GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Sesungguhnya, Suzuki di luar sana punya motor berjenis skutik yang ganteng gada obat ngaaabb.. dia adalah Suzuki Saluto.. Gak peduli mau disebut Vespa Lite, faktanya, Saluto memang membuat para lelaki jomblo membayangkan betapa mudahnya meraih ughtea jika mereka berada di atas pelana skutik retro modern tersebut. Well, fakta menyedihkannya, skutik 125cc tersebut gada di sini, yang ada Suzuki Saluto 2021 punya dua warna baru di Taiwan!

Saat KBY dan mungkin saja banyak para FBS dan pecinta sepeda motor di nusantara ngiler membayangkan andai andai SIS tiba tiba mendapatkan lampu hijau untuk menghadirkan Suzuki Saluto 125 2021, di Taiwan para pekerja Suzuki sedang berhaha hihi membuat tambahan dua warna baru untuk skutik yang laku 600 unit per bulan tersebut di sana.

Setahun pasca dirilis, Suzuki Saluto 2021 ketambahan 2 varian warna baru yang semakin memikat konsumennya sesuai trend. Kita di Indonesia bisa ikutan berbahagia setidaknya, karena motor classic modern bergaya skuter khas Italia tersebut memang dijual secara eklusif hanya di Taiwan saja, Jepang saja gak kebagian tuh lads awoookk.

2 varian warna Suzuki Saluto 125 versi model year 2021 ini mengusung tema warna bunga dan unsur Italia karena skutik ini faktanya memang didesain oleh desainer terkenal asal Italia Alessandro Tartarini. Jadi gak usah aneh kalau desainnya sangat artistik.. herannya kenapa cuma buat Saluto doang Suzuki menyewa Tartarini ya?

Warna warna baru tersebut diantaranya ada warna merah muda yang diberi nama Bologna Rose Gold dan satu lagi varian warna biru doff Napoli Dark Blue yang memang varian warna ini hampir ada di setiap line up produk Suzuki global, terutama varian skutik. Entahlah apa namanya juga sama atau hanya jenis warnanya saja.

Berikut foto studionya dari Suzuki Saluto 2021 terbaru :

Suzuki Saluto 125 adalah produk Tailing Suzuki Taiwan dan dipasarkan secara ekslusif di Taiwan. Mengusung mesin 125cc yang sama dengan Suzuki Swish 125, bertenaga 9,4 Ps pada 7000 Rpm dan torsi maksimum diangka 10 Nm pada 6000 Rpm. ( Baca lengkapnya :Β Spesifikasi Suzuki SalutoΒ ).

Fitur skutik retro Suzuki ini terbilang canggih dan kekinian untuk ukuran skuter retro 125cc, sebut saja panel speedo digital, lampu serba LED, bagasi luas, tanki yang muat 5,5 liter BBM, dan kunci kontak pakai remote alias keyless.

Untuk bandrol harga Suzuki Saluto versi 2021 ini dibandrol lebih mahal 2000 Yuan dibanding versi sebelumnya, yakni 80.000 Yuan Taiwan atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 41jutaan Off The Road. Murah sekali, jika duitnya ada tentunya..

Terjual 600an Unit Per Bulan

Harga 41jutaan untuk skuter klasik 125cc memang terbilang mahal dua kali lipat menurut mindset orang Indonesia, tapi kenyataannya, selain daya tukar rupiah yang lemah, memang motor-motor di luar negeri memiliki harga lebih mahal ketimbang di tanah air. Contohnya saja pesaingnya Yamaha Vinoora juga dibandrol sekitar Rp. 39jutaan. Coba, siapa mau beli motor yang mukanya kaya Suneo seharga segitu di sini? Eh ada aja deng, rekan kita Sonwep atau Pision misalnya..

Uniknya, dengan pasar eklusif sejauh ini hanya untuk Taiwan, Suzuki Saluto tak bisa dibilang megah dan wah penjualannya.. Skutikeren tersebut hanya terjual tak sampai setengahnya dari Yamaha Suneo! Padahal, level kegantengan mereka ibarat Sumur dengan Langit..!! Tapi ya itulah selera wkwkwk..

Saluto terjual di bulan Maret 2021 sebanyak 678 unit, sementara Vinoora yang kaya Bemo, gak ngehina, faktanya mirip kok! Masa KBY kudu bilang kaya BMW? bisa laris sebanyak 1502 unit! Kalau main unik unikan, jelas Vinoora menang.

