Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Rantai sepeda motor merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor tipe bebek maupun tipe sport. Rantai roda berperan meneruskan daya dari hasil kinerja mesin ke roda belakang sehingga menghasilkan energi gerak pada sepeda motor. Jika tidak dirawat tentu nantinya akan hadir kendala kendala yang membuat susah sang pemiliknya sendiri, dari berisik bunyi kemrosak hingga kendor membuat tarikan kuran mantap, nah jadi perawatan rantai motor itu penting juga kan? Ini dia tip sederhananya.

“Pengguna sepeda motor sangat perlu memperhatikan kualitas rantai roda sepeda motor kesayangannya agar kondisinya selalu prima. Perawatan ataupun pengecekan rantai roda disarankan rutin dilakukan setiap periode 4.000 km,” ujar tim Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno.

Mari simak beberapa cara merawat rantai motor agar sepeda motor dapat menghasilkan kinerja yang maksimal dan memberikan kenyamanan saat dikendarai. Berikut tipsnya :

1. Kenali Bagian Rantai

Sebelum mengetahui cara perawatan, pelajari dahulu bagian-bagian yang terdapat pada rantai roda. Rantai pada sepeda motor terhubung dengan drive sprocket (gear mesin) dan driven sprocket (gear pada roda). Rantai sendiri terdiri dari roller link saling terhubung yang disatukan dengan master link sebagai penyambung dua sisi rantai.

Selain itu perhatikan pemilihan jenis rantai yang digunakan, terdapat perbeda ukuran rantai motor bebek dan sport. Perbedaan terdiri dari ukuran panjang rantai dan juga ukuran lebar dari roller link.

“Mengetahui bagian-bagian dari rantai motor merupakan salah satu langkah awal untuk mengetahui letak pemberian pelumas pada rantai sekaligus pengecekan kualitas rantai. Pengguna sepeda motor perlu memastikan roller link dapat berputar 180 derajat” ujar Endro.

2. Jarak Main Bebas

Jarak main bebas rantai roda dapat dikatakan hal penting dalam memastikan batas kekenduran dari rantai roda untuk mendapatkan tenaga yang optimal dari sepeda motor. Para pengguna sepeda motor dapat melihat batas jarak main bebas yang tertera para stiker yang berada cover rantai.

Dalam mengukur kekencangan rantai roda, para pengguna sepeda motor harus memastian sepeda motor berada pada posisi standar tengah (atau gunakan paddock stand) dan posisi gigi netral, kemudian putar roda untuk menemukan kekenduran rantai yang paling kecil. Terakhir, gunakan penggaris mengukur tingkat kekenduran pada bagian kekenduran yang paling kecil atau di tengah-tengah antar dua sprocket.

“Jika kekenduran melebihi batas jarak main bebas yang terdapat pada stiker, sebaiknya dilakukan setel kekencangan atau dapat dibawa ke bengkel resmi terdekat,” tambahnya.

3. Gunakan Pelumas

Sebelum memberikan pelumas pada rantai motor, para bikers perlu melakukan pembersihan rantai dengan menggunakan cairan pembersih (detergen) dan disikat menggunakan sikat kecil, selanjutnya dapat dilakukan pengeringan dengan menggunakan kain kering pada seluruh bagian rantai. Dalam melakukan proses pembersihan, hindari menggunakan cairan pembersih yang mudah terbakar.

Setelah proses membersihkan rantai selesai, beri pelumas dengan menggunakan pelumas rantai roda. Berikan oli atau pelumas pada roller rink dan link plate. “Selain menggunakan pelumas rantai, pengguna sepeda motor dapat menggunakan gear Oil SAE 80 – 90 baru sehingga kualitas rantai dapat terjaga dengan baik,” ujarnya.

Paling gampang lagi ya pakai chain lube yang sudah mudah banget ditemukan di mart mart sekalipun, misal dari Rexco hingga berbagai merek yang mahal yang bisa ditemukan di Es Hardwer.

“Pada prisipnya rantai sepeda motor yang bekerja dengan bergesekkan dengan bagian lainnya akan mengalami keausan, sehingga butuh perawatan yang rutin. Merawat rantai sepeda motor merupakan salah satu hal penting hal sebagai langkah memperpanjang umur rantai dan menghindar kemungkinan lepas dari gear set,” tutup Endro.

Nah kalau rantai gak berbunyi kemrosak dan gak kendor serta mata rantainya sehat, rider nyaman, aman dan tarikan makjosss…yekaaann..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

18 KOMENTAR

  1. yg biru kayak velg gsxr nih.. 600 k8?

    perihal soal chain lube, boleh di compare antara chain lube dengan chain wax. mana yang nyifrat, dari semprot boleh langsung dipakai atau tunggu berapa menit, dlsb

    • Bisa dibilang tiger ini yg paling berisik rantainya dari semua motor sport honda, padahal harga gearset udah paling mahal

  2. Nah kalau rantai gak berbunyi kemrosak dan gak kendor serta mata rantainya sehat, TELINGA rider nyaman, aman dan tarikan makjosss…

    saya koreksi sedikit kang
    Wkwkkw

  3. Makasih Kang K0bay,

    Artikel nya pas banget, karena baru saja teralami.
    Karena pernah gak cek sama sekali, maka rantai menjadi sangat kering.
    ** Kering Kang,,,, kering bikin sakit (wakakakaka)

    Pas rantai kering, dipaksa untuk kerja terus, alhasil rantai jadi kendor,
    dan saat sudah kendor baru keinget kasih pelumas
    ** Pelumas Kang,,,, pelumas bikin basah, basah gak sakit Kang (wakakaka)

    Waktu dikasih pelumas, kayak ada yang aneh, karena rantai makin kendor,
    Mungkin karena “wis kadung-sudah terlanjur” kendor
    ** Kendor Kang,,,, kendor masih cukup asyik Kang (xixxixixiiiii)

    Nah karena “wis kadung” kendor, maka saat pakai gigi 1 apa lagi 2,
    ada kejadian loss chain (gak tahu istilahnya) saat nanjak.
    Jadi pas nanjak itu seperti rantai gak memeluk gear dengan sempurna,
    alhasil kaya mau lepas, dan keluar bunyi greeekkkk,,,greeeekkkk,,,
    ** Keluar bunyi Kang,,,, makin berbunyi makin nikmat (hahahaha ahai)

    Karena gak nyaman dan takut bahaya,
    maka dengan terpaksa, rantai dipotong dan 2 pcs mata rantai dibuang Kang.
    Sekarang rantai sudah kembali halus.
    ** Halus Kang,,,, makin halus makin aaoowwhhh (wakawakawaka)

    gitu Kang suwun.

  4. Kalo mbersihi pakai campuran bensin dan sabun cuci piring amam ndak sih? Setelah bersih biasanya kasih pelumas minyak jahit merk sing*r

  5. Nggak berlaku buat motor yang suara rantainya lebih kencang daripada suara knalpot

  6. satria ane udah lama ga dipake selama WFH ini, baru minggu kemarin cek ternyata ada karat. ane coba semprot pake rexco 25 udah keliatan licin & lancar sih. semoga karatnya jg ikutan rontok yes.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..