Seltos hahahhaa mobil” Toyota itu Bodynya macam Ricer kebanyakan tempelan” bodykit yg seharusnya bisa satu dri awal bikin model.. jdi Males liatnya

  6. Udah paling mahal head unit tetep gak support Apple Carplay dan Android Auto, kalah sama Rocky 1.2 tipe terendah sekalipun wkwkwk heran 😂

Yuk Tinggalin Jejak Lads..