lihat lebih dekat, ada dua emblem di situ
GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Gabut, puasa bawaannya mager, meski sebenarnya kalau mager gak harus bulan puasa aja sih, kapan saja bisa. Lagi bengong tiba tiba teringat ada satu artikel ngendon di draft, artikel yang isinya mungkin bisa membuat para fans boy saling berangkulan atau mungkin saja malah makin saling adu jotos via keyboard, yang terakhir KBY rasa adalah yang akan terjadi. Yamaha Vino, motor pemersatu fans boy, karena mesinnya dari Honda, eSP 50cc! Intip harga, fitur dan speknya kuy

Meminjam istilah yang kerap digunakan oleh FBY – sejak Soichiro (Honda) belum lahir, fans boy antara Honda dan Yamaha memang gak pernah akur, dimanapun, apapun medianya! Apalagi kalau pembahasan sudah menyerempet motor baru terutama ditambah tambah terkait market share.. Beruntung para FBY dapat bernafas lega karena market share saat ini sudah digembok..

Oke lads, kita kembali ke pokok bahasan yaitu fans boy, eh maaf, maksudnya tentang motor yang bisa menjadi pemersatu antara fans boy Yamaha dengan fans boy Honda. Honda Vino, duh salah lagi, Yamaha Vino 50cc! Bodinya memang Yamaha, tapi mesinnya menggunakan dan disuplai oleh Honda lads..

lihat lebih dekat, ada dua emblem di situ

Motor ini penyebutannya sangat menyulitkan orang Sunda asli, mau pake huruf F atau V, mereka akan tetap menyebutnya dengan Yamaha Pino! Itu loh motor Yamaha yang pake mesin Honda, Pino! Maksudnya Fino? Bukan! Itu mah Pino pake Ep, itu loh Pino! Oooh Vino? Yaitu dia, Pino pake Pe depannya.. Bingung? Ga usah dipikirin lads..

Sebenarnya motor ini sudah ada sejak tahun 2016, baik Honda maupun Yamaha tentunya merupakan pabrikan asal Jepang ya kali asal Citayam, sehingga dua pabrikan ini melakukan kerjasama. Dan hasilnya, Yamaha menggunakan mesin 50cc Honda yang bertujuan untuk memangkas biaya produksi, dan motor ini juga hanya dipasarkan khusus untuk pasar domestik Jepang, alias motor Japanese Domestic Market atau JDM.

Yamaha Vino ini juga berbagi desain dan fitur dengan produk Honda yang juga di kelas 50cc yaitu Honda Giorno, atau yang di Amerika sana diberi nama Honda Metropolis. Kayaknya Clark Kent juga pake motor itu di Metropolis sana ya kalau buat ngantor.

DESAIN

Bedanya lads, kalau Honda Giorno itu memiliki kemiripan dengan Honda Scoopy, sedangkan Vino, mirip dengan Yamaha Fino di Indonesia. Dan itu adalah hal yang normal, yang gak normal itu kalau Giorno mirip Fino sedangkan Vino mirip Scoopy. Absurd beud jadinya..

Headlampnya Vino sendiri memiliki dan berbentuk bulat ala classic, dan tentunya desain tersebut membuatnya lebih terlihat retrolook dibanding Fino 125. Semoga setuju..

FITUR YAMAHA VINO

Tak hanya desain, fiturnya pun jika lads lihat lebih detail, akan sangat familiar dengan fitur-fitur yang ada pada skutiknya Honda, misal speedometer kombinasi analog dan digital, terseda socket charger di dalam gloves box – sampai sini Yamaha juga gitu kali ah..

Ah akhirnya ada yang beda yaitu desain kunci kontak khas Honda yang terintegrasi dengan seat opener seperti pada skutik-skutik Honda saat ini, bukan seperti milik Yamaha yang bentuknya bulat, juga hadirnya rem Combi Brake System atau CBS yang merupakan patentnya Honda. Trus Yamaha modal apa dong? Ya bodi lah!

SPESIFIKASI MESIN YAMAHA VINO

Intip ke bagian mesin, maka akan terlihat jelas motor skutik retro Yamaha ini jelas memasang mesin eSP-nya Honda. Jika dilihat di situs web resminya Yamaha Jepang, Yamaha Vino ini mengusung mesin 49cc 1 silinder berpendingin cairan. Ingat, walaupun kecil skutik ini sudah pakai radiator!