Soooo mari berandai andai, andai Saluto 125 yang gagah dan ganteng itu ada di Indonesia dengan harga jual selevel PCX dan NMax yakni di angka 30 jutaan, bisa gak tembus 1500 unit per-bulan? KBY yakin bisa! Yaelah tong..tong, sono urusin dulu penjualan GSX series, baru kita bahas yang laen, oke ngaabb.. ujar Suzuki Motor Corp sambil menyeruput Sake.

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

84 KOMENTAR

  1. Wkwkkw jelas Vinora125 memang beda, desain lucu, imut original dan otentik…, Saluto bagus, dengan desain ala-ala vespa, bukan cuma saluto tp semua model yg meniru vespa seperti Yamaha grand filano, kymco like, beneli pararera dll, semua nya bagus…. Tp secara karya Vinora125 adalah suatu yg baru dan kreatif πŸ˜‚

      • Jamin kaum semar Nusantara bertahan miara Burhan ketimbang beli OnoRaOno Suneo iniπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€ wayiowayio!!!

        • Betul saluto itu bagus, top bagus yg bilang jelek tidak ada…, Tp motor lain yg model nya ala-ala vespa sudah banyak banget dan semua nya ya bagus, alhasil desain yg tadinya bagus tp banyak kembaran nya ya jadinya biasa aja.

          Nah begitu liat Vinoora125 Gilaaaaa…. unyu , imut dan lucu… πŸ˜‚

  2. Gua yakin , tuh bemo , eh…. Suneo kalau ada dimari pasti bikin Fby muntah Dewe πŸ˜‚

    • Fino aja beye pd meriang…malah mlipir kewahana beli skupi…tapi emang sih motor suneo ama beye mukanya sama…ekekekek

  3. Geli geli Ngebayangin Suneo diLampu merah ada 3 4 biji dengan tampang Oon nya 🀣

  4. Suzi ohh suziii, kenapa birokrasi kalian ribet amat? Benelli setidaknya sudah secara nyata berusaha memanfaatkan momentum. Sayang brand-nya belum settle aja. Teruskan lah begitu sampai tiba saatnya brand Suzi akan berada di bawah motor Asia non Jepun lainnya.πŸ€•πŸ€•πŸ€•

  5. Motor suneo mesin mio.
    .ga kebayang dilampu merah knalpotnya ngelepus….dijual 39jt…filano 30jt aja ga laku..yakin beye pd beli

    • Urusan investasi dan ROI biarlah para ahli yang mikir. Penggunaan mesin salome secara prinsip juga bukan isu besar karena logisnya akan membuat harga spare parts semakin terjangkau. Namun disainer dan marketing harus lebih aktif untuk membidik selera pasar ketimbang memaksakan disain global padahal market disini juga tak kalah besar potensinya tapi harus dipahami juga keunikannya. Itu lebih baik daripada gembor2 slogan baru plus iklan visual yang secara vulgar merendahkan kompetitor..#yanglainmakinjauhketinggalan #murahbukanmurahan yang pada akhirnya cuman jadi bacotan rutin BangBujjer muka tembok.

  6. Jadi gini menurut ane, Mang Kobay…

    Yg jadi kambing hitam selalu Suzuki Jepang karena gak kasih approval..
    Kenapa begitu?
    Karena selama ini business-plan yg di-propose selau gak kecapai (walau udah di-approved).. yg ada selalu nyungsep..
    Gak mau dong beban investasi & inventory yg dikeluarin jadi rugi lagi…

    Beda kasus, kenapa AHM akhir2 ini sering di-approved segala usulan2 nya oleh Jepang?
    Karena mereka bisa kasih bukti ROI yg bagus & cuan..

    Bisa gak Saluto laku 1.500 unit/bulan?
    Bisa aja..
    Cuma continuity-nya gak ada yg jamin… IMO.

