GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Cukup lama juga ya sepertinya Suzuki Motor Corp (kita sebut saja Suzuki Jepang), tidak menelurkan produk baru. Kalau indihe mah ga usah ditanya lah, yang gak terlalu laris di mereka aja mau dilempar suruh jual di sini.. tobaatt. Nah lads, seingat dan setau KBY, produk gres Suzuki Jepang terakhir itu adalah Suzuki Katana 1000 ya, dannn taraaa 2021 dibuka keran oleh pabrikan Hamamatsu ini melalui moge lagi, Suzuki GSX-S1000 2021 yang desainnya cukup radikal!

Jika hanya melihat sekilas, memang sosok GSX-S1000 ini seakan hanya mendapatkan sentuhan bagian depan saja, hal yang wajar, karena memang dari tangki ke belakang, ubahannya tidak seradikal atau seekstrim bagian rupa atau wajah yang bengis dan kejam banget! Serasa liat muka kembaran Vandra MMBlog alias McGregor!!

baca dulu: Review Harian Suzuki GSX-S1000F

Padahal jika ditelisik lebih jauh lads, bodywork motor ini mengalami ubahan yang lumayan banyak dari generasi sebelumnya. Sudah barang tentu, seperti KBY sebut di atas, sektor fascia berubah total! Suzuki terlihat berusaha keras mempertahankan jati diri mereka terhadap klan GSX dengan mata bertumpuk, gagal sih gak, tapi jadi kurang orisinil karena sekilas jadi mirip KTM RC8 atau Honda SFA Concept hehe..

Yoi lads, bagian headlight kini makin simpel dan tipis serta terkesan hitech. Jika generasi sebelumnya menggunakan lampu Bohlam Halogen H4, di generasi terbaru ini, Suzuki GSX-S1000 2021 tampil dengan fitur kekinian yaitu headlight LED projector model bertingkat. Perkara sinarnya, udah pasti Fokus, salah satu keunggulan model proyektor lads!

Sekarang kita menuju ke tengah dan belakang, ini juga mendapatkan sentuhan meski tak seradikal bagian depan. Masih memiliki DNA klan GSX-S yang kental, namun kini terlihat lebih atletis dan berotot. Karena masih sebangun dengan Katana maka jika diperhatikan terdapat auranya di bagian tersebut.

Sasis tetap menggunakan model yang sama seperti sebelumnya, tentu yang sudah baik ngapain dirombak ye kan. Bagian shroud kini dibuat lebih agresif dengan sudut tajam yang menusuk ke depan dan ke bawah, andai ada dibuat semacam air flow di situ keknya sih bakal lebih keren, eh tapi ntar mirip MT Series wkwkw.

Bagian kaki kaki terutama pelek, KBY belum dapat update apakah kena sentuhan anyar atau gak, coba aja kita bandingin dengan sosok versi lawas di bawah ini. Darlingly, alias sayangnya, bagian exhaust atau muffler alias gas buang tidak kena sentuhan ubahan, berita bagusnya, model underbelly-nya terbaik sih dibanding GSX-S atau GSR lawas. Arm dan USD juga terlihat menggunakan platform lawas.

Melihat lampu belakang, terdapat perubahan, meski sekilas masih mirip dengan versi lama. Versi 2021 modelnya lebih kotak namun tetap dengan mika putih, keren sih! Sudut lancip di atas rem juga hilang lads. Memang kalau model All New, bagian belakang itu wajib berubah, ini yang kadang suka terlewat oleh para pabrikan, padahal saat di jalanan yang akan sering terlihat itu ya bokong, bukan depan, kecuali lawan arah wkwkwk..

Area speedometer, ini yang KBY suka, terlihat hi-tech dan canggih serta futuristik, berubah dengan model full digital yang keren..! Terlihat sih display-nya sudah TFT ya..

SPESIFIKASI MESIN GSX-S1000 2021

Seputar dapur pacu, dikabarkan mesin mendapatkan update berupa reduksi emisi yang lebih paten, biasa kena Euro lima lads. Akibatnya, tenaga gak bisa melonjak drastis, update Suzuki GSX-S1000 memang membuat mesinnya tetap powerful dengan tenaga 152hp, meski masih kalah dengan pabrikan eropa, tapi dengan pabrikan sesama Jepang lain, masih bejaban lah.

Terkait kontrol elektronik, KBY lupa kayaknya di model lama juga sudah ada riding mode, tapi tapi paket baru ini ternyata lebih lengkap dan punya nama Suzuki Intelligent Driving System (S.I.R.S.) yang bisa dikontrol melalui instrument baru dengan layar LCD/TFT yang dapat diredupkan dan bisa menampilkan berbagai informasi berguna dalam format yang relatif ringkas dan cepat dibaca. S.I.R.S sendiri mengandung Pengaturan variabel :

– Pemilih Mode Mengemudi Suzuki (SDMS)
– Kontrol Traksi Suzuki
– Throttle Elektronik “Ride-by-Wire”
– Wizard Perubahan Cepat dua arah
– Suzuki Easy Start
– Sistem Bantuan pada RPM Rendah

Sebagai penutup, Suzuki GSX-S1000 ini disediakan dalam 3 warna, yakni Abu-Abu, Hitam, dan Biru Suzuki. Kalau ingin terlihat sleeper, hitam sudah paling bener, tapi karena KBY demen terlihat maka sudah pasti warna biru dong yang dipilih wkwkkw.. Yang jelas kalau hadir di Indonesia, KBY auto beli.. nah mohon bantuan dananya ya lads…

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

15 KOMENTAR

  1. Btw plastik bodi bagian tengah antara jok dan shroud itu apa emang sengaja dibikin kusem2 gitu ya? Atau barangkali itu semacam surface anti selip buat paha rider?

  2. Untungnya produk umum yg dijual disini. Bisa buat para fans boy gontok2an sampe bedarah-darah cuma gegara lampu mirip ?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..