Soal mesin kecil tapi pakai radiator, di Jepang sana, model-model JDM mereka memang pakai radiator sih kebanyakan. Jujur saza lads, KBY gak melihat urgensi mesin kecil tapi pakai pendingin cairan, secara di sana cuacanya saja sangat mendukung gak pake radiator sekalipun. Misal nih Honda Dio, mesinnya juga 50cc radiator.

Dengan mesin cuma 50cc tentu power motor jadi terbilang kecil cuma 4,5 Ps pada 8000 rpm dan torsi 4,1 Nm pada 6000 rpm. Ini sih nenek nenek naek Roadbike juga bisa nyusul.. Tapi bobotnya cuma 81 Kg – cocok bagi rider yang demen masuk jalur busway dan mengangkat motornya ke luar saat di depan ada razia.

Sementara meski kecil, tapi temboloknya lumayan gede loh, karena kapasitas tankinya mampu memuat sebanyak 4,5 liter, Aerox lawas terdiam melihat ini. Tambahan, walaupun kecil, namun bagasi skutik ini bisa muat helm model open face loh, bisa muat dua, asal helm sepeda.

HARGA YAMAHA VINO

Sebagai penutup adalah soal harga, harga Yamaha Vino ini di Jepang dibandrol 203.500 Yen atau jika dirupiahkan setara Rp. 27 jutaan.. Fino 125 dan Vario 125 bisa berangkulan nih melihatnya. Dan untuk edisi tahun 2021, Yamaha Vino 50cc ini punya 4 varian warna diantaranya warna merah, hitam, coklat dan beige untuk melengkapi 2 warna yang sudah ada sebelumnya yaitu warna biru jean metalic dan biru muda. Berikut foto studionya :

So itulah tentang Yamaha Pino eh Vino lads, skutik 50cc dari Yamaha tapi pakai mesin Honda. Nah sekarang silakan dimulai baku hantamnya yes…

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

115 KOMENTAR

    • Kalau brosur nya segitu….dynonya dah pasti akur , ini bukan yahama bro πŸ˜‚ keriting

    • Betul, dr pada kasian mesin sebelah numpuk digudang πŸ˜‚, tentu dibeli oleh yamaha dgn harga murah dong mesin nya (seperti tender mesin moto2 πŸ˜‚)

      Satu lagi untuk model kunci kontak juga bisa dilihat desain kunci sks yamaha yg tetap bulat memang lebih bagus sih, lebih keliatan natural… itulah sebab dikelas moge tetap pakai kunci model bulat dgn imobilizer karna secara estetika memang lebih simple dan harmonis.

    • wkwkwk jualan motor modal plastik doank.
      mesin esp honda plus fitur2nya
      jangan2 tu shockbreaker bikinan showa
      rem nissin kepunyaan honda

      • Toyota kasih tender ke daihatsu bikinin mesin avanza πŸ˜‚
        Bukan berarti toyota gak bisa bikin mesin avanza πŸ˜‚

        • Hahaha berarti yamaha adalah bos nya dan honda adalah pekerja nya dong πŸ˜‚

          yamaha beli mesin honda (dgn harga murah) kemudian dirakit juga dipabrik honda jepang, setelah jadi lalu dikirim ke dealer yamahaπŸ˜‚

          Mirip kaya toyota avanza yg di buat oleh daihatsu lalu dijual didealer toyota πŸ˜‚ ….

          • Intelektual brand itu mahal rupanya πŸ˜‚ bahkan bisa nempelin Yahama di cover Cvt saja gak sanggup ( walaupun dunia tau itu semua Honda ) …. Mahaaaalllll
            Gak cukup ratusan Milyar 🀣

  1. Datang ke Dealer Yahama ,:
    mari pak ….silahkan beli motor kami , sekarang ada penyegaran warna baru lowh dan ada Semart2 nya malah.
    Kemudian siBapak nunduk liat mesin , woooowwww mesin Esp Sultoooooon πŸ‘πŸ˜‚

  2. Kok rada seger2 gitu penulisan artikel ini mang kobay πŸ˜… bukan tentang produk….tapi tulisannya , apa gaya penulisannya …gitu deh pokoknya

  3. Mumpung lagi bahas collab pabrikan motor sekalian aja mang bahas juga motor kolaborasi Suzuki sama Kawasaki, ya walaupun kebanyakan cuman rebranding doang sih.