    • Keknya perlu suntikan dana dari bunga bank kanvas rem Mbeat juga deh πŸ‘ .
      Kalau Sultooon lokal mah gak aneh , ngapain aja bisa ….wong bikin produk dan model Lokal yang bisa merambah regional hingga Amerika saja bisa πŸ‘πŸ˜…

    • Betul, tapi Indonesia udah bener, mereka minta cepat, responnya lambat, mereka minta desain keren, dikasih yang absurd, mereka minta fitur lengkap di sektor skutik, dikasih versi base…

      Giliran semua dah telat, hype dah lewat atau lagi turun, eh baru nongol, ditargetin pula… 🀣🀣🀣

      Gimana gak mabok SIS di sini…

    • Masalahnya Suzuki pusat sering kali telat ngasih approved, pas diapproved sering kali hypenya udah abis, contoh paling jelas sih GSX-R150/GSX-S150 muncul justru pas hype sport 150cc udah habis, Nex 2 juga muncul pas matic kelas entry-level 110-125cc udah terlalu dikuasai sama Honda, matic macem Hayate pas lagi hype setelah kemunculan Aerox 155 bukannya diimprove malah distop sama mereka.

  7. Katanya alasan kenapa Sumzuki Samluto dijual di Taiwan karena penjualannya banyak, nyatanya emgak, cuma 600 unit

    Tapi sepertinya kenapa motor cakep ini dijual disana karena bandrolnya bisa mahal, dan cuannya Suzuki banyak, kalo dijual disini komsumen pengennya harganya murah kayak skupi

    abis gitu belinya pengen seken

  8. Setidaknya Suzi buka ” Order bersyarat ” jika gak mau ribet πŸ˜‚
    Nih gua bantu datangkan Saluto dengan harga 35 juta , tapi Suzi indo gak ngurus 2S atau 3S nya, perjanjian ada dalam spk inden….bagi yang setuju , Silahkan dp 5 jt πŸ˜‚

    Kek gitu

  9. Anehnya kok gak da importir Umum yang menjual ya ….apa gua yang gak tau ? Atau emang Suzi Taiwannya yang ribet ?
    πŸ˜…

    • Dari dulu blogerr gorengin saluto-saluto lama2 jadi salto πŸ˜‚, ini motor emang bagus, tp desain begini sudah pasaran banget diluar negeri sono ya orang liatnya biasa aja, gua juga biasa aja liat saluto πŸ˜‚..

      Lain hal dgn Vinoora dan Qbix, yang desain nya benar2 fresh dan original πŸ˜‚

      • Ya paling gak bikin mata Suzi makin melek saja , strategi dan segala macam kan ada d tangan mereka . Sama hal nya kek Suneo atau kubik ….yang gak masuk2 k indo , pasti jawabannya ada , ya mungkin jika si Suneo dah jelas …konsumen pasti ogah dibilang naik Bemo , mangkanya Yahama gak mau masukin apa lokalin πŸ˜‚. Kubik juga gitu …udah terdaftar akhir 2017 di indo ( klo gak salah ) , sampe sekarang juga gak diwujudkan.
        Banyak faktor pastinya sebagai penyebab πŸ˜‚

        • Antusias konsumen yg siap inden yamaha Suneo sudah sangat tinggi , bukan hanya di indo tp global πŸ˜‚

          • Semoga penjualan Yahama global meningkat terbantu oleh Suneo ya Ken ?
            Berapa total penjualan Yahama secara global ? Tolong bantu….gue gak dapet data πŸ˜‚

  10. Bentar, skutik retro dibilang gagah dan ganteng??
    Hmm, agak ngeganjal, menurut pribadi sih lebih cocok dibilang cantik & klasik

  11. Kesalahan suzuki adalah meremehkan market indonesia, ketika beat-scoopy mulai mencengkram pasar, tidak ada sense of awareness-tidak ada strategi counter measurement apapun dari suzuki, dan ketika beat-scoopy sudah memegang infinity gauntlet, segala sesuatunya sudah terlambat.

    Yamaha menyadari ancaman beat-scoopy, hanya saja, mereka terbebani beban hutang akibat investasi ekspansi pabrik pada 2008-2010 sebesar hampir 1,5 trilyun yg memungkinkan mereka produce 4 juta ++ unit pertahun. Yamaha jepang tidak mau tahu, target 3,25 juta unit pertahun harus terwujud. Beban hutang besar>>>otomatis dana riset-development (dan kampanye marketing) menjadi sangat terbatas>>>desain hancur lebur>>>kepuasan konsumen melorot drastis>>>target penjualan gagal dipenuhi>>>manajemen ymki ambruk. Dan seterusnya…

    • Betul sekali dan sangat advance penjelasannya πŸ‘πŸ˜…

      juga ditambah sama kondisi Yahama semenjak Pailit dulu , membangkitkan diri dengan dana pinjaman termasuk dari Big Sultooon malah .
      Besar kemungkinan ….pabriknya Yahama harus Tergadaikan , karena beban hutang tsb gak sejalan dengan hasil yang didapat πŸ˜‚

    • GeARRott aja yang punya fitur 1000 cantolan plastik kresek+gantungan leher aja masih mabok malah minta Suneo dan QriPix masukπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€. Kalau gak bisa bantu beli baru setidaknya jangan menjerumuskan lah..tega amat..wakakak.

    • Masuk akal juga komen Lulagi, komentator kaya gini nih yg udah mulai langka. Memang secara produk sebenarnya 11-12 aja, gk ada yg unggul mutlak secara fitur maupun spek, cuma memang kelemahan terbesar YIMM adalah marketingnya yg salah strategi, dan situasi itu dimanfaatkan dengan sangat baik oleh AHM. Portofolio produk YIMM juga banyak yg saling makan.

      • Asiiikk mulai menarik…

        Terkait portofolio yang banyak saling makan, itu tak dapat ditampik faktanya demikian..

        Tapi mencoba melihat dari satu sisi, itu mungkin dan bisa saja yang terbaik yang harus dilakukan YIMM untuk setidaknya menghambat penjualan kompetitor..

        Jadi istilahnya, biar deh produk kita sendiri kemakan yang penting ada beberapa produk yang mampu menghambat penjualan kompetitor…

        Sisi jeleknya, production cost jadi cukup tinggi, YIMM terlihat mengakali tingginya cost tersebut dari yang bisa langsung terlihat oleh konsumen, misal mesin Salome, begitu juga velg purbakala…

        • Apakah bisa direkonstruksi ulang itu portofolio yang saling makan ? Bisa sih sebenarnya , namun gak sekarang … Mungkin 10 tahun kedepan jika Ekonomi yhm sendiri udah membaik dengan Cepat ( kalau membaik Cepat ya πŸ˜‚ )

          mau instan ? ya disaat sebuah produknya direfresh ..walau ganti Lakban , kemudian harga dikerek naik…namun resikonya juga amat besar dan banyak efek samping negatif , salah sijine moso operprettt ???? kata Fby lowh ya πŸ˜‚ nah itu dari sisi harga

          Dari sisi kelas / cylinder….itu 125 terlalu banyak dan gak jelas juntrungannya . Tumpang tindih antara mesin jahit 1 dengan lainnya ..trusss gak ada yang menonjol ..flat semua πŸ˜‚

          Mau bikin lagi kelas 115 ? Keknya makin ambil resiko deh , terutama dalam memodalin lg produksi sebuah produk baru…urusan Plastik mah Gampang …karena emang Spesialisnya , tapi mesin ? gak mungkin mesin Mio jadul dipasangin Meneh Cakkkkk …wong 110 sebelah ngacir2 nya dah ampun2an πŸ˜‚

          Emang mumet mau mulai membenahi darimananya , blue ocean sebagai tempat Semedi rupanya gak memberikan wangsit dan arahan untuk jalan keluar , loncat sana lincat sini yang keluar tetap Kadaluarsa dengan Cap MY 2021 πŸ˜‚

        • Untuk mesin salome ya honda juga sama aja kang, entah klo velg itu kontrak mati apa gimana yak ama vendor, susah amat ganti dari jaman purbakala. Kebanyakan blundernya di segmen skutik kecil, terlalu banyak produk yg mirip sampai2 diferensiasi nya gk jelas kemana arahnya, segmen maxi nya sudah lumayan jelas arahnya, atau kalau mau main gila sekalian, skutik2 eksotik macam qbix masukin aja, suntik mati mio series. Dan yg jelas butuh keberanian untuk ganti model/mayor change nmax.