  4. Let’s Get It On!!! Ala-ala UFC..wakakakπŸ˜€ dapat ditafsirkan bahwa inilah bentuk “kemurahan hati” YiaMaap sehingga legowo pake mesin HonHon..atauuu..bahkan di
    market JDM di Jepun sanapun konsumen gak yakin dengan mesin Cap Xu Ying. , tapi demen sama body plastiknya😁😁😁..ahhh gak taulah. Arigato..arigato!!!

  5. Lucu gua bayangin para Fby jualin mesin Honda
    Tar yang beli nanya ….sebenarnya Elu jual plastik apa motor sih ? Emang gak bisa bikin mesin sendiri ?πŸ˜‚

    • Toyota kasih tender buat daihatsu agar bikin mesin buat avanza (family mpv) tentu agar pabrik daihatsu dan karyawan nya dapat hasil tambahan.
      Bukan berarti toyota gak bisa bikin mesin avanza πŸ˜‚

      • Maka dari itu , jangan sampe kejadian … Tar diakuisisi Sultoooon makin miris hidup Fby πŸ˜‚
        Yakinl sih Yahama bisa bikin mesinnya….wong sekelas viar aja bisa bikin mesin , cumaaaann mungkin Duitnya gak ada , market Yahama makin digerussss Sultooon di Japan. Hmm…. apa ini bagian dari imbasss masa pailit Yahama dulu kah ? πŸ˜‚

        Lu jual plastik atau jual mesin sih ? 🀣

      • gobloknya kebngetan… nyamain kok sama toyota daihatsu .. daihatsu kan anaknya toyota ,, saham daihatsu yg punya toyota,, jgn goblok. wkwkwk sejak kapan Yamaha punya saham Honda, dungu dungu hahahaa

        klo mau bandingin ya sama Toyota SUpra dan BMW z4. Toyota SUpra cuma MOdal BODY mirip kasusnya kayak yamaha vino 50cc.. sedangkan BMW modalin Sasis, Engine, Interior. bsa di bilang Toyota cuma Jualan Casing… sisanya BMW yg jualan Mobil. Ya ga beda jauh sama Yamaha VIno yg sebenernya Honda giornio cuma gnti casing buatan Yamaha.. wkwkwkkw

  6. Mending headlamp kayak gini…bukan pino di indo yg headlamp lancip kayak…ah sudahlah..lg puasa…😁😁

  7. Disaat bos honda dan yamaha main golf sama cady cantik. Ini cecunguk FBY dan FBH main perang perangan.

    • Bos hnd ngajak main golf bos kasta bawah yahama cuma buat ngelobi…tuh pabrik 2 biji mau dilepas berapa πŸ˜‚

  8. Ihhh seneng beud dechh baca artikel ini mang…
    Soalnya ada kalimat sakti pemersatu bangsa…
    “Sebelom soichiro lahir……..”
    Semoga kalimat tersebut menjadi trendmark dari blog ini kedepannya…
    Aamiin…..

  9. Keunggulan desain (bagus tidaknya) itu relatif…
    Keunggulan mesin (durabilitas & efisiensi) itu absolut…

    Keliatan dong siapa yg nebeng siapa… xixixixi…

  10. Saklar nyomot honda yg. Mirip moge..coba nyomot yamaha mirip motor cina yg murah dipencet keras…coba kalo pake mesin blukor…kasian emak2 harus dorong2 kehabisan oli

  11. Kalau jualan Yahama tahun ini masih mirip 2020 ( setengah Mbeat lebih sikit )
    Alamat 1 pabrik yahama tergadaikan ke Sultooon indo πŸ˜‚

    Fby kudu giat jualan , strategi harus makin pinter…
    Dah gak berlaku jualan sambil BC πŸ˜‚

  12. Mungkin setelah ini , nanti lahir produk anyar yahama…tapi cover cvtnya merk gogoro
    πŸ˜‚

    Lu jual plastik ape motor sih ? 🀣

  13. Sebagai sales yahama , gua pingin tau dari Son Wet…itu yahama ambil untung berapa jt sih dari jualan 1 unit motor ? ……..ada 2 4 atau 8 jt ? Atau 20 jt ? πŸ˜‚
    kasih inpoh doooong. Jika Perlu Monologhhh yang bantu jawab dimari 🀣

          • πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ nggak salah tuh? Bukanya honda ct itu knalpotnya disebelah kanan ? dan knalpot nya tinggi…

            Lagi pula di scene tersebut kok ini spertinya ini motor 2 tak deh… πŸ˜‚ posisi knalpot ada disebelah kiri dan posisi nya mendatar. Cek link video biar kredible…

            https://youtu.be/8yOnVGiqMNA

            Kayaknya ini yamaha champ 50cc atau apa gitu yg jelas sih motor 2 tak πŸ˜‚

          • Sebagai sales yahama , gua pingin tau dari Son Wet…itu yahama ambil untung berapa jt sih dari jualan 1 unit motor ? ……..ada 2 4 atau 8 jt ? Atau 20 jt ? πŸ˜‚
            kasih inpoh doooong. Jika Perlu Monolog
            Shio jawab dulu πŸ˜‚

          • Begitulah, teliti dulu sebelum komen biar ga malu πŸ˜‚ terima kasih sudah ngiklanin motor yamaha di spiderman πŸ˜‚

            Film Ghost Rider nicolas cage pakai yamaha Vmax…

            Film Jhon Whick chapter 3 keanu reaves pakai yamaha mt09…

            James bond pakai mobil Toyota Gt 2000 (buatan Yamaha)

          • Sebagai sales yahama , gua pingin tau dari Son Wet…itu yahama ambil untung berapa jt sih dari jualan 1 unit motor ? ……..ada 2 4 atau 8 jt ? Atau 20 jt ? πŸ˜‚
            kasih inpoh doooong. Jika Perlu Monolog

            Ayo Fby jawab πŸ˜‚

          • Pertanyaan Gua di Monologhhh dihapus πŸ˜‚ gak berani Jawab dia

          • Gua tambahin lebih lengkapnya Puch Newport, bentuknya emang agak mirip Honda CT tapi dia lebih ramping, mesinnya 2tak dan masih ada goesan sepedanya.
            Buat Vision dan alter egonya yg suka saut-sautan, sialahkan cari data yg bener dulu sebelum sesumbar dan ngerendahin orang

        • Njirr para pensboy pada rame nih gegara scene spiderman doang wkwkwk, btw om @soundwave itu yamaha baik banget ya mau ngiklanin motornya buat dihancurin ditabrak truk doang pada akhirnya wkwkwk. Tapi IMO motor jepang paling ikonik di layar lebar sampai sekarang masih dipegang Ninja GPZ900R, bukan motor yg cuman sekedar jadi cameo doang kayak yg disebutin diatas.

          • Klo menurut saya motor yg paling ikonik ya tetap Yamaha Vmax di Ghost Rider…., Wallpaper nya banyak banget…

            lu ngomongin ninja gpx900 di film top gun “maverick” berarti elu memuji maverick vinales dong πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

            tp memang entah kebetulan, muka maverick vinales ini memang mirip tom cruise, kebetulan juga karakter di film top gun itu bernama maverick… Ya wajar kalau maverick dijuluki sbg top gun…

          • Yadeh , trus untung yang diambil Yahama dari ngejual 1 unit motor berapa ? πŸ˜‚

    • Buset cuman bahas ninja gpz900 doang langsung nuduh ane muji mv12 si pembalap baperan wkwkwk. Lagian ngebandingin motor terkenal lewat wallpaper kayak bocil warnet aja 🀣 coba elu tanya orang2 yg pernah nonton ghost rider tanya motornya si Johny Blaze apaan, ane yakin pasti pada bilang Harley-Davidson wkwkwk.

    • Yaaah , hati2 sebelah lagi mumet .
      Di brosur yahama eeeh yang dijual produk Big Sultoooon hnd πŸ˜‚

  14. Y sendiri sudah ogah pake mesin blucor yang vampir oli dan doyan ngebul . akhirnya minta bikinin H deh karena terbukti mesin H awet, apalagi esp dan esp+

  15. ayo yg pada banyak bacot …..apa chanel youtube kelian…..motor apa yg kalian pakai postinglah disitu……terutama tak ada yang bisa selalu banyak bacot……koleksinya motor plastikan semua ternyata

    • Motor gua cuma 3 πŸ˜‚
      Plastikan semua sih…tapi mesinnya Honda .

      Bukan merk dibrosur yahama tapi mesin Honda 🀣

      Owya , yahama jual motor 1 unit ambil untung berapa tong ? πŸ˜‚
      Tolong jawab

      • Kalau mau jawab gua kasih Royalty ….langsung ke rekening lu .
        Tapi jawab sampe tuntas ye πŸ˜‚

  16. Konichiwa..ini motor baru (YiaMaap) yang sudah kami sempurnakan dengan menggunakan mesin Honda agar konsumen merasa yakin dan nyaman😁😁😁πŸ’ͺ

  17. Keliatannya rame tapi cuma beberapa ekor aja yg komen, itu pun hampir semuanya attack dog. Kejadiannya hampir sama di semua lapak, mungkin umur blog motor udah gk lama lagi nih..melencemg jauh dari tujuan awal,udah bukan lagi share info antar pengunjung+tuan rumah. Udah hampir gk ada hal menarik lagi selain cakar2an antar attack dog,mungkin sudah saat nya kembangin platform lain kang, buat jaga2.πŸ™πŸ½

    • Coba mampir ke blog kupas motor, disana masalah pcx piston gancet, setang miring, gredek dan klotok dikupas secara netral dan independen… Jadi nya bisa saling sharing sob…

      • …kalau gak demen ya baiknya gak perlu d gubris . Dimanapun yang ginian pasti ada , kecuali isinya Fby Yang saling jilat Sesama kek dikupas
        Mueeeehehehehehe πŸ˜‚

      • Sebagai sales yahama , gua pingin tau dari Son Wet…itu yahama ambil untung berapa jt sih dari jualan 1 unit motor ? ……..ada 2 4 atau 8 jt ? Atau 20 jt ?
        Fby gak bisa jawab ? πŸ˜‚

      • hobi mang… kalau gak bikin artikel itu ibarat gak riding satu minggu, badan pegel pegel wkwkkw..

        lagian kangen sama TAYB, Vision, Sonwep, Okey dll…

        Biar kata 4L dan gak ngaruh ke hits, tapi mereka bisa bikin bahagia orang yang baca kekeke..

  18. Fby kalau udah kejepit memang sok bijak dan lemparkan tuduhan πŸ˜‚
    Attack dog sebenarnya Fby sendiri , liur udah kering dah gak ada lagi bahan BCan , persis kek sebelumnya. Capek sendiri….yang di BC didealer masih saja Ludesss πŸ˜‚
    Diminta hitung angka keuntu gan 1 unit jualan mereka saja gak bisa , karena produksinya dari hutang ?πŸ˜‚

  19. Fbh dengan sikon gimanapun selalu Siap .
    Fby maunya Fbh ekegan ? Ayoooi…Fby maunya Fbh diskusi cerdas ? Monggo….Fby mau Cakar2an ? Pasti bonyok , aaa iiii uuu eeee oooo gagapπŸ˜‚

  20. Kalau mau sama2 kita buktikan ya ayooo , mulai tread berikutnya ? πŸ˜‚

    Untung 1 biji motor yahama itu berapa duit ?
    πŸ˜‚

  21. Gak lama lagi mang koBay dapet undangan, Fby dah pasti gerah lagi , gua jamin….attack dog kalian gakkan hilang
    Mueeeehehehehehe πŸ˜‚

  22. Kalau gua ya cuman 1 ekor 1 kepala komen dimarih .
    Kalau Fby noh yang komen….kepalanya 1 , ekornya banyak πŸ˜‚

  23. Mang tulisan merk Honda kok diatas logo Yamaha? Serasa beda kasta atau Yamaha ngomong “ngalah aja deh, daripada motor gak punya mesin”?

  24. Ya mungkin karna Yamaha cuma nitip bodi sama emblem nama doang, Sedangkan Rangka, Mesin sama Kaki-kakinya Honda yg ngurus, Karna ini motor aslinya Honda Giorno yg diganti body doang

    • Padahal sudah sy kasih contoh kredibel…
      Toyota Avanza itu adalah buatan Daihatsu, Avanza ya memang adalah basic nya itu mobil daihatsu Xenia… Itu namanya tender,

      Bos Toyota : “bikinin dong mobil spek xenia ya, ntar gua jual lagi.. kan lumayan lu dapat proyek jadi pabrik dan karyawan lu ada kerjaan penuh…

      Bos Daihatsu : ” oke siap bos nanti harga nya gimana?

      Bos Toyota : ” ya separuh harga lah, Kan mobil nya mau gua jual lagi, gimana sih, mau kagak ?

      Bos Daihatsu : ” oke siap bos heheh “

      • @vision
        Analogi yg gak sama and terlalu reaching
        TAM n ADM itu 1 group astra, beda dg yamaha pino rebrand dri honda giorno, ini yamaha rebrand motor buatan honda, selain body n fitur2 smwnya sama dg honda giorno

      • @vision
        Contoh perbandingan yang idiot, tanpa ilmu dan seenak udel. Pada 2016 daihatsu dibeli 100 persen sahamnya oleh toyota. Menurut fobes, market cap toyota 173 milyar us dollar (2422 trilyun rupiah), sementara market cap daihatsu tidak sampai 2.5 persen market cap toyota. Daihatsu adalah milik toyota, toyota bisa melakukan apapun thd daihatsu.

        Yamaha TIDAK PUNYA hubungan kepemilikan saham apapun dengan honda, begitupun sebaliknya. Jadi yg bikin perbandingan itu secara sah adalah orang idiot.

        Market cap honda 42,6 milyar usdollar (596 trilyun rupiah), sementara yamaha CUMA 4,6 milyar usdollar (64,4 trilyun rupuah), yg layak disebut bos siapa? Tipikal fby memang ngeyel-tidak berilmu-gak punya malu.

        Membunuh yamaha bagi honda dengan cara membeli saham yamaha adalah perkara sepele, sebagaimana adidas membunuh reebok. Walaupun itu mungkin secara peraturan, tetapi tidak didukung pemerintah jepang dan melanggar etika. Membeli yamaha malah merugikan citra dan value honda itu sendiri.

        • Makin kesini makin kerasa betapa unfaedahnya debat sama fby macam sonwep, vision, gepeng, dkk. (dan kloningan-kloningannya). Sekalipun bawa fakta dan data yg tak terbantah sekalipun bakal gitu juga besokΒ²nya. Bagi mereka mengkritik yamaha = FBH. Jujur aja kasian sama yamaha entah memang benar melihara yg namanya “attack dog” buat nge-bc dan ngerendahin produk kompetitor atau memang karakter FBY itu kayak begitu semuanya. Di pihak sebelah pun juga sama aja ada kang bc dan sejenisnya tapi nggak seganas dan separah fby tadi pergerakannya.

          Btw udah tembus 100 komen aja nih wkwkwk

        • Yahaha… sebelum soichiro honda lahir aja yamaha corp sudah ekspansi ke amerika, eropa dan dunia jualan saham kok…

          Yamaha dgn vinora, mirip toyota dgn avanza nya… Walau tidak tidak ada keterkaitan kepemilikan tp pola kan sama πŸ˜‚,

  25. Warna di warung Kobay ini memang asikkk. Artikel mo gimana juga akan memicu bakar2anπŸ˜€..ehhh lagi seru cakar2an akan masuk pandita Wise Gay yang hobinya memilah2 kasta doggie dan lanjut memberi petuah2 yang bijaksanaπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€. Kan rame begini toh? Ane suka…Ane sukaπŸ‘πŸ‘πŸ‘.

  26. Mang, pliss jawab dengan jujur ya…
    Seandainya jika kalo seumpama misalkan mang KBY jadi salah satu petinggi yamlehoy, apa perasaannya ketika baca komen2 sonwepa a.k.a pision diatas, bangga atau malu luar biasa….
    Secara komen dia kembali asal njeplak tanpa data2…
    Mengingatkan kembali sebuah statement mengenai rx king sebagai kompetitor Tiger 2000…

  27. Jadi udahan ini?πŸ˜€ Berarti kesimpulannya butuh mesin Honda supaya konsumen yakin. Gitu kan? πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

  28. Mang kobay mau tanya mengenai orang Sunda baca huruf F dan V nih..

    Kok waktu saya kkn kampus di daerah pandeglang, kan saya ngajarin orang2 tua baca huruf tuh, pada saat huruf F lafal nya mentok β€˜eppp’ ga bisa lebih tajem lagi, tapi anehnya mereka lancar banget ngomong β€˜veee’

    Kok bisa gitu ya???

Yuk Tinggalin Jejak Lads..