          • Lha iya, ngondah juga sama, cuma kan kita lagi bahas Yahama yang produk skutik kecilnya banyak yang melahap saudaranya sendiri hehe…

          • Soal diferensiasi produk dikelas matic low-end 125cc Yamaha emang paling ga jelas, bayangin aja direntan harga 15-17 juta ada Mio Z, Mio M3, Mio S, Soul GT sama Gear, apa kaga saling makan itu

  12. Target 3 , 25 jt unit pertahun wajib terwujud ….hmmm , lokal ditambah eksport saja gak sampe targetnya …sekalipun dizaman agak Korona πŸ˜‚ . Misal target terpenuhi pun …demand pasar gak Sampe segitu , makanya banyak yang daurUlang ?
    Kasian sekali sih… harus muter2in Duit hutang , gali lobang tutup lobang kata pak Rhoma πŸ˜‚

  13. Honda kasih disain Vino dijapan keren lah ya.
    Yahama bikin vino Dewe malah kek Larva πŸ˜‚
    Iki Vino..ora ,Iki Vinoora πŸ˜‚

  14. Orang minta van van dikasih dr150, orang minta v strom dikasih gixxer aca aca, orang minta saluto ma burgman dikasih jisamsu alias janji palsu. Sak karepmu aelah

    • Hem mungkin sudah saat nya Suzuki merger ke Yamaha, lagipula Yamaha, Suzuki dan Kawasaki pernah bekerja sama sbg pemasok alat militer jepang seperti jet tempur dan kapal perang saat perang dunia II (soiciro honda belum lahir)

      • Harus diperjelas dan dipertegas.
        Suzi merger k yhm atau yhm yang merger ke Suzi ? Yg punya masalah finansial siapa ? πŸ˜‚

        Tapi gak apalah…apapun pilihan diatas boleh diwujudkan , setidaknya bisa melihat yhm jual Saluto dengan mesin Suzi
        πŸ˜‚

    • Sabar bro , memang dunia ini Jungkir balik πŸ˜‚

      Noh SonWet
      Minta Nyemex dihidangkan Nyemex
      Minta Ngorox disodorin Ngorox
      Minta Lecy disuguhin Lecy

      Tapi dia malah kaga beli , lagi Inden Pinoora ( katanya )
      Tau dah tar indennya dicancel lagi apa kaga πŸ˜‚

    • Kalau Suzi Indonesia mau revolusi dapat dimulai dengan minum tuak dulu sebelum Zoom Meeting dengan principal Jepun, biar efeknya lebih berani blak2an. Kalau disono masih ngeyel, gelas tuaknya lempar ke monitorπŸ˜€πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ..jangan lupa backround lagu My Heart Will Go On (sinking Titanic) diputer sayup2. Jadi biar mereka paham situasinya serius😁😁😁😁

      • Jadi (sebelum soiciro honda) lahir yamaha dan kawasaki serta suzuki pernah terlibat langsung dalam perang dunia II ? Pantesan di iklan XSR700 ada backgroud sebuah pesawat tempur era perang dunia II nya.

          • Kok gua gak nemuin sejarah yhm ikutan bikin alat perang ya , kalau Suzi sih bener πŸ˜‚

        • Heran malah dibangga-banggain alat militer era PD2 yg udah jelas dipake buat membinasakan para pejuang kemerdekaan dan rakyat negara ini yg mana masih leluhur kalian juga. Kalau gitu masih mending sejarah perusahaannya Soichiro yg lahir belakangan lah bikin alat transportasi sederhana buat semua kalangan (cub) dibanding sejarah kelam perusahaan yg disebutin diatas tadi.

          • hahaha,beye jelaskali mempertonkonkan kebodohan dan pembodohan.gak salah juga MS mereka hnya bbrp persen klo begini pola pikir mereka

  15. Owh ada deh , yahama bikin Baling2 dari kayu ( Doraemon belum lahir πŸ˜‚ ) sementara hnd bikin amunisi senjata dipabriknya …kemudian yahama atau Nippon gakki datang k hnd minta dibikinin Baling2 dari baja dan sukses hingga si Honda dapat pujian dari otoritas militer sebagai pahlawan industri , dan yahama kembali ngurusin Ruth piano πŸ˜‚

  16. Sejak jaman Shogun Tokugawa, jelasnya Soichiro belom lahir..YiaMaap dah bikin alat2 perang, yakni genderang!!!😎😎😎

  17. Kang kobay, ahm ama yimm ngak tertarik tuh ngeuarin matic ala” vespa gitu? Pake mesin pcx atau nmax auto ganteng banget.

  18. Lah komenya gak muncul kang. Komporin ahm aja kang, mesin vario atau pcx udah mantep. Atau yimm juga, ada mesin nmax.